Ziarah Backpacker : Ingin Mengunjungi Kembali Makam Gusdur Setelah Pandemi Berakhir

Semakin lama kita merasa terikat dan terkurung di rumah, semakin banyak pula keinginan untuk melakukan banyak hal dan mengunjungi banyak tempat. Nanti, setelah bebas dan bumi ini aman kembali, tentunya.

Mengunjungi saudara, teman-teman, atau wisata lokal pun juga termasuk dalam daftar keinginan, hal yang akan saya lakukan, nanti. Tapi itu bisa dilakukan sambil jalan dan tanpa banyak persiapan.

Kangen banget ziarah backpacker. Sebetulnya Januari lalu sudah berkunjung ke Cirebon. Mengunjungi Keraton Kasepuhan dan Ziarah Makam Sunan Gunungjati. Tapi ya gitu deh, saya termasuk yang suka berwisata religi, ziarah ke makam para wali.

Ziarah Backpacker Makam Gusdur

Di pesantren tebu ireng

Sudah pernah sekali kesana, saat anak saya berumur 9 bulan. Karena keluarga saya semua ngefans sama almarhum Gusdur sampai dengan Hadratussyaikh Hasyim As’ari, maka rasa ingin kembali mengunjungi selalu ada.

Selain ziarah wali, sebetulnya ada keinginan saya untuk mulai mengenalkan pondok pesantren pada anak. Cita-cita saya dan suami ingin ketika besar anak saya masuk ke pendidikan pesantren.

Manfaat Ziarah

Bagi saya, wisata rohani seperti ziarah wali memberikan banyak manfaat, antara lain:

  1. Mengingatkan kita akan akhir hidup di dunia, yaitu kematian.
  2. Meneladani sifat para wali Allah
  3. Meningkatkan takwa kita kepada Allah
  4. Mempelajari sejarah

Jadi, inilah rencana ziarah backpacker kami setelah pandemi covid-19 ini berakhir. Semoga terlaksana.

Tabik,

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *