Ngaji Sambil Rebahan di Laman Gus Nadir

Foto dari instagram @nadisyahhosen_official

Assalamu’alaikum, Apa kabar puasa ramadhan kali ini?

Luar biasa ujian umat manusia di tahun 2020 ini, ya? Pandemi covid-19 ini juga berdampak besar pada kehidupan umat muslim dunia. Menjalani ramadhan di tengah pageblug tentu saja membuat segalanya berjalan penuh batasan.

Tapi meski ramadhan ini penuh batasan, tidak lantas menjadi penghalang ibadah kita bulan ini juga menurun. Tetap harus maksimal meningkatkan kualitas ibadah meski sambil rebahan.

Ngaji Sambil Rebahan

Ketika ruang gerak di batasi hanya di rumah saja, otomatis aktivitas di rumah memang lebih banyak digunakan untuk rebahan, kan?

Bagaimana mengaji sambil rebahan? Bisa! Bagi saya paling tidak ada dua cara menambah ilmu atau bahasa lain mengaji dengan rebahan. Membaca buku atau dengan buka gadget membaca/lihat video yang bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Ada banyak pilihan buku yang bisa kita pilih untuk meningkatkan kualitas hidup. Begitu pun dengan tulisan/video di internet, tidak terbatas. Tinggal kita bisa memilah atau tidak. Jika salah pilih bisa terjebak pada informasi yang salah dan bisa buat kita tersesat.

Ngaji Pada Gus Nadir

Saya mengikuti dan mengenal tulisan beliau berawal dari tulisan di halaman facebooknya. Nadirsyah Hosen atau lebih di kenal dengan sebutan Gus Nadir merupakan ra’is syuriah pengurus cabang istimewa NU di Australia dan New Zeland.

Selain sebagai dosen di Monash University di Australia, beliau aktif menulis. Banyak sekali buku yang telah di terbitkan dan banyak tulisan kolomnya juga yang mengisi media massa.

Dalam kesibukannya yang luar biasa Gus Nadir juga aktif di media sosial. Beliau rajin ngetwit dan berbalas dengan para followernya. Bagi saya, tulisan-tulisan beliau syarat dengan ilmu dan pencerahan.

Laman Gus Nadir

Selain di FP facebook Nadirsyah Hosen, akun instagram @nadisyahhosen_official, dan akun twitter @na_dirs, beliau juga menulis di nadirhosen.net laman pribadinya.

nadirhosen.net Mengkaji ISLAM Kontekstual bersama Gus Nadir

Ada banyak sekali pilihan kategori tulisan yang ada di sini. Semuanya menarik dan tentu syarat ilmu seperti yang sudah saya singgung.

Ngaji tafsir

Salah satu tulisan beliau yang berjudul Bersyukur itu Kunci Kesuksesan : Tafsir Ayat Syukur. Beliau jelaskan ayat-ayat tentang syukur dan disertai hadist yang mendukungnya.

Dan manfaat dari bisa bersyukur dalam tulisan beliau ini, setidaknya ada tiga hal. Orang yang bersyukur akan lebih produktif, orang yang bersyukur akan lebih bahagia dan optimis, serta orang bersyukur itu manfaatnya akan kembali pada kita.

Bukan hanya soal syukur, tapi masih banyak lagi tulisan Gus Nadir tentang tafsir di lamannya.

Ngaji Syariah

“Kecuali yang biasa tampak” : Memahami Kontroversi Ayat Jilbab. Sebuah tulisan Gus Nadir ini sempat ramai di bahas banyak orang. Ehehe. Layaknya publik figur, Gus Nadir pun punya banyak haters. Boleh sih tidak sependapat, tapi tak lantas bisa jadi alasan kita unyuk menghujat, merendahkan dan menyerang pribadi orang lain.

Mau baca? Buka saja tulisannya.

Ngaji Hikmah

Tulisan Gus Nadir seperti yang berjudul “benarkah?” Ini membahas tentang corona. Jika ada yang bilang tidak takut akan corona hanya takut Tuhan. Lalu Gus Nadir mencoba untuk mengubah pernyataan. Membuat kita berpikir lebih jauh dari pada mementingkan ego pribadi.

Selain kategori di atas, masih banyak yang bisa kita ambil manfaatnya di laman Gus Nadir. Ada pengetahuan tentang ibadah, bisa belajar tentang sejarah juga. Oiya, ada juga audio ceramah yang bisa kita dengarkan. Lengkap banget kan?

Sekian, semoga bermanfaat.

Tabik,

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Gita FU berkata:

    Terima kasih infonya, mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *