Tips Mengatasi Masalah Ketombe Pada Perempuan Berhijab

Assalamu’alaikum… Happy sunday!

Permasalahan kulit kepala yang paling menyebalkan yang sering saya alami adalah ketombe. Gimana enggak? Gatalnya nggak karuan, kalau sering garuk-garuk nanti malah disangka orang kutuan. Ih, kan nggak keren banget! Ketombe ini memang kalau dibiarkan akan sangat mengganggu penampilan. Setuju nggak?

Memang sih, katanya perempuan berhijab itu mempunyai resiko 3x lipat berketombe. Tapi jangan salahkan hijabnya, berhijab itu syariat wajib yang harus dipenuhi muslimah. Jadi, misal setelah berhijab jadi punya masalah ketombe ya cari solusinya.

Faktor Penyebab Masalah Ketombe

Kata pakar, dari beberapa artikel yang saya baca yang jadi penyebab ketombe ini banyak faktornya. Saya rangkum saja ya?! Barangkali bisa buat kalian ngerti penyebab ketombe karena apa dan gimana cara mengatasinya.

1. Kulit Kering

Kulit kepala yang cenderung kering, gampang sekali terkena ketombe. Sel-sel kulit mati bertumpuk dan jadilah masalah ketombe.

2. Salah Pilih Merek Shampoo

Saya, kalau ganti-ganti shampoo dan nggak cocok, nggak perlu nunggu lama. Pasti langsung bermasalah, entah itu gatal-gatal atau muncul ketombe.

3. Jamur Malassezia.

Malassezia merupakan micro organisme yang tumbuh alami di kulit kepala. Akan tetapi bisa menyebabkan ketombe.

4. Jarang Keramas

Kotoran dan sel kulit mati jadi menumpuk. Ini juga salah satu penyebab timbulnya masalah ketombe.

5. Mengikat rambut atau buru-buru menggunakan hijab saat masih basah

Ketika rambut masih basah lalu diikat akan menimbulkan banyak banget masalah. Selain ketombe, bisa juga menyebabkan rambut rontok dan timbul jamur.

Saya tuliskan itu saja faktor yang bisa menyebabkan munculnya ketombe di kulit kepala kita. Mungkin masih ada lagi yang jadi pemiau tumbuhnya ketombe, kalian bisa cari referensi lain ya?!

Dari faktor penyebab itu, saya sendiri merasa bahwa masalah ganti-ganti produk shampoo, kulit kering dan ikat rambut ketika rambut masih basah. Seringkali, jika sedang terburu-buru langsung ikat rambut dan pakai hijab. Padahal itulah pemicu utama timbul ketombe.

Mengatasi Masalah Ketombe

Nah, setelah tahu faktor penyebabnya, saya segera dong cari solusi. Beberapa tips ini ampuh mengatasi ketombe yang saya alami.

  1. Hanya pakai produk shampoo yang cocok. Saya sendiri cocok pakai clear anti ketombe. Sudah nggak mau ganti-ganti lagi deh.
  2. Mengeringkan rambut. Ini jadi wajib saya lakukan. Caranya saya tidak keramas diwaktu-waktu saya sedang terburu-buru. Mengikat rambut dan berhijab saat rambut basah berusaha banget buat dihindari.
  3. Menggunakan Jeruk Nipis. Saya pernah baca dan mencoba menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe. Oiya, selain ketombe saya juga mengalami masalah lain, rambut rontok. Dan dengan jeruk nipis ini lumayan bisa mengurangi kerontokkan. Caranya cukup mudah, setelah keramas, saya pakai perasan air jeruk nipis untuk membalur kulit kepala sambil di pijat, lalu diamkan sebentar dan kemudian dibilas.

Nah itulah tips dari saya untuk menghilangkan ketombe. Cukup mudah ya? Dan hasilnya lumayan kok asal telaten. Kalau kalian gimana cara mengatasi ketombe? Boleh dong saring pengalaman.

Sekian ceritaku, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Mei 13, 2019

    […] Baca juga tips menghilangkan ketombe untuk perempuan berhijab […]

  2. Mei 14, 2019

    […] Baca juga Tips mengatasi ketombe untuk perempuan berhijab […]

  3. Mei 15, 2019

    […] Baca juga Tips Mengatasi Ketombe untuk Perempuan Berhijab […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *