Lompat ke konten
Home » 5+ Manfaat Mandi Air Hangat Sembuhkan Saraf Kejepit

5+ Manfaat Mandi Air Hangat Sembuhkan Saraf Kejepit

Apakah kamu pernah mengalami saraf kejepit? Tentunya sakit dan rasanya tidak nyaman, ya. Menurut ahli, saraf kejepit merupakan kondisi saat saraf menerima tekanan yang kencang yang berasal dari jaringan di sekitarnya.

Saraf kejepit ini menimbulkan nyeri yang tidak tertahan, baik ketika beraktivitas maupun saat sedang istirahat. Kondisi ini bisa diringankan oleh terapi air hangat, lhooo. Salah satunya yaitu dengan mandi air hangat. Lantas, apa manfaat terapi air hangat melalui mandi dan bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini.

Mengenal saraf kejepit

Seperti yang sudah dibahas tadi, saraf kejepit itu merupakan kondisi dimana saraf terasa kencang. Saraf merasa menerima tekanan berlebih dari jaringan di sekitarnya.

Sakit saraf kejepit bisa reda sendiri setelah beberapa saat, sehingga sering dianggap sebagai nyeri biasa. Padahal apabila tidak ditangani segera, kondisi saraf kejepit bisa semakin memburuk bahkan memicu cedera atau peradangan permanen di saraf tersebut.

Gejala Saraf Kejepit

Saraf kejepit itu berbeda dengan nyeri sendi ya guys?! Ternyata ada beberapa gejala khas dari saraf kejepit, kalian bisa cek kondisi kesehatan ya! Gejala yang kerap timbul antara lain :

  1. Mati rasa atau sensasi di sekitar area yang dilalui oleh saraf menjadi berkurang
  2. Muncul nyeri yang tajam atau seperti terbakar
  3. Sering terasa kesemutan
  4. Otot terasa lemah
  5. Kaki dan tangan seringkali sulit digerakkan

Apa penyebab Saraf Kejepit?

Saraf kejepit dapat disebabkan oleh beberapa posisi tubuh yang dapat meningkatkan tekanan di sekitar saraf. Posisi ini diantaranya seperti menopang kepala menggunakan tangan dengan siku sebagai tumpuan, salah posisi tidur atau kebiasaan menyilangkan kaki dalam waktu yang lama. Selain itu, cedera, memar, kegemukan, atau kondisi lain yang menyebabkan pembengkakan dapat memicu terjadinya saraf kejepit.

Penanganan Saraf Kejepit

Kunci utama untuk menangani saraf kejepit yaitu dengan mengurangi aktivitas yang diduga menjadi penyebab dan bisa memperburuk tekanan saraf. Selain itu juga bisa dengan fisioterapi, pemberian obat penghilang nyeri, operasi, terapi air hangat dan sebagainya.

Lalu apakah benar mandi air hangat dapat membantu menyembuhkan penderita saraf kejepit?

Apabila dokter merekomendasikan terapi air hangat atau pool therapy, penderita saraf kejepit bisa berendam air hangat untuk merasakan manfaatnya. Tentunya, manfaat ini akan terasa lebih maksimal jika menjalani pool therapy yang dipandu oleh terapis.

Apakah Mandi Air Hangat Dapat Menyembuhkan Saraf Kejepit?

Saraf kejepit adalah kondisi medis yang kompleks dan memerlukan penanganan yang tepat berdasarkan diagnosis yang akurat. Perlu digaris bawahi bahwa mandi air hangat bukanlah solusi langsung untuk menyembuhkan saraf kejepit.

Jadi mandi menggunakan air hangat hanya memberikan bantuan untuk mengurangi gejala saraf kejepit. Manfaat dari mandi air hangat yaitu memberi efek nyaman dan membuat penderita lebih rileks.

Baca juga :

Manfaat Mandi Air Hangat pada Saraf Kejepit

Nah berikut ini beberapa manfaat dari mandi air hangat. Yuks mari disimak!

1. Menenangkan otot dan jaringan saraf

Pada saat kalian merasa otot tubuh terasa kaku, cobalah Mandi air hangat. Mandi menggunakan air hangat membantu merilekskan otot-otot yang tegang.

Bagi penderita saraf kejepit, selain dapat menenangkan otot dan jaringan sarat juga dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf yang terjepit sehingga dapat meredakan rasa sakit yang berlebih.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Mandi air hangat memiliki efek vasodilator yang membantu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah ke area yang terkena saraf kejepit. Manfaatnya membantu memberikan pasokan oksigen yang cukup ke saraf yang terjepit.

3. Meningkatkan Stabilitas Otot

Mandi menggunakan air hangat dapat meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak pada tubuh. Hal ini membantu mencegah kekakuan otot dan jaringan saraf yang dapat memperburuk kondisi saraf kejepit.

4. Mengurangi Peradangan

Mandi menggunakan air hangat juga dapat membantu mengurangi peradangan pada area yang terkena saraf kejepit, mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang terkait dengan saraf kejepit.

5. Meredakan Nyeri Sendi

Selanjutnya manfaat mandi air hangat yang lain yaitu dapat meredakan nyeri sendi, terutama pada penderita arthritis. Terapi ini mengurangi beban dan tekanan pada sendi dengan memberikan daya apung.

Berjalan di dalam air adalah salah satu gerakan terapi yang disarankan, karena dapat melatih kekuatan otot dan sendi, serta meningkatkan kelenturan tubuh. Untuk hasil maksimal, disarankan berlatih 2-3 kali seminggu selama 20 menit setiap sesinya.

6. Mendukung Proses Pemulihan Cedera

Terapi air hangat bisa mendukung pemulihan cedera lho?! Caranya dengan menjalani pool therapy yang dipandu oleh terapis. Terapi ini bertujuan untuk melatih keseimbangan, koordinasi, kekuatan, dan ketahanan. Efek positif kegiatan ini antara lain berkurangnya nyeri dan pemulihan fungsi sendi atau otot yang cedera.

Tips Terapi Air Hangat untuk Mengatasi Saraf Kejepit yang Efektif

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kalian ikuti untuk mandi air hangat dalam upaya mengatasi saraf kejepit.

1. Pastikan Suhu Air Jangan Terlalu Panas

Suhu air yang disarankan untuk terapi mandi air hangat adalah 33°C sampai 37°C. Agar mendapatkan suhu yang tepat, gunakan pemanas air dari Solahart. Pemanas air ini dapat menghasilkan air hangat dengan suhu yang kamu inginkan.

2. Melakukan peregangan

Setelah mandi air hangat, lakukan peregangan ringan untuk membantu mengurangi tekanan pada saraf yang kejepit. Hindari gerakan yang terlalu keras karena dapat memperburuk kondisi saraf kejepit.

3. Bergerak perlahan dan bertahap

Mulai terapi air hangat secara bertahap dengan berjalan di dalam air selama 5-10 menit dengan teknik yang sama seperti berjalan di atas tanah. Kemudian, tambahkan beban ringan di kaki untuk intensitas latihan yang lebih tinggi, atau coba aerobik air.

4. Jangan Mandi Air Hangat Terlalu Lama

Waktu mandi menggunakan air hangat jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan kelembaban alami dari kulit anda. Kalian bisa lakukan selama 15 sampai 20 menit saja sudah cukup untuk memberikan manfaat dan mengurangi rasa sakit.

5. Keringkan Tubuh dengan Lembut

Setelah selesai mandi, keringkan tubuh dengan lembut menggunakan handuk yang bersih. Hindari menggosok terlalu keras pada area yang terkena saraf kejepit karena dapat menyebabkan iritasi dan perburukan kondisi.

Kesimpulan

Mandi air hangat bermanfaat meredakan gejala saraf kejepit seperti mati rasa, kesemutan, dan nyeri sendi. Akan tetapi bukan merupakan obat menyembuhkan saraf kejepit.

Saraf kejepit disebabkan beberapa hal diantaranya oleh posisi tubuh yang salah, kegemukan, atau cedera. Penanganannya bisa dengan mengurangi aktivitas yang memperburuk tekanan saraf, fisioterapi, obat penghilang nyeri, atau operasi.

Terapi air hangat bisa dilakukan dengan berendam air hangat selama beberapa menit. Namun harus dilakukan dengan hati-hati, tidak menggunakan suhu air yang terlalu panas, diikuti peregangan ringan, dibatasi waktu, dan keringkan tubuh setelahnya.

Sebaiknya saat melakukan terapi air hangat ini dengan dipandu oleh terapis. Apabila kamu membutuhkan pemanas air untuk berendam yang dapat menghasilkan air hangat dengan suhu tertentu secara presisi, kamu bisa menggunakan Solahart water heater.

Dengan menggunakan pemanas air, kamu bisa mendapatkan suhu air sesuai kebutuhan dan keinginanmu secara mudah dan praktis, no ribet-ribet club. Tertarik untuk memilikinya? Dapatkan pemanas air Solahart dari dealer terpercaya dan terbesar di Indonesia, hanya di PT Air Hangat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *