Lompat ke konten
Home » Kegiatan untuk Melatih Motorik Halus si Kecil di Rumah

Kegiatan untuk Melatih Motorik Halus si Kecil di Rumah

Kegiatan melatih motorik halus di rumah.

Kebutuhan yang mendasar bagi anak-anak dan penting bagi orang tua untuk memfasilitasinya adalah kebutuhan untuk bermain. Yes, karena dunia anak adalah dunia bermain. Maka itu, orang tua harus sadar bahwa tugasnya anak ya hanya bermain.

Hanya bermain. Ini jangan diartikan secara sempit dong ya? Meski cuma main kita wajib mempertimbangkan pengaruhnya terhadap aspek-aspek perkembangan si anak.

Baca juga : Sulthon Belajar Mengenal Huruf

Menurut ahli masa-masa golden age adalah masa paling penting yang akan berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan mendatang. Perkembangan kognitif (proses berfikir/penalaran), afektif (emosi/rasa) dan psikomotorik (berkaitan dengan gerak, fisik, koordinasi jasmani dan motorik) setidaknya harus di stimulasi sejak dini.

Postingan sebelum-sebelumnya juga sudah banyak cerita tentang kegiatan motorik Sulthon. Mainan corat-coret yang dia suka, dia lakukan dengan senang hati dan tanpa paksaan hasilnya bisa dilihat, perkembangan dia lumayan pesat.

Baca juga : Coretan Sulthon makin Berkembang

Macam kegiatan untuk melatih motorik halus di rumah

Dan sekarang bunda Sulthon juga mau share beberapa mainan yang bisa dilakukan di rumah untuk menstimulasi perkembangan motoriknya. 

Bermain Playdough

Anak kecil mana yang nggak suka main playdough? Pasti pada suka kan? Mudah pula untuk ngedapetinnya. Banyak dijual. Kalau saya sih mending bikin sendiri, bukan cuma untuk ngirit doang tapi untuk mengasah kreatifitas bundanya juga. Kan? Bahannya gampang tinggal aneka tepung dicampur-campur kasih air, minyak goreng dan pewarna makanan. Jadi deeehhh.

Kalau jaman Bunda Sulthon kecil mah mainannya pakai clay alamiah. Hah apa itu? tanah liat. Tinggal ambil saja dipekarangan rumah. Sayangnya sekarang sudah susah cari tanah liat yang bagus buat mainan.

Meronce.

Meronce ini selain menstimulasi kecakapan motoriknya juga saya percaya banyak manfaat lainnya. Meningkatkan daya kreatifitas, seni, kecermatan dan masih banyak lagi. Bahan-bahan yang diperlukan juga gampang dicari. Apalagi kita hidup di jaman serba digital. Beli online gampang banget. Kalau mau ngirit juga bisa, dulu saya pernah make sedotan yang di potong-potong pas ngajar di Paud.

Menggunting.

Naaahhhh siapa bunda-bunda pembaca yang suka melarang anak mainan gunting? Emm jadi gini, mainan gunting ini memang bahaya kalau anak masih kecil mainannya gunting beneran dan tanpa pengawasan. Ada kok banyak gunting khusus anak-anak. Harganya sama kayak harga balon kok nggak mahal.

Etapi meski punya gunting sendiri, namanya anak-anak tetep saja sukanya seneng barang orang lain. Kayak si kiting, tiap lihat bunda atau abahnya pakai gunting maunya ikut dan merebut. Kalau sudah begitu, mesti pengawasan ekstra.

Mainan bebas dengan aneka manik-manik.

Ini paling sering kami mainkan. Bunda Sulthon hobi sekali ke toko alat jahit jadi sering ketemu kancing baju yang lucu-lucu. Atau bahan ronce aneka bentuk juga bisa buat dimainkan. Bisa untuk sortir warna, menempel, atau mainan iseng menurut selera kita dan tentu yang menyenangkan.

Yang ini paling iseng dan paling di sukai Sulthon. Mainan “manuk-manukan” alias jadi burung. Telunjuk jadi paruh, telapak tangan jadi perut dan kalau penuh dikeluarin seperti bab. Namanya juga iseng.

Main Puzzle

Nah dari sekian banyak mainan milik Sulthon mainan puzzle ini yang paling nggak awet. Selain kececer hilang yang paling nyebelin dia suka banget ngelupasin gambar-gambarnya.

Oya selain puzzle dari papan, Sulthon juga punya puzzle book. Dapat hadiah dari Aruna Omahbuku. Kalau mau beli buku anak murah kesana aja, mampir di Facebooknya. Ada ontinya Sulthon yang baik siap membantu.

Lego.

Legonya sih bukan yang asli dan yang masih sederhana. Meski kw dan sederhana juga mainan ini lumayan mahal dibanding mainan lainnya. Tapi ya dari pada buat jajan yang nggak sehat ya tetep mending beliin yaaa. Lumayan juga nambah kreatif anaknya.

Itu beberapa mainan yang sehari-hari dimainkan Sulthon. Sekarang siy agak terbengkalai, anaknya lagi hobi main sepeda dan main bola. Doakan Sulthon selalu sehat dan soleh yaaaa… Terimakasih ?

37 tanggapan pada “Kegiatan untuk Melatih Motorik Halus si Kecil di Rumah”

  1. Undanya Sulthon emang paling juara deh kalau nyiapin mainan buat bocah. Aku gak telaten ahahaha. Hal konsisten yang kulakukan sama bRe cuma ngedongengin dia aja. Lainnya dia mainan apa pun yang ada di rumah hihihi.

    1. Mendongeng juga luar biasa pengaruhnya sama anak, Diajeng. Disisipi nilai2 kebaikan pasti bakal nyantol selamanya. Dongeng ngasal bunyi aku cuma punya beberapa cerita, tapi selalu minta diulang2 terus jadi hapal. Selebihnya baca cerita dari buku ?

  2. Sulthon kreatif banget. Masih kecil itu udah kelihatan, apalagi yg menyusun kancing baju itu. Cakep pisan oey..

    Semoga kita bisa jumpa lagi ya, Mba Lina, dan ajak Sulthon yg kreatif dan menggemaskan..

  3. Anakku ogah ketemu kegiatan meronce. Ia paling betah main puzzle, dari yang cuma 6 pieces sampai 20 pieces. Trus dia ajarin saya cara memasang puzzle :))
    seru yaa kegiatan melatih motorik anak balita.

    1. Hahaha itu mah emaknya yang parno, padahal kalau mau ngasih gpp mbak, manfaatnya banyak banget anak kecil main menggunting, melatih konsentrasi, koordinasi mata dan tangan, kesabaran dll ?

  4. Semoga sehat dan lincah selalu ya Sulthon.
    Merangsang tumbuh kembang dan motorik anak memang butuh kreativitas dari bundanya nih ya. Aneka mainan di atas memang bagus untuk melatih motorik halus maupun kasar.

  5. Dulu klo lagi malas mendampingi saat merangsang motorik halus anak2 sy kasih aja mereka kertas sm pencil biar d orat oret hehehe. Eh alhamdulillah mereka jd luwes klo menggambar n klo lagi bingung bosan main menggambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.