5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak Lebih Nyaman dan Cantik

5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak – Linatussophy.com

Mendekorasi kamar tidur anak seringkali menjadi kebingungan sendiri bagi para orang tua. Apalagi jika kamar anak yang dimiliki tidak terlalu luas areanya, sehingga dibutuhkan ide-ide briliant untuk menghias kamar tidur anak dengan tepat tanpa membuatnya makin terasa sempit.

Mendekorasi kamar tidur anak juga harus sangat memperhatikan keamanan ruang gerak dan bermain anak di dalamnya. Jadi pemilihan furniture-nya pun harus sangat berhati-hati dan sesuai dengan manfaatnya bagi anak. Anda belum mengetahui hal-hal apa yang dapat dilakukan untuk menghias atau mendekorasi kamar tidur anak? Simak penjelasan mengenai caranya di bawah ini.

5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak Lebih Menarik dan Nyaman

Mulai dari pemilihan wallpaper yang harusnya digunakan di kamar tidur anak, sampai pada jenis furniture yang sebaiknya digunakan, semuanya akan dibahas dalam 5 cara menghias kamar tidur anak berikut ini. Penasaran? Segera cek penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Menggunakan Wallpaper Dinding Motif Kartun

Dekorasi kamar anak
Gb. Insinyurbangunan.com

Cara mendekorasi kamar tidur anak yang pertama adalah dengan menghias dindingnya. Dinding kamar tidur anak akan sangat membosankan dan tidak menarik jika hanya dicat menggunakan satu warna dominan. Jika menggunakan beberapa warna mungkin bisa menarik, tapi lama kelamaan akan membosankan juga. Oleh sebab itu, Anda disarankan menggunakan wallpaper.

Saat ini ada banyak karakter kartun yang digemari oleh anak-anak. Karakter kartun tersebut pun tersedia menjadi model-model wallpaper. Anda bisa memilih wallpaper mana yang karakter kartunnya digemari oleh anak Anda, lalu jadikanlah wallpaper dinding kamarnya. Pasti anak Anda akan sangat menyukai kamar tidurnya.

2. Tempat Tidur Anak yang Unik

Berikutnya, Anda juga bisa mendekorasi kamar tidur anak dengan pemilihan tempat tidur yang unik. Ada banyak jenis tempat tidur anak yang unik, mulai dari yang berbentuk seperti mobil, kapal laut, bahkan pohon. Anda bisa memilih model tempat tidur yang unik sesuai dengan apa yang disukai oleh anak Anda.

Selain memilih berdasarkan bentuknya, Anda juga bisa menyesuaikan jenis tempat tidur anak Anda dengan karakter dinding yang sudah dipasang sesuai cara sebelumnya. Karakter kartun yang disukai oleh anak-anak biasanya identik dengan kamar dan tempat tidur tertentu juga. Anda bisa menyesuaikan tempat tidur anak Anda agar temanya senada.

3. Furniture yang Multi Fungsi

Ide kamar tidur anak
Gb. Boredpanda.com

Agar dekorasi kamar tidur anak Anda tidak membuat kamar itu semakin sempit, Anda harus pintar dalam memilih furniture. Utamakan memilih furniture yang multi fungsi, artinya dalam satu perabotan ada lebih dari satu fungsi. Misalnya seperti meja belajar yang sekaligus dapat menjadi rak buku.

Jadi Anda tidak perlu membeli furniture terpisah untuk menyimpan buku-buku anak Anda. Hasilnya pun ruangan di kamar jadi lebih leluasa, karena efisiensi dari penggunaan perabotan di dalamnya. Ruang gerak anak pun menjadi lebih luas dan leluasa, sehingga minim risiko kecelakaan saat anak bermai di dalam kamarnya.

4. Gunakan Karpet Karakter

Karpet kamar anak
Gb. Shopee.co.id

Karpet juga menjadi alat yang wajib ada dalam mendekorasi kamar tidur. Selain berfungsi sebagai hiasan yang unik dan menarik, karpet juga bisa menjadi alas saat anak bermain dalam posisi duduk dan tiduran. Karpet yang tepat untuk dipilih menghiasi kamar anak adalah yang bahannya nyaman dan tidak mudah kotor.

Namun, Anda juga sebaiknya memilih karpet dengan desain karakter yang disukai anak. Karakter yang dipilih bisa diseragamkan dengan karakter pada wallpaper dinding, sehingga tema kamar yang dipilih menjadi semakin konsisten dan menarik bagi anak.

5. Pencahayaan Kamar

Pencahayaan di kamar anak didapatkan melalui dua cara, yaitu cahaya alami jendela atau lampu ruangan. Cara menghias kamar tidur anak dengan memanfaatkan pencahayaan bisa dimulai dengan menempatkan jendela di posisi yang tepat. Jendela harus ada di sisi di mana cahaya matahari bisa masuk dengan natural ke kamar anak. Jangan lupa untuk menghias jendela dengan tirai yang unik.

Selain itu, Anda juga membutuhkan lampu ruangan yang tepat untuk kamar anak. Saat ini ada banyak bentuk lampu yang unik dan menarik. Intensitas pencahayaannya juga bermacam-macam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas anak.

Baca juga :

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendekorasi kamar tidur anak. Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, tentunya kamar tidur anak akan menjadi ruangan yang sangat berkesan dan nyaman bagi si kecil. Jadi jangan tunggu lama lagi dan segera aplikasikan cara-caranya ya! Bagi Anda yang ingin mencari ide dekorasi kamar tidur anak lainnya Anda bisa mengunjungi blog dijabodetabek.id Selamat mencoba

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *