Home » Manfaat Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Dan Brand Anda

Manfaat Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Dan Brand Anda

Manfaat Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Dan Brand Anda!

Istilah digital marketing sebenarnya sudah mulai ramai dari beberapa tahun lalu. Dan seiring berjalannya waktu, saat pandemi merubah hampir semua tatanan kehidupan termasuk soal bisnis menjadi serba online istilah digital marketing pun menjadi semakin familiar.

Bukan hanya bisnis atau brand besar saja kok yang menggunakan digital marketing ini. Akan tetapi, para UMKM pun yang ingin sukses berbisnis harus menguasai ilmu digital marketing.

Makanya tak heran, jika sekarang banyak sekali pelatihan-pelatihan tentang digital marketing. Saya juga beberapa kali dapat pelatihan baik secara online maupun offline untuk mengulik bagaimana memaksimalkan digital marketing untuk produk kami.

Agar kita lebih paham apa dan bagaimana, hingga manfaat digital marketing, kita bahas yuk!

Apa sih Digital Marketing itu?

Pengertian digital marketing

Hampir semua brand saat ini melakukan kampanye via online. Entah lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, google ads ataupun lewat website. Hal demikian inilah yang disebut dengan aktivitas digital marketing.

Digital Marketing atau pemasaran digital adalah merupakan serangkaian kegiatan memasarkan produk-produk atau brand dengan berbagai media di internet atau digital. Tujuannya adalah agar bisnis semakin berkembang, jangkauan lebih luas, penjualan meningkat, efisiensi biaya dan tentu masih banyak lagi manfaat lainnya.

Jadi nggak heran kan? Pada saat kita searching produk di salah satu market place, tiba-tiba dashboard akun media sosial kita dipenuhi oleh iklan produk yang serupa dengan yang kita kepoin. Nah itulah salah satu cara kerja digital marketing, gaes!

Manfaat Digital Marketing itu untuk apa saja, ya?

Manfaat Digital Marketing

Well, kira-kira apa saja ya manfaat dari digital marketing? Tentu saja sangat banyak seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

1. Agar arah dan tujuan bisnis/brand lebih jelas

Salah satu dari manfaat penerapan digital marketing adalah membuat arah dan tujuan bisnis menjadi lebih jelas. Perusahaan bisa merencanakan strategi dan menentukan langkah-langkah agar bisnis semakin berkembang dari hasil analisis digital marketing yang mereka lakukan.

2. Manfaat dari digital marketing jangkauan pasar menjadi sangat luas

Kita harus akui kelebihan digital marketing adalah jangkauan yang lebih luas, lebih cepat dan tepat pada calon konsumen. Saat sebuah brand mengadakan suatu campaign secara online, maka jangkauan pada pelanggan pun jauh lebih luas. Tidak seperti promosi lewat pamflet ataupun baliho yang efek jangkauannya sangat terbatas.

3. Membantu bisnis atau brand mengenal target calon konsumen

Menerapkan digital marketing adalah cara mudah yang bisa dilakukan oleh brand untuk mengetahui target calon konsumen. Selain itu, dari hasil tersebut bisa mengetahui tingkat kebutuhan konsumen, barang apa saja yang sedang trend, hal apa yang disukai atau tidak disukai, dan menentukan target pasar di wilayah tertentu.

4. Memberikan informasi penting tentang brand dan membangun kepercayaan pelanggan

Manfaat digital marketing lainnya adalah sebagai sumber informasi mengenai brand pada konsumen. Contohnya adalah penggunaan website dan akun media sosial. Calon konsumen biasanya akan mencari gambaran atau informasi yang lebih detail dengan mencarinya di internet.

5. Manfaat Digital Marketing untuk menghemat anggaran perusahaan

Dengan penggunaan digital marketing yang baik, otomatis pengeluaran perusahaan bisa lebih di tekan. Biaya pasang baliho dan percetakan iklan lainnya bisa digantikan dengan campaign secara online.

6. Manfaat digital marketing memberikan kemudahan saat evaluasi

Pada saat melakukan pemasaran dengan media digital, proses dan hasilnya bisa langsung diketahui. Hal tersebut tentunya sangat membantu kita untuk membuat laporan. Hasil ini juga yang akan memberikan kemudahan untuk evaluasi langkah dan kinerja yang akan dilakukan ke depan.

Media Digital Marketing, apa saja sih jenisnya?

Jenis-jenis digital marketing

Kalian tahu contoh paling sederhana praktek digital marketing? Yes, menggunakan WhatsApp! Bahkan semua orang bisa dengan mudah melakukannya, bukan?

Akan tetapi, jika bisnis atau brand Anda ingin lebih Sukses dan berkembang gunakanlah jenis-jenis media digital marketing yang lain. Mau tahu jenis media digital yang Sering digunakan banyak brand? Tetap simak, ya!

1. Email marketing

Bagaimana cara kerjanya? Pemasaran digital marketing dengan menggunakan email ini cukup mudah. Kita tinggal mengirimkan informasi tentang bisnis atau produk terbaru secara langsung via email calon konsumen.

2. Social Media Marketing

Social media merupakan sarana tempat paling mudah dan murah untuk media promosi bisnis atau brand. Bahkan dengan sosial media pun bisa gratis tanpa biaya. Contoh yang bisa kita gunakan antara lain Facebook, Twitter, Instagram dan yang sekarang sedang ramai seperti tiktok.

3. Website

Penggunaan website bagi sebuah bisnis maupun brand bermanfaat sangat penting untuk melihat sejauh mana profesionalisme. Dengan website bisa lebih menggambarkan secara keseluruhan informasi sebuah bisnis atau perusahaan untuk konsumen.

4. Google Ads

Google Ads, dahulu dikenal sebagai Google AdWords merupakan program periklanan berbayar yang disediakan oleh pihak Google. Jangkauan dari iklan ini pun menjadi lebih tepat sasaran dan target sehingga bisa mendongkrak penjualan.

Tertarik untuk mencobanya? Tunggu dulu! Kalian harus pandai dalam riset keyword yang akan dibidik. Jika nggak mau ribet, kalian bisa pakai jasa iklan google ads, kok!

5. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing merupakan praktek mencari traffic atau meningkatkan visibilitas sebuah website dengan cara berbayar. Tujuannya agar lebih mudah dan lebih banyak pengunjung atau calon konsumen yang datang ke website tersebut.

Berbeda dengan search engine optimization (SEO) yang merupakan upaya menarik traffic secara organik dan gratis. Namun cara ini hasilnya terlihat lebih lama. So, jika Anda butuh yang lebih baik maka pilih Search Engine Marketing (SEM).

6. Video Marketing

Penggunaan video marketing juga memberikan efek yang positif untuk menarik perhatian konsumen. Anda bisa menjelaskan detail produk, proses produksi dan juga testimoni dengan membuat video.

Kesalahan umum yang sering terjadi pada Digital Marketing

Kesalahan umum digital marketing

Pada prakteknya, penerapan digital marketing masih sering menemui kendala. Nah apa saja kesalahan umum yang kerap terjadi?

1. Konten kurang menarik

Konten yang menarik itu yang seperti apa sih? Harus secara keseluruhan. Baik foto atau videonya maupun Informasi pada caption. Jangan lupa dengan teknik soft selling seperti story-telling dan copywriting.

2. Gagal memahami keinginan konsumen

Kenapa suatu produk gagal dipasarkan? Bisa saja pengusaha yang tidak bisa membaca selera dan keinginan konsumen.

3. Penerapan strategi yang tidak tepat sasaran

Menentukan target atau tujuan bisnis di awal menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan strategi. Apabila bisnis tidak fokus maka strategi yang dilakukan menjadi tidak tepat sasaran.

4. Tidak cermat saat menghitung Return of Investment (ROI)

Dalam sebuah bisnis, menghitung ROI menjadi hal yang sangat penting. Perincian biaya produksi dan biaya lain-lainnya harus dihitung secara cermat agar kita memperoleh laba sesuai dengan yang kita inginkan.

Nah kebanyakan paRa pengusaha yang kurang sukses atau gagal banyak juga yang disebabkan karena kesalahan dalam menghitung ROI.

5. Website yang tidak menarik dan kurang lengkap

Apa jadinya jika sebuah website suatu brand tidak menarik dan informasi yang disajikan kurang lengkap? Pasti konsumen menjadi kurang percaya pada brand tersebut bukan? Maka dari itu, gunakan halaman website secara maksimal untuk menarik perhatian para konsumen.

Kesimpulan

Pemasaran digital atau digital marketing saat ini menjadi strategi yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis dan brand. Ada banyak jenis media yang bisa digunakan dalam proses kegiatan digital marketing.

Apabila digital marketing ini dijalankan secara maksimal, tentu saja akan memberikan manfaat positif bagi usaha suatu perusahaan. Namun, tentu saja harus ada upaya dan kerja keras bagaimana cara menggunakan digital marketing ini secara tepat.

Namun, apabila Anda merasa tidak mampu menjalankan sendiri, bagaimana? Pakai saja Indonesia digital marketing agency. Digitalic.id merupakan salah satu agensi recommended yang bisa menghandle urusan digital marketing.

Dengan menggunakan jasa dari agency kita tak perlu khawatir dengan penerapan strategi digital marketing. Kenapa demikian? Karena urusan pemasaran dipegang oleh praktisi yang expert dibidangnya.

Sekian pembahasan tentang digital marketing, semoga bermanfaat.

Baca juga :

24 tanggapan pada “Manfaat Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Dan Brand Anda”

  1. Ternyata banyak sekali manfaat dari digital marketing ini ya, baik untuk pemasaran dan menghemat biaya untuk iklan juga. Tapi kalau nggak bisa memanfaatkan dengan baik, emang malah bisa jadi bumerang. Mendidik karyawan yang sudah ada, bisa-bisa makan waktu dan hasilnya belum tentu optimal. Emang paling pas diserahkan saja pada ahlinya

  2. Betul sekali sekarang itu pemasaran produk sangat perlu pakai digital marketing karena masyarakat kita tidak lepas dari dunia sosmed, olshop dan dunia online lain. Perkembangan IT sekarang pesat jadi kita harus bisa mengikuti perkembangan jaman.

    Solusi ga mau ribet memang langsung bayar agency.

  3. Aduh di jaman now itu kalau mau bisnis mau ngga mau perlu menguasai ilmu digital marketing ya mba. Apalagi zaman pandemi begini. Sejak jadi blogger saya jadi tahu jenis digital marketing itu apa aja dan kita sebagai blogger juga melakukan digital marketing juga tanpa kita sadari ya. Salah satunya memperkenalkan branding kita kepada pembaca kita

  4. Ngitung ROI ini kadang PR banget, utamanya buat UMKM yg baru nyebur ke ranah digital. Karena blum terbiasa dgn iklim digital juga kali yaaa.
    bersyukur banget ada Digitalic yg bisa membantu para pengusaha utk terus melaju!

  5. Jaman dulu, aku paling anti lho mba dengan segala sesuatu yang berlabel marketing, entah kenapa jadi momok tersendiri. Tapi setelah jadi freelancer, akhirnya mau ngga mau ya harus belajar marketing. kalau ngga, ya ga bisa mengepakkan sayap-sayap personal branding demi menggaet klien, hehehe

  6. Aku percaya digital marketing itu full time job!

    … dan semakin penting keberadaannya karena:
    – kian banyak orang yang memnafaatkan platform digital
    – memudahkan brand terhubung dengan konsumen
    – membantu pertumbuhan brand

    Apalagi selama pandemi, survei membuktikan, permintaan tenaga digital marketing paling tinggi!

    Blogger termasuk nih yang merasakan salah satu manfaat digital marketing!

  7. Memang banyak sekali manfaat dari digital marketing ya. Apalagi sekarang memang eranya digital. Mau tak mau harus berubah, turut inovatif mengikuti perkembangan zaman dan tahu target pasar. Digital marketing harius dimaksimalkan supaya berhasil..

  8. Sepakat mbak
    Di era digital seperti ini, digital marketing adalah kebutuhan utama bagi para pelaku bisnis
    Dengan digital marketing, pemasaran bisa lebih luas jangkauannya

  9. Wew aku kaget dg dark theme, sepertinya terakhir ke sini belum begini. Hihi…

    Ohya digital marketing Makin mendapat panggung selama pandemi. Ga cuma untuk bisnis, mengelola komunitas pun perlu memahami digital marketing.

    1. Pernah kerja di tempat yang manfaatin digital marketing. Eh kaya robot banget dong waktu itu. Saya saranin biar lebih manusiawi, ditolak. Ya sudah

      Memang kudu mempelajari banyak hal sih biar apa yang kita inginkan sampai ke konsumen

  10. di era digital kayak sekarang memang kita mau nggak mau harus belajar digital marketing ya untuk kelancaran usaha. nggak cuma buat usaha atau jualan, digital marketing ini juga bisa buat personal branding kita

  11. Digital marketing memang bakal terus mendapat panggung di masa depan. Mengingat perkembangan teknologi yang telah mendobrak berbagai batasan, maka dunia marketing pun tak lagi berbatas. Di sini digital marketing berperan besar dalam perkembangan usaha.

  12. Mau gak mau semua harus beralih juga ke digital marketing di era teknologi ini ya, termasuk UMKM yang harus naik kelas kalau gak mau ketinggalan.
    Untungnya banyak pelatihan digital marketing juga jadi para UMKM juga terbantu dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

  13. Digital marketing emang jauh lebih cepat efeknya daripada marketing konvensional seperti bag-bagi brosur atau pasang spanduk. Wah jadi pengen bikin video marketing untuk masarin bisnisku.

  14. Bener banget deh dengan menggunakan tool digital marketing yang tepat, maka kita bisa mendapatkan pelanggan untuk produk/ jasa kita lebih banyak karena target ads nya tepat ya

  15. Pemasaran melalui digital marketing juga harus tepat ya . Kalau belum bisa , malah bisa boncos di google ads tapi target market tidak sesuai.

    Emang paling enak pakai agency seperti digitalic.id ya. Semua tinggal beres

  16. yang menantang dalam digital marketing itu menururtku aku kontennya sih ya mba, bagaimana mencipatakan konten yang menarik itu sulit. Karena ya dia kan nyawanya gitu. Tapi juga banyak faktor pendukung supaya konten itu bisa sampai di khalayak ramai.

  17. Menurutku,,, ini menurutku ya, digital marketing itu seperti 2 sisi mata uang, emang perlu banget kita melakukan promosi yang sudah bergerak ke dunia digital, apa sih barang yang kita beli gak pake cari dulu di internet, kayaknya sedikit banget. Setiap ingin membeli selalu cari review dulu dan disitulah digital marketing berjalan. Namun kadang lupa bahwa produk adalah hal utama dari promosi, yang ada jadinya hype diawal namun turun diakhir. Semoga brand-brand juga memperhatikan produk mereka dengan baik. Dan digital marketing juga bisa menumbuhkan ekosistem pengusaha lokal atau UMKM

  18. Ilmu digital marketing ini berkembang pesat, ya. Banyak juga yang buka kelas digital marketing baik online maupun offline. Manfaatnya banyak banget terutama di masa pandemi gini. Pemasaran digital sangat membantu buat yang punya bisnis 😃

  19. Aku ada satu usaha persewaan mainan yg pemasarannya full digital aja. Bener deh utak atiknya itu seru perlu dipelajari biar orang tau kita baru buka suatu usaha 😆

    Awalnya berjuang bgt, skrg udah lumayan banget dibanding setahun lalu. Ini pun belum maksimal memanfaatkan pemasaran digital karena masih meraba2 jg aku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *