Terbang Jelajahi Saturnus Bersama Paddle Pop Liburan Ke Planet Mochi

Assalamu’alaikum…

Hai, please beri jeda waktu, sebentar saja! Kami masih jet lag nih. Iya, kami baru saja mendarat dari Saturnus! Wooowww! Ke Saturnus? Yes! Kami bertualang ke luar angkasa, terbang jelajahi Saturnus bersama Paddle Pop Liburan ke Planet Mochi.

Liburan kenaikan kelas kemarin ini, masih harus kita lewati dalam situasi pandemi. Harus ekstra sabar ya, jika liburan anak-anak tetap harus di rumah saja. Saya tahu banget, betapa rasa bosen anak saya yang sudah setahun lebih ini tidak pernah liburan ke luar kota. Sering sekali dia bertanya “Nda, kapan kita naik kereta? Kapan kita jalan-jalan yang jauh? Kapan kita menginap di hotel?”. Bahkan sering kali, dia marah-marah pada corona, kenapa begitu jahat tak cepat sirna.

Jika keadaan seperti ini tidak bisa kita sikapi dengan baik, saya yakin keadaan akan semakin memburuk. Jadi sebagai orang tua, kita punya kewajiban mengendalikan mental dan emosi semua anggota keluarga tetap positif dan bebas dari stress. Menjaga kesehatan lahir dan batin adalah hal yang paling utama. Kalian semua juga ya, selalu jaga sehat.

Kami sangat merasa beruntung disaat seperti ini, menemukan dan bisa mengikuti liburan virtual dari Paddle Pop Liburan ke Planet Mochi. Pada tanggal 3 Juli 2021 kemarin, kami terbang keluar angkasa menjelajahi Saturnus. Tentu saja anak-anak sangat senang, selain punya pengalaman liburan virtual mereka dapat pengetahuan tentang benda luar angkasa, fakta tentang Saturnus dan juga ketemu banyak teman peserta lain meski lewat zoom.

Manfaat mengenal alam semesta dan luar angkasa bagi anak

Kira-kira kapan waktu terbaik mengenalkan anak-anak tentang alam semesta? Menurut saya sejak usia dini. Saat anak-anak berada di momen golden age. Karena di masa inilah semua aspek perkembangan sedang berkembang sangat pesat dan tidak bisa di ulang kembali. Pada saat kita membuka cakrawala pengetahuan tentang alam semesta, bumi, matahari, bulan, bintang dan benda langit lainnya, banyak sekali manfaat yang akan anak peroleh.

Saya sendiri mengenalkan tentang alam semesta pada Sulthon sejak kecil. Selain mengenalkan dengan lagu seperti bintang kecil dan twinkle little star, saya belikan buku-buku anak tentang bumi, planet dan luar angkasa. Yang membuat senang adalah anak ini tertarik dan senang sekali, bertanya sampai membuat saya sendiri keder!

Ndaaa, kenapa Satulnus pakai cincin, kan planet Satulnus bukan jali.

Satulnus itu kalau malam telang ya nda, kalena kan bulannya banyak.

Begitulah celoteh anak saya, Sulthon saat usia tiga tahun pada unggahan saya di Instagram 2018 lalu. Iya masih cadel dan belum bisa bilang huruf R dengan baik. Begitu antusias dengan bentuk planet Saturnus, mencoba menggambar sendiri, sejadinya menurut imajinasinya.

Menurut saya manfaat mengenalkan alam semesta dan kehidupan luar angkasa sejak dini pada anak antara lain :

  1. Mengagumi keindahan Ciptaan Tuhan. Sebisa mungkin menanamkan pada anak tentang ketakwaan kita pada Allah Ta’ala.
  2. Menambah pengetahuan tentang alam semesta dan benda langit
  3. Mengembangkan imaginasi anak
  4. Merangsang anak untuk mencintai dunia sains
  5. Merangsang anak untuk senang belajar

Paddle Pop Liburan Ke Planet Mochi

Paddle Pop Main Yuk! Liburan ke planet Mochi, merupakan sebuah rangkaian program liburan yang menyenangkan dan bermanfaat dari Paddle Pop.

Sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi saat ini, khususnya untuk anak-anak Paddle Pop dari Walls membuat berbagai rangkaian program yang menarik, menyenangkan dan bermanfaat. Jika sebelumnya Paddle Pop pernah mengajak anak-anak liburan seaventure, sekarang Paddle Pop mengajak anak-anak main ke luar angkasa.

Liburan ke Planet Mochi, terinspirasi dari es krim varian Mochi yang berbentuk bulat. Bentuknya yang bulat bisa jadi sumber inspirasi anak untuk berimajinasi. Untuk itulah lahir 4 seri program liburan seru jelajah ke berbagai planet dari Paddle Pop dimulai dari tanggal 25 Juni hingga 17 Juli. Seri rangkaian program paddle pop antara lain :

  • Liburan ke planet Mochi bareng Mona Ratuliu dan Wonder Fast – 25 Juni 2021
  • Kedua Main ke planet Saturnus bareng Eno Lerian dan Rumah Dandelion – 3 Juli 2021
  • Yang ke tiga Main ke planet Uranus bareng Nana Mirdad dan Mungilmu – 10 Juli 2021
  • Terakhir Main ke planet Jupiter bareng Melki Bajaj dan Buumi dan playscape – 17 Juli 2021

Main ke Planet Saturnus Bareng Eno Lerian dan Rumah Dandelion

Saat melihat konten Paddle Pop tentang program Liburan ini, saya buru-buru mendaftar dong! Kesempatan yang nggak akan saya sia-siakan untuk mewujudkan impian Sulthon mengenal Saturnus lebih jauh. Selain itu untuk mengisi liburan yang harus di rumah saja. Jadi kita bisa terbang jelajahi Saturnus, meski virtual, tapi pasti akan sangat menyenangkan. Dan kebetulan ada sepupu Sulthon juga sedang main disini, jadilah kami nonton bertiga biar suasana makin seru.

Selama kegiatan ini berlangsung semua anak-anak antusias sekali. Semua menyimak dengan serius penjelasan tante Tari dan tante Mei dari Rumah Dandelion yang memandu kami dan Eno Lerian bersama putranya Jelajahi Saturnus. Ragam aktivitas seru yang kami ikuti selama kegiatan berlangsung antara lain : terbang ke planet Saturnus, mewarnai gambar dan membuat APE Cardboard TV dari kardus dan yang terakhir adalah menghiasi es krim mochi. Dan selama mengikuti liburan virtual ini, anak-anak sudah nggak sabar makan es krim. Jadilah Paddle Pop jadi cemilan favorit dan Mochinya disimpan sampai akhir acara.

Fakta Unik Saturnus

Dari petualangan terbang ke Saturnus, kami mendapatkan banyak banget ilmu dari sana. Setidaknya ada 6 fakta unik Saturnus yang tante Tari jelaskan pada anak-anak.

  1. Saturnus merupakan planet terbesar ke 2 di Tata Surya kita
  2. Planet Saturnus meskipun besar tapi ternyata ringan. Massa jenis planet Saturnus ini lebih ringan dari massa jenis air sehingga jika digambarkan planet Saturnus akan terapung jika dimasukkan kedalam ember mandi.
  3. Cincin yang mengelilingi Saturnus ternyata terbentuk dari gumpalan es.
  4. Waktu untuk mengelilingi matahari yang diperlukan oleh Saturnus adalah selama 29 tahun.
  5. Satelit alami yang dimiliki Saturnus sebanyak 82 buah. Satelit yang paling besar bernama Titan.
  6. Sehari semalam di Saturnus hanya 10 jam.

Mewarnai gambar dan membuat APE Cardboard TV

Aktivitas kedua setelah jelajah planet Saturnus adalah mewarnai gambar dan membuat alat peraga edukatif Carboard TV dari kardus bekas. Sebetulnya gambar yang diwarnai bisa di download dari link yang sudah disiapkan tim Paddle Pop. Namun karena printer di rumah rusak akhirnya saya bebaskan anak-anak untuk menggambar dan mewarnai sesukanya.

Dan untuk membuat Cardboard TV saya gunakan kardus bekas yang ada di rumah. Keren sekali nih aktivitas dari Paddle Pop dan Rumah Dandelion yang membuat saya jadi ada ide untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar kita jadi barang yang bermanfaat.

Oiya, saya akan bagikan juga pengalaman DIY APE Cardboard TV yang kami buat. Barang yang digunakan sangat mudah dicari. Ada yang mau coba dirumah untuk main sama anak-anak?

Bahan dan peralatan yang di perlukan :

  • Kardus bekas, saya pakai kardus bekas susu anak
  • Gulungan kertas seperti kertas gulungan tissue, saya pakai karton yang di gulung
  • Perekat atau selotip
  • Karet gelang
  • Gunting
  • pensil warna
  • Gambar untuk ditampilkan

Cara membuat cukup mudah, ikuti langkahnya ya!

  • Potong bagian depan kardus seukuran gambar yang kita buat
  • Buat lubang di bagian samping kardus
  • Masukan kertas gulungan lewat lubang samping kardus
  • Kemudian kat karet gelang didalamnya agar kertas gulungan tidak mudah terlepas
  • Tempelkan kertas gambar yang akan dipakai untuk bermain, tempel dengan selotip
  • Terakhir kardus dan Cardboard TV siap dimainkan, bisa lihat gambar di atas.

Sedangkan yang saya pakai membuat Cardboard TV adalah gambar yang saya buat sendiri dan kemudian diwarnai oleh anak-anak. Kegiatan menggambar dan mewarnai bersama seperti ini juga seru banget untuk mengisi waktu liburan di rumah.

Manfaat bermain alat peraga edukatif Cardboard TV ini sangat banyak. Selain untuk merangsang daya kreativitas anak, ape ini bisa melatih anak belajar berani dan pandai bercerita. Siapa tahu kan anak-anak nanti bisa jadi penyiar berita atau guru dan lainnya.

Menghias es krim mochi

Kegiatan yang paling di tunggu anak-anak kemarin itu adalah menikmati kelezatan es krim mochi dari Paddle Pop. Aktivitas menghias Mochi ini bebas kok mau dihias apa aja. Sesuai imajinasi anak saja, mau dibuat bentuk planet, bulan, bola atau apapun juga boleh.

Penasaran hasil hias Mochi anak saya? Jangan ya! Jadi karena Mochi yang kami simpan di lemari es kurang dingin, es krim mochinya hampir leleh. Walhasil, dibuatlah seadanya yang menurut saya lebih mirip boneka beruang, hahaha! Tapi yang penting Mochinya tetap bisa dinikmati.

Program Liburan ke Planet Mochi ini masih bisa kita ikuti kok. Coba deh kepoin dan follow akun Instagram @paddlepop.idn untuk cari informasi kegiatan seru lainnya. Buruan ikutan yang mau bersenang-senang bareng anak.

Paddle Pop Es Krim Kesayangan Kita Semua

Paddle Pop Mochi Yang Lezat dan Sehat

Kenapa es krim mochi dari Paddle Pop ini enak dan sehat?

Paddle Pop Mochi dibuat dengan bahan-bahan berkualitas dan mengandung susu yang baik untuk kamu

Selain rasanya yang kenyal, lembut dan enak, di dalam es krim mochi terkandung susu, lemak yang hanya 1,5 g, gula 6 g dan energi 90 kkal. Jadi, es krim ini menjadi makanan atau cemilan favorit yang sehat dan aman untuk kita. Kalau saya sih nggak melarang anak-anak kalau minta jajan Paddle Pop. Yang Mochi ini, saya juga doyan banget!

Harga Paddle Pop Mochi mulai 3ribuan

Tentang janji Paddle Pop

Kami serius dengan nutrisi yang membuat Anda tersenyum

paddle Pop

Saya menemukan quote tersebut di laman wallsicesream.com. Paddle Pop/walls berjanji akan memperbaiki kesehatan dan kebahagiaan para pelanggan atau masyarakat. Bukan hanya membuat es krim yang lezat dan enak, tapi memastikan es krim yang kita nikmati benar-benar sehat.

Dalam setiap es krim yang di kemas, walls memastikan isinya tidak lebih dari 110 kkal, 3 g lemak jenuh dan 20g gula tambahan per 100g. Melihat kandungan nutrisinya, membuat saya merasa nyaman untuk menjadikan Paddle Pop jadi jajanan favorit. Satu lagi, harga Paddle Pop sangat terjangkau! Mulai dari harga 2 ribuan. Asli nggak bikin kantong emak menjerit-jerit kan?

Selain Mochi, ada banyak varian lain yang bisa kita pilih. Ada rasa atau varian rainbow, choco magma, milky duo, Twister mermaid, dan lainnya. Saya sih yakin semuanya favorit.

Ide DIY mainan anak dengan stik es krim

Sejak saya kecil, stik es krim selalu di kumpulkan dan digunakan untuk mainan. Jaman dahulu, stik bekas es krim untuk anak desa seperti saya menjadi barang istimewa yang akan di simpan dan dijadikan mainan seru. Hingga kini, ketika anak-anak makan es krim pun saya ajarkan kumpulkan stiknya untuk membuat mainan.

Membuat gambar orang dengan stik es krim

Cara buatnya cukup mudah, tinggal tempel dan hias sesuai keinginan kita. Mau dijadikan gambar orang tua atau anak-anak bebas sesuai imajinasi anak.

Replika pesawat dari stik es krim

Untuk membuat mainan pesawat ini, alat dan bahan yang diperlukan hanya stik es krim dan lem tembak. Cara membuatnya juga sangat mudah, tinggal potong stik es krim, bentuk sesuai keinginan dan lem. Jadilah mainan pesawat yang disukai anak-anak.

Selamat mencoba. Terimakasih banyak ❀️

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog yang diadakan oleh Paddle Pop Indonesia dan Komunitas Emak Blogger (KEB)

Foto : Milik Paddle Pop dan milik pribadi

Mungkin Anda juga menyukai

47 Respon

  1. Lucu-lucu kreasi dari stik es krim dan Mochinya.

  2. Nchie Hanie berkata:

    Salut banget sama yang punya ide liburan ini, iyaa Liburan ke planet Mochi, merupakan sebuah rangkaian program liburan yang menyenangkan dan bermanfaat dari Paddle Pop.
    Membuat Ibu terutama anak2 bisa merasakan sesnsasi liburan ke Planet meski virtual, dan yang lebih menarik itu loh bebikinan hasil karyanya untuk mendukung ke Planet.
    Hahhaaa, sampe Jet Leg pulaak, ikoot atulaah !!

  3. Lidya berkata:

    Wah seru ya berpetualang ke planet Mochi bareng sama Paddle Pop. Bisa bermain sambil belajar tentang planet ya secara virtual, anak-anak juga pasti senang.
    Usia anak memang cocok banget belajarnya sambil bermain jadi lebih menyenangkan

  4. Tanti Amelia berkata:

    Kereeeen.. kreatif banget ini jadinya anak anak yaaaa
    udah gitu mainnya jauh yaaa ke planet! Dulu main ke waterboom aja udah seneng hahhahaa

  5. nurulrahma berkata:

    Yihaa! Super duper FUN kalo ikutan acaranya Paddle Pop!

    Bener2 membuat anak jadi makin kreatif, bisa belajar dan bermain dgn cara yg menyenangkan.
    Aaakk, mupeng ikutan jugaaa πŸ˜€

  6. Nurul Sufitri berkata:

    Cardboard TV buatan anak kesayangan mamah lucu bangeeet deh. Kreatif ya DIY kayak gini sekaligus mamam es krim Mochi Paddle Pop deh πŸ˜€ Oh, ternyata berpetualang ke Planet Saturnus toh? Tante kapan mau diajak nih? Ga mager di rumah mulu dong kalau gitu.

  7. Wiwied Widya berkata:

    Beneran keren banget, sulthon keren, ibunya pun kreatif banget. Aku nggak kepikiran lho bikin pesawat pakai stik eskrim . biasanya suka dibuat wayang2an doang. Menarik dan kreatif banget sih idenya. Sukaaa

  8. Nathalia DP berkata:

    Seru banget…. Judulnya liburan tapi bikin anak-anak semakin kreatif sambil sekalian belajar juga ya… Jadi pengen ngajak anak-anak bikin tvnya juga…

  9. Katerina berkata:

    Bermain dan belajar bisa dilakukan sekaligus lewat liburan virtual bersama Paddle Pop. Keren banget idenya. Aku yang baca ceritanya saja berasa ikut diajak bertualang. Kalau seasyik ini, liburan di rumah aja jadi seru dan nggak membosankan ya.

  10. Era Sapamama berkata:

    Seru banget sih main ke planet saturnus bersama paddle pop… Aku jadi tertarik nih untuk ikutan. Main dan belajar seputar antariksa tuh bikin anak selalu semangat.

  11. ini kok seru banget sih kegiatannya, anak-anak pasti suka banget ya. Selain main ke planet mochi juga si kecil diajak untuk menjelajah dan membuat diy juga ya mbak.

  12. Helena berkata:

    Mbak Lina kreatif banget bikin film tentang Saturnus! ah kece nih… bisa ditiru di rumah walau ku ragu gambarku bisa serapi itu. hahaha… Asik yaa main ke planet saturnus trus makan mochi bentuk beruang. hihi…

  13. Dedew berkata:

    Acaranya menarik banget, tak hanya asyik bermain dan membuat mainan tapi juga menambah ilmu tentang planet ya anak pasti suka dan makin ceria

  14. Rach Alida berkata:

    Harganya terjangkau ya mba. Tapi satu sisi juga anak suka. Siapa sih yang tak suka produknya Paddle Pop. Apalagi sambil bisa berkreasi juga

  15. Ria Fasha berkata:

    Wah memang seru banget liburan ke planet saturnus bareng paddle pop
    Anakku juga senang banget apalagi dia memang suka sama tata surya
    Jadi mau ikutan lagi petualangan lainnya

  16. Lia Yuliani berkata:

    Wah, seru banget ya bertualang ke Planet Saturnus. Anak-anak pasti suka saat nonton bareng plus ngerjain DIY. Sekalian belajar tentang sains dan tata surya juga.

  17. Alfa Kurnia berkata:

    Paddle Pop ini selalu out of the box ya kalau bikin aktivitas untuk anak. Selain diajak bertualang ke Planet Mochi juga berkreasi bikin Cardboard TV. Jadi puas deh mainnya. Apalagi kalau diakhiri dengan makan es krim Paddle Pop. Hari libur jadi makin berkesan.

  18. Aswinda Utari berkata:

    Seru ya piknik ke planet saturnuss. Aku kemarin ikutan jg nih. N bikin DIY nya seru. Anak jd semangat bikin gambar yg lain buat ditempel di cardboard tv nya.

  19. Dian berkata:

    wahh seru banget bisa jalan jalan ke planet saturnus
    habis jalan jalan istirahat sambil minum es krim paddle pop ini

  20. Ainhy edelweiss berkata:

    Anak pasti suka banget kalau diajak petualang kayak gini, seru yah bisa ke planet Saturnus meski Virtual

  21. Aku suka Paddle Pop Mochi, bukan hanya karena harganya yang murah sih. Tapi emang enak.

    Seru ya main bareng dan bikin sesuatu yang bisa dimainkan untuk mencari planet Mochi

  22. lendyagassi berkata:

    Waah….waah…uda sampai dan mendarat di Planet Saturnus aja niih..
    Bakalan menjadi kenangan yang sangat tak terlupakan.
    Fakta mengenai planet ini bisa sungguhan membawa anak-anak berimajinasi ke planet yang kaya akan keajaiban.

  23. Wah lucu banget ape cadboard tv nya mbak. Stik es krim juga bisa dikreasikan dengan gambar dan dibuat mainan kayak pesawat ya. Kreatif deh

  24. Terharu sampai di bagian ini:

    “… bukan hanya membuat es krim yang lezat dan enak, tapi memastikan es krim yang kita nikmati benar-benar sehat!”

    Memang begitulah seharusnya brand yang baik itu ya!

  25. ira duniabiza berkata:

    anak-anak pasti senang banget ya mba kalau diajak jelajah saturnus begini. apalagi pas musim liburan jadi bisa ngisi waktu dengan bermanfaat. Bisa nambah visi juga buat mereka jadi penjelajah ya/..

    Emang paddle pop ga pernah berhenti berinovasi ya, selalu ada program bagus dan seru setiap musim liburan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *