Tips Agar si Kecil Nyaman di Perjalanan

Assalamu’alaikum, salam semua…

Bepergian bagi sebagian orang yang punya anak kecil itu sesuatu yang berat. Banyak yang akhirnya memilih membatalkan atau menunda perjalanan. Apalagi kalau bepergian pakai kendaraan umum yang memerlukan waktu berjam-jam, misal dengan kereta api atau bus. Bakal repot banget lah, apalagi kalau anak cranky, tersiksa lahir batin yang jadi emaknya itu.

Kalau pengalaman saya sendiri ngajak anak jalan jauh pakai kendaraan umum, ketika anak usia 9 bulan. Waktu itu kami naik kereta api jalan ke Jombang. Modal bismillah aja waktu itu, untungnya masih ngASI jadi peralatan tempur segala susu, air panas dan perintilan lainnya tidak merepotkan.

Lalu perjalanan ke-2 yang lebih jauh waktu itu keretaan juga ke Malang. Kalau ke Malang tidak begitu melelahkan karena perjalanan PP pas malam, jadi selamat lah emaknya, anaknya anteng tidur.

Dan sekarang usia anak saya masuk ke 4 tahun, dan entah sudah berapa kali kami melakukan perjalanan dengan jarak tempuh lumayan jauh baik pakai kereta atau bus. Dan sejauh ini, alhamdulillah sulthon bisa diajak kerjasama, tidak pernah merengek, nangis, atau rewel.

Enjoy aja di kereta

Mungkin ini faktor kebiasaan juga sih, maksudnya kami terbiasa jalan, paling enggak sebulan sekali atau dua kali. Entah dari Cilacap ke Jogja, atau jalan dekat cuma Cilacap ke Purbalingga. Jadi, perjalanan di kendaraan umum bagi kami asyik-asyik aja.

Kalau buat orang dewasa mungkin mudah bikin perjalanan nyaman. Bawa main handphone atau tidur, lalu sampai. Tapi kalau bawa anak kecil gimana? Masa iya si kecil dikasih gadget atau kita paksa tidur selama di jalan? Itu sih nggak mungkin!

Ada beberapa persiapan sih yang pasti aku siapkan sebelum jalan. Nggak banyak dan bikin repot kok, saya biasanya taruh keperluan khusus di tas kecilnya. Barangkali mungkin teman-teman juga ada yang sama dengan apa yang saya siapkan.

uht, crayon, mobil-mobilan, momon

Bawa Bekal Makanan Yang Cukup

Ini penting banget menurut saya, kalau urusan logistik beres yang lain insya Allah aman. Ketika anak kelaparan, bakal gampang banget jadi pemicu rewel. Jadi pastikan anak pergi dalam keadaan kenyang. Jadi hanya minuman dan camilan favorit yang perlu dipersiapkan, nggak perlu banyak sih, paling cuma uht dan Chiki, seperlunya saja. Lagi pula kita masih bisa beli di restorasi atau rest area ketika kendaraan berhenti.

Bawa Mainan Favorit

Mainan yang dibawa bukan yang besar atau jumlahnya segambreng ya buibuk. Kalau saya serahkan sama anak untuk memilih, saya cuma kasih tahu tolong pilih yang kecil, satu atau dua. Kadang kala suka protes maunya nambah lagi, tapi saya kasih pengertian nanti tas kecilnya berat dan tidak muat.

Siapkan Kegiatan Activity Sederhana

Ini lebih kearah melihat hobi anak kita ya. Karena anak saya senang menggambar dan mewarnai, saya selalu siapkan beberapa lembar kertas dan crayon. Jadi, ketika anak sudah bosan bermain dengan mainan yang dibawa, saya kasih kertas dan crayon. Lalu dia bakal anteng, meski beberapa saat lah ya namanya anak-anak. Tapi yang jelas ini mengurangi rasa bosen di jalan.

Kalau buat anak saya, sejauh yang saya lihat suka dengan aktivitas ini. Karena sulthon juga termasuk tipe yang gampang akrab sama orang, kadang dia ngasih hadiah gambarnya untuk teman yang baru dikenalnya. Saya sih happy, perkembangan aspek sosial berkembang.

Gambar Sulthon untuk Tante cantik yang baru dikenalnya ๐Ÿ˜Š

Biasanya persiapan inilah yang saya bawa dari rumah. Kesannya repot sekali ya? Padahal kan kalau di jalan maunya yang ringkas nggak seperti mau pindahan segala barang dibawa. Ini sama sekali nggak repot, lebih repot kalau anak dan emak mati gaya dalam perjalanan.

Tapi selain mainan diatas tetap saja harus kita selingi dengan kegiatan lain. Apa itu? Bercerita. Kita bisa sambil bercerita tentang apa yang kita lihat di kanan kiri jalan. Bisa juga menceritakan tempat yang jadi tujuan, mau ngapain disana, mau ketemu siapa dan sebagainya.

Tapi, yang paling penting ketika jalan bareng anak adalah adanya waktu untuknya. Bawa mainan kalau anak minta kita ikut bermain, sempatkan main bareng. Ketika anak bosan, ajak cerita ini itu. Jadi nantinya perjalanan bakal menyenangkan buat semua.

Sekian, salam ๐Ÿ˜Š

Mungkin Anda juga menyukai

30 Respon

  1. Prima Hapsari berkata:

    Betul mbak, bawa anak perjalanan jauh memang nggak gampang, tapi kalau udah terbiasa ngga bakal rewel. Yg penting siapin barang bawaan segambreng aja. Hehehe

  2. Juliastri Sn berkata:

    Anakku kalo lagi laper pasti rewel, jadi pastikan anak kenyang dan ada mainan untuk kegiatan ๐Ÿ™‚

  3. Sulis berkata:

    Bawa mainan mba klo anakku. Atau dikasih aktivitas itu ..klo nggambar pada ga suka, jadi pada jadi pengamat gitu di jalan…mbaca bilboard, mbaca tulisan di bis..ngapalin plat๐Ÿ˜€

  4. Helena berkata:

    overall sama, mbak. Harus bawa mainan, camilan, buku, alat mewarnai, worksheet. Hehehe banyak yaa tapi demi perjalanan yang nyaman supaya kitanya juga ga bete

  5. Rahmah berkata:

    Terkadang saya ajak anak cerita pakai bahasa asing. Jawa dan bahasa Inggris. Kadang juga malah anak saya minta kenalan sama penumpang lain

  6. Tuty Queen berkata:

    Betul tuh mbak..mainan favorit jangan sampai tinggal. Ponakan ku diajak bepergian anteng-anteng aja yang penting ultraman nya harus selalu dibawa hehe

  7. diane berkata:

    Aku juga begini nih..tapi untuk mainan bawanya gak yang kecil2 takut malah kececeran di kendaraan umum..hehehe.

  8. Nyi Penengah berkata:

    Asikkk dapet tips kece kalo bawa anak bepergian. Karena belum punya anak jadilah praktik bawa keponakan aja dulu lah ya hehhehe. Seneng ya mba kalo liat anak gampang akrab ama orang

  9. Sama sepertiku mba. Kalo buat anak saya yang gak bisa diem stok mainan kudu dibanyakin biar dia sibuk sendiri. Bawa puzzle, worksheet, tempel-tempel. Bekal juga harus cukup.

  10. Sulthon gampang akrab ya, sampe buatin gambar untuk tante yang baru dikenalnya. Lucu nih Sulthon :*

    Iya, bepergian dengan anak kecil tuh harus in charge terus, kudu ngejak bermain, ngobrol, pokoknya ga bisa berhenti dan diam saja. Mereka bakalan bosen kalau kyk gitu.

    • Lina Sophy berkata:

      Alhamdulillah nih mbak, anaknya bukan tipe pendiam, agak2 caper gitu senang dengan adanya orang baru.

      Sepakat banget, intinya repot sedikit tak mengapa yang penting semua senang ๐Ÿ˜‰

  11. Dedew berkata:

    Setuju banget, harus bawa amunisi biar anak ngga rewel selama perjalanan..

  12. Sama nih kalau aku persiapan menyediakan mainan kesukaannya dan buku gambar biar dia anteng. So far sih dia menikmati sekali setiap perjalanannya.

  13. Liswanti berkata:

    Jadi ingat dulu anak lagi kecil suka kemana-mana berdua. Dan bawa mainan itu penting banget supaya anak ga rewel ya.

  14. Elisabeth Murni berkata:

    Bawa bocah jalan berdua aja yang paling jauh ya ke Jakarta lanjut Bogor. Puji Tuhan lancar jaya, minim drama. Malah yang sering drama kalau balik Wonosobo-Jogja. Biasanya kondisi mamak capek pengen merem, tapi bocahnya pengen ceritaaa terus. Bener2 kudu siapin energi berlebih pokoknya. Tapi emang kalau sudah dibiasakan bocah akan jarang rewel kok.

    • Lina Sophy berkata:

      Keren Re bisa jalan Jogja Jakarta Bogor ya? PR ku ke sulthon sekarang bukan di perjalanan tapi lagi hobi banget teriak dan ngomong jelek, mulai terkontaminasi kata2 yang nyebelin banget ๐Ÿ˜ซ

  15. Dulu pernah ngajakin anak naik kereta umur 9 bulan berdua aja, alhamdulillah aman aman saja sampai tujuan. Kebetulan kereta juga tak terlalu ramai waktu itu.
    Kalo sekarang ngga kebayang bawa 3 bocils naik transportasi umum, kibar bendera putih kayanya. Haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *