Selamat Datang Al Ghazali Muda di Unugha dan Iaiig Cilacap

Assalamu’alaikum

Saya pernah dibagi tips dari teman, dia ini seorang researcher yang sudah keliling dunia. Bahwa untuk memacu diri tetap semangat belajar, karena belajar adalah proses sepanjang hayat, sering-seringlah temui anak-anak yang sedang menuntut ilmu. Seraplah energi positif saat anak-anak kecil pergi berangkat sekolah. Entah benar atau tidak, tapi memang dengan melihat anak-anak yang sedang belajar itu nyata membuat mood kita jadi meningkat baik. Iya nggak?

Nah, tiga hari lalu saya di undang ke kampus Unugha dan Iaiig Cilacap untuk mengikuti pembukaan PKKMB (Pengelanalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru). Nggak mungkin dong saya sia-siakan kesempatan yang baik ini. Sebagai emak-emak yang lagi riweuh ngurus balita, perlu banget dapat suntikan semangat baru! Biarpun sudah emak-emak tetap wajib belajar.

Selamat Datang Al Ghazali Muda

Selamat datang Al Ghazali muda. Saya menemukan tulisan ini ketika memasuki gedung kampus Unugha Cilacap. Terpampang besar didepan dan cukup menyita perhatian saya. Sebutan ini memang disematkan untuk para mahasiswa, agar mereka terinspirasi dan memiliki semangat belajar sebagaimana Imam Al Ghazali. Membaca ini pun saya seperti merapal mantra doa yang berubah jadi harapan, spirit Al Ghazali semoga ada pada diri saya. Ya meski itu ditunjukkan untuk para mahasiswa, nggak apa lah emak satu ini ikutan GR karena seolah ini penyambutan untuk saya yak? Heuheu!

Nama Al Ghazali yang ada pada UNUGHA dan IAIIG menurut Gus Shoiman Nawawi, terinspirasi dari kecintaan Simbah KH Badawi Hanafi pada Imam Al Ghazali. Dan perlu diketahui pula bahwa ajaran Imam Ghazali banyak diamalkan dan kitab-kitabnya banyak dijadikan referensi di Indonesia khususnya dikalangan pesantren.

Kegiatan PKKMB Iaiig dan Unugha Cilacap 2019

Pembukaan PKKMB oleh Rektor Unugha
doc unugha

Untuk kegiatan pembukaan PKKMB ini sendiri berjalan cukup hikmat dan lancar. Tapi karena ada halangan, saya baru bisa hadir bada dzuhur. Menurut panitia, pembukaan acaranya lancar di buka oleh Bapak Rektor Drs. KH Nasrullah, MH.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari hari Rabu sampai Sabtu, tanggal 11 – 14 September 2019. PKKMB ini merupakan kegiatan untuk mengawali kegiatan di awal tahun akademik bagi mahasiswa baru.

PKKMB ini istilah lazimnya ospek untuk mahasiswa baru. Tema PKKMB Unugha dan Iaiig 2019 ini yaitu “penyiapan generasi emas Indonesia di era revolusi industri 4.0 berkarakter Keghozalian.

Selama empat hari ini para maba mendapatkan pembekalan dan materi dengan berbagai tema yang menurut saya kaya akan ilmu. Penjelasan tentang visi dan misi kampus, sejarah pendirian, kajian islam nusantara dan masih banyak materi menarik yang lain diberikan pada kegiatan ini.

Dan di hari ke empat ada agenda ziarah ke makam muassis Unugha dan Iaiig Cilacap. Yaitu makam Syech Badawi Hanafi, Syech Mustolih Badawi dan KH Chasbullah Badawi sebagai the goodfather Unugha Iaiig Cilacap.

ziarah makam kegiatan PKKMB Unugha Iaiig 2019

Tentang Kampus Iaiig dan Unugha Cilacap

Sejarah Berdirinya

Iaiig

Iaiig (Institut Agama Islam Imam Ghazali) lahir pada tauh hun 1989 berdasarkan keputusan rapat Ya BAKII dengan Nomor 036/BAKII/C-127/VI/89. Cita-cita pendiriannya sendiri berawal dari keinginan simbah Badawi Hanafi membangun pendidikan yang dimulai dengan pendirian pesantren Al Ihya Ulumuddin. Dan karena tuntutan zaman dan kebutuhan tentang pendidikan formal, maka dibentuklah sebuah Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihatul Islamiyah pada tahun 1971. Dan hingga kini ada sekitar 50 lembaga ada dibawah naungan Ya BAKII.

Pada saat pendirian, Iaiig ini memiliki tiga fakultas dengan empat jurusan.

  • Fakultas Syari,ah dengan jurusan Ahwal Al Syakhsyiyah (AS)
  • Fakultas Tarbiyah dangan jurusan Pendidikan Agama Islam(PAI) dan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Iftidaiyah (PGMI)
  • Fakultas Dakwah dengan jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)

Unugha

Unugha lahir dengan adanya ide pengembangan Iaiig menjadi Universitas. Pada awalnya, konsep yang dikembangkan adalah Universitas Islam Al Ghazali (UNIGHA). Akan tetapi karena perbedaan kementrian yang menaungi, yaitu Iaiig berada di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementrian Agama dan Universitas berada di bawan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, peralihan ini membutuhkan waktu yang lama. Dan pada saat itu ada peluang pendirian universitas dari kebijakan PBNU dan menteri pendidikan. Untuk itulah peluang tersebut diambil, dan berdirilah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

Unugha secara resmi hadir di Cilacap dengan Keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 264/E//O/2014 tanggal 23 Juli 2014. Pada saat itu ada 4 (empat) fakultas dengan 10 program studi yang ditawarkan.

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) dan (2) Pendidikan Guru SD (PGSD). 
  • Fakultas Ekonomi (FE), juga menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Ekonomi Pembangunan dan (2) Manajemen. 
  • Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM), menyelenggarakan 3 program studi, yaitu (1) Program Studi Matematika, (2) Teknik Informatika dan (3) Sistem Informatika. 
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan 3 program studi juga, yaitu: (1) Program Studi Teknik Mesin, (2) Teknik Kimia dan (3) Teknik Industri

Itu cerita sekelumit sejarah berdirinya Iaiig dan Unugha Cilacap. Saya juga baru tahu bahwa walaupun gedung masih sekomplek ternyata ada dua lembaga disini. Dan saat ini sedang berjalan proses penggabungan keduanya.

Iaiig dan Unugha Layak Jadi Pilihan

Selain mengikuti acara kegiatan PKKMB 2019, saya berkesempatan juga untuk menjelajah dua kampus ini. Iaiig dan Unugha merupakan lembaga pendidikan tinggi yang sedang berproses. Ada banyak point yang jadi catatan bahwa Iaiig dan Unugha bisa jadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Fasilitas Pendidikan

Gedung Unugha
Gedung Iaiig

Gedung kampus sudah memadai dan terus dalam proses pembangunan lagi. Saat saya disana, saya pikir nyaman buat belajar. Dan lokasinya pun cukup strategis, mudah dijangkau.

Kampusnya pun cukup dekat dengan beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah kecamatan Kesugihan. Jadi, jika kalian ingin kuliah sambil mondok ya disini tempatnya.

Perpustakaan Yang Nyaman

Ini penting banget sih buat saya. Perpustakaan. Siapapun yang rajin membaca niscaya pengetahuannya lebih dibandingkan yang tidak. Setuju?

Buat mahasiswa kalau mau diri lebih berkembang, wajib banget rajin baca. Salah satunya ya rajin kunjungi perpustakaan. Ilmu di kelas saat kuliah dari dosen itu hanya secuil, kembangkan. Nah salah satunya eksplor perpustakaan. Okay?!

Tenaga Pendidik Yang Kompeten

Dosen-dosen di Iaiig dan Unugha banyak yang sedang proses untuk memperoleh gelar doktor. Dan mengajar sesuai bidang yang dikuasai tentunya.

Saya sempat mengikuti materi visi dan misi kampus Iaiig dan Unugha yang disampaikan oleh dosen sekaligus dai KH Ahmed Shoim El Amin, Lc,. MH. Ketika beliau bercerita tentang background pendidikan. Beliau ini merupakan produk pendidikan pesantren murni, tidak melalui pendidikan formal akan tetapi dari pendidikan pesantren langsung kuliah di Cairo Mesir. Saya sih langsung membayangkan, sepertinya bakal seru banget jika ikut kelas beliau.

KH Ahmed Shoim El Amin, Lc., MH.

Banyak Pilihan Jurusan

Kalau kalian tertarik masuk untuk kuliah di Iaiig dan Unugha Cilacap ini, ada beberapa pilihan jurusan sesuai minat dan bakat kalian kok. Setidaknya sampai sabig at ini sudah ada 7 fakultas dengan 16 jurusan. Banyak kan? Lebih detailnya bisa langsung ke kampus atau buka websitenya.

Program Kelas Karyawan

Jadi selain kelas reguler untuk anak-anak lulusan SMA sederajat, di kampus Iaiig dan Unugha ini dibuka juga biat kelas karyawan. Jadi bagi karyawan yang ingin menambah ilmu dan memperoleh gelar lanjutan bisa banget daftar kesini. Tentunya waktu perkuliahan lebih fleksibel dibandingkan kelas reguler.

Ya Sekolah, Ya Nggak Lupa Ngaji

Yang ini yang membuat hati saya agak cemburu. Kuliah di Iaiig dan Unugha itu selain untuk menimba ilmu pendidikan formal sekaligus ngaji. Disini gudangnya para Alim dan dekat pondok pesantren. Saya yakin pula bahwa pendidikan di Unugha meskipun jurusan non agama, penanaman ajaran agama dan karakter keislaman tetap dinomorsatukan.

So, kalau mau kuliah? Mau ngaji? Ya di Iaiig atau Unugha Cilacap.

Informasi tambahan :

Alamat Iaiig dan Unugha :

Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274

Website :

Referensi

  • iaiig.ac.id
  • Unugha.ac.id

Mungkin Anda juga menyukai

29 Respon

  1. Nanik Nara berkata:

    Perpustakaannya lumayan besar ya. Seneng saya kalau lihat banyak buku di rak buku gitu.
    Ada kelas reguler dan karyawan ya mbak, saya berharap semoga ke depan ada kelas jarak jauhnya, jadi bagi yang jauh kayak saya, tapi pengen belajar, bisa juga difasilitasi

  2. Ini bagus banget ya program belajarnya dan tempatnya pun. Apalagi dilengkapi dengan perpustakaan yang cukup besar dan banyak juga pilihan jurusannya.

  3. Nurul Rahma berkata:

    Kenapa.daku juga ikut terpacu yaaaa.
    Memang semangat belajar harus selalu dilesakkan ya Mak

  4. diane berkata:

    Semoga lembaga pendidikan milik NU ssprti ini banyak peminat dan bermanfaat bagi umat yaa… perpus dan gedugnya udah oke bangett

  5. Kalau ada lembaga belajar sekaligus dakwah seperti ini tuh harus kita dukung deh. Apalagi ada sarana dan prasarana ngaji perpustakaan yang lengkap ya mba

  6. Juliastri Sn berkata:

    Iyak, semangat belajar harus terus menyala meskipun usia terus berjalan, ya nggak sih. Seneng deh lihat kampus yang perpustakaannya lengkap, support juga untuk karyawan yang kuliah lagi..wah jadi pengin kuliah lagi nih saya 🙂

  7. Neti Suriana berkata:

    Keren ini ospek mabanya. Ternyata sekarang banyak kampus2 keren yg kental dengan nilai-nilai keislaman yaa?

  8. Ugik Madyo berkata:

    Aku langsung galfok lihat foto perpustakaan. Masyaa Allah banyak banget koleksi bukunya. Ada kelas buat karyawan juga. Enak nih buat yang lagi kerja akan memudahkan kuliah kalau ada kelas khusus karyawan.

  9. Dedew berkata:

    Wah bagus kampusnya, perpustakaannya lengkap juga koleksinya, semoga makin banyak lulusanya yang berkualitas untuk menyebarkan agama Islam ya

  10. Lina W. Sasmita berkata:

    Dari awal kepo banget sama kepanjangan dari Iaiig bekali-kali nyari ternyata ada di paragraf bawah. Ternyata Institut Agama Islam Imam Ghazali 😅

  11. MashaAllah, banyak banget prodi yang ada di kampus ini lengkap banget ya mba..
    Btw aku juga dulu kuliah ambil kelas program karyawan karena aku harus bekerja dlu sebelum ngampus

  12. Ririe Khayan berkata:

    Ketersediaan fakultas/jurusan bagi karyawan ini opsi yg bagus banget. Secara meski sdh kerja ttp perlu upgrade pendidikan dan perlu banyak perguruan tinggi yang memberikan kesempatan bagi karyawan. Kalau kelasnya mmg diperuntukkan utk karyawan, jadi bisa kerja dan kuliah secara harmonis.

  13. Nulis dapat duit berkata:

    Perpustakaannya nyaman yah, jadi pengen sowan.

  14. Tempat pendidikan yang lengkap ya. Tidak hanya ilmu duniawi saja, ilmu untuk bekal akhirat juga diselenggarakan di sana.
    Semoga semakin banyak kalangan muda yang menuntut ilmu di sana, agar kualitas generasi muda bangsa ini lebih baik lagi

  15. lendyagasshi berkata:

    MashaAllah~
    Ini bagus sekali IAIIG dan UNUGHA, karena jarang sekali kampus yang mengingatkan bahwa semua proses menuntut ilmu harus tetap ingat Allah, sang Pembri Ilmu.

    Barakallahu fiikum.

  16. Perpustakaannya lumayan besar ya, enak nih kalau banyak buku begitu. Fasilitas dan pilihan jurusannya juga banyak. Selain itu imbang juga nih bisa menuntut ilmu dunia dan akhirat

  17. indah nuria berkata:

    aku baru tau mba..dan senang mendengar semua acara lancer dan banyak murid baru yang akan mengemban ilmu di sini

  18. Khoirur Rohmah berkata:

    Emang bener mbak kalau liat pelajar tuh bawaannya ikutan semangat gitu
    Perpustakaan, duhh jadi rindu ke perpustakaan sekolah hehhee

  19. Leyla Hana berkata:

    Wah jadi tau Kampus ini deh. Perpustakaannya rapi yah. Boleh nih jadi rekomendasi kalau mau ngampus di Cilacap.

  20. Shoiman berkata:

    Semoga kampusnya terus berkembang

  21. Rahmatulloh berkata:

    Keren nih Kampus, Rekomended Nahdliyin kuliah di UNUGHA.
    Semoga seiring waktu akan tumbuh berkembang tiada henti Generasi2 Al Ghazali..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *