Perlukah Obat Pelangsing?

Hai semua

Btw, kali ini saya ingin membahas hal yang mungkin sensitif bagi para perempuan, tapi mungkin ini penting banget untuk saya share.

Jadi gini yaa, lihat fenomena disekitar saya, mungkin disekitar kalian juga sih marak banget yang namanya promosi herba-herbal dan herbal. Dan paling rame soal obat pelangsing. Kalau nggak percaya, cek timeline atau beranda akun sosmed kalian.

Dari yang banyak beredar nih saya ngerti banyak obat pelangsing yang sudah lama produksi tapi TIDAK berIJIN dan TIDAK ber-bpom. Kok saya tahu? Tahu lah, dilihat pakai mata saja sudah kelihatan. Harus jeli dong jadi pembeli, ini tuh bukan seperti beli jamu gendong! Nggak bisa disamakan dong jamu/obat melalui proses peracikan menjadi 1 kapsul dengan proses pembuatan jadi segelas kunyit asem misalnya.

Kalau nggak percaya, buka aja website BPOM, berapa banyak ditemukan jamu-jamuan yang membahayakan. Yang akhirnya harus diberangus, kalau mengklaim produknya 100% aman, alami, dan tidak berbahaya sok aja serumit apapun proses uji klinis demi perijinan dan BPOM harus dibuktikan.

Bahaya Obat Pelangsing

Kalau obat atau jamu pelangsing tidak aman dan menggunakan bahan kimia berbahaya gimana? Pasti dong ini sangat berbahaya! So, please seumpama kalian ini memang mau mengecilkan BB konsultasi benar sama ahlinya. Ke dokter, atau ahli gizi yang penting memang kompeten di bidangnya. Jangan yang asal-asalan konsul, alih-alih mau konsultasi eh malah ketemu mereka, si penjual obat palsu itu.

Please lagi, jangan beli karena iming-iming aman tanpa efek samping dan BB akan turun dengan cepat. Baru minum 11 butir sudah turun 5 kg, nggak masuk akal kan? Ini klaim yang tidak teruji kebenarannya.

Padahal tidak ada suatu apapun, meski obat herbal sekalipun yang tidak ada efek sampingnya. Semua tergantung dari dosis, cara pemakaian, lama pemakaian, dan apakah tepat pemakaiannya. Tidak ada yang namanya obat dewa yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit seperti klaim-klaim bombastis yang seringkali ditemukan di masyarakat mengenai obat-obat semacam ini. — by dr. Rico (alodokter)

Dari hasil baca-baca review bahayanya obat pelangsing, saya sendiri merasa ngeri. Dampaknya buruk banget. Okelah mungkin tidak terasa dalam waktu dekat, tapi efek jangka panjang itu yang mengerikan. Apa saja itu?

  • Mampu meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Yang terpenting banget mengetahui komposisi obat atau jamu pelangsing yang mau dipakai. Kalau di kemasan cuma dibilang original, 100% terbuat dari bahan herbal, lalu kalian mau percaya begitu saja? Jangan dong ah!
  • Menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap vitamin A, D, E dan K. Lah apa ini nggak bahaya? Apalagi kalau si pemakai sedang hamil, lagi promil, atau belum rencana buat hamil tapi kedepannya mau hamil, kalau tubuh si ibu kurang nutrisi bisa bikin bayi sunting.
  • Gangguan pencernaan, insomnia, tekanan darah tidak stabil, kepala pusing dsb. Kasus sepupu saya, minum herbal yang sudah bermerk terkenal saja ujungnya opname dirumah sakit. Iya minum obat diet, nafsu makan berkurang. Katanya minum pil sebagai pengganti nutrisi makanan, tapi logikanya lambung kan harus kerja terus. Iya nggak?

Obat Pelangsing Selalu Laris di Pasaran

Saya heran jaman sekarang banyak yang dengan gampangnya terpengaruh iklan yang berupa klaim-klaim yang tidak teruji itu. Jaman digital kok percaya sama foto yang dipakai buat testimoni before and after sih, padahal ya dengan gampangnya orang ngedit foto sesuka hati.

Kembali lagi ke obat pelangsing, bukan saya melarang atau nyinyir sama pengguna obat pelangsing, bukaaaan. Cuma kalau kita nggak cermat, ini tuh peluang banget bagi mereka yang mau ngambil keuntungan. Kalau obat atau jamu ini berbahaya, kan sama saja mempertaruhkan nyawa sedangkan orang yang bikin foya-foya.

Kalau demand obat pelangsing ini tinggi dan tidak diimbangi dengan kecermatan konsumennya, ya bakal terus ada praktik obat tidak berijin begini.

Cantik Itu Sehat Lahir Batin, Bukan Cuma Soal Langsing

Definisi cantik itu apaan sih? Menurut teman-teman semua apa dong?

Kalau menurut saya, cantik itu bukan cuma perkara fisik saja sih. Lebih ke inner-nya. Orangnya ramah, baik, peduli, positif, percaya diri dan bisa menempatkan atau membawa diri di manapun ia berada. Meskipun tidak ia langsing.

Tapi kenyataannya, konsep cantik itu yang langsing ini banyak mencengkeram pemikiran orang. Makanya banyak yang berbondong-bondong menuju langsing dengan beragam cara.

Nggak ada yang salah sih, tapi caranya harus benar. Please tambahkan definisi cantik kalian dengan harus sehat! Lahir Batin!

Tips Sehat Lahir Batin

Sebenernya ini sekaligus menyentil diri sendiri agar pola hidup saya lebih teratur dan sehat. Heuheu!

  • Bersyukur dengan apa yang kita miliki.
  • Positif, menerima diri kita apa adanya.
  • Semangat berjihad melawan sifat buruk dihari kita. Ayo berjuang bersama! Heuheu.
  • Pola hidup sehat, jaga makanan, olahraga dan perhatikan waktu istirahat. Nah ini, nasehat untuk diri sendiri.
  • Cinta Belajar, entah membaca atau dari apapun yang penting dapat ilmu dan pengalaman baru.
  • Melakukan sesuatu dengan cinta. Awawaw! Ini bener ya. Dan masih banyak lagiiii.

Sekedar saran sih buat yang mau langsing. Harus dilakukan dengan cara yang benar. Saya sendiri tidak punya pengalaman, karena jujur badan saya dari lahir emang kurusan. Menurut saya yang terbaik adalah dengan datang ke ahlinya, entah medis atau Herbalis agar program langsing sesuai dengan badan kalian, program diet dan obat apa yang cocok digunakan.

Sekian. Maturnuwun. 🙏

Mungkin Anda juga menyukai

26 Respon

  1. Nina berkata:

    Karena backgroundku kimia, aku jadi agak sedikit ngeri kalau banyak bahan kimia tidak alami yang masuk ke dalam badanku, termasuk obat-obatan jenis apapun. That’s why meski baru melahirkan dan badan gendut jauh dari kata langsing, aku bertahan gamau makan produk pelangsing. Diet alami aja, atau puasa. Aku yakin cara ini lebih aman daripada obat2an yang kita ga tau bisa berefek apa ke badan nantinya.

  2. Rahmi Aziza berkata:

    Obat langsingku dengan menyusui hahaha. Jaman sebelum hamil 56. Setelah melahirkan jadi 49 loh. Mudah2an setelah selesai menyusui ga balik ke 56 lagi xixixi.

  3. Keke Naima berkata:

    Saya belum berani minum obat pelangsing sampai sekarang. Mendingan lebih mengatur pola makan aja

  4. nurulrahma berkata:

    Walo sempat ber-BB 72 kilo, aku sama sekali tdk tergiur pake obat pelangsing.
    Jadi aku atur pola makan aja, dan zumba!
    Alhamdulillah, sekarang BB jadi 60 😀

  5. Astin Astanti berkata:

    Sepertinya saya ada obat pelangsing yang sangat mujarab sekali Mbak, heheee. Soalnya aku tuh baru merasakan kenapa dulu tuh, badanku langsing banget saat masih kerja di kantor dengan banyak masalah yang kutangani. Betul sekali, harus bijak mengkonsumsi obat pelangsing. Selain kalau memang butuh, harus dilihat efek sampingnya , kotraindikasinya dan lain sebagainya

  6. Farida Pane berkata:

    Iyalah, kalau mau langsing mending pakai cara yang aman dan sehat aja. Karena kalau langsing tapi sakit kan ga asyik juga ya.

  7. Liswanti berkata:

    Badanku gemuk, pengen turun, tapi ga berani pake obat pelangsing. Soalya jangka panjangnya jelek ngeri. Makanya sekarang selow aja, turunin berat badan perlahan aja. Daripada instan sama obat ya mba.

  8. Efi Fitriyyah berkata:

    Waktu kuliah aku ernah ndut, dengan konsentrasi lemaknya di perut. Pernah diledekin kayak orang hamil. Kesel lah jadinya. Makanya sampe belain beli jamu urus-urus. Ga kuat sama pahitnya. Abis minum jamunya malah jadi ngemil buat netralin pahitnya. Ngaco banget kan hahaha terus pernah beli juga pil pelangsing. Ga ngaruh, tetep aja gitu. Baru deh kurusan abis skripsi. Pas kerja gendutan lagi terus sekarang turun lagi walau ga langsing amat. Tapi udah ogah minum pelangsing. Ga berani bayangin efek sampingnya

  9. Efi Fitriyyah berkata:

    Waktu kuliah aku pernah ndut, dengan konsentrasi lemaknya di perut. Pernah diledekin kayak orang hamil. Kesel lah jadinya. Makanya sampe belain beli jamu urus-urus. Ga kuat sama pahitnya. Abis minum jamunya malah jadi ngemil buat netralin pahitnya. Ngaco banget kan hahaha terus pernah beli juga pil pelangsing. Ga ngaruh, tetep aja gitu. Baru deh kurusan abis skripsi. Pas kerja gendutan lagi terus sekarang turun lagi walau ga langsing amat. Tapi udah ogah minum pelangsing. Ga berani bayangin efek sampingnya

  10. Utie adnu berkata:

    Bner bngt tipdnya kak dulu malah aku kpingin gemuk smpet tuh minum ramuam dari cina smpi hbis yg gemuk malah piping,, kapok bngt deh,, gemuk atau Langsing bisa diatur dg pola Makin dan aktivitas rutin y ,,

  11. Damar Aisyah berkata:

    Aku sempat minum seduhan daun Jati apa itu ya. Daun Jati Cina bukan ya? Tapi kalau habis ke belakang malah pertu keroncongan. Trus larinya ya makan. JAdi sama aja gak turun-turun. Emang paling aman dari pola makan sih. Asal diatur dalam jumlah tepat ya bisa kok turun sendiri. Sama olahraga

  12. Aku pernah berhasil turunin berat badan 4 kilo dalam jangka waktu 5 bulanan. Tapi sedihnya ya balik lagi:(

  13. Bibi Titi Teliti berkata:

    Aku belum pernah minum sih, biasanya kalo lagi berasa gendut dan berat aku senam aerobik aja bareng buibuk komplek, atau lari pagi di jogging track komplek.

    Pengennya sih rutin olahraga gak cuman pas lagi berasa gendut aja, tapi malesnya itu lhoooo hahaha

  14. Ruli retno berkata:

    Positif dan bersyukur, memang penting banget membuat otak lebih sehat. Kalo otak sehat, tubuh juga merespon lebih baik. Aku sedang berusaha juga nih berjihad untuk jadi lebih baik. Kita saling mendoakan ya

  15. Setuju mb…segala yang instan pasti ga bagus ..kalau menurutku sih biar aman mending pakai cara mengatur pola makan sih…meskipun hslnya ga cling lgsg kelihatan, tapi pasti aman dan sehat…

  16. Dedew berkata:

    Benar, kita cantik apa adanya tinggal diasah agar makin cling luar dalam, dengan perawatan diri dan selalu belajar hal baru ya, makasih artikelnya say

  17. Rach Alida berkata:

    Aku pernah minum mba. Tapi memang satu sisi ya lebih baik giatkan olahraga saja ya mba dan jaga buat sehat lahir dan batin 🙂

  18. TIAN LUSTIANA berkata:

    saya pernah konsumsi obat pelangsing, seminggu pertama turun 4kg dong dan diminggu kedua ambruk ampe opname hiks, sampae sekarang ga berani lagi pakai obat pelangsing

  19. Larasati Neisia berkata:

    Alhamdulillah aku sampai hari ini belum pernah coba obat pelangsing apapun, walaupun emang sempet kegoda tapi nggak berani juga belinya haha..palingan aku pernah minum obat pencahar aja karena pencernaanku nggak lancar dan bikin buncit. Tapi itu juga udah rempong banget, capek hahaha

  20. Aku minum obat pelangsing tapi dalam bentuk juice yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

  21. Alhamdulillah saya ga pernah kepikiran buat konsumsi obat pelangsing. Soalnya udah langsing dari sananya, hehe.

  22. Ugik Madyo berkata:

    Pil pelangsing bisa menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap vitamin A, D, E dan K. duh, ngeri banget. Pernah ada teman yang divonis dokter kalau kandungannya kering. Setelah dicek menyeluruh. Ternyata akibat pil pelangsing yang diminumnya sejak SMA. Sejak saat itu aku nggak berani minum obat pelangsing. Serem banget efeknya.

    Kalau harus menurunkan berat badan, aku lebih memilih menjaga pola makan saja.

  23. Eska berkata:

    Iklan obat pelangsing tuh marak banget di IG. Ternyata laris juga ya. I mean ternyata ada aja pembelinya. Padahal kalau mau langsing yang sehat ga bisa instan ya harus berproses mulai atur diet dan olahraga

  24. April Hamsa berkata:

    Aduh lebih baik diet kurangi karbo aja sama olahraga deh lbh alami.
    Penyebab endut tu no 1 karbo, kurangin dikit aja pasti deh BB bisa turun 😀
    Kalau pil2 aku tak berani huhuhu

  25. Dulu waktu SMP aku minum teh item gitu kata Bundaku biar agak kurusan secara nyari seragam susah banget soalnya BBku 60 pas itu, eh setelah konsumsi emang turun sampe 44kg tapi imbang sama olahraganya sih, aku ngeri juga kalo di inget2 tapi apa teh yang seperti itu masuk kategori obat ya… dan lucunya BBku sekarang malah 61 hahaha

  26. Rina Susanti berkata:

    Wah klo mau langsing menurut sy mah diet manual aja ngeri klo pake obat pelangsing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *