Tips Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Masalah anak susah makan sayur itu kayaknya masalah berjamaah para orang tua ya? Saya sering sekali dapat curhatan ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur. Atau kadang dimintai tips gimana biar anak doyan makan sayur. Iyaaaa, soalnya anak saya lebih suka ngemil rebusan buncis daripada biskuit cokelat, lho.

Mengatasi anak susah makan sayur

Bagi saya, sebenernya nggak terlalu susah mengatasi anak susah makan sayur, asal kita mau saja mengupayakan. Saya fikir ini karena kebiasaan, sedari anak mulai kenal makanan, saya sudah sertakan sayuran juga.

1. Mengenalkan aneka sayuran sejak MPASI

Ketika anak saya masuk MPASI, saya sudah niatkan semua makanan harus homemade. Semua saya siapkan sendiri. Belum pernah saya memberikan bubur bayi instan. Meski repot, tapi saya pikir semua lebih sehat.

Tepung beras putih dan merah dari hasil panen padi sendiri, lalu di bawa ke penggilingan. Tiap hari blender aneka sayur (brokoli, wortel, jagung, buncis, bayam dll) dan pure buah. Tinggal pinter-pinter aja memilah menu. Alhamdulillah anak seneng dan doyan.

2. Libatkan langsung saat proses mengolah sayuran

Melibatkan anak pada proses kegiatan sehari-hari ini banyak banget manfaatnya. Saya nggak segan, meskipun anak saya laki-laki tapi saya ajak dia mengenal dunia sayuran dan masak-memasak.

Selain mengasah kemampuan life skill, dapur bagi saya merupakan laboratorium lengkap untuk stimulasi perkembangan anak. Nih dari kegiatan potong kacang panjang, anak belajar soal ukuran, stimulasi motorik, nambah kosakata dan masih banyak lagi.

Kalau anak sudah ikut menyiapkan sayuran begini, saya jamin anak bakal mau makan sayur.

Baca juga Dapur Laboratorium Lengkap Untuk Stimulasi Panca Indra Anak Usia Dini

3. Ajak anak ikut berbelanja sayuran ke Pasar

Kegiatan ini tentu jadi pengalaman menyenangkan buat anak. Anak akan lebih tahu banyak jenis sayur mayur. Kita juga punya kesempatan untuk lebih bisa menjelaskan tentang asal usul sayuran, siapa yang menanam, sampai akhirnya ada di pasar. Dan di sajikan di meja makan.

4. Bacakan Buku Pengetahuan Tentang Manfaat Sayuran Bagi Tubuh

Buku anak yang menceritakan manfaat sayuran bagi tubuh itu banyak kok. Kalau pun tak ada buku bacaan, kita ceritakan saja, misal dalam bentuk dongeng. Bisa tentang wortel yang banyak mengandung vitamin A biar mata tetap sehat atau tentang bayam yang kaya zat besi bagus untuk pertumbuhan, dsb.

Selain anak yang mudah-mudajan jadi doyan sayur, ilmu pengetahuan mereka juga nambah.

5. Variasi Menu Sayuran Agar Anak Tidak Bosan

Kalau menunya itu-itu saja orang tua pun bakal bosan, iya nggak? Maka itu kita sebagai orang tua yang harus pandai memilah menu. Selain plating yang menarik, bisa juga diakali dengan resep-resep makanan yang mengandung sayuran.

Banyak kok olahan makanan yang terbuat dari sayuran. Misalnya sari sayuran dipakai untuk bahan membuat mie. Atau cookies dengan campuran bayam. Cake dari wortel dan buah-buahan juga bisa.

Sekian tips mengatasi anak susah makan sayur dari saya. Semoga anak kita nggak susah lagi makan sayur, ya.

Semoga bermanfaat.

Tabik

Mungkin Anda juga menyukai

21 Respon

  1. nurulrahma berkata:

    Ajak anak ke pasar ini bakal seruuu banget!
    Mungkin awalnya (sebagian) anak bakal cranky, karena kepanasan, atau pasar bau kayak gitu2 deh
    Tapi insyaAllah bakal berdampak positif yaaa

  2. Sary Melati berkata:

    Kalau aku, dbikin smoothie aja sayurannya. Tambahin yogurt dan buah-buahan. Glek glek habis deh hihihi. Selain less drama, porsi sayurnya juga jadi lebih banyak ketimbang dimakan apa adanya. Karena kalau disajikan dalam bentu masakan, banyakan dilepeh atau dibuang 🙁

  3. Anak susah makan sayur emang sebaiknya gak didiemin. Makin lama, makin gede, makin susah menanamkan kesukaan makan sayur. Aku sering banget nemuin orang sakit dan disaranin makan sayur kan, biar cepet pulih. Jawabnya, “saya gak bisa makan sayur”. nah susah kalo dah gitu.

    Anakku yg cewe suka makan sayur apa aja, yg cowo masih picky. Tapi kalo ketemu kesukaannya ya bisa habis semangkok sendiri. Tips2 di atas bagus, dan aku terapi saat mereka masih kecil.

  4. Erin Friyana berkata:

    Sepertinya aku harus coba ajak anak saat potong-potong sayuran, karena ajak ke pasar dia malah kapok mba. Baru masuk malah minta pulang apdahal itu saya belinya di warung khusus sayur di ruko-ruko gitu. Apalagi kalau diajak ke pasar.

  5. Aku dulu juga ajak anak belanja dan pilih sendiri sayurannya. Selain itu, bersyukur suamiku pemakan segala sayur, baik mentah maupun diolah. Jadi anak-anak lihat Bapaknya dan jadi mudah makan sayuran (syukur ga ikut aku yang tipe picky untuk sayur ya haha)

  6. HM Zwan berkata:

    Anakku dulu nggak mau makan sayur. Tapi makin kesini alhamdulillah mau makan sayur. Kadang aku bikinin brokoli tepung, pokoknya sekreatif kita gimana biar anak mau makan sayur

  7. sulis berkata:

    Tips yang bermanfaat banget mba. Apalagi rata-rata anak-anak susah makan sayur. Beberapa pernah aku coba, misal ngajakin alya potong-potong buncis..nanti giliran mateng kan dia lebih semangat makannya..soalnya ngerasa ada hasil karyanya di situ…

  8. Nathalia DP berkata:

    Asyik, keren mak tipsnya… Semua udah saya praktikkan, kecuali yang ngajak anak ke pasar, soalnya jarang, belanja di tukang sayur yang lewat aja, hihihi…

  9. Elisabeth Murni berkata:

    Sama dong, Renjana juga nggak kenal bubur instan, dari dulu emaknya upyek di dapur. Dulu dia tuh doyan sayur lho. Nggak tau kenapa sekarang nggak mau. Cuma doyan bayem, brokoli, labu siam, dan wortel. Lainnya susah banget. Emaknya kudu muter otak buat cari cara supaya dia mau makan sayur nih.

  10. Damar Aisyah berkata:

    Pengalaman mengenalkan sayur pada anak ini sedikit unik karena antara anak pertama dan kedua beda. Kalau anak pertama makannya pure, jadi dia kurang awal mengenal bentuk sayuran. beda sama adiknya yang BLW, sejak kecil dia udah paham banget mana wortel mana brokoli. Tapi alhamdulillah keduanya doyan, meskipun kalau dibandingkan adiknya yang lebih doyan. Yang penting memang contoh dari orangtua. Kalau kita doyan dan menunjukkan rasa suka. AKhirnya mereka mupeng juga kok

  11. Nanik Nara berkata:

    Anak saya seneng banget kalau diajak ke pasar, soalnya ada penjual cilok di depan pasar hehehe…..
    Kalau sayuran, kebetulan jarang beli, karena punya kebun yang ditanami sayuran. Kadang juga di kasih tetangga yang sedang panen sayur. Tapi tetap saja anak pertama nggak suka makan sayur. Kalau anak kedua suka beberapa jenis sayur.

  12. Rachmanita berkata:

    Memang makan sayur ini dari kecil sudah harus kita biasakan ya mak… Anakku jg lumayan susah ini makannya.. Tp harus tetap semangat..

  13. Ririe Khayan berkata:

    Ngomongin tips mengatasi anak susah makan sayur, jadi inget cerita seorang teman dalam rangka membuat anaknya doyan makan sayur. Jadi dia mengganti nama sayurnya dengan nama-nama makanan yang disukai oleh anaknya.

  14. Yurmawita berkata:

    Bener banget nih, anak anak memamng mesti di stimulasi dengan menyenangkan agar bisa makan sayur salah satunya melibatkan mereka dalam proses memperoleh sayuran baik di pasar atau di kebun

  15. Kartika Nugmalia berkata:

    Rey sekarang lagi males makan sayurmaunya cuma nasi sama lauk doang hiks. Bis a langsung praktek poin poin di atas nih.

  16. Dzulkhulaifah berkata:

    Permasalah sejuta ibu nih susahnya anak makan sayur. Dulu waktu mpasi saya juga menyertakan sayuran untuk si kecil. Lalu setelah usianya 1,5 tahun bhay semua dia gak suka lagi sama sayuran huhuhu. Sekarang mulai lagi nih dari awal, karena harus bawa bekal sayuran ke sekolah. Tipsnya mengajak si kecil belanja sayuran di pasar boleh juga, nih.

  17. Echaimutenan berkata:

    Kalau sayur, sama kaya dirimu mak. Pasti aku kenalin sejak mpasi. Terus tiap hari mereka aja sayur buat makan kayak sop, bayam gt. Jadi pasti dimakan. Alhamdulillah anak2 mau aja makan sayurrr

  18. April Hamsa berkata:

    Tipsnya cakep tu mbak 😀
    Anak2ku tu suka saur tapi masih picky sayur mana yang dimau. Kecuali kangkung pd suka dicemilin hehe 😀
    Trus satu lagi mungkin ya jangan lupa ortu juga kasi contoh makan sayur ke anak, soalnya kita gak bisa ngarepin anak suka makan sayur eh kitanya sendiri gak pernah makan atau gak suka hehehe

  19. Sumarti berkata:

    Sepertinya aku lom pernah lakuin semua, bahkan saat MPASI dulu juga gedubyakan sendiri ga sempat bikin2, makanya sekarang anak susah banget sayur, hanya wortel saja yang dia mau 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *