Lompat ke konten
Home ยป Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban N Max

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban N Max

Ban N Max

Hai teman linatussophy.com. Kapan kalian terakhir mengganti ban motor? Aku belum lama, bagian belakang dan depan sekaligus! Lumayan menguras kantong karena habis lebih dari 400 ribu. So, sharing tentang ban motor yuk!

Salah satu hal paling penting saat berkendara adalah mengetahui kondisi kendaraan, terutama bagian roda dan ban. Kenapa bagian ban menjadi yang paling penting? Karena ban merupakan satu-satunya bagian dari kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalanan.

Ban motor mempunyai fungsi paling vital sebagai grip atau untuk mencengkram jalanan sehingga tidak licin atau selip. Jika kondisi ban dalam keadaan baik maka dipastikan perjalanan akan mulus, yes?

Akan tetapi jika kondisi ban motor sudah tipis dan aus atau sudah berkali-kali tambal, pasti bikin khawatir di jalan kan? Apalagi kalau kondisi jalanan licin sehabis hujan. Alamak, boro-boro berani ngebut, jalan pelan aja takut.

Tapi sebelum ngomongin ban, sepeda motor apa sih yang jadi impian banyak orang? Pastinya N Max ya? Lihat performanya kalau di jalanan itu terlihat kuat dan tangguh. Iya bikin kita merasa ingin memiliki juga, hehe.

Waktu yang tepat mengganti Ban N Max
Motor N Max (pic. mobil123.com)

Nah berikut ini beberapa jenis ban dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Ini merupakan rangkuman dengan fokus para pemilik N Max.

Kenali jenis ban motormu!

Mengenal berbagai jenis ban itu penting bagi pengguna sepeda motor. Paling tidak tahu fungsinya, karena beda jenis pasti beda fungsi dan peruntukannya. Berikut beberapa jenis ban yang perlu kita kenali.

1. Bias Ply atau Ban Bias

Jenis Bias Ply memiliki lapisan kawat yang dipilin secara diagonal di dalam struktur ban. Harganya cenderung lebih murah dari ban lainnya. Cocok digunakan untuk pemakaian ban sehari-hari. Namun memiliki sedikit kekurangan yaitu ban cenderung kaku.

2. Ban Redial

Struktur ban radial ini dilengkapi dengan kawat yang dipilin secara radial dari pusat ban. Pada saat digunakan ban jenis ini lebih stabil sehingga cocok bagi pengendara yang senang berkendara dengan kecepatan tinggi.

3. Ban Tubeless

Jenis ban tubeless tidak memerlukan tabung ban dalam untuk menahan udara. Ban ini lebih tahan terhadap kebocoran lambat, jadi bisa memberikan waktu lebih kepada pengendara untuk mencari penambal ban. Keuntungan yang paling terasa adalah waktu tambal ban yang singkat.

Baca juga :

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban N Max?

Ban N Max
Ban N Max (pic. Moladin.com)

Setelah tahu beberapa jenis ban, hal penting lainnya yaitu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti Ban N Max. Jangan menunggu ban dalam kondisi membahayakan ya?!

1. Kondisi Tread Wear

Salah satu indikator utama untuk mengganti ban adalah tingkat keausan tapak ban. Jika tapak ban sudah tipis atau bahkan botak, sudah saatnya untuk mengganti ban tersebut. Pemilik N Max seharusnya memeriksa secara rutin kondisi tapak ban mereka dan menggantinya jika diperlukan.

2. Terdapat kerusakan fisik ban

Ketika ban motor memiliki kerusakan fisik yang terlihat jelas, maka sebaiknya ban segera diganti. Kerusakan yang terlihat contohnya ban aus, terjadi robekan, ban retak atau terdapat benjolan.

3. Melihat umur ban

Waktu yang tepat untuk mengganti ban yang terakhir adalah mengetahui umur ban. Kalau umur ban terlalu tua, kinerjanya menurun akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Umur ban sebaiknya tidak melewati lebih dari 5 tahun atau perhatikan kondisi fisik ban yang terlihat.

Demikian tulisan tentang Ban dari aku. Jika kalian ingin menambahkan cerita, tips atau pengalaman bisa tulis di kolom komentar. Thank you!

25 tanggapan pada “Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban N Max”

  1. Saya nyerah deh kalau bahas otomotif. Tapi, sebagai pengguna kendaraan pribadi, minimal tau lah ya kapan harus mengurus ban. Termasuk ketika harus mengganti ke ban baru. Kan bisa lihat dari jadwalnya. Bisa juga lihat dari tanda-tandanya. Pastinya jangan sampai ban udah aus tetap dipakai.

  2. Pingiiiin punya NMX, bisa sih aku ngendarainya tapikalau untuk jarak jauh apalagi macet di sini terlalu berat buat aku, makanya pilih motor lain. Noted infoinya untuk tau waktu yang tepat ganti ban nmax, pastinya suaya aman & salamat ya

  3. Dari dulu aku dan pak chan tuh sering banget bermasalah sama ban motor, mbak. Seringnya bocor di tengah jalan, hadeh. Sudah banyak drama gara-gara ban motor ini. Emang buat ban itu kudu beli yang kulitasnya bener-bener bagus biar oke.

  4. Saya pengguna vario tapi kepincut juga sama Nmax karena bodynya besar dan lebar, sesuai dengan porsi badan saya. Hahahah… Btw, ban itu emang penting banget tapi kadang terlupakan termasuk urusan umur ban. Kadang nggak rutin ngcek exp ban padahal penting banget ๐Ÿ™‚

  5. NMax itu motor yang menawarkan kenyamanan banget ya ๐Ÿคฉ๐Ÿฅฐ tempat duduk luas dan benar banget mesti tau kapan waktu yang tepat buat ganti ban, supaya keselamatan terjaga dan motor Nmax nyaman dikendarai. 3 poin tersebut mesti ku catat biar ga skip.

  6. Masalah ganti ban mobil juga harus diperhatikan lhooo. Karena penting banget dengan fungsi vital mencengkarm jalanan sehingga ngga salip. Kalau udah tipis mah buruan diganti biar perjalanan aman terkendali. Apalahi kalau punya motor Nmax, cari tahu juga umur ban untuk mengganti ban di waktu yang tepat.

  7. baru tahu kalo ban nmax itu macem2 jenisnya. klo mobil molly sering ganti ban maksimal 2 tahun. mungkin krn sering digunakan kali ya jadi umur bannya lebih singkat.

  8. Ban motor memang ngga boleh diremehkan ya, Mak. Apalagi di musim hujan kayak sekarang ini. Kalau aus, bisa bahaya banget buat keselamatan pengendara.

    Aku suka ban tubeless sih, karena kalau bocor, jadi ada waktu untuk cari bengkel terdekat.

  9. Kadang soal ban ini masih banyak yang anggap remeh. Aku pribadi sempat bbrapa kali ban bocor. Ternyata kata tukang bengkel, udah tipis banku. Akhirnya ganti dan ampe skarang masih amaan. Motor NMax perlu jenis ban yah berbeda ๐Ÿ™‚

  10. Kadang soal ban ini masih banyak yang anggap remeh. Aku pribadi sempat bbrapa kali ban bocor. Ternyata kata tukang bengkel, udah tipis banku. Akhirnya ganti dan ampe skarang masih amaan. Motor NMax perlu jenis ban yah berbeda ๐Ÿ™‚ makasih yaa mba Linaaa

  11. Aku tuh kalau lihat Nmax awal-awal kemunculannya tuh keren banget ini motornya. Ternyata untuk mengganti bannya juga harus tepat ya, jadi butuh perawatan rutin juga ini. Semoga ini juga jadi informasi untuk teman-teman para pengguna Nmax.

  12. Jadi pengen ketawa waktu masih belum tahu apa itu ban tubeless. Kirain tubles kaya basa Sunda yg artinya ditusuk. Kepikiran kan bingung apa itu ban tusuk?
    Hehe…
    Sekarang sih udah ngerti dong

  13. Bener rutin ganti ban jadi bikin selamat juga kita naik motor ya mba…nah saat ganti harus sesuai dengan motor tentunya kayak motor NMAx ini jenis ban tubeless biasanya

  14. Emang bener bgt sih tujuan kita merawat motor salah satunya dengan perhatian pada performa mesin. Aku pake ban tubeless sih kayanya taun ini harus ganti karena uda lama

  15. Kalau di kampung, saya suka naik NMAX punya kakak, tapi pas di Jakarta gini berasa berat buatku yg cuma 150 cm, wkwkwk. Kegedean motor jadi gak lincah. Tapi overall NMAX emang nyaman, apalagi kalau kondiai bannya diperiksa secara rutin. Makin nyaman dah.

  16. Cungg, seminggu lalu baru ganti ban mak, pengennya sih awet ga ganti2 sepanjang masa hahaha, tapi yo ban ada waktu gundulnya, mana disini melewati tanjakan, turunan, klo pake ban gundul bikin khawatir karena gak aman

  17. Terimakasih sudah berbagi informasi saat yang tepat untuk mengganti ban motor jadi nambah masuk kan buat saya yang kadang sering kurang memperhatikan keadaan ban motor saya

  18. Bagi pengguna motor matic, biasanya untuk penggantian ban motor itu tergantung kondisi, namun apabila dalam kondisi normal, untuk ban tubeless biasanya awet sampai 1-2 tahun, palingan yang rutin diganti isi cairannya aja, kecuali kalau memang sudah banyak yang bocor, itu sudah kudu waktunya ganti ban yg baru

  19. aku termasuk cuek sama urusan motor, nunggu kalau pas dikendarai ada yang nggak nyaman baru aku cekkan. Padahal ban motor juga ada umurnya ya, kadang sampe tipisss banget kulit luarnya dan bikin kita berkendara juga nggak enak, kayak mau tergelincir gitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *