10 Amalan di Bulan Ramadhan Untuk Memperbanyak Tabungan Akhirat

Sumber gambar tribunnews

Assalamu’alaikum…

Alhamdulillah sudah menjejak di hari ke 19 Ramadhan. Kalau harus introspeksi diri harus jujur mengakui bahwa selama 19 hari ini termasuk masih dalam kategori orang yang merugi. Amalan-amalan yang terasa belum maksimal, masih banyak waktu terbuang sia-sia.

Bulan Ramadhan itu bulan penuh berkah, ampunan, dimana semua amalan dilipatgandakan nilainya di hadapan Allah. Maka itulah, jika amalan-amalan baik kita bisa lakukan di bulan ramadhan ini, insya Allah bakal jadi tabungan amal akherat kita, kan?

Baca Juga Hal Tak Terlupakan Saat Ramadha Sewaktu Kecil

Amalan Bulan Ramadhan

1. Amalan Hati

Niat hati yang penuh ikhlas dan gembira menyambut bulan suci ramadhan merupakan amalan bernilai juga. Dengan penuh suka cita, bersyukur bahwa kita masih bisa melewati bulan ramadhan.

Sebuah hadits yang termaktub dalam Durrotun Nasihin menjelaskan dengan.


مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka

Sumber nu.or.id

Dari hadist tersebut bisa kita pahami, keistimewaan bulan ramadhan. Maka itu, bagi yang mengerti sambutlah Ramadhan dengan hati gembira dan merasa sangat sedih ketika ditinggalkan bulan ramadhan itu.

2. Sholat Tarawih

Amalan sholat tarawih ini merupakan sholat sunnah dan hanya dilakukan selama bulan ramadhan. Terserah kalian dong mau pilih 11 roka’at dengan witirnya atau 23 roka’at dengan witirnya. Selain sholat tarawih memperbanyak sholat sunnah lainnya juga baik di bulan Ramadhan.

3. Tadarus Alquran

Moment ramadhan juga banyak digunakan orang untuk memperbanyak bacaan Alquran.

4. Sholat Malam

Sholat malam selain sholat tarawih, seperti sholat tahajjud juga dianjurkan dilakukan di malam bulan ramadhan.

5. Perbanyak Sedekah

Saat bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak sedekah. Dan sedekah yang sangat dianjurkan adalah memberi makanan kepada orang yang berbuka puasa.

 Rasulullah saw, bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، إِلَّا أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ

Artinya, “Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut,” (HR Ahmad)

Sumber nu.or.id

6. Makan sahur dan menyegerakan

Hal yang disunnahkan saat bulan ramadhan adalah makan sahur. Meskipun itu hanya seteguk air. Dan ketika waktu buka puasa tiba, segera berbuka. Disunnahkan pula berbuka dengan makanan yang manis. Rasullulah mencontohkan berbuka dengan kurma.

Rasulullah Saw, bersabda:

 تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

Artinya, “Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).

Sumber nu.or.id

7. Itikaf

Itikaf ketika bulan ramadhan juga dianjurkan bagi umat muslim. Biasanya banyak dilakukan di 10 hari terakhir bulan ramadhan.

8. Berburu Lailatul Qadar

Semua orang berharap mendapatkan lailatul Qadar. Malam 1000 bulan dimana Allah menurunlan kebaikan dan ampunan dari dosa-dosa kita. Akan tetapi malam tersebit dirahasiakan datangnya. Dan hanya dikasih gambaran datangnya di malam ganjil 10 hari terakhir ramadhan.

Doa Lailatul Qadr:

اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا

Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Dzat yang Maha Pemurah. (HR Tirmidzi)

Sumber nu.or.id

9. Umroh

Beribadah umroh saat bulan ramadhan juga disarankan bagi yang mampu.

10. Berkata baik, berdzikir dan banyak istighfar

Sebetulnya bukan hanya saat ramadhan saja amalan ini dianjurkan. Akan tetapi karena keutamaan ramadhan itulah, diharapkan saat ramadhan memperbanyak dzikir dan istighfar, serta selalh menjaga ucapan.

Baca juga Hal Yang Jarua Disiapkan Saat Mudik

Demikian, amalan-amalan baik yang bisa kita lakukan selama ramadhan. Semoga menjadi ladang dan tabungan kita di akhirat. Dan semiga tetap bisa istiqomah melaksanakan amalan baik setelah ditinggalkan ramadhan. Aamiin.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Mei 25, 2019

    […] Baca juga 10 Amalan di Bulan Ramadhan Untuk Memperbanyak Tabungan Akhirat […]

  2. Mei 31, 2019

    […] Baca juga 10 amalan baik ramadhan untuk tabungan akhirat […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *