Kolaborasi KEB x ProPS, Memaksimalkan Pendapatan Iklan di Blog

Mas Aji, saya anak baru jangan ditanyain macam-macam ya?!
Foto : Ardian Kusuma

SemangArt pagi, para blogger!

Jadi gini, sewaktu aku lihat informasi bahwa KEB bakal ngadain event #KEBelajar bareng #ProPS, langsung deh kepikiran, pokoknya harus ikut! Jadi buru-buru ngisi data biar kedaftar jadi peserta.

Nah setelah daftar, baru muncul banyak problematika. Halagh, apaan sih! Iya, gimana caranya emak-emak punya anak balita mesti kelayapan jauh sendiri. Dibolehin sama suami nggak? Bisa nitipin anak nggak? Dan nitip sama siapa?

Bla Bla Bla, makin panjang nanti remeh temehnya. Dan kalian, hei para blogger pemula yang bercita-cita blognya bisa bikin kaya dan pengen punya banyak pembaca, Stop! Jangan suka nulis artikel yang banyak narsisnya, sibuk ceritain diri sendiri. Nanti saya tulis ulasannya. Soalnya ini asli masih jadi PR banget juga buat saya.

Kolaborasi KEB dengan PROPS

Langkah jitu memaksimalkan pendapatan iklan. Eh siapa sih yang nggak mau dapat duit dari iklan di blog? Kalau saya mau banget lah! Meski masih jauh, karena masih banyak banget PR buat blog saya bisa berkembang, tapi saya semangat dan selalu optimis dong! Meski jumlah traffic kalau buat jajan cuma baru bisa dapat cilok, wahaaa. Eh kaaaan, jadinya saya narsis lagi! Sebaal.

Event ini diadain di kunena eatery pas tanggal 16 Februari kemarin. Benar-benar weekend berfaedah yang menyenangkan, Sabtu syarat ilmu. Waktu sekitar 4 jam untuk bahas tema yang menarik bareng ProPS terlalu singkat rasanya, maunya jangan berhenti, lagi dan lagi, ini masih haus ilmu banget. Emang sih, nggak sia-sia gabung sama KEB.

Pengisi acara
Foto : Ardian Kusuma

Siapa PROPS dan Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Perempuan cantik dan smart itu mengenalkan dirinya, mbak Ilona Juwita, namanya. Beliau CEO ProPS yang akan ngasih materi sama emak-emak blogger yang antusias dan yang selalu heboh pada event kala itu.

Mbak Ilona, memulai menteri dengan membahas bermacam cara monetesasi yang bisa dilakukan para blogger. Setidaknya ada 5 cara yang paling populer, antara lain:

  1. content marketing,
  2. social influencer,
  3. affiliate link,
  4. iklan,
  5. berjualan produk digital

Tentu saja yang akan dibahas mendalam points ke 4 dong ya, bagaimana cara memaksimalkan pendapatan iklan. Mbak Ilona menjelaskan kiat-kiat agar kita bisa memonetisasi iklan di blog.

Tapi Jaman sekarang katanya nggak segampang dulu pasang Google adsense. Aturan lebih ketat dan mendetail. Dan yang bisa pakai hanya yang terdaftar atau punya akun Google adsense. Ada 3 kendala yang biasa ditemukan dalam kasus susahnya dapat pemasukan dari google adsense ini. (1) tidak punya akun google adsense, (2) punya akun google adsense tapi tidak bisa menggunakan, (3) punya akun google adsense tapi dinonaktifkan.

Duh, saya aja yang pertama belum punya, otomatis bakal lebih susah lagi dong ya, buat ngarep rejeki dari google adsense. Tapi tetap, jangan patah semangat dulu ya? Kan ada ProPS.

Jadi, ProPS (PT Promedia Punggawa Satu) ini merupakan google chanel partner yang punya legalitas untuk membantu publisher (baik blogger atau YouTubers) agar dapat meningkatkan pendapatan dari iklan. Lebih mudah dan sama-sama menguntungkan bagi publisher yang nggak mau repot. Untuk tahu lebih jelas tentang ProPS langsung aja ke websitenya ProPS. Jangan sungkan, bisa konsultasi, tanya-tanya dulu.

Kembali ke materi mbak Ilona, ya? Mbak Ilona kali itu juga menjelaskan berbagai persoalan perting soal monetasi iklan di blog.

Website Performance

  • Small volume of traffic, Pengunjung masih sepi. Aih kayak blog saya ini nih.
  • Page latency, loading blog yang lama. Ibaratnya kita panggil seseorang sampai 3x dan nggak nyahutin kan pasti bikin kita bt. Iya, kaaan?
  • Quality vs non quality traffic, hubungannya dengan traffic yang berkualitas atau tidak.

UI/UX Layout Desain Website

  • Ad Format and size optimal, perlu banget untuk memilah penempatan iklan di widget yang tepat.
  • Viewability rendah, soalnya orang jaman sekarang lebih banyak pakai mobile ketika buka website kan daripada di desktop.
  • Mobile first, jadi Sekarang perlu banget bikin desain web yang mengutamakan versi mobile.

Optimalisasi Platform

  • Memaksimalkan Adsense, PCP (pay per click) advertiser hanya membayar atas setiap iklan yang di klik
  • Memanfaatkan AdExchange (Ad Manager), CPM (pay per impression) advertiser membayar atas iklan yang di lihat. Tapi ini syaratnya berat, traffic minimal 20 juta sebulan, wah lemes dong saya!

Cara optimalisasi monetesasi

  • Pastikan source of traffic hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas
  • Pastikan penempatan iklan berada di area keterlihatannya tinggi
  • Pastikan setiap slot dapat menampilkan berbagai size
  • Google menawarkan berbagai tipe iklan, so pelajari mana yang cocok.

Peluang ke depan pasti sangat terbuka lebar dong ketika semua serba digital. Maka itu, mari dong semangat bangun blog kita. Mendatangkan banyak traffic pun ada macam triknya, misal bikin post yang bisa mendatangkan traffic global.


Bagaimana menciptakan konten yang menarik audien secara global? Ini jelas penting banget, biar apa? Yang utama mendatangkan traffic!

  1. Tentukan target audience, penduduk Negara berbahasa inggris atau Penduduk Negara dengan bahasa lain
  2. Produksi konten yang โ€œevergreenโ€
  3. Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience.
  4. Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
  5. Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur) karena setiap Negara memiliki istilah berbeda.
  6. Ketika menggunakan image, pastikan bisa dipahami secara universal.
  7. SEO, Manfaatkan keywords yang populer di Negara tersebut untuk kemudian ditempatkan di konten yang relevan
  8. Gunakan jasa translator

Pillar Post For blog Monetizing

Kali ini masuk season dua, narasumber mba Carolina Ratri yang emang jago bikin konten dan paham banget dengan teknis konten yang berkualitas. Saya sering mantengin tulisan di website kumpulan Emak blogger.

Apa itu Pillar Post

Pilar pos itu post atau artikel penyangga di blog kita yang mendatangkan banyak traffic dan biasanya digunakan sebagai referensi atau rujukan. Ciri utama bersifat practical, banyak dicari orang tentang tips, tutorial, dsb. Selain itu juga relevan sampai lebih dari 10 tahun yang akan datang (Evergreen).

Bagaimana membuat Pillar Post

Ada langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat Pillar Post?

  • Define your big ideas, tentukan tujuan, audience, Niche dari artikel
  • Keyword research, riset dulu sebelum menulis artikel, topik apa yang sedang viral dan temukan ide unik yang akan kita bahas.
  • outline saat menulis, kaidah 5W1H.
  • SEO checklist, ini berhubungan dengan keyword, url, subheading dll.

Dan waktu pun habis, saatnya berpisah, hiks. Tapi Alhamdulillah nggak sia-sia jauh dari Cilacap sengaja ikut belajar soal ini. Asli menambah wawasan dan pengetahuan soal blog bagi diriku. Dan nambah semangat untuk ngeblog lebih baik.

Soal cerita remeh temehnya yang diatas kenapa harus diminimalisir, atau kalau bisa dibuang nih cerita narsis kita. Ini nggak penting buat pembaca. Emang kita ini siapa? Bukan siapa-siapa! Ini bakal bikin audience muak, siapa sih loe? Dan bisa-bisa langsung kabur dari blog kita, gitu! Tapi kalau tujuan kita emang mau narsis meski tanpa pembaca ya sah aja lah, yang penting bahagiaaaaa! Ye kaaan?

Terimakasih banyak buat semua, KEB, ProPS, mbak Carra, mas Aji dan semua yang terlibat untuk acara kemarin. Sukses terus dan semoga ada kesempatan lain yang bisa saya ikuti untuk nambah ilmu. Aamiin.

Thanks semuaaaa
Foto : Ardian Kusuma

Mungkin Anda juga menyukai

50 Respon

  1. Manggaul.com berkata:

    Ngeblog dari 2013 blm pernah payout dari adsense๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

  2. Khoirur Rohmah berkata:

    Asyiknya bisa belajar tentang Google adsense nihh mbak
    Aku pengen tapi belum jadi-jadi mau ndaftar heheeee
    Bergizi sekali nihh mbakilmu di event KEB x ProPs
    Makasih banget buat sharing ilmunya mba
    Salam kenal ^_^

  3. kanianingsih berkata:

    wah asiknya dapat ilmu ya mba, alhamdulillah. Ngeblog sekarang bisa menjadi penghasilan. Harus bnyk belajar nih, banyak istilah yg belum ngerti. Saya pribadi kadang udah menerapkan SEO tapi hasilnya gitu2 aja, mungkin ada yg miss yg perlu saya pelajari terus

  4. Ophi Ziadah berkata:

    DUuh acaranya padat, berisi, dan bermanfaat banget ini ya arisan ilmunya KEB Yogya…
    narsumnya super2 semuaa
    makin lancar deh monetasi blognya…

  5. Lina W. Sasmita berkata:

    Kalau masalah sama blog saya, beberapa kali apply adsense ditolak terus. Sudah mengulang mencoba lagi. Dan kata teman-teman publisher, kalau sistem google gitu sekali ditolak kemungkinan besar ditolak lagi. Iya nih butuh konsultasi ke ahli agar tahu permasalahannya apa.

  6. Nanik Nara berkata:

    Masih PR banget nih buat saya, mengurangi narsis di blog.
    Jadi emang harus di minimalisir ya?
    *Butuh penegasan lagi

    • Lina Sophy berkata:

      Kalau yg niatnya untuk dibaca banyak orang gitu mbak, hanya ada waktu sekitar 15detik untuk pembaca menentukan ini layak dibaca atau enggak tulisan, kalau banyak narsisnya kan orang jd malas nerusin baca, begitu mbak? Beda kalau kita ini seleb misalnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  7. Yoanna Fayza berkata:

    Materinya menarik tapi berat yaa mba.. untung sebelumnya udah dikasih makan dulu, kalau nggak bisa migren deh aku hahahaah

  8. Artha berkata:

    Saya tuh poin 2, punya google adsense tp gak bisa makainya. Terus sampai detik ini penghasilannya yaaa begitu2 saja. Aaaa mupeng pengen ikut event ini juga, biar lebih paham. Kalau masalah pilar post, sepertinya saya harus banyak bikin lagi deh. Maklum..masih kebanyakan narsisnya. Hiks

    • Lina Sophy berkata:

      Soal adsense konsultasi aja mbak sama ahlinya, bisa mampir ke ProPS lho, untuk Pillar Post emang mesti bikin sebanyak mungkin sih biar traffic kita juga makin tinggi

  9. Evi berkata:

    Membaca tentang mendapat penghasilan dari blog beserta syarat-syaratnya, bikin aku kecil hati Mbak. Traffic blog masih rendah. Makanya kalau ada tawaran kerjasama penawarannya secara rupiah rendah sekali. Musti kerja keras nih membuat performance block lebih yahud lagi ๐Ÿ˜

  10. Eryvia Maronie berkata:

    Bermanfaat banget ya acaranya, jadi nambah ilmu. Terutama juga mbak Lina jadi dapat pahala karena udah membagikan ilmu yang didapat lewat tulisan ini. Makasih mbak.

  11. Dedew berkata:

    Keren banget mbak, jauh-jauh dari Cilacap untuk menimba ilmu, aku udah lama nggak ikutan beginian, huhu. Aku juga belum punya google adsense, piluu..

    • Lina Sophy berkata:

      Kalau event begini selain ilmu yg dicari juga bisa silaturahmi sama teman, atau jadi punya teman baru mbak, jadi kalau ada kesempatan jarak nggak jadi masalah hehehe. Cusss Konsul ke ProPS mbak hehe ๐Ÿ˜Š

  12. Seru banget ya acara ini. KEB keren nih sering mengadakan arisan ilmu dengan topik yang berbeda-beda. Kapan-kapan dari Semarang saya ikutan join aaahh…

  13. indah nuria berkata:

    waaah asyik bangeeet ini..pasti keren dan ilmu yang didapat pun bejibun yaa mba. Aku jadi kanget acara2nya KEB deeh

  14. Wah seru sekali acaranya ya mba.. aku menanti KEBbelajar di Jakarta.. hihi. Informasinya kece banget buat blogger newbie kayak aku hihi

  15. Helena berkata:

    aku yang nomer 2, punya adsense tapi ga bisa pakai. Heuheu… ini lagi otak-atik sih. Thanks tipsnya yaa

  16. Inna Riana berkata:

    aku belum paham google adsense walo udh dipasang. kudu diselami lebih jauh lagi dan cuss ngintip ke webnya props. makasi pencerahannya ya mba :*

  17. Mantep banget ini acaranya Mba LIn. dari Cilacap? sungguh keren buat dapet ilmu ya mba. Aku mau ikutan tapi bentrok sama acara lainnya. Jadi skip deh akunya.

  18. Mba, aku penasaran untuk punya google adsense. Dan baca tulisan ini jadi berharap biza semakin optimal mendapat penghasilan dari blog

  19. Rachmanita berkata:

    Mantep banget acara KEB bermanfaat ini aku sama sekali buta naro iklan di BLOG atau lainnya…

  20. Elisabeth Murni berkata:

    Salah satu peserta yang terniat nih, datang jauh-jauh dari Cilacap hehe. Kalau aku sampai sekarang belum tertarik buat daftar google adsense sih. Cukup dapat iklan langsung dari brand aja ahahaha.

  21. Sandra Nova berkata:

    Aku pernah nyoba daftar google adsense pas awal2 TLD dan tentu saja ditolak hahahah abisi tu males lagi, dan emang ngga ngerti gimana caranya. Workshop kayak gini bagus banget buat yang pengen dapetin info lebih banyak ttg adsense, jadi ada value add lain dari blognya ๐Ÿ™‚

  22. Lidya berkata:

    Dapetin ilmu untuk memaksimalkan blog dari pakarnya langsung ya.
    Sambil mempraktekkan ilmu bisa juga updste ilmu blogging dari event yang diadakan KEB

  23. Leyla berkata:

    Keren banget materinya. Kalo pake jasa translator itu gimana ya? Pasti yang baca blog kita juga ada dari luar negeri. Kasian mesti copas dulu di google translate hehe

    • Lina Sophy berkata:

      Maksudnya untuk target global audience mbak, salah satu yang bisa kita lakukan bikin artikel dengan bahasa Inggris misalnya, kalau kita nggak bisa buat sendiri bisa sewa jasa translator gitu

  24. Wah aku mau ah ikutan kalau ada di Jakarta, ku pengen ah japri mak icoel hahahahaa… Bagus banget ini materinya

  25. isnuansa maharani berkata:

    Dulu waktu page view blog masih tinggi, minimal dua bulan sekali pay out Adsense. Sekarang? Paling setahun sekali, hahahaha…

  26. diane berkata:

    Ilmu yang bermanfaat banget nih.. aecara ngeblognya masih gini2 aja wkwk.. kapan ya bisa bikin acara kayak gini di Jatim heheh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *