New Normal, Istilah Baru Kala Pandemi yang Harus Kamu Tahu

Akhir-akhir ini sering banget seliweran di media, sebuah istilah New Normal. Entah itu di facebook, twitter, feed instagram bahkan di status wa, semua orang ngomongin new normal, ya termasuk juga di populerkan Presiden Jokowi beberapa hari lalu.

Btw, kalian sudah paham belum apa itu new normal sih?

Definisi New Normal

New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Wiku Adisasmita

Seperti kita ketahui bahwa pandemi ini bersifat global. Artinya semua negara di dunia terdampak dari serangan corona virus ini. Maka setelah ini, dunia memasuki fase new normal.

Pandemi Covid-19 ini tidak bisa di prediksi bakal berakhir kapan. Banyak yang mulai berpikir jika terus menerus harus di rumah, maka dampak di segala sektor akan semakin bertambah sulit. Dari sinilah, berbagai cara di upayakan untuk dapat berdampingan dengan Covid-19 namun tetap sehat dan dapat beraktivitas.

Pada intinya, bisa berdampingan dengan Covid-19 namun tetap bukan berarti menyerah. Kita bisa beraktivitas dan harus produktif tapi bebas dari corona virus. Bagaimana? Disiplin terapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan untuk terhindar dari virus

Serangkaian upaya atau tindakan preventif untuk dapat terhindar dari Covid-19. Apa saja yang perlu kita perhatikan dan kita lakukan?

🍃 Selalu menggunakan masker

Masker sudah menjadi barang wajib yang kamu pakai saat batuk/flu atau berada di luar rumah. Apalagi yang tetap bekerja ya? Masker wajib, say!

🍃 Cuci tangan pakai sabun atau gunakan hand sanitizer

Entah di rumah atau pun di kantor, bahkan saat bepergian, sering-sering cuci tangan pakai sabun. Karena cara ini ampuh untuk membunuh kuman. Jika terpaksa tidak tersedia tempat cuci tangan, pakailah hand sanitizer.

Sekarang ini sih hampir setiap rumah sudah menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah. Di pertokoan, kantor bahkan Bank juga banyak yang menyediakan tempat cuci tangan ini.

🍃 Physical distancing

Tetap hindari kerumunan. Jaga jarak untuk menghindari tertularnya covid-19.

Yang wajib kita perhatikan adalah saat kita antri, entah di loket apapun yang mengharuskan kita antri. Kadang yang masih sering terjadi kekacauan saat antri sembako. Menyedihkan ya?

🍃 Tidak berdesakan di kendaraan umum

Nah buat kita yang memang punya kepentingan harus keluar dan tidak ada cara lain selain menggunakan kendaraan umum, pastikan jaga jarak. Kendaraan umum hanya boleh mengangkut 50% muatan.

So, kalian siap menghadapi new normal life? Ingat ya kita beraktivitas tidak dengan sebebas dulu. Kesehatan penting, lebih penting lagi kita pikirkan juga para pejuang terdepan para tenaga medis di lapangan!

By the way, sekarang ini jalanan ramai, pusat perbelanjaan penuh sesak, rumah makan ramai orang berbuka puasa. Bagaimana? Kalau saya sih sedih. Mereka ini banyak termasuk kategori masyarakat yang abai dan nggak perduli!

Tabik,

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *