Berkumpul Bersama Keluarga Besar, Satu Hal Yang di Rindukan Saat Lebaran

worldofghibli.id

Lebaran sudah semakin dekat. Apa yang paling kalian rindukan pada momen lebaran? Pasti bisa berkumpul dengan keluarga besar, kan?

Biasanya keadaan di kampung sudah mulai ramai. Tapi, saat keadaan kita semua terbatas karena pandemi COVID-19, memberikan gambaran yang berbeda. Lebih baik, untuk tidak berkerumun dengan banyak orang. Mencegah terjadinya penularan covid-19 ini.

Kalau mendengar cerita banyak tetangga yang akhirnya memilih tidak balik ke kampung, agak sedih juga. Tapi mau bagaimana lagi, jika lebaran kali ini silaturahmi secara fisik memang harus berbatas.

Hal yang di rindukan saat lebaran, berkumpul bersama keluarga

Bagi umat muslim, silaturahmi itu hal yang sangat utama dan penting. Dan di hari kemenangan, lebaran idul fitri tradisi yang ada di masyarakat kita adalah sungkeman dan saling maaf dan memaafkan.

Saudara jauh mendekat atau mudik, yang muda sowan pada yang tua, dan tentu saja sebagai ajang mengenalkan anak cucu dengan saudara-saudara yang lain.

Selain berkumpul di rumah, beberapa hal yang di lakukan bersama keluarga besar saat lebaran, antara lain:

1. Sowan ke rumah kerabat

Tradisi kita saat lebaran, selain sungkeman dan maaf memaafkan, kita juga mengunjungi kerabat yang lain. Ke rumah adik atau kakak dari eyang, pakdhe/budhe, om/tante dan yang lainnya.

Di tempat saya di Cilacap, hari lebaran sesaat setelah solat Ied adalah sungkeman dengan keluarga. Kemudian dilanjutkan silaturahim dengan warga sekitar, jalan berkeliling kampung semua di singgahi. Hari ke dua baru berkunjung ke kerabat lain.

2. Berburu kuliner khas daerah setempat

Selain silaturahim dan kumpul bersama keluarga, bagi yang datang dari luar kota, saat mudik juga banyak di manfaatkan untuk berburu kuliner khas daerah. Makan bakso terenak, soto atau sate khas daerah yang mungkin sudah lama dirindukan.

3. Mengunjungi tempat wisata daerah setempat

Biasanya kalau sudah libur lebaran, tempat wisata menjadi penuh sesak. Memang banyak yang memanfaatkan waktu mudik lebaran dengan eksplore wisata di daerah setempat.

Namun, lebaran kali ini pasti berbeda. Hal-hal di atas akan sangat kita rindukan. Semoga pandemi seperti ini segera berakhir, dan tak akan datang lagi.

Tabik,

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Mei 18, 2020

    […] Baca juga Berkumpul bersama keluarga besar, satu hal yang di rindukan saat lebaran […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *