Open House Jogja Medical Center

Assalamu’alaikum, terimakasih sebelumnya berkenan mampir di blog saya. Btw, tanggal 29 Februari ini, saya dan teman blogger lainnya mendapat undangan untuk hadir dalam acara open house Jogja Medical Center. Selain senang bisa ketemu dengan teman-teman blogger yang sudah lama tidak bertemu, pastinya bersyukur banget bisa nambah ilmu dan pengalaman baru.

Berkenalan dengan Direktur, Dokter, Psikolog, dan Terapis di Jogja Medical Center

Pada acara open house ini kita juga berkesempatan mengikuti sharing sesion, mengenal siapa saja yang ada di Jogja Medical Center.

Direktur Jogja Medical Center

Ini adalah kali pertama saya bertatap muka langsung dengan Ibu Tasniem Fauzia Rais, beliau direktur Jogja Medikal Center. Dalam kesempatan itu, Ibu Tasniem menjelaskan pada kami banyak hal mengenai Jogja Medical Center ini.

Jogja medical center merupakan klinik yang berada di bawah naungan Budi Mulia Dua Foundation. Yang hadir untuk masyarakat Jogjakarta pada khususnya atau siapa saja yang membutuhkan pengobatan dan terapi disini.

Konsep yang ditawarkan Jogja Medical Center ini adalah dengan memberikan atmosfer yang berbeda dengan kebanyakan klinik lainnya. Kenyamanan, kebersihan dan desain tata ruang yang modern diharapkan mampu membuat pasien lebih rileks dan ada rasa aman tentunya. Satu hal lagi yang menarik, keramahan menjadi nomor satu di klinik Jogja Medical Center. Wah, ini keren sekali ya? Bakal betah berlama-lama kalau datang kesana.

Layanan tumbuh kembang anak menjadi layanan unggulan di klinik Jogja Medical Center ini. Tapi tenang, bukan hanya tentang layanan tumbuh kembang anak saja, kok. Ada layanan Psikologi, poli umum dan poli gigi. Dokter dan terapis disini selain ramah-ramah, berkompeten juga di bidangnya.

Drg. Ireka Diah, Dokter Poli Gigi Jogja Medical Center

Siapa yang parno untuk mengunjungi dokter gigi? Sini tunjuk tangan bareng saya! Ahaha. Entah sih, horor banget ya kalau sudah ngomongin periksa gigi.

Eitttt, tapi kalau sudah kenal dengan Drg. Irena jelas beda dooong. Dokter gigi ini baik dan tentunya ramah. Jadi nggak perlu takut buat rutin periksa gigi.

Back to Klinik Jogja Medical Center, ya? Nah Drg. Ireka sharing tentang gigi itu harus rapi. Karena dengan gigi yang rapi ini akan meningkatkan percaya diri. Lalu batin saya terisak, hiks gigi saya tidak rapi. Tapi rapopo, wis tuek! Yang penting tetap percaya diri. Ahaha.

Peralatan di Klinik Jogja Medical Center ini khususnya di poli gigi sudah menggunakan alat ortodentik. Ortodentik sendiri merupakan salah satu cabang kedokteran gigi yang menangani maloklusi, mengawasi pertumbuhan dan perkembangan gigi dan anatominya, mencehag dan mengoreksi posisi gigi yang tidak teratur, sampai tercapainya fungsi dan oklusi yang normal dan bentuk muka yang menyenangkan.

Jadi, jika kalian, anak atau keluarga lainnya yang ingin merapikan gigi, bisa banget ke Jogja Medical Center. Oiya, Drg. Ireka juga sempat sharing bahwa menjaga kesehatan gigi ini harus sedari kandungan nih. Susunan gigi itu mulai tumbuh di kehamilan 3 minggu. Kalau gini kan wajib banget menjaga agar ketika hamil tidak kekurangan kalsium dan vitamin dong?

Selain itu, masih menurut Drg. Ireka kebiasaan anak yang suka ngempeng atau ngemut ibu jari ini juga merupakan kebiasaan buruk. Karena kebiasaan ini akan mengakibatkan maloklusi. So, kalau anak kita punya kebiasaan ini kita upayakan agar segera terlepas ya?

Psikolog Ibu Raninta Wulanwidanti, M.Psi

Psikolog cantik dan ramah. Itu kesan pertama ketika berjumpa dengan psikolog di klinik Jogja Medical Center.

Kali itu, ibu Raninta menjelaskan betapa pentingnya asesmen psikologis.

Asesmen ini merupakan proses pengumpulan informasi dan analisis mengenai individu untuk mendapatkan gambaran tentang individu tersebut. Data yang dikumpulkan akan diintegrasikan untuk membuat kesimpulan dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan intervensi.

Asesmen psikologis ini bisa dilakukan dibeberapa konteks sesuai dengan tujuannya. Bisa dalam bidang pendidikan, pekerjaan dan klinis. Dalam bidang pendidikan ini bertujuan agar pendidikan seseorang itu tepat. Misal memilih sekolah sesuai dengan kebutuhan individu tersebut.

Dalam bidang pekerjaan jelas juga tujuannya dilakukan asesmen psikologis. Hasilnya bisa digunakan sebagai dasar penilaian penerimaan pegawai, menetukan jenis pekerjaan yang sesuai, untuk kenaikan jabatan dan sebagainya.

Kapan sih perlunya diadakan asesmen psikologis? Sesungguhnya, asesmen ini paling baik dilakukan sejak dini. Asesmen tumbuh kembang anak ini bertujuan untuk melihat apakah perkembangannya sesuai dengan usianya. Penilaiannya didasarkan pada kemampuan motorik kasar, motorik halus, keterampilan berfikir, keterampilan sosial, kemandirian dan bahasa.

Manfaat dari adanya asesmen tumbuh kembang anak adalah sebagai dasar mendiagnosa atau identifikasi masalah anak. Selainitu juga untuk mengetahui tentang risk and protective factors yang dimiliki anak, menentuka langkah penanganan yang akan diberikan serta membantu dalam memberikan gambaran akademis.

Lalu apa saja yang ditawarkan di Jogja Medical Center dalam pelayanan tumbuh kembang?

  1. Konsultasi psikologi dan masalah tumbuh kembang anak
  2. Pemeriksaan ADHD/Autis/Learning Disorder dan masalah lainnya.
  3. Screening perkembangan anak
  4. Tes kesiapan sekolah
  5. Tes IQ

Jadi jika kalian merasa ada masalah dengan tumbuh kembang anak, jangan segan untuk periksa ke Jogja Medical Center, ya?

Terapis di Layanan Tumbuh Kembang Anak Jogja Medical Center

Di klinik Jogja Medical Center ini menyediakan beberapa terapis. Antara lain play therapist, speech therapist dan occupational therapist.

Play Therapist, Grace Melia

Bagi para blogger tentu tak asing lagi dengan Ibu Grace ini. Mak Gessi, sapaan akrabnya seringkali menuliskan ceritanya di blog Diari Mami Ubii. Namun yang pasti, sebagai terapis, Mak Ges ini komppeten banget dibidangnya.

Ibu Grace merupakan play therapist pertama dan satu-satunya yang bersertifikat internasional dari APAC (Academy of Play & Child Psychoterapy). Selain itu juga terdaftar dalam play therapy international and professional standart authority.

Titis Hardian Wijaya, S.Tr.Kes, Speech Therapist di Jogja Medical Center

Miss Titis ini merupakan lulusan dari DIV Terapi Wicara dan bahasa di Poltekkes Kemenkes Surakarta. Jadi sebagai terapis wicara, miss Titis sudah paham ilmunya dong, ya?

Terapi wicara sendiri merupakan terapi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan komunikasi dan menelan. Terapi wicara ini sebaiknya kapan dilakukan? Terapi ini dilakukan jika perkembangan kemampuan berbicara atau berbahasa anak tidak sesuai dengan usianya.

Tapi, terapi wicara ini bukan hanya diperuntukkan buat anak, lho? Terapi ini bisa dilakukan untuk semua usia. Lalu kapan terapi wicara dilakukan untuk semua umur? terapi dilakukan jika adanya tanda dengan hilang atau menurun kemampuan bahasa bicara yang yang didapatkan karena adanya penyakit atau sindrom tertentu.

Stefani Fera Arista, Occupational Therapist Jogja Medical Center

Miss Stefani ini merupakan lulusan dari DIII Terapi Okupasi dari Poltekkes Kemenkes Surakarta. Latar belakang pendidikannya sesuai dengan profesinya sebagai terapis di Jogja Medical center.

Okupasi Terapi merupakan pelayanan kesehatan yang membantu seseorang dari segala usia agar bisa terlibat secara mandiri dengan aktifitas yang bermakna. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan fungsional dan meningkatkan kualitas hidup yang dimiliki klien.

Room Tour Jogja Medical Center

Kesan yang saya dapat setelah mengikuti room tour Jogja Medical Center merasa sangat wow sekali. Tempatnya benar-benar nyaman. Tidak terkesan rumah sakit yang serba kaku dan bikin tegang.

Beberapa foto saya sempat saya ambil akan saya tampilkan. Tidak banyak karena saya merasa heboh dengan ruangan-ruangan yang sangat ramah anak ini.

ruang tunggu anak sebelum terapi
Poli gigi
Room play therapist
Room speech therapist
Room occupational therapist

Jika kalian ingin mengunjungi ataupun membutuhkan layanan kesehatan tapi dengan “rasa” yang beda, silahkan saja langsung datang ke Jogja Medical Center. Tim JMC akan menerima dengan keramahannya.

Info Lebih Lanjut Bisa Klik Website Jogja Medical Center

Alamat Jogja Mmedikal Center : Jl. Gondang Raya No. 17 Kentungan Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta 55283

Sekian ceritaku, semoga bermanfaat.

Tabik.

Mungkin Anda juga menyukai

25 Respon

  1. Mugniar berkata:

    Jogja Medical Center komplit juga ya. BTW Ibu Tasniem itu bukannya anaknya Pak Amien Rais?

    Eh ada Grace Melihat. Beliau kan blogger. Bagus banget Gesi ada di Jogja Medical Center.

  2. Lya Amalia berkata:

    Wihiii… aku uda dikasih tau sama sepupuku yang kebetulan uda cobain JMC. Tempatnya bagus banget mbak…

  3. Ana Ike berkata:

    Masya Allah, keren banget JMC. Fasilitasnya super lengkap. Ruangannya juga super nyaman. Duh jadi pengen nyobain cek gigi kesana juga deh

  4. rahmiaziza berkata:

    Waah ada Gesiii. Tempatnya kelihatan nyaman banget yaaa. Layanannya juga komplet!

  5. Pelayanan yang ditawarkan oleh Medical Center Jogja ini termasuk lengkap ya, karena beberapa pelayanannya yang sering dicari oleh para ibu. Kadang kalau di rumah sakit belum tentu ada psikolog anaknya.

  6. Tanti Amelia berkata:

    Ini sih begitu liat anak anak langsung betah dam rela “mangap’ ya mbak Lina,.. terus ga mau pulang hihii

    alhamdulillah ini anak anak sekarang ‘mainan” sama para dokter gigi, mau ga mau karena giginya dibehel semua

  7. Ida Raihan berkata:

    Masya Allah komplit banget ya Mak Jogja Medical Center.

    Aku jadi pengen nyari RS sekitar sini yang menyediakan layanan psikolog anak.

  8. Dedew berkata:

    Wah, keren banget ya JMC ini, dokter dan terapisnya kompeten dsn profesional jadi nggak tahu untuk konsultasi ke sana. Keren banget gesi jadi terapis juga, makin keren pencapaiannya…

  9. Juliastri Sn berkata:

    Bener-bener one step family clinic ya JMC ini. Sementara anak-anak diterapi, orangtuanya bisa sekalian periksa gigi di poli gigi dan melakukan general check up di poli umum di satu tempat yang sama. Siplah πŸ™‚

  10. Nchie Hanie berkata:

    Whuaaa..kereen ini MAma Ubi jadi therapist . asik banget bisa kontribusi dengan yang membutuhkan. Layanannya bener -bener komplit JMC ini.

  11. Nanik Nara berkata:

    Alhamdulillah yayasan budi mulia dua makin berkembang ya. Saya dulu peenah magang di SD budi mulia. Tapi belum pernah ketemu keluarga Amien Rais

  12. Tempatnya friendly banget untuk anak” gak menyeramkan. Anak” gak bakalan takut ini kalo ke sini. Dulu aku setiap diajak ke tempat beginian selalu takut, serem soalnya huhuhu

  13. Indah Juli berkata:

    Aku baru sekali ke JMC ini, bawa Tio periksa gigi.
    Karena dekat sama rumah sih πŸ™‚
    Wah Gesi jadi Play Therapist di JMC ya, keren keren.

  14. Nova Violita berkata:

    Kegiatan begini bagus..mengenalkan kemasyarakat tentang therapis..dll.

    Biar kasus yg seperti Dr.psikologi yg lagi viral itu gak kejadian…lagi

  15. Yessi Greena berkata:

    tempatnya nyaman ya, mba…
    jadi lebih rileks dan nyaman banget tentunya πŸ™‚

  16. Dengan adanya pelayanan kesehatan di Jogja Medical Center. Masyarakat di Jogja tidak perlu jauh-jauh. Datang ke JMC langsung ditangai oleh terapis dan tenaga medis di sana ya …

  17. Artha berkata:

    Ah sedih. Anak saya masih suka ngempeng dot . Duh kudu bs bantu dia kurangi kebiasaan buruknya agar giginya jadi rapi nih.

  18. arenapublik berkata:

    bagus jga fasilitas bermain utk anak anaknya ya.. mantap mba, smga bisa membantu banyak orang nantinya

  19. lendyagasshi berkata:

    Waa…ada kak Gessi.
    Therapi memang membutuhkan alat yang gak murah. Dengan ikut di Jogja Medical Centre, sebuah fasilitas lengkap dan dibimbing oleh para ahli di bidangnya.

  20. Ade UFi berkata:

    Kalau ruangan periksanya seperti foto2 diatas, pastinya nyaman orang untuk berobat ya. Terutama anak-anak. Pasti ga akan takut kalau ke dokter.

  21. Rina Susanti berkata:

    Ruangan terapi tumbuh kembangnya rapih n bersih . Fasilitas kesehatan d Joyja makin komplit ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *