Sudahkah Kalian Punya Sedotan Alternatif

sudahkah kalian punya sedotan alternatif

Selamat malam, pembaca!

Kalian tahu nggak berdasarkan data yang aku baca di National Geographic, kalau setiap hari negara kita menyumbang sampah sedotan plastik lebih dari 93 juta batang. Kalau direntangkan itu sedotan panjangnya bisa mencapai jarak antara Jakarta sampai Mexico. Dan selama seminggu, panjangnya bisa nyabukin bumi. Gilaaak! Ngeri sekali, bayangkan ini cuma produk sampah sedotan dari Indonesia! Kalau total semua sampah plastik seperti apa?

Bukan hal baru sih ngomongin sampah ini, tapi yang jelas masih selalu relevan karena pada kenyataannya masih sangat banyak orang yang nggak perduli dengan sampah plastik ini. Sampah yang perlu 500 tahun baru bisa terurai. Hiks.

Nah, kalian nih sebagai generasi muda milenial atau sebagai emak/bapak, om/Tante sampai eyang milenial mesti tau adanya campaign #nostrawmovement. Gerakan untuk mengurangi sampah sedotan ini.

Ada banyak cara sih yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah sedotan. Paling gampang ya dengan minum tanpa sedotan. Iyes kan? Tapi kan nggak selamanya kita bisa menghindari yang namanya sedotan. Khusus perempuan yang bergincu apalagi? Eman-eman kalau itu lipstik nempel di gelas. Iya nggak?

Ada beberapa jenis sedotan yang bisa jadi alternatif. Sedotan yang bisa kita bawa kemana-mana. Kalian yang hobi ngopi atau jajan minuman di caffe wajib dong punya salah satunya.

Sedotan Bambu

Ini yang paling ramah lingkungan ya? Kesannya juga unik banget. Di situs jual beli online banyak, dan harganya juga murah meriah. Katanya, bisa awet sekitar 6 bulanan. Cuma kalau minuman berwarna suka ninggalin bekas.

Sedotan Kaca

Jujur yang ini saya belum punya. Emm nggak kebayang sih, anak saya yang rusuh make itu sedotan terus digigit. Di situs jual beli banyak jualnya.

Sedotan kertas

Susah carinya dan sekali pakai ini ya? Kalau kertasnya dibikin dari pohon juga kalau boros tetap ngasih pengaruh sama lingkungan. Jadi kalau saya nggak kepengen koleksi.

Sedotan silikon

Belum punya juga padahal di situs jual beli online banyak juga. Warnanya juga lucu-lucu sih. Kapan-kapan kalau lagi sekrolin toko-toko online bisa beli.

Sedotan stainless

Nah yang ini nih saya sudah punya. Udah ada 3 bulanan sih. Yang pasti awet banget namanya stainless, kan? Belinya online di situs jual beli, sepaket kisaran harga 30 ribu. Murah dong ah. Apalagi kan manfaatnya, kita jadi ngurangin banget yang namanya sedotan plastik.

Pastinya seneng dong punya beginian. Meski jarang nongkrong tetap saja jadi merasa jadi emak gaul, heuheu. Ahahaha, kasihan banget yah!

Dan anak saya seneng banget tuh, di rumah aja minum air putih mintanya gelas tinggi dan pakai sedotan ini. Kalau lagi makan mie ayam di pengkolan, lalu minum es teh, ributnya bukan main. “Ndaaa, mana sedotan aku?!” Emang kalau punya anak balita, punya sesuatu itu berasa minjem yak?

Iya kan? Anak balita saya aja sudah bisa mengurangi sampah sedotan. Berapa tukang es dan mie ayam itu yang bisa ngirit sedotan buat kita, heuheu.

Btw, kalian dukung gerakan NoStrawMovement ini kan? Truss punya sedotan alternatif belum?

46 Respon

  1. manggaul.com berkata:

    bersihinnya gimana tu mba sampe 3 bulan dipake

  2. Blog Geografi berkata:

    Baru tahu nih ada sedotan alternatif, bisa dijadikan referensi nih kalau mau pake sedotan yang bersih dan sehat ๐Ÿ˜Š

  3. Tanti Amelia berkata:

    Dengan punys sedotan sendiri, minimal kita mengurangi sampah plastik, ya Lina

    Plus aware ama barang sendiri!

  4. Elisabeth Murni berkata:

    Aku jarang banget minum pake sedotan sih, jadi sampai sekarang juga belum punya sedotan macam ini. Lebih senang minum disendokin. Tapi buat jaga-jaga emang kayaknya kudu punya satu apa dua deh,

  5. Eri Udiyawati berkata:

    Kalau sedotannya begini, jadi bisa mengurangi penggunaan plastik ya. Iya, aku tentu dukung NoStrawMovement dong, tapi aku belum punya sedotan jenis itu. Hihihi… (Payah banget deh saya).

  6. Faridilla Ainun berkata:

    Sedotan alternatif emang gak cuma gaya-gayaan masa kini, tapi emang penting untuk menjaga lingkungan

  7. irni berkata:

    belum punya, sayang kalau mau beli online kok mahalan ongkirnya ke Pontianak ya mbak, huhuhu. Tapi aku biasanya tim kokop aja, hahahaha

  8. irni berkata:

    belum punya mbak, huhuhu. Tapi kalau aku langsung kokop aja seh minumnya, biar gak pake sedotan, hahahahaha

  9. Sandra Nova berkata:

    Udah punya yg bambu & stainless dong ๐Ÿ˜€
    Tapi jarang dipake dan suka lupa kebawa hihihihi, sekarang pengen beli yg silikon biar lebih praktis dibawanya & ngga rempong nyucinya kayak sedotan bambu ๐Ÿ˜€

  10. Sulis berkata:

    Belum punya mba.. aku di rumah hampir ga pernah minum pke sedotan.. btw, ngomongin sedotan alternatif ini..aku jadi ingat, dulu pas kecil, aku sering ikut memanen padi…trus srng dibikinin sedotan dari batang padi. Jadi batang padi itu dikupas..dalemnya ada semacam sedotan gitu…bisa buat minum teh di sawah…trus bisa bikin peluit juga. Asyik loh! Aku jadi nostalgia jaman anak2…๐Ÿ˜‚

  11. Artha Amalia berkata:

    Huhu sampai detik ini belum punya. Soalnya jarang juga minum pakai sedotan. Gak lega. Sukanya nyeruput langsung. Hehe

  12. irni berkata:

    Aku belum punya mbak, pengen banget punya tapi belum belum beli. Cuma kalau beli online kan banyak pake plastik gitu juga ya, jadi bingung

  13. RAch Alida berkata:

    MUrah ya mba sedotan stainless steel hanya Rp 30 ribu. Sedihnya aku belum punya tapi pengen juga punya buat mengurangi sampah plastik mba

  14. Aku belum punya nih sedotan alternatif. Mau beli yg stainles aja buat dibawa kemana-mana. Kita harus juga punya andil pada perbaikan lingkungan melalui gerakan kecil namun nyata ini.

  15. Khoirur Rohmah berkata:

    Ahh iya aku kepikiran beli ini tinggal checkout aja mbak
    Kemarin beli pembersihnya sedotan stainless hehee
    Enak kalau kemana2 udah sedia straw di tas, jadi lebih mengurangi sedotan plastik, dan harganya lumayan mudah dijangkau juga hheee
    TFs yah mbak

  16. Belom punya Mak,.selama ini masih pilih kalau ga dikasih ya udah kwkwk
    Ternyata banyak pilihannya yaaa
    Jadi mau kepoin di olshop ,…ada kan ya?

  17. Ria Fasha berkata:

    Aku belum punya mbak karena jaarang juga sih minum pake sedotan. Ide bagus nih udh banyak sedotan ramah lingkungan, nah tapi penasaran ngebersihinnnya gmana ya mb

  18. Damar Aisyah berkata:

    Aku terus terang aja belom punya, hihi. Sudah rencana beli, tapi lupa terus.Padahal kalau pas makan di luar selalu inget. Ujung-ujungnya menolak pakai sedotan. Ya baru sebatas itu sih kontribusiku. Aku usahaian gak lupa lagi deh. Beli…beli…beli

  19. Ida Raihan berkata:

    Ikut mengurangi sampah ah. Beli yabg steinless aja, biar awet. Makasih infonya Mak Say.

  20. Yurmawita berkata:

    Wah, supeer aku belum pake ini deh, tapi nanti kayaknya pengen juga deh

  21. Jiah berkata:

    Di rumah aku gak sedia sedotan. Waktu nonton drama eh ketemu sedotan stainless. Lha lucu ternyata dan bikin kita jauh dari sampah plastik

  22. Nia K. Haryanto berkata:

    Udah punya. Stainless gitu. Alhamdulillah dibawa ke mana-mana. Semoga ya, semua orang bisa begitu. Biar sampah sedotan bisa hilang. Lumayan mengurangi beban bumi.

  23. Lina W. Sasmita berkata:

    Aku dukung gerakan ini Mak. Tapi di lingkunganku belum ada yang jual sedotan stainless seperti itu. Setidaknya aku udah mengurangi penggunaan sedotan plastik.

  24. lantana hermosa berkata:

    Ada sedotan yang ga plastic dan ga bikin sampah yaa…? Sedotan bamboo ni sepertinya unik

  25. Dari jaman kapan mba aku mau beli.. kelupaan aja.. kayaknya memang harus disegajain biar gak lupa deh

  26. Aku sudah punya ini yang stainless. Awalnya berasa aneh pake ini karena kan biasanya pake yg plastik gitu tapi sekarang sudah terbiasa.

  27. Aku pun sekarang sudah pakai sedotan ini loh, jadi kemana-mana pilih bawa sedotan sendiri. Selain membantu mengurangi sampai plastik juga mendidik kita disiplin.

  28. Ugik Madyo berkata:

    Aku tahunya cuma sedotan stainless. Baru tahu kalau ada sedotan bambu dan silikon segala. Udah lama pengen beli yang stainless tapi kok ya nggak beli juga. *tepok jidat.

    Semoga makin banyak yang sadar nggak nyampah sedotan dan plastik lagi.

  29. Lidya berkata:

    Aku udah punya beberapa sedotan stainless 3 jenis sama alat pembersihnya. Lumayan juga ya jadi ikut menjaga lingkungan

  30. Siti hairul berkata:

    Aku pengen beli sedotan yang metal. Mau banget nih hidup lebih go green.

  31. nusa berkata:

    nah ini perlu banget untuk traveling. biar sampah plastik berkurang

  32. Indri Noor berkata:

    Udah mulai juga meminimalisir sedotan, tapi belum punya sedotan alternatif karena biasanya langsung minum aja dadi gelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *