Menikmati Pantai Teluk Penyu

menikmati pantai teluk penyu

Pantai. Kayaknya semua orang menyukainya, iya kan? Anak-anak, remaja, sampai orang tua tetap saja suka dengan pantai. Seperti foto diatas, itu saya ambil tadi pagi. Dua orang bujang aja masih asyik main pasir begitu. Buat saya sendiri pantai itu dimana kita bisa bebas, bebas mau ngapain aja. Memang asyik kok main di pantai. So, pantai mana saja yang pernah kalian kunjungi?

Pernah berkunjung ke Cilacap? Kalau iya, pasti sudah main dong ke pantai teluk penyu. Pantai teluk penyu memang masih menjadi daya tarik utama wisata Cilacap. Maklum kota kecil di pesisir, dan lokasi ada di pusat kota, jadi wajar saja kalau teluk penyu paling banyak dituju.

Oh iya, kenapa dinamakan teluk penyu? Apa disana banyak penyunya?Ini pertanyaan paling sering dilempar ke saya dari teman. Jawabannya sih tidak, tidak ada penyu di pantai sekarang ini. Tapi, jaman dahulu pantai ini memang jadi lokasi penyu bertelur.

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu

Meski pantai teluk penyu sudah tak berpenyu, tapi pantai ini tetap asyik loh buat dikunjungi. Apalagi kalau kalian yang belum pernah ke Cilacap. Semenarik apa sih sebenarnya pantai ini?

Trek Dam Pemecah Ombak

Nah, ini yang khas dari pantai teluk penyu. Jembatan beton yang berfungsi sebagai pemecah ombak dan mencegah abrasi pantai. Jadi jangan ngaku ke pantai teluk penyu jika foto kalian tak ada barisan trek dam ini, ya? Trek dan ini jadi ciri khas teluk penyu. Yang suka fotografi tempat ini asyik buat foto-foto.

Trek dam teluk penyu

Tempat Menikmati Sunrise

Waktu paling pas untuk menikmati pantai ini ya waktu pagi. Kita bisa menikmati sunrise disini. View matahari terbit di pantai pasti keren kan? Bagi yang demen foto, cocoklah untuk lokasi hunting. Tapi, berhubung saya emak-emak punya balita, objeknya nggak jauh-jauh dari foto aktivitas anak.

sunrise di teluk penyu

Untuk menikmati sunrise ini, kalau saya habis subuh langsung meluncur. Harapannya hari cerah nggak mendung atau hujan.

Tempat Kuliner Sea Food dan Mendoan

Yang hobi sea food boleh banget merapat ke teluk penyu. Restoran yang menyajikan olahan laut membentang di sepanjang pantai sampai ke ujung areal 70 Pertamina.

Selain sebagai tempat kuliner sea food, kuliner favorit banyak orang adalah mendoan. Saya sendiri, kalau ke pantai tanpa menikmati tempe mendoan ini berasa kurang afdol. Asyik tahuuu, duduk manis di bawah pohon rindang di bibir pantai menikmati mendoan anget-anget. Nikmatnya tak terkira.

mendoan teluk penyu

Selain kuliner, disini juga banyak kios yang menjual aneka olahan hasil laut yang bisa dijadikan oleh-oleh. Bermacam jenis ikan asin, terasi dan olahan lainnya bisa jadi oleh-oleh. Selain itu juga banyak cendramata dari aneka kerang yang dijual cocok untuk souvernir dan hadiah.

Tempat Untuk Messy Play Yang Komplit

Pantai ini asyik banget buat main sama si kecil. Anak bisa bermain dan mengeksplorasi banyak hal dengan riang gembira. Sekali kunjung, berbagai aspek perkembangan anak terstimulan.

messy play

Terusan Wisata ke Benteng Pendem

Sudah tahu belum kalau selain pantai, dikawasan ini juga ada tempat wisata sejarah. Ada benteng peninggalan Belanda yang ada di ujung pantai teluk penyu. Benteng ini dibangun tahun 1861 oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai benteng pertahanan.

Bagi yang suka wisata sejarah, harus banget mampir kesini. Fyi, benteng ini juga lumayan terkenal angker, katanya. Pernah beberapa kali jadi lokasi uji nyali. Tapi, kalau untuk sekedar berkunjung nggak masalah banget. Saya beberapa kali kesana juga aman saja. Sayangnya, file foto benteng entah kemana.

Baca juga Wisata edukasi Hortipark Gunung Kemit Cilacap

Terusan Wisata ke Pantai Nusakambangan

Pulau Nusakambangan terlihat dekat dan sangat dekat dari pantai teluk penyu. Meski dekat jangan coba-coba berenang ya?! Ahahaha. Bahaya, kamu nggak akan kuat. Serius. Mending naik compreng. Pantainya cakep-cakep lho, ada pasir putihnya juga. Ada benteng peninggalan Portugis juga di Nusakambangan.

Dari pantai teluk penyu ini, banyak sekali nelayan yang menyewakan jasanya untuk menyebrang ke pantai Nusakambangan. Tentu saja dikawasan yang bebas di kunjungi. Bukan di komplek rutan di Nusakambangan.

Nggak perlu bingung nyari perahunya, tukang perahunya biasa menawarkan ke pengunjung untuk kesana. Oiya, untuk pembayaran dilakukan ketika kita sudah sampai lagi di teluk penyu. Kita diantar lalu janjian kapan akan di jemput, sepuasnya pengunjung main disana.

Itu daya tarik pantai teluk penyu yang bisa saya share. Barangkali bisa jadi destinasi wisata kalian nanti. Aksesnya gampang kok. Bagi yang dari luar kota, bisa ke Cilacap naik kendaraan pribadi atau umum (bus dan kereta). Yang pakai pesawat juga bisa, tapi hanya pesawat kecil ya?!

Sekian cerita dari kampung halamanku.

Mungkin Anda juga menyukai

42 Respon

  1. Kakakku ada yang tingal di Cilacap nih. Bisa dijadikan destinasi liburan nih kapan2 kalau pas berkunjung ke sana. Pantai tuh selalu menggoda untuk didatangi. Apalagi anak-anak ya, selalu suka main pasir di pantai. Bisa kotor-kotoran sesuka hati.

  2. haha samaaa, anakku udah ABG ya tetep aja kalo ke pantai masih suka main pasir πŸ˜€
    Aku suka lihat sunset di pantai, indah banget. Pasti sunrise di pantai juga nggak kalah indahnya ya.

  3. Ke Cilacap saya cuma lewat dan enggak singgah…Wah pantainya keren bener, bisa nyebrang ke Pulau Nusakambangan yang ternama itu pula. Semoga kapan waktu bisa ke sana.
    Dan salfok dengan mendoannya..mantul!

    • Lina Sophy berkata:

      Ahahaha dimana lagi coba mbak pantai yg bisa menikmati mendoan anget-anget, ini di tempat asal mendoan pasti rasanya ternikmat dong. Bisa mbak nyebrang kepantai Nusakambangan dari sini 😁

  4. Diah Kusumastuti berkata:

    Bapak saya asalnya Purwokerto, deket dengan Cilacap, ya. Tapi saya belum pernah singgah ke Cilacap. Pantainya bagus ya sepertinya. Sayang sudah bukan tempat penyu-penyu lagi. Padahal namanya Teluk Penyu, ya. Hehe.

  5. Lina W. Sasmita berkata:

    Waaah ternyata bisa ya nyebrang ke Nusakambangan? Ada area bebas pengunjungnya.

    • Lina Sophy berkata:

      Iya mbak, kalau dari teluk penyu hanya sedikit pantai yg bisa dituju, kalau mau eksplor lebih jauh bisa dari penyebrangan seleko, nanti lewat depan rutan juga. Ada juga kampung laut di Laguna antara pulau Nusakambangan dan Cilacap daratan, kampungnya asyik sekali mbak, waktu tempuh pakai kapal kurang lebih 2 jam, banyak banget objek yg bisa jadi fokus penelitian

  6. Andiyani Achmad berkata:

    wah dari Telur Penyu bisa terus melaju ke Nusa Kambangan ya mak? Seru sekali perjalanan wisatanya. Bisa sekalian ngenalin tentang alam ke anak

  7. Indah Nuria berkata:

    Cantik banget tempatnya ya mba.. And for sure the kids will love this place. They can never get enough of turtles

  8. Megha berkata:

    Waah mulai dikenal yah wisata pantai daerah pesisir jawa ini. Siapa sangka cilacap punya pantai sekeren ini. Aduh jadi mantai nih mak baca tulisan ini

    • Lina Sophy berkata:

      Ehehehe kalau untuk wisatawan lokal cilacap dan sekitarnya dari dulu terkenal mbak, cuma kalau bicara wisata lebih luas kayaknya cilacap jauh sekali tertinggal dari daerah lain. Lihat pegiat genpi kayaknya paling vakum deh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  9. Nia K. Haryanto berkata:

    Duh, baca ini bikin gejala kekurangan vitamin sea-ku kambuh. Udah lamaaaa banget aku gak ke pantai. Kepengen deh bawa anak-anak. Main di pasir pantai gitu, mereka pasti suka. πŸ˜€

  10. Sulis berkata:

    Aku SMA mba kesini…udah lamaaa banget yaaa… Dulu tak pikir dinamain teluk penyu juga karena bakal nemu penyu di sini…ternyata nggak.

    Jadi pengen ke cilacap lagi, ngajuin proposal ke pak suami ah. Dibanyakin artikel wisata cilacapnya ya mba… Soalnya tauku klo dr jogja, yang sejalur sm ini cuma gua jatijajar…

  11. Aswinda Utari berkata:

    Wuaw.. Wisata komplit ini ya mba. Enjoy dengan suasana pantai dan berburu pengetahuan baru di museumnya. Kebetulan sy blm pernah sm sekali kesini.

  12. Larasati Neisia berkata:

    Baru aja kemarin aku lewat Stasiun Kroya terus mikir di sana ada tempat wisata apa, taunya banyak pantai-pantai cantik yah Mba, pengen ke pantai teluk penyu jadinya. Udah lama nggak ke pantai huhu..

  13. Inna Riana berkata:

    waah jadi kangen pengen main ke pantai. anak2ku seneng banget soalnya.
    sukaa sama sunsetnya dan bisa main pasir n main ombak sepuasnya

  14. Yah … sayang sekali penyu-penyunya sudah gak ada :((
    Seandainya ada foto yang menggambarkan ombak yang dipecah trek dam, pasti bagus sekali ya, Mbak.

    Memang paling asyik main di pantai, bebas main pasir dan menikmati sunrise/sunset. Apalagi ditambah bisa ngemil mendoan, wah, mantap, deh!

    • Lina Sophy berkata:

      Gini mbak kalau pantai selatan kan emang terkenal ganas ombaknya ya, nah kalau teluk penyu ini ada di pusat kota Cilacap, 50m dari pantai udah jalan aspal, sebrang jalan sdh tangki Pertamina dan benteng Pendem otomatis perlu ada pemecah ombak ini, kalau lagi ombak besar mungkin terlihat jembatan ini berfungsi. Tapi kalau lagi tenang asyik sekali buat selfie 2 ehehe.

      Yoi ini termantap lah makan mendoan ditempat aslinya, dipantau pula 😁

  15. Aku malah fokus ke mendoannya, enak banget makan mendoan di pinggir pantai ya mbak sambil kena angin semilir-semilir gitu deh.

  16. lendyagasshi berkata:

    Bapak juga di Pertamina, tapi ga pernah ditempatkan di Cilacap.
    Jadi penasaraaan…
    Karena kalau sekarang reuni, pada wisatanya ke pantai.

    Katanya Pantainya indah.
    Ternyata…
    Inilah salah satu pantai yang mengagumkan ittuu…

  17. April Hamsa berkata:

    Kenapa dinamai Teluk Penyu mbak? Apakah karena di sana pas musimnya banyak penyu bertelur? Atau ada penangkaran penyu atau gmn?
    Oh aku baru tau fungsi trek dam, kupikir selama ini buat semacam dermaga tempat naruh kapal/ kapal berlabuh gtu πŸ˜€

    • April Hamsa berkata:

      Eh kubaca lagi ternyata udah gak ada penyu lagi di sana ya πŸ™
      Kenapa ya? Kok aku jd sedih…
      Pernah nonton film2 soal pantai berpenyu gtu soalnya. Kasian penyu2nya bertahan hidup dr pemburu manusia πŸ™

  18. Yessi Greena berkata:

    pantai selalu menenangkan ya..
    apalagi pas sunset dan ditemani angin cepoi-cepoi gitu…

  19. Meirida berkata:

    Aku selalu kagum sama view pantai, apalagi kalau pasirnya putih. Sayang ya penyunya udah ga ada, padahal melihat anak-anak penyu yang merangkak ke pantai itu pemandangan yg sangat istimewa ya.

  20. Ika Puspita berkata:

    Aku belum pernah ke Cilacap. Biasanya cuma lewat doang. Mungkin kapan2 mau lah main ke Teluk penyu

  21. herva yulyanti berkata:

    aku pernah ke Cilacap tahun 2013 mba sayangnya cuman beberapa jam aja hahaa jadi ga sempat jalan-jalan kemana gitu apalgi lihat pantai teluk penyu ini πŸ™‚ semoga next kesempatan ke Cilacap bisa main sini

  22. Liswanti berkata:

    Aku belum pernah ke Cilacap, dan pengen kesana, apalagi kalau bisa meikmati Teluk Penyu ya.

  23. Khas sekali ya pantai itu suasananya emang bisa utk mengukir kenangan. Mendoannya kelihatan enak itu mb. Yummy sekali pokoknya sama sambel kecap apalagi. Hmmm

  24. Jiah berkata:

    Boleh juga main-main ke sana. Saya baru tahu Pantai Teluk Penyu ini. Paling enak makan seafood memang di pinggir laut

  25. Elisabeth Murni berkata:

    Aku sampai lupa kapan terakhir main ke Teluk Penyu. Kayaknya awal-awal kuliah dulu deh, udah lama banget. Kalau ke sana rombongan keluarga intinya cuma mau makan-makan seafood aja. Terus pernah nyeberang naik kapal juga dan entah sandar di mana. Jadi pengen ke Teluk Penyu lagi euy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *