Mengenal Aneka Flora di Hortipark Gunung Kemit

Hai Semuaaaa…

Weekend ini kalian kemana? Bingung milih tempat main atau malas-malasan saja dirumah? Enggak dong ya? Weekend itu saatnya quality time bareng pasangan, anak-anak, pokoknya sama keluarga.

Boleh sih tetap dirumah, melakukan kegiatan seru, bermanfaat dan menyenangkan. Misal masak bareng, nonton film dirumah atau apalah. Tapi kalau punya anak kecil, paling asyik ya ajak bertualang dong.

Kalau di Cilacap tempat paling favorit buat main sama anak ya ke pantai, ya? Karena disana banyak banget hal yang bisa di eksplor anak-anak. Tapi, kalau pantai terus ya kurang asyik dong ya, bisa bosen juga. So, cari destinasi tempat baru yang syarat edukasi dong!

Ada nih tempat baru buat wisata edukasi, lokasinya nggak gitu jauh dari Cilacap kota. Kalau punya anak-anak cocok banget tempatnya untuk bersenang-senang pun sambil belajar banyak hal, buat orang tua juga untuk sekedar refreshing biar pikiran fresh. Atau buat kalian yang merasa muda milenial, cocok juga jadi tempat selfie buat feed Instagram kamu tetap update.

Sejarah Hortipark Gunung Kemit

proses pembukaan lahan hortipark
Foto : Tim gunung kemit

Gunung kemit ini sebuah bukit yang lokasinya lumayan ada di ketinggian, di daerah Dondong Kesugihan. Tapi tenang akses kesana tidak perlu tracking lama, kendaraan bisa parkir dilokasi. Bukit yang dijadikan lahan hortipark ini memiliki luas kurang lebih 1 ha dan dikelola Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin Kesugihan.

alm. KH. Chasbullah Badawi
Foto : Tim gunung kemit

Hortipark ini adalah ide gagasan dari Pengasuh pondok saat itu Almarhum KH Chasbullah Badawi ketika beliau masih sehat. Mulai dikelola tahun 2017 oleh tim yang ditunjuk ndalem pesantren dan dibantu para santri serta beberapa warga sekitar. Hingga kini masih proses pengembangan, tetapi sudah bisa kita nikmati keindahan alam disana.

Aneka Flora di Gunung Kemit

gerbang masuk lokasi hortipark

Namanya masih proses pengembangan, jadi wajar kalau pengelolaan lokasi wisata ini belum sempurna. Tapi jujur 4 kali saya kesana tetap menyenangkan. Wah sering sekali 4 kali? Ini karena lokasinya nggak jauh dari tempat saya. Heuheu.

Ada beberapa tanaman hias dan sayuran yang dibudidayakan disini. Jenis bunganya macam-macam dan berwarna-warni. Ketika musim bunga seperti sekarang ini, bunga aneka ragam jenis ini bermekaran dimana-mana. Indah sekali, bukan?

Selain foto bunga diatas, masih banyak lagi bunga lainnya ya. Untuk jenis sayuran dan buah belum sebanyak tanaman hias siy, tapi kalau untuk mengenalkan sama anak-anak sudah lumayan komplit.

Sebagai Lokasi Outbound

anak paud di kebun sun flower

Selain untuk wisata keluarga, Hortipark Gunung Kemit ini juga cocok banget untuk kegiatan kunjungan belajar anak sekolah. Bagi pengelola sekolah, pada puncak tema tanaman, ajaklah anak-anak main kesini. Dijamin semua suka.

Anak akan mengerti langsung bagian-bagian tumbuhan dari akar hingga biji. Aneka jenis tanaman, sayuran, buah hingga tanaman yang dimanfaatkan batang kayunya seperti pohon jati ada disini.

tanaman jati dan kenikir

Fasilitas Yang ada di Gunung Kemit

Nah, kalau ke gunung kemit ini nggak perlu bingung deh, mushola ada, toilet ada, kantin juga ada. Disana bisa menikmati menu makanan ala desa yang nikmatnya tiada terkira. Lotek dan mendoan. Soal harga di jamin murah.

playground di area Hortipark Gunung Kemit

Nah yang bikin tempat ini makin asyik buat dikunjungi adalah adanya Playground. Jadi, setelah anak puas eksplor lanjut main diarea ini. Ada ayunan, jungkat jungkit, dan tempat mandi bola segala.

Saran buat pengelola, alangkah baiknya setiap jenis tanaman dikasih informasi, baik nama, klasifikasi sampai manfaatnya. Ini akan sangat membantu pengunjung lebih mengenal tanaman tentunya.

Bagi yang berkeinginan datang kesana, saya sarankan pagi hari. Suasana sejuk dan segar. Jadi, bisa dong weekend ini main kesana?

Informasi tambahan

Lokasi : Dusun Bugel, Desa Dondong kec. Kesugihan

Infak : bagi pengunjung dewasa dikenakan infak sebesar 5rb dan dapat bonus minuman.

Bagi pembaca di kota lain, mungkin ada juga dong, di kota kalian tempat wisata seperti ini. Hortipark seperti ini wajib banget dikunjungi bareng keluarga khususnya yang punya anak kecil, sebagai tempat mengenal macam jenis tumbuhan. Iya kan? ❤

Mungkin Anda juga menyukai

28 Respon

  1. Gita FU berkata:

    Makasih infonya, ya, Bun. 😘

  2. Cantik2 banget bunganya.. Saya paling suka kalo mampir ke pegunungan yg ada taman bunga kayak gini.. Bunga2nya sederhana tapi kalo ditanam dan ditata sedemikian rupa jadi taman bunga yg cantik ya..

  3. Evi indrawanto berkata:

    Saya baru satu kali ke Cilacap dan itupun mainnya di pantai. Kalau lihat foto-fotonya yang bunga-bunga itu, nanti kalau ke Cilacap lagi pengen datang juga kesini. Baru tahu di Cilacap ada gunung kemit 😁

  4. Wah bunga- bunga kalo sedang bermekaran seperti ini, indah sekaliii. Aku suka liat bunga-bunga tapi nggak telaten merawat hehe. Cocok mengajak anka ke sini, selain bisa mengenal flora juga ada playground, jadi bisa mainan juga ya 🙂

  5. Yoanna Fayza berkata:

    Saya baru dengar ada gunung kemit, ini semacam perbukitan di cilacap ya mba? Masih jadi satu dengan pegunungan sewu ga sih? Kalau pas lewat cilacap kayaknya seru juga disamperin nih 🙂

  6. siti hairul berkata:

    wah murah tuh mbak tiket masuk 5 rb. jadi pengen main ke sana juga nih ngajak rombongan krucils hahahahaha

  7. Yessi Greena berkata:

    bunga-bunganya menggoda banget…bagus-bagus 🙂
    kalau ke Cilacap biasanya ke pantai, mba…besok-besok kalau ke sana lagi harus mampir nih

  8. Rani R Tyas berkata:

    Bunganya bagus-bagus ya, jenisnya juga beraneka rupa lagi. Jadi hortipark ini dikelola oleh Ponpes ya? Infaq 5 ribu ni murah banget menurutku, karena pasti untuk mengelola hortipark ini dibutuhkan dana dan tenaga yang tidak sedikit juga sih ya.

  9. Lihat bunga-bunganya seger banget. Wah, perlu di-bookmark nih biar ga mati gaya pas jalan-jalan ke Cilacap. Aneka flora-nya lumayan lengkap juga ya, jadi bisa kenal berbagai flora di Hotipark Gunung kemit.

  10. lia djabir berkata:

    senang deh kalau makin banyak taman seperti ini. jadinya tempat bermain untuk anak-anak juga makin variasi, tidak hanya ke mall aja. apalagi bunganya juga bagus2 jadinya sekalian deh emaknya bisa foto2

  11. Dedew berkata:

    Senang banget ni mba bisa cuci mata lihat yang indah-indah ke sini, bunganya meriah yaaa

  12. Nathalia DP berkata:

    Meski masih dlm tahap pengembangan, tapi saya liatnya udah seneng banget. Cantik-cantik bunganya 🙂

  13. Andiyani Achmad berkata:

    beneran ini namanya Gunung Kermit mak? Gemes banget sih namanya.. btw, aku juga suka lihat2 bunga-bunga cantik yang tumbuh diketinggian seperti ini

  14. lendyagasshi berkata:

    Di Bandung ada taman yang banyak bunga-bungaannya juga…
    Tapi suasananya emm, aga kelam.
    ((apa cuma perasaanku aja yaa…?))

    Gak dipungut biaya, namun jarang tempat duduk.
    Huuhuu~
    Jadi kalo ke sana, siap-siap jalaaan terus sampai pintu keluar.
    Ngiaahahha~

  15. Lidha Maul berkata:

    impian banget bisa belajar tentang flora.
    Mudah2an aja saya dikasih kesempatan bisa ke sini ya

  16. Tempatnya asik banget ini, anak-anak pasti selalu betah ya mbak dibawa kesana. Karena sambil bermain pun mereka bisa sambil mengedukasi anak-anak. Coba di Jakarta ada tempat seperti ini ya.

  17. Iya, ada juga tempat wisata seperti ini di Bandung. Banyak tersedia aneka flora yang bisa dipelajari.
    Tempat seperti ini sangat bermanfaat. Anak-anak bisa belajar lagsung dengan cara melihat dan menyentuh ya…

  18. Bagus nih ada hortipark, bisa untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang bagian-bagian tanaman. Juga agar mereka merasakan cinta pada tumbuhan maupun lingkungan sejak kecil.

  19. Lidya berkata:

    Aku gagal fokus sama lotek dan mendoan hihihi bikin ngiler aja.
    Enak ya di sana tempat wisata alam keluarganya banyak. Anak-anak juga bisa mengemal alam dari dekat

  20. Dedew berkata:

    Pemandangannya cantik ya terutama bunga-bunganya. Aku nggak begitu suka selfie tapi senang cari pemandangan bagus buat dinikmati..mata segar, hati tentram ya

  21. Lina W. Sasmita berkata:

    Wah ide yang brilian ya membangun lahan yg kurang produktif menjadi kawasan taman dan arena bermain seperti ini.

  22. Indah Nuria berkata:

    Such a beautiful horti park. I love to see all those colorful flowers and I sincerely hope they can keep this place beautiful always

  23. April Hamsa berkata:

    Noted kalau ke Cilacap bisa main ke sini. Ini bisa jadi wisata keluarga sekaligus edukasi jg ya buat anak2 😀
    Jadi tempat wisata ini dikelola sama pondok pesantren ya mbak?

  24. meirida berkata:

    Bunga-bunganya bikin seger mata yang memandang ya mbak. Programnya keren nih, semoga di daerahku nyusul juga bikin program seperti ini. Jadi ga perlu jauh-jauh lagi bawa anak berwisata.

  25. Indah Juli berkata:

    Wah masukkan ke agenda travel ah hortipark ini, rencananya pengen main-main ke Cilacap saat liburan sekolah anak-anak. Udah lama ingin main ke pantai di cilacap.

  26. Ida Raihan berkata:

    Masya Allah cantiknyaaa. Bunga mataharinya membuatku ingin meminangny.

  1. Maret 10, 2019

    […] Baca juga Wisata edukasi Hortipark Gunung Kemit Cilacap […]

  2. April 1, 2019

    […] Baca Juga Wisata edukasi Hortipark Gunung Kemit […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *