Mengisi Waktu Ngabuburit Dengan Hal Positif

Assalamu’alaikum

Marhaban Ya Ramadhan. Setiap bulan ramadhan tiba, selalu ada rasa haru yang melonjak di dada, bahagia. Apakah kalian juga demikian?

Btw, hari pertama ramadhan ini saya akan cuba bahas tentang ngabuburit. Hah? Kok ngabuburit? Ya kan nggak ada salahnya, kan? Istilah Ngabuburit ini juga nggak bisa dipisahkan juga dari puasa ramadhan. Iya yo?

Istilah Ngabuburit

Saya ini mengenal kata ngabuburit itu pas saya remaja. Sewaktu kecil nggak ada istilah ngabuburit. Dan yang saya pahami waktu itu, ngabuburit ini adalah kegiatan keluar rumah disore hari untuk menunggu waktu buka puasa. Entah dengan jalan-jalan, nongkrong, cari takjil, pokoknya makna kegiatan keluar gitu.

Dan setelah dewasa, baru deh searching google tentang ngabuburit ini, dan baru tahu apa sebenarnya istilah ngabuburit. Ahaha. Kalau kalian udah pada ngerti?

Menurut banyak sumber di google, secara bahasa, ngabuburit berasal dari bahasa sunda burit yang artinya sore, menjelang maghrib, senja. Sementara di Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Ngabuburit (sd) diartikan sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Mungkin, yang mengartikan ngabuburit ini sebagai kegiatan keluar rumah seperti saya itu banyak kali ya? Soalnya saya sering mendengar orang bilang mau ngabuburit kalau mau jalan-jalan menghabiskan waktu sore untuk menunggu buka puasa.

Tempat Favorit Ngabuburit

Beberapa tempat yang biasa jadi tempat favorit orang ngabuburit

  • Pantai. Ini karena kota saya ada di pesisir, jadi pantai pasti selalu ramai. Banyak muda-mudi, atau keluarga yang sengaja memilih menikmati pantai untuk menunggu buka puasa.
  • Alun-alun dan Taman Kota. Biasanya yang di alun-alun, mereka yang punya anak kecil. Di alun-alun jaman sekarang kan layaknya playground buat anak-anak. Aneka permainan bisa dipilih untuk menyenangkan anak-anak.
  • Pasar Kuliner Ramadhan. Biasanya siy selama ramadhan ini banyak sekali tempat yang jadi pusat kuliner yang jual makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Termasuk saya kalau lagi malas masak, mending ke tempat seperti, banyak banget pilihan menu yang bisa kita pilih.
  • Bazar. Selama ramadhan ini sering kali ada event yang menjual kebutuhan ramadhan, seperti aneka baju lebaran.

Jadi, saya merasa bahwa saya dulu mengartikan ngabuburit ini terlalu sempit. Padahal, ngabuburit ini kan bukan hanya sekedar jalan-jalan keluar rumah nunggu waktu buka puasa. Bisa saja ngabuburit di rumah, melakukan banyak hal, kan sama saja menunggu waktu buka puasa tiba.

Baca juga Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusi

Kegiatan Positif Mengisi Ngabuburit

Banyak kegiatan yang bisa kita pilih, misal:

  1. Membaca Alquran/Tadarus. Lumayan kan, bisa cepet khatam bacaan alqurannya. Dan insya Allah pahalanya berlipat-lipat.
  2. Mengikuti Kajian dan diskusi Agama. Biasanya di masjid lingkungan ada kegiatan kajian agama kan? Ini bisa jadi pilihan yang bermanfaat banget, ya dapat ilmu, ya pahala, ya yang pasti kalau dilakukan dengan gembira waktu menunggu berbuka jadi tidak terasa lama. Kalau di rumah juga bisa, kadang banyak stasiun tv yang ngadain tayangan kajian agama, kan?
  3. Mengajari Anak Mengaji. Biasanya anak-anak mengaji diluar bulan ramadhan setelah maghrib kan? Bisa diganti nih, setelah ashar. Untuk anak-anak pasti bermanfaat banget, biar nggak keinget masakan terus. Selain itu ini bisa meningkatkan bonding antara anak dengan ayah/ibu.
  4. Membaca Buku. Nah, bagi para penggemar buku pasti setuju membaca itu bikin waktu terasa cepat berlalu. Sambil nunggu buka puasa bisa nambah ilmu juga kan?

Nah itu tadi kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit yang menurut saya banyak manfaatnya. Kalau kalian mungkin ada cara yang lain? Boleh sharing dong.

Sekian cerita ramadhanku, selamat berpuasa.

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Ainhy Edelweiss berkata:

    wah memang seharusnya mengisi waktu ngabuburit itu dengan hal-hal yang positif dan bernilai ibadah yah kak

  2. Yulia berkata:

    Salah satu kegiatan ngabuburitku itu ngejawabin pertanyaan anak berulang-ulang tentang kapan adzan magribnya haha

  1. Mei 8, 2019

    […] Baca juga Mengisi Waktu Ngabuburit dengan Hal Positif […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *