Buku : Heneky & Apel Ajaib

Lama banget ke pending mulu mau review ini buku. Maklum sok sibuuuuk. Banyak alasan emang si Lina nih!

Heneky & Apel Ajaib

Heneky & Apel Ajaib


 
Heneky & Apel Ajaib. Novel anak yang sangat menarik. Buktinya anak-anak pada ngantri mau pinjem.  Lalu berceloteh ini dan itu dengan berbinar-binar menceritakan kehebohan para Heneky.
Selamaaaaaaattt untuk penulisnya, Paman Petani. Bang Syamsul Asinar. Bukunya menghipnotis lho… sueeeeerrr, dan maaf baru sempat ngeriview. hehehe! #ehhh ajajajajajaja!
Buku ini di mulai dengan cerita tentang padang bunga putih, yang digambarkan oleh penulisnya laksana awan di angkasa atau seperti anak-anak domba yang berkerumun di padang. Langsung deh, saya kebawa lamunan. Berlari-lari penuh suka dan bergulingan bersama anak-anak, sepertinya empuk. hahahaha!
Muncul 5 Heneky. Apaan tuh Heneky? imajinasi paman petani emang keren buangeeet. Heneky adalah makhluk kurcaci yang tinggal di padang putih. Mereka adalah Bigo si Rambut Landak, Trotz si Pembaca buku, Lilo Makhluk Cerobong Asap, Chuk tukang masak yang Handal, dan terakhir adalah si Slip atau si Heneky tukang Tidur.
Biasanya, kalau membaca/mendengarkan sebuah dongeng, saya akan mencocokan karakter. Maksudnya mana nih yang mirip atau mendekati saya. lalu dianalisa, jeleknya tabiat nya atau betapa kerennya saya. Hahahaha! nggak usah di ulas semua akan tahu siapa yang miirip sama saya, siapa lagi kalau bukan si Slip!
Acungin jempol buat paman petani. Konflik-konflik yang terjadi dalam dongeng ini penuh kejutan. Satu-satunya sumber makanan Haneky adalah sebatang pohon buah Apel yang tiap hari berbuah 5 biji. Dan tiap hari pohon ini juga wajib di pangkas karena akan selalu bertambah tinggi dan tinggi dan yang pasti sangat bermasalah untuk sang kurcaci. Saat Kapak pemotong kayu itu hilang, apa yang terjadi. Seru sekali ceritanya. Makanya beli dong bukunya.
Yang menarik dalam buku ini buat saya:

1. Para Heneky itu semua pandai ciptain lagu. Yang ini menandakan betapa kreatifnya paman petani bukan?
2. “Hapello brappel!” yang berarti kami masuk, ada juga “gudappel” yang artinya sampai jumpa. Selain pandai bikin lagu, si paman petani juga pandai menciptakan kata-kata baru. Ahli bahasa ya? ajajajajaja!
3. Kue-kue satu rasa, resep dan kue bikinan Chuk  sangat variatif. Sampai-sampai saya punya pemikiran kayaknya paman petani ini selain hobi mencangkul sepertinya dia hebat juga di dapur. Mau dong nyicip masakannya. Ajajajajajajaja!
4. Betapa hebatnya “Buku”. Novel ini akan membuat anak-anak makin suka membaca buku. Si Manda dan Devi #soficita langsung berceloteh… untung si Trotz rajin baca buku deh, jadi punya solusi mengatasi masalahnya para kurcaci.
5. Rhapsonaldy. si Tokoh misterius anak manusia yang membawakan buku-buku. Jadi tak sabar menunggu buku paman petani selanjutnya tentang tokoh ini.
6. Ada ilmu petani. Mba Lina, aku jadi tahu juga tentang merunduk pada perkembangbiakan tumbuhan lho… kata Devi #soficita. Iya, soalnya berkat Trotz yang cerdas itu dia mempraktekan ilmu untuk memperbanyak pohon Apel dengan cara merunduk. Like This deh paman petani.
7. Endingnya juga kereeeeeeeen. Ajajajajajaja! Tak ada kata “akhirnya” dan melalui perdebatan yang heboh.

 
Pokoknya seru banget deeeeeeeeh novel ini. Asli banyak pengetahuan yang kita dapat. Anak-anak pasti suka soalnya udah terbukti pada anak-anak #soficita. Seharusnya banyak buku-buku yang begini nih untuk anak-anak Indonesia. Ditunggu seri Rhapsonaldy-nya!
Yang belom baca silahkan cari dan borong di book store! Okay?
Judul          : Heneky dan Apel Ajaib
Penulis         : Syamsul Asinar
Penerbit      : ANDI
Terbit            : Desember, 2011
Tebal             : 172 hal.
Harga            : Rp 32.500
NB: To Paman Petani, maap reviewnya telat. Karena telat lebih baik dari pada nggak sama sekali. #aslingeles hahaha!
 
Kaliurang, 1 Maret 2012
LinaSophy

Mungkin Anda juga menyukai

14 Respon

  1. sha berkata:

    pinjam doonk…. ajajajajaja :mrgreen:

  2. syam@r berkata:

    matur nuwun mbak lina,
    sebagai pengkhayal, saya tersanjung dengan pujianmu pada review ini!
    duh, pipiku jadi merah… *percayalah, hehehe…

    • lina sophy berkata:

      ajajajajaja!
      tapi asli saya dan anak-anak #soficita suka dengan dongengnya paman deh, khusus buat saya pribadi, mesti banyak baca buku2 begini untuk menuntaskan cerita2 anak yang selalu gagal tulis miliku itu, hahaha…

  3. ranselhitam berkata:

    Saya juga punya Heneky lho hehehe
    Buku ini juga yang saya kasih ke ponakan dan menjadi “novel” pertama yang dia miliki 🙂

  4. outbound malang berkata:

    kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:)

  5. Nathalia berkata:

    pinjam juga duuuuunn 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *