Kreasi Kuliner Berbahan Dasar Kopi Lampung

Kreasi Kuliner Berbahan Dasar Kopi Lampung

Kopi Lampung adalah minuman yang nikmat serta telah terkenal sejak jaman dulu kala. Awalnya, minuman ini dibuat dengan cara konvensional. Namun seiring perkembangan zaman, mulai banyak inovasi bermunculan terkait penyajian kopi robusta ini. Nah, berikut adalah beberapa kreasi kuliner berbahan dasar robusta dari Lampung.

1. Kopi Tradisional Lampung

Ini merupakan salah satu resep otentik dan mudah dibuat. Caranya, biji kopi yang masih utuh disangrai menggunakan kreweng. Bisa juga menggunakan wajan atau penggorengan dari tanah. Sangrai menggunakan api kecil sambil diaduk secara pelan.

Aduk terus menerus hingga biji kopi mulai berubah warna. Semakin lama, kopi akan berwarna hitam serta mengkilap. Ini menandakan kopi telah masak dari penggorengan. Angkat, lalu matikan api.

Kemudian masukkan ke dalam lumpang atau alat tumbuk tradisional. Tumbuk biji kopi ketika masih dalam kondisi panas menggunakan alu sampai halus.

Agar lebih halus hasil tumbukan biji kopi tadi, ayak hingga menjadi halus semuanya. Lakukan hingga tumbukan terakhir telah halus. Ini yang menjadi salah satu ciri khas kopi tumbuk tradisional. Kopi pun siap diseduh menggunakan air mendidih. Aroma khas dari kopi ini menambah nikmat. Rasanya ingin segera menikmatinya. Diseduh dalam cangkir minimal menggunakan 1,5 sendok teh kopi bubuk.

2. Kopi Lampung Durian

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, yaitu kopi, gula pasir, air panas, dan buah durian. Pisahkan daging dan biji durian.

Masak air sampai mendidih. Siapkan gelas lalu masukan kopi serta gula. Anda bisa menyesuaikan kekentalan kopi dan rasa manis sesuai selera Anda. Tambahkan air sebanyak setengah gelas lalu aduk rata sampai kopi dan gula tercampur rata.

Kemudian tambahkan buah durian sebanyak 1 sendok makan, kembali aduk sampai tercampur rata. Terakhir beri topping 1 buah durian yg masih utuh dan ada bijinya.

3. Lapis Kopi Lampung

Siapkan bahan-bahan. Kemudian pisahkan kuning dengan putih telur dalam wadah berbeda. Campurkan bagian kuning telur dan gula pasir.

Kocok kuning telur, gula serta vanili bubuk hingga lembut dan mengembang. Di wadah lain, kocok putih telur hingga kaku. Kocok juga margarin hingga teksturnya lembut.

Satukan 3 macam adonan yang telah dikocok tadi. Aduk rata menggunakan spatula. Masukkan susu serta tepung terigu, lalu aduk secara ringan. Pada proses ini sebaiknya oven telah mulai dipanaskan.

Bagi adonan menjadi dua dalam wadah yang berbeda. Sepertiga (atau setengah) bagian tambahkan bubuk kopi. Siapkan loyang ukuran 20×20 yang dialasi menggunakan kertas roti serta diolesi margarin.

Tuang sebanyak dua cangkir adonan ke dalam loyang, panggang menggunakan api atas bawah sekitar 15 menit. Tunggu sampai bagian atas kue kering kecoklatan. Keluarkan loyang, ratakan bagian permukaan kue menggunakan pantat gelas. Lalu tuang kembali sebanyak dua cangkir adonan. Masukkan ke dalam oven. Panggang selama 15 menit dengan api atas. Lanjutkan lapisan selanjutnya dengan langkah yang sama.

Panggang dengan suhu 170┬░. Pastikan, oven telah dipanaskan 15 menit sebelum adonan dimasukkan. Adonan kopi dapat dituang secara bergantian dengan adonan ori. Anda juga bisa hanya menuangnya sebagai lapisan akhir saja.

Lapisan atas pun dapat ditambah topping sesuai selera. Potong kuenya setelah suhunya dingin, tujuannya agar kue telah set. Kue akan terasa lembab ketika dingin. Ini sebab komposisi adonan dominan telur. Nah, itu tadi 5 kreasi kuliner berbahan dasar Kopi Lampung. Menarik, bukan?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *