Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui

Assalamu’alaikum,

Ramadhan sudah di depan pintu nih, bahagia kan ya jumpa lagi di bulan paling istimewa bagi umat muslim. Bulan penuh berkah dan ampunan, hadiah dari Allah untuk kita. Pasti dong, semangat menyambutnya.

Kewajiban berpuasa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Puasa ini wajib bagi umat muslim yang beriman. Baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Jadi kalau kalian muslim, baligh, berakal wajib ya puasa ramadhan.

Nah, dalam puasa ramadhan ini ada beberapa kategori orang boleh tidak berpuasa, namun ini bersyarat. Salah satunya ibu menyusui.

Ramadhan bagi ibu menyusui

Ibu menyusui itu diperbolehkan tidak berpuasa sepanjang berpuasa itu bisa membahayakan kesehatan dirinya dan anaknya atau salah satunya. Ada beberapa pembahasan menurut madzhab syafi’i mengenai ibu menyusui dalam puasa ramadhan.

Jadi, jika seorang ibu menyusui melakukan puasa dan dikhawatirkan akan membahayakan dirinya beserta anaknya, atau dirinya, atau anak saja maka ia wajib membatalkan puasanya. Dan baginya berkewajiban meng-qadla` puasanya. Namun jika dikhawatirkan membahayakan anaknya saja, maka ia tidak hanya berkewajiban meng-qadla` tetapi ada kewajiban lain yaitu membayar fidyah.

Akan tetapi, seandainya kuat berpuasa meski sedang menyusui pasti lebih baik. Saya pribadi merasa sayang banget kalau harus meninggalkan puasa. Makanya ketika saya menjadi busui, saat anak saya berusia 5,5 bulan saya mengupayakan banget bisa berpuasa ramadhan. Dan alhamdulillah, waktu itu saya full puasa sebulan karena periode haid juga belum datang.

Memang, ada sedikit kendala di hari pertama dan kedua. Anak saya sedikit rewel karena air susu yang biasa melimpah jadi sedikit berkurang. Tapi alhamdulillah mulai hari ke tiga lancar sampai akhir ramadhan.

Tips agar ibu menyusi dapat berpuasa ramadhan

Ada beberapa persiapan yang memang saya lakukan khusus menyambut ramadhan agar bisa tetap berpuasa waktu itu. Nggak ribet dan mudah kok. Apa saja itu? Simak ya?!

  • Niat yang kuat. Kita yakin kan bahwa sesuatu kalau sudah diniatkan kuat, insya Allah ada jalan. Sama seperti niat berpuasa, bismillah, kita laksanakan mohon pertolongan Allah, insya Allah kuat.
  • Perbanyak minum air putih. Penting banget menjaga kondisi badan saat berpuasa, apalagi kita yang sedang menjalani peran sebagai ibu menyusui. Jangan sampai dehidrasi dong.
  • Perbanyak makan buah dan sayur. Bukan hanya ketika berpuasa, ibu menyusui memang harus memperhatikan kandungan gizi yang masuk ke badan. Apalagi sambil puasa ramadhan, wajib hukumnya makan makanan dengan gizi seimbang.
  • Stok ASIP. Jadi, kalau kita memang punya niat mau berpuasa ramadhan, persiapkan (asip) asi perah. Dari sebelum ramadhan setidaknya kita punya stok asi, ini akan menolong banget ketika asi kita saat siang hari berkurang.
  • Perbanyak konsumsi sayur daun katuk dan kelor. Pengalaman saya waktu itu, asi tetap melimpah saat berpuasa karena setiap hari saya konsumsi olahan daun katuk/kelor. Bosan? pasti dong, tapi demi bisa lancar menjalankan ibadah, apapun saya lakukan. Bahkan seringkali, kalau bosan dengan sayur, sengaja saya rebus dan airnya saya minum langsung atau buat campuran bikin susu. Rasanya? Ya kayak minum jamu tapi tidak pahit. Hasilnya? pasti istimewa!

Itu beberapa tips yang bisa saya bagi ketika menjalankan peran jadi ibu menyusui, dan tetap dapat melaksanakan puasa ramadhan. Semoga bermanfaat. Mungkin teman-teman ada yang punya tips lain, boleh ditambahkan.

Selamat menyambut ramadhan, mohon maaf lagir batin. Semoga kita jadi bagian orang yang beruntung dapat berkah ramadhan, aamiin.

Mungkin Anda juga menyukai

46 Respon

  1. Antung apriana berkata:

    Aku juga waktu anakku masuk 6 bulan tetap memutuskan buat berpuasa. Memang sih pengaruh banget ke produksi asi siang hari. Tapi alhamdulillah ada stok asip jadi ngebantu banget

  2. Titis Ayuningsih berkata:

    Wah, tantangan tersendiri ya mbak, berpuasa sambil menyusui. Harus banyak menyuplai asupan makanan ya.

  3. Astin Astanti berkata:

    Semangat para ibu ibu hamil dan menyusui untuk beribadah di bulan Ramadan ini. Betul sekali, sayapun selalu mengusahakan untuk ada sayuran dan buah-buahan saat sahur. kalau berbuka sebetulnya iya \, tapi kadang kok ya takjil sudah mengenyangkan gitu yaa

    • Lina Sophy berkata:

      Ehehe saya kalau buka aja sedikit dulu mbak, lalu lanjut maghriban dulu, pelan-pelan tapi sampai jelang tidur habis banyak makan ini itu. Kecuali pas kecil, sampai kekemyangan sering ahahaha

  4. nurulrahma berkata:

    Wuihh, ini tips yg super duper berfaedah. Thanks much ya mba.
    Semoga ALLAH menerima semua amal ibadah Ramadhan kita, aamiiin

  5. Tanti Amelia berkata:

    Iya nih, dulu saya juga Asi eksklusif minum daun katuk sebanyak banyaknya

  6. Lidha berkata:

    teman saya pun sukses menyusui di bulan ramadhan dengan tips serupa di atas

  7. Diar Ronayu berkata:

    Saya juga pernah menyusui waktu Ramadhan. insyaAllah nggak apa – apa selama kebutuhan gizi tercukupi saat sahur dan buka.

  8. Saya dulu dua kali menyusui pas anak sudah dapat MPASI dan saat itu belum ngetren ASIP, jadi selama jam puasa dia dikasih MPASI dan selingan cemilan selain ASI. Alhamdulillah saya tetap bisa puasa

  9. Lusi berkata:

    Kalau tidak ada penurunan gizi & stok asip cukup semoga bisa lancar. Ibunya yg harus disiplin kalau buka puasa & sahur memperhatikan makanan bergizi & higienis, ngurangi jajan.

  10. Lisdha berkata:

    semangat untuk ibu2 yang harus meng-asi-hi anak2 saat puasa!!

  11. Faridilla Ainun berkata:

    aku jadi keingetan puasa 2 tahun lalu, waktu masih nyusui…Susu kurma jadi andelanku setiap sahur..Alhamdulillah lancar-lancar aja ASInya

  12. Nia K. Haryanto berkata:

    Tiap menyusui, aku gak kuat puasa. ASI jadi gak ada soalnya. Anak-anakku juga pada gak suka ASIP. Jadinya bocor deh sebulan penuh. 🙁

  13. Tahun kemarin aku masih menyusui dan nyoba beberapa kali puasa.. tapi selebihnya gak puasa lagi.. gak kuat, 😅 jadi memilih bayar fidyah..
    Sekarang alhamdulillah sudah bisa puasa full, Nada sudah disapih 😍

  14. Aswinda Utari berkata:

    Daun kelor ini bener deh. Manjur banget mba. Aku konsumsi daun kelor buat berbuka. Trus pas sahur aku minum larutan kurma plus susu yg kekinian itu. Hasilnya tahan puasa seharian meski menyusui

  15. Artha berkata:

    Saya setelah buka makan daun kelor banyak banget. Sama minum air putih. Alhamdulillah lancar puasa. Apalagi karena ASI eksklusif, saya belum mens, full deh 30 hari

  16. Ugik Madyo berkata:

    Aku baru tahu kalau daun kelor bisa memperbanyak ASI. Aku tahunya cuma daun katuk. Terima kasih tipsnya ya mbak.

  17. Uniek Kaswarganti berkata:

    Alhamdulillah ya dulu pas menyusui dirimu bisa tetap berpuasa full mba. Memang, niat yang kuat plus asupan gizi dan cairan yang mencukupi akan sangat membantu lancarnya memberikan ASI kepada buah hati.

  18. Lidya berkata:

    Yang paling utama niat dulu ya mbak lalu dijalani Insya Allah puasanya kuat buat ibu menyusui dan anaknya gak kekurangan nutrisi juga asalkan si ibuk sudah memenuhi nutrisi makanannya juga

  19. Dedew berkata:

    Dulu rasanya asi sedikit banget kalau lagi puasa, memang harus dirangsang macam-macam ya mulai dari tetap HEPI, perah Asip dan makan bergizi

  20. Aku dua kali menyusui ga kuat puasa. Hehe. Tapi pas anak kedua sedia asip jadi kayaknya sempat dapat berapa hari puasa gitu

  21. Naqiyyah Syam berkata:

    Alhamdulillah ya kalau ibu menyusui tetap fit untuk menjalani puasa dengan tips di atas sangat bermanfaat. Aku pernah menyusui tetap puasa, tapi juga ada enggak kuatnya.

  22. April Hamsa berkata:

    Saya dulu sempat separuh2 kyknya pas menyusui, krn anemia jdnya gak bisa full puasa. Emang perjuangan buat busui ya… Tapi kalau pola makannya bagus dan sehat insyaAllah puasa gak akan jd penghalang menyusui bayi 😀

  23. Andiyani berkata:

    Kamu hebat sekali mak… Puasa dan tetap menyusui. Emang yang paling penting perbanyak asupan nutrisi dan minum air putih.

  24. Utie adnu berkata:

    Waktu anakku Pertama Masa Midas tuh mba gk puasa nah pas anak kedua baru ngalamin puasa sambil nyusuin Pinter2 atur nutrisi pas sahur dn buka

  25. lendyagasshi berkata:

    Anakku dulu paling gak bisa minum ASIP.
    Harus bin wajib mimi dari sumbernya langsung.
    Dan memang kalau uda lewat jam 12 siang itu godaannya mashaAllah….
    Yang anaknya rewel gak mau bobok laah…yang mendadak anak diare lah…
    Huuhuu~

    Semoga Allah menguatkan para Ibu hamils dan menyusui untuk tetap berpuasa, namun kalau tidak pun, in syaa Allah ada keringanan yang bisa diambil.

  26. Lisna berkata:

    Hebat mak puasa dalam kondisi menyusui. Niat yang kuat dan asupan makanan minuman bergizi, insyaaAllah bisa ya mak.

  1. Mei 6, 2019

    […] Baca juga Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusi […]

  2. Mei 26, 2019

    […] Baca juga Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui […]

  3. Juni 28, 2019

    […] Baca juga Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *