Sebagai Muslim Wajib Tahu Tentang Zakat, Infak dan Sedekah

Assalamu’alaikum,

Alhamdulillah masuk hari ke-16 bulan ramadhan. Makin semangat dong puasanya? Harus lah?!

Di bulan ramadhan, selain puasa wajib ada rukun islam lain yang harus ditunaikan. Zakat. Sudah pada persiapan dong nyiapin zakat fitrah dan menghitung harta benda untuk dikeluarkan pula sebagian wajib zakatnya.

Apakah Zakat Itu?

Sumber zakat.or.id

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan sesuai ketentuan. Zakat sendiri ada dua macam, yaitu:

1. Zakat fitrah


فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنْ الْمُسْلِمِينَ


“Baginda Rasulullah shallallahu ‘alihi wasallam mewajibkan zakat fitrah di bulan Ramadhan kepada manusia yaitu satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum kepada setiap orang merdeka, budak laki-laki atau orang perempuan dari kaum Muslimin.” (HR. Bukhari Muslim)

Sumber nu.or.id

Zakat fitrah atau disebut juga zakat nafs (badan). Bentuk zakat fitrah berupa bahan makanan pokok daerah setempat yang dikeluarkan saat bulan ramadhan. Jika di Indonesia maka berupa beras sebesar 2,5 kg, namun ada pula ulama yang mengatakan 2,7kg.

2. Zakat Mal

Sumber liputan6

Zakat mal dikeluarkan dari perhitungan harta yang dimiliki berupa hewan ternak, emas dan perak, bahan makanan pokok, buah-buahan, dan mal tijarah (aset perdagangan) yang sudah masuk ketentuan wajib zakat. Besar zakat mal yaitu sebesar 2,5% dari harta yang dimiliki.

Zakat sendiri diberikan pada penerima zakat dengan cara terbuka dan terang-terangan. Hal ini dimaksudkan agar menjadi tauladan bagi yang lain. Adapun zakat harus diberikan kepada 8 golongan.

Sumber dompetdhuafa.org

Golongan yang berhak menerima zakat:

  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Fisabilillah
  4. Ibnu sabil
  5. Gharimin
  6. Amil
  7. Hamba sahaya
  8. Muallaf

Apakah Infak Itu?

Sumber gambar freepik.com

Imam Fakhruddin ar-Razi:
وَاعْلَمْ أَنَّ الْإِنْفَاقَ هُوَ صَرْفُ الْمَالِ إِلَى وُجُوهِ الْمَصَالِحِ ، فَلِذَلِكَ لَا يُقَالُ فِي الْمُضَيِّعِ إِنَّهُ

“Ketahuilah bahwa Infak adalah membelanjakan harta-benda untuk hal-hal yang mengandung kemaslahatan. Oleh karena itu orang yang menyia-nyiakan harta bendanya tidak bisa disebut sebagai munfiq (orang yang berInfak). (Fakhruddin ar-Razi, Mafatih al-Ghaib, Bairut-Daru Ihya` at-Turats al-‘Arabi, tt, juz, 5, h. 293).

Sumber nu.or.id

Jadi infak merupakan pembelanjaan harta benda yang dipergunakan untuk hal kebaikan. Diantaranya yaitu untuk menafkahi keluarga, umrah, berhaji, membangun masjid, membayar zakat dan sebagainya yang dipergunakan dalam hal kebaikan.

Apakah Sedekah itu?

Sumber sedekahair


مَا يُخْرِجُهُ الإْنْسَانُ مِنْ مَالِهِ عَلَى وَجْهِ الْقُرْبَةِ كَالزَّكَاةِ ، لَكِنِ الصَّدَقَةُ فِي الأْصْل تُقَال لِلْمُتَطَوَّعِ بِهِ ، وَالزَّكَاةُ لِلْوَاجِبِ

“Shadaqah adalah harta-benda yang dikeluarkan orang dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Namun pada dasarnya shadaqah itu digunakan untuk sesuatu yang disunnahkan, sedang zakat untuk sesuatu yang diwajibkan”. (Abdurra’uf am-Manawi, at-Tauqif fi Muhimmat at-Ta’arif, Bairut-Dar al-Fikr, cet ke-1, 1410 H, h. 453)

Sumber nu.or.id

Berbeda dengan zakat dan infak, sedekah merupakan harta benda yang dikeluarkan guna mendekatkan diri pada Allah Ta’ala. Sebaik-baiknya memberi sedekah yaitu dengan sembunyi-sembunyi.

Nah itulah pengertian antara zakat, infak dan sedekah. Sudah paham dong ya? Berhubung bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, alangkah indahnya jika kita selain wajib mengeluarkan zakat, yuuuks sisihkan sedikit rejeki untuk banyak infak dan sedekah.

Sedekah ini bukan hanya harta benda saja, lho?! Senyum ikhlas itu juga sedekah. Dan mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang beruntung mendapat berkah bulan ramadhan ini. Allahuma Aamiin.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Mei 23, 2019

    […] Baca juga Sebagai Muslim Wajib Tahu Tentang Zakat, Infak dan Sedekah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *