Home » Manfaat Berenang Untuk Anak

Manfaat Berenang Untuk Anak

Manfaat berenang untuk anak

Manfaat berenang untuk anak. Kita lihat apa saja, yuk!

Anak-anak secara alamiah sangat menyukai aktivitas bermain air. Entah main hujan-hujanan, berlama-lama ketika mandi, main di sungai dan pantai, ataupun berenang.

Berenang merupakan life skill yang sebaiknya dikuasai dan dipelajari oleh anak sejak dini. Kenapa? Ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak lho ayah bunda?!

Manfaat berenang untuk anak

Manfaat berenang untuk anak
Manfaat berenang

Belum lama ini saya mengantar anak les berenang. Disana, saya bertemu dengan seorang tentara yang juga sedang mengantar putranya berenang. Menurut beliau anak-anak wajib berlatih renang.

Ketika seseorang terjebak di dalam air, jika tidak bisa berenang, pilihannya hanya satu, tenggelam. Beda kalau terjebak di hutan, gurun atau apapun asal di daratan, kalau capek bisa istirahat, kemudian lanjut jalan.

Beliau membuat pernyataan yang lugas dan jelas. Pernyataan beliau ini membuat saya merasa tidak salah pilih jalan menginginkan anak pandai berenang. Iya, anak-anak memang harus bisa berenang.

Selain untuk pertahanan diri, ada banyak sekali manfaat berenang untuk anak, baik perkembangan fisik dan mental anak. Kira-kira apa saja sih?

Baca juga :

1. Melatih rasa percaya diri

Ketika anak-anak mampu menaklukkan kolam dalam dan lebar, anak-anak pasti senang. Perasaan senang ini akan membuat merasa lebih percaya diri.

Rasa percaya diri pada anak ini akan berdampak positif bagi perkembangan emosional anak. Mengurangi rasa minder dan rasa takut.

Manfaat berenang
Berenang meningkatkan fokus dan kesabaran

2. Memperkuat jantung dan paru-paru

Berenang adalah aktivitas atau olahraga yang baik untuk pernafasan. Gerakan yang dilakukan didalam air, melatih pernafasan yang panjang.

Pada saat berenang gerakan otot akan memacu aliran darah ke jantung dan paru-paru. Jadi, jelas bahwa berenang membuat jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat dan kuat.

Berenang juga dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Sekarang kalian makin percaya kan? Bahwa berenang bukan hanya baik untuk anak, olahraga berenang ini juga sangat baik untuk orang dewasa.

3. Mengoptimalkan hormon pertumbuhan anak

Saat berenang, hampir semua otot tubuh bekerja, termasuk memicu pelepasan hormon pertumbuhan. Dan hormon pertumbuhan inilah yang mempengaruhi proses pertumbuhan tinggi badan anak.

Baca juga :

4. Meningkatkan kecerdasan

Ketika anak-anak berenang, gerakan otot juga akan membantu perkembangan syaraf otak. Makanya, berenang juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan bagi anak.

Baca juga :

5. Melatih fokus dan kesabaran

Saat anak belajar berenang, anak-anak akan belajar fokus dan berhati-hati. Selain itu, belajar berenang juga memerlukan proses panjang yang akan melatih anak menjadi lebih sabar.

6. Mencegah dan mengatasi obesitas

Berenang adalah olahraga terbaik bagi para penderita obesitas.

Jumlah anak-anak yang mengalami obesitas semakin banyak. Selain dengan mengatur pola makan yang baik, cara mengatasinya yaitu dengan olahraga rutin.

Berenang menjadi olahraga yang bisa jadi pilihan terbaik bagi yang memiliki obesitas. Olahraga air ini mengeluarkan energi yang cukup besar. Hal ini bisa membakar banyak kalori dan lemak yang bisa mengurangi berat badan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berenang menyenangkan bagi anak

Nah agar kegiatan berenang ini menyenangkan buat anak, perlu beberapa hal yang harus kita persiapkan, antara lain:

  1. Mood yang menyenangkan dan pastikan anak dalam keadaan sehat. Jangan paksa anak berenang ketika anak sedang dalam kondisi tidak fit.
  2. Baju renang yang pas. Baju renang yang sesuai ukuran dan disukai anak akan meningkatkan mood atau semangat anak.
  3. Bekal yang sehat. Soal makanan dan minuman usahakan yang bergizi, ya moms!
  4. Pilih kolam yang kondusif. Apalagi dimasa pandemi gini, tetap patuhi protokol kesehatan ya!

By the way, anak-anak Moms and Dads sudah pandai berenang kan?

10 tanggapan pada “Manfaat Berenang Untuk Anak”

  1. Sampai sekarang saya cuma bisa berenang gaya daun, alias ngambang ga karuan hahaha. Pernah dites renang dulu pas sekolah, yang lain kelar 45 detik, saya 1menit 30 detik baru sampe plus kram juga. Mengsedih

    Oya, emang betul ya kalo sering renang bisa bikin kulit jadi item?

  2. setuju banget sama pernyataan dari si bapak tentara itu soal kenapa kita harus bisa berenang. Alhamdulillah sekarang banyak tempat kursus les renang ya ga kayak jaman saya dulu tempat les renang masih terbatas

  3. Ah iya sepakat. Buat saya berenang malah jadi salah satu skill hidup yang penting. Manfaat untuk kebugaran fisik, sudah barang tentu. Tapi karena saya hidup di kampung yang banyak sungai dan sesekali bisa saja terjadi banjir, berenang jadi keharusan. Dan jadi kayak bisa berenang secara alami saja, karena sering nyoba mandi di sungai. Dan pernah juga sih beberapa kali tenggelam

  4. banyak banget ya manfaat dari olah raga renang ini. saya jadi ingat ketika kecil duluu pernah trauma renang karena beberapa kali tenggelam. untungnya ada ekskul renang yang melatih dan menjadi wadah saya buat belajar. ah ya satu lagi, hal yang paling identik dan selalu terlintas difikiran saya ketika mendengar kata renang adalah, nasi dan mie goreng medok buatan ibu untuk bekal makan setelah renang hihihi

  5. Berenang selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan.
    Anak-anak kalau diajakin stay cation, selalu gak lupa buat nagih “Ma, berenang, Ma..”
    Tapi anak-anak memang meski baju renang nya gak proper, kalau uda ketemu kolam, seneng aja yaa.. Akutu kok rewel banget kalo masalah baju renang gini ini??

    **emang banyak alesan kalo mo renang, hehehe…antara takut dingin sama gak bisa renang.

  6. Berenang itu manfaatnya banyak banget, apalagi kalau dari kecil udah diajarin berenang hingga jago berenang sendiri baik di kolam renang yang pendek ataupun dalam sekalipun. Tambahan lagi untuk manfaatnya seperti menambah tinggi badan, tubuh lebih sehat, dan lebih aktif dalam kegiatan atau aktivitas sehari-hari..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *