Bepergian Kala Pandemi, Siapkan Dokumen Bebas Covid-19 dengan Hasil Rapid Test dan PCR Test!

Hai semua, siapa yang sudah kangen banget buat bertualang? Kita samaan nih. Toss!

Ada kelegaan setelah pemerintah mulai melonggarkan aturan menuju era new normal, meskipun masih terbatas karena keadaan Indonesia memang belum membaik. Ketika transportasi mulai jalan, banyak yang mulai bekerja kembali di kantor, sektor pariwisata juga mulai di buka bertahap, maka mobilitas orang pun mulai ramai. Tapi sebelum kita ikut meramaikan situasi di luar, ada banyak hal yang harus kita ketahui, apa dan bagaimana kita beradaptasi.

Faktor kesehatan dan keselamatan kita semua wajib jadi prioritas. Ya selain protokol kesehatan yang ketat, jika kita mau bepergian menggunakan transportasi massal, ada beberapa dokumen wajib yang harus kita persiapkan. Salah satu yang terpenting adalah surat keterangan bebas covid-19 dengan adanya hasil rapid test atau PCR test.

Baca juga

Kangen keluar rumah! Eits, patuhi protokol kesehatan dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat!

Setelah tiga bulan lebih harus di rumah saja, sepertinya harus jujur mengakui bahwa saya mulai bosan. Pengen silaturahmi, travelling, atau enggak cuma nongkrong sama teman-teman. Kalian juga kan?? Uhehe!

Sederet tujuan perjalanan, tempat wisata impian sudah memenuhi daftar keinginan mana saja yang bakal di kunjungi setelah pandemi berakhir. Oh Tuhan, pengen sepuran! Kangen sekali sama suasana dalam gerbong kereta.

Suasana dalam kereta, bareng anak. Kapan lagi bisa begini? (Doc pri)

Kalau kalian kangen kemana?

Patuhi protokol kesehatan dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Kita semua sepakat kan bahwa keselamatan kita jadi prioritas utama. Jangan sampai karena mengikuti keinginan lalu bebas kemana pun malah menyesal di kemudian hari. Corona belum kalah Ferguso! Marimar! Semua orang masih berpotensi tertular dan menularkan.

Lalu bagaimana dong? Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat! Ada seperangkat protokol kesehatan yang disiapkan untuk meminimalisir potensi penyebaran covid-19.

Apa saja kah itu?

  • Tetap jaga jarak! Jarak aman paling minim 1 meter. Ini termasuk di dalam kendaraan penumpang di batasi, tempat duduk di ruang tunggu, juga saat antri di kasir. Jangan pernah kasih kalau ada orang yang nyerobot antrian kalau lagi belanja! Hih!
  • Pakai masker! Saya sebel banget sama yang wara-wiri keluar, tapi nggak pakai masker. Padahal masker ini efektif cegah droplet nempel kemana-mana. Harusnya ada aturan tegas buat pelanggar, biar perhatian dan jera.

Baca juga DIY Masker Kain 2 Lapis

  • Cuci tangan pakai sabun. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir efektif juga membunuh virus. Apalagi kalau kita habis melakukan banyak aktivitas di luar, belanja, dan sebagainya.
  • Sedia hand sanitizer dan cairan desinfektan. Termasuk perlengkapan kebersihan diri lainnya seperti tissue basah dan kering.
  • Makan sehat dan jaga kesehatan diri. Pilih makanan bergizi dong ya, jika perlu suplemen dan vitamin juga kenapa enggak.

Sebegitu pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, ada beberapa hal penting yang harus kita siapkan saat bepergian. Wajib kita bawa kemana-mana.

  1. Masker. Termasuk cadangan.
  2. Sabun cair, cairan desinfektan, hand sanitizer.
  3. Tissue basah dan kering.
  4. Bawa peralatan makan sendiri.
  5. Bawa tumbler/botol minum.
  6. Bawa peralatan ibadah sendiri.
isi tas kini! (Doc pri)

Ini foto penampakan isi tas saya, padahal cuma mau ke toko kain. Minus peralatan ibadah dan peralatan makan, karena keluar sebentar dan dekat dari rumah. Jika pergi urusan agak lama, ya pakai ransel yang gedean dan muat banyak. Ngebayanginnya macam mau backpackeran jauh saja, hahaha.

Bepergian jauh? Tunjukkan dirimu bebas Covid-19 dengan hasil rapid test dan PCR test

Ketika jarak di pisahkan oleh tes covid-19

Itu status teman di FB yang sempat lewat di timeline. Ya karena memang lagi ramai di bahas, dokumen yang di perlukan saat kita mau bepergian jauh. Ada tambahan syarat penting yang harus kita penuhi sebelum kita berangkat.

Aturannya ini disesuaikan dengan Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No. 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ada tiga metode tes kesehatan yang digunakan dan masa berlakunya yaitu:

  1. Jika tes kesehatan yang digunakan Rapid Test Covid-19, maka masa berlaku adalah 3 hari, atau
  2. Jika tes kesehatan yang digunakan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR Covid-19), maka masa berlaku ialah 7 hari, atau
  3. Apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit/ Puskesmas.

Ribet ya? Tapi ini wajib. Bahkan beberapa kota ada yang tidak menerima hasil rapid test karena kurang akurat dan wajib mensyaratkan hasil PCR test. Jadi cek dulu tujuan kalian mau kemana?

Dimana kita bisa mengikuti PCR test

Kalau nggak penting amat memang sebaiknya jangan pergi jauh dulu. Masih bisa pending sampai keadaan membaik, iye kan? Tapi bagi mereka yang mungkin dalam keadaan darurat, tugas mendesak, persoalan kedinasan yang tidak bisa di tunda, ya wajib mengikuti semua aturan untuk melakukan tes bebas covid-19 dengan rapid test ataupun PCR test.

Untuk memperoleh informasi yang jelas bagaimana dan dimana kita bisa melakukan PCR Test kalian bisa buka website atau aplikasi halodoc. Akan ada informasi tentang rumah sakit terdekat, konsultasi dengan dokter, sampai dengan list harga untuk tiap paket test yang kita inginkan.

Oiya, jika kita membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang covid-19 ataupun masalah kesehatan lainnya bisa kita baca di website halodoc.com. banyak banget artikel yang bisa menambah wawasan kita.

Sehat selalu ya, dan semoga pandemi ini segera berakhir.

Keterangan : Gambar dari pixabay di edit dengan phonto.

Mungkin Anda juga menyukai

43 Respon

  1. Rizki berkata:

    Wahhh… bermanfaat sekali mbak Lina πŸ˜€

  2. NurulRahma berkata:

    Yeayyy, jadi makin semangaaatt buat traveling lagiii!
    Aku juga seneng dan hobi bgt baca aneka artikel di HaloDoc.
    Super enlightening!

    • Lina Sophy berkata:

      Udah kangen banget sih buat bertualang mbak, tapi masih parno lah kalau keadaan masih gini, ehehe. Sepakat sih, kalau artikel di web halodoc ini emang cihui, bisa banget buat rujukan cari info kesehatan, oya buat yang mau tes covid bisa banget juga buat cari info disana πŸ™

  3. Erin berkata:

    Kalau aku pengin mudik Mba Lina. Sama jalan-jalan gak begitu tertarik. Hehe
    Aplikasi halodoc bisa mempermudah jika butuh tes PCR ya Mba.

    • Lina Sophy berkata:

      Semoga pandemi lekas berakhir ya kak Erin, ikut sedih nih sama yang belum bisa mudik.

      Iyes banget, bisa cari ibgo di halodoc kalau mau rapid test atau PCR test

  4. Sebaiknya memang bepergian di masa pandemi gini disertai dengan surat keterangan seperti di atas tadi ya mba. Tapi kok kayaknya banyak aja yang wira-wiri tanpa bawa dokumen ya? Bikin khawatir ini.

  5. Jiah Al Jafara berkata:

    Sekarang kalau mau jalan-jalan jadi tambah bekal masker dan lainnya. Jangan lupa tes kesehatan juga ya. Kudu jelas itu dokumennya biar terpantau sakit atau gaknya

  6. Nurul Sufitri berkata:

    Oh, ternyata tes2 tersebut ada masa berlakunya ya mbak? Mefffet2 amat ada yg 3 hari, 7 hari hihihihi. Mau keluar2 rumah masih takut aku tuh. Pastinya dong wajib pakai masker dan sedia hand sanitizer. Sementara ini aku masih di rumah aja deh hehehe TFS ya.

    • Lina Sophy berkata:

      Iya mbak, dengan harga yang lumayan mahal kalau nggak penting amat ya eman2 kalau mau bepergian jauh, dan memang aman di rumah saja.

      Tapi kalau udah kena darurat harus pergi ya wajib nyiapin semuanya. Termasuk buat test covid19 itu.

  7. Eryvia maronie berkata:

    Karantina emang gak enak tapi demi kesehatan yaa.
    Kalau mau keluar rumah sebaiknya untuk hal penting aja dan patuh pada protokol kesehatan.

  8. Milda Ini berkata:

    Aku kayaknya belum dulu mba jalan-jalan , meski hasil test kemarin negatif sih, masih kuatir aku nih apalagi membawa anak-anak

  9. Ade UFi berkata:

    Wah lengkap ya Halodoc, bisa ikutan CPR Test juga. Caranya gimana? nakesnya dateng atau kita yang datang ke dokternya? Duh jadi kepo mau buka web atau aplikasinya Halodoc deh..

    • Idah Ceris berkata:

      Halodoc memberi informasi lokasi (rs) yang bisa buat rapod tes atau cpr, Mbak. Makin lengkap lah aplikasi halodoc ini. Udah artikelnya berbobot, biaya konsutasinya muraaah pulaa.

  10. Dedew berkata:

    kangen banget pengen mudik ke rumah orang tua apa daya situasi belum memungkinkan, untuk naik kereta dan kendaraan umum lain harus ada surat tes huhuhu semoga bisa pergi corona dari muka bumi ya..

  11. Maka, sampai sekarang masih menghindari pergi jauh karena ribet syaratnya..hiks. Padahal pengin negokin mertua yang sejak awal pandemi sering drop di kampung.
    Yes,…meski patuh pada protokol kesehatan demi keselamatan bersama

  12. Juliastri Sn berkata:

    Bepergian di masa pandemi ini sungguh ribet ya. Tapi itu harus dipatuhi sesuai protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Semoga pandemi ini lekas berlalu ya mba..Amin.

  13. Idah Ceris berkata:

    Berasa ribet kalau kemana2 hrus bawa dokumen kesehatan gitu ya, Mbak. Semoga corona bisa cepat ilang. Udah pingin keluar rumah tanpa was was.

  14. Diah Kusumastuti berkata:

    Dengan buka Halodoc, kita bisa tau tentang informasi PCR test, ya, Mbak. Jadi bisa persiapan biaya dll untuk ikut test tersebut πŸ™‚

  15. Penting banget kebiasaan sehat itu jadi habit ya mbak…agar aman semua. Rapid test juga penting. Minimal untuk screening. Kalau reaktif kita bisa isolasi mandiri dulu. Semoga sehat-sehat semua…aamiin…

  16. Nathalia DP berkata:

    3 bulan di rumah aja, kemarin pas mau ke rumah mertua bingung bawa apa, saking udah lama engga pergi-pergi hihihi…

  17. Dawiah berkata:

    Halodoc memang keren ya, tak perlu repot langsung ke dokter praktik maupun ke rumah sakit. Cukup konsultasi online, masalah-masalah ringan bisa teratasi

  18. Liza berkata:

    Iyah kalo ga penting banget, ga usah jalan jalan dulu. Tapi aq tiap hari udah ngantor hiks. Semua kudu di siapin sampe tiap hari harus bawa bekal. Tapi tempo hari di ajak ketemuan ama temen, aq tolak, karena corona masih ada πŸ™ kadang orang udah segampang itu meremehkan corona

  19. Puspita berkata:

    Halodoc membantu untuk mencari informasi tempat dan biaaya covid test. Apalagi di saat new normal sekarang, utk bepergian butuh bgt surat keterangan uji covid test

  20. RACHMANITA berkata:

    Aku belum pernah berpergian ke mana aja sebenarnya pengen sih berpergian gitu pulang ke rumah orang tua gitu tapi masih takut

  21. Aswinda Utari berkata:

    Semoga pandemi ini sgr usai ya. Kasian banget kalo mau urgent bepergian gini. Hrs melengkapi macam2. Tp demi kebaikan sih ya.

  22. Putri lasim berkata:

    Bermanfaat banget mbak, aku sih blm pergi kemana2 mbak, masih tetep stay dirumah aja. Semoga pandemi ini segera usai, kasian yang mau pergi2 kalau urusan urgent.

  23. Putri lasim berkata:

    Bermanfaat banget mbak, aku sih blm pergi kemana2 mbak, masih tetep stay dirumah aja. Semoga pandemi ini segera usai, kasian yang mau pergi2 kalau urusan urgent

  24. Tepat sebelum pandemi sempet bepergian, tapi ya pengen sih sepuran lagi haha.
    Cuma kok raanya tak sanggup harus tes2, bukan hanya di mental tapi juga di biaya huhuhu. Kmrn temenku pindah rumah dari area A ke B, wajib rapid tes jg, katanya via halodoc bisa dapat harga lbh miring. Tp tetep sih aku gk mau tes2an kalau bisa. Semoga kita semua sehat selalu aamiin

  25. indah nuria berkata:

    aku masih belumbepergian jauh nih mba tapi hopefully soon kalau keadaan sudah membaik. Aku kebayang apalagi kalau ke luar negeri ya..pasti lebih ribet lagiii prosesnya

  26. Meilia Wuryantati berkata:

    Sekarang bepergian disaat Pandemi Sangat susah yah . Mesti punya dokumen kelengkapan kesehatan hasil rapid test. Untungnya ada di Halodoc yah. Mudah dan praktis deh. Semoga Pandemi ini segera berlalu deh yah. Kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan aamiin

  27. atiqoh berkata:

    waaah bermanfaat sekali infonya kaka πŸ™‚ semoga semua lekas membaik biar terasa aman lg berpergian kemanapun dg kendaraan umum πŸ™‚

  28. lendyagasshi berkata:

    Isi tasnya rapih banget, kak..
    Seneng liat pouch-pouch kecil khas Indonesia.
    Aku tipe yang asal masuk aja…hehehe~

    Stay healthy.

  29. Leila berkata:

    Beberapa teman juga kemarin cerita soal perlunya ambil tes nih, buat para bapak yang memang tugas di luar pulau dan sudah berbulan-bulan belum bisa pulang. Akhirnya penerbangan dibuka, tapi memang ada syarat tambahan yaitu tes ini. Artinya memang harus ada budget tambahan ya, tapi demi kan….

  30. Dwi Puspita berkata:

    Tidak hanya bepergian yg harus memiliki tes rapid, mau operasi saja saya harus melakukan tes ini terlebih dahulu…hehehe

  31. Annisa P Putri berkata:

    Yaampun mba barang bawaannya rapih banget! Seneng liatnya kau tim grasak grusuk yang penting masuk sih hehe. Btw, jadi pengen liburan lagi tapi peer banget ngurus berkasnya. Huhu

  32. Aku kepengen mudik naik kereta, 45 menit doang sih hehehe
    tapi karena belum berani tes rapid jadilah naik motor kalo balik rumah, 2 jaman perjalanan kak

  33. Visya Al Biruni berkata:

    Rindu banget traveling breng anak dan suami. Naik kereta, pesawat sampai bus huhu. Insya Allah soon yah Mbak.

    Terimakasih informasinya Mbak, jujur ku baru tahu soal durasi masa berlaku tesnya

  34. Proteksi diri saat melakukan perjalanan memang penting banget yah mbak. Semoga sehat selalu utk kita semua, tetap semangat terapkan social distancing, sering cuci tangan, dan pakai masker saat bepergian.

  35. Firda berkata:

    Wah, jadi pengen bepergian nih aku. Kangen liburan. Tapi agak riweh juga harus rapid tes dulu. Biasanya tinggal cus berangkat, sekarang harus ngurus-ngurus berkas yang lumayan ribet.

  36. Helena berkata:

    lucu banget isi tasnya banyakan yang batik. Itu masker sama tempat tisu batik juga?
    nah iya sekarang mau pergi jauh itu mahaaal. Perlu tes rapid dan PCR πŸ™

  37. Renayku berkata:

    Huhuhu sediiih kalo mau pergi jauh biayanya makin mahal karena harus rapid test. Tapi aku cari2 tau ada beberapa jenis pcr di app halodoc yang mayan murah. Bisa jadi pilihan nih hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *