5 Wisata Pantai Favorit di Cilacap

5 wisata pantai favorit di Cilacap. Cilacap merupakan kota di pesisir pantai selatan Jawa. Batas wilayah bagian selatan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pantai selatan Jawa memang terkenal memiliki gelombang tinggi, namun bukan berarti pantai-pantainya tidak bisa kita nikmati, lho?! Banyak pantai yang bisa kita nikmati dan tiap pantai memiliki keistimewaan dan landmark sendiri-sendiri.

Dimulai dari wilayah paling timur, yaitu pantai Jetis sampai teluk penyu dan pesisir pantai Nusa Kambangan memiliki keunikannya sendiri. Sebetulnya saya sih suka menikmati keindahan semua pantai, tapi akan saya tulis 5 besar yang paling favorit menurut saya.

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu, dinamakan demikian apakah karena disana banyak penyu? Jawabnya iya, tapi di masa lalu. Kenyataannya sekarang tidak seperti itu, tidak ada penyu di teluk penyu.

Teluk Penyu merupakan andalan wisata Cilacap. Daya tarik Teluk Penyu adalah letaknya yang berada di pusat kota. Jadi akses jalan dari kota hanya sekitar 5 menit saja.

Dari pantai Teluk Penyu ini kita bisa menikmati indahnya Sunrise. Jadi waktu terbaik berkunjung adalah di pagi hari. Sambil menikmati pemandangan alam yang indah, kita bisa sekalian menikmati kuliner khas sembari sarapan dengan tempe mendoan.

Baca juga : Menikmati Pantai Teluk Penyu

2. Pantai Jetis (Congot, Bungso, Kewuk dan Cemara Sewu)

Jetis merupakan desa wisata unggulan di Kabupaten Cilacap. Ada 4 nama pantai di wilayah Desa Jetis ini yaitu Congot, Bungso, Kewuk dan Cemara Sewu.

Yang paling menarik dari Pantai di wilayah Jetis adalah tempat kuliner seafood terlengkap dan termurah di Cilacap. Pasar kuliner seafood ini berada di Pantai Congot.

Pemandangan dari pantai Congot juga bagus karena berlatar pegunungan Indrakila (Kabupaten Kebumen). Dari pantai ini kita juga bisa mengunjungi wisata pulau Momongan yang sedang dalam proses pengembangan.

3. Pantai Widarapayung

Nah di Pantai Widarapayung ini selain menikmati keindahan alam, disana bisa jadi lokasi untuk berolahraga seperti voli pantai dan berkuda.

Ombak yang besar di pantai Widarapayung juga bisa digunakan sebagai tempat berselancar. Beberapa waktu lalu pantai ini juga dijadikan lokasi kejuaraan selancar.

Kalian berani mencoba untuk menaklukkan ombaknya?

4. Pantai Karangbolong, wilayah pesisir timur Nusakambangan

Pantai Karangbolong berada di pulau Nusakambangan bagian timur. Akses menuju kesana menggunakan perahu nelayan dari pantai Teluk Penyu.

Saat berkunjung ke Pantai Karangbolong ini kita juga sekaligus berwisata sejarah ke benteng peninggalan Belanda. Meskipun bangunan sudah rusak, tapi kita masih bisa lihat kemegahan dari benteng ini.

5. Pantai Kali Kencana Nusakambangan

Pantai-pantai yang ada di wilayah barat Pulau Nusakambangan katanya semuanya cakep pemandangannya. Sayangnya akses kesana belum dibuka untuk pariwisata.

Salah satu pantai yang sering dijadikan tujuan wisatawan adalah pantai Kali Kencana. Keindahan alam yang masih alami menjadi daya tarik dari pantai ini.

Itu dia 5 wisata pantai favorit di Cilacap menurut versi saya. Siap bertualang? Ayo wisata ke Cilacap!

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. dea merina k berkata:

    waaah sama mbak aku pun suka banget sama pantai
    kalo di suruh milih antara gunung atau pantai, aku milih pantai karena bisa main air dan nggak perlu capek-capek harus mendaki 🤣
    jadi kangen pantai deh. moga setelah corona berlalu kita semu abisa segera liburan hihi~

  1. April 23, 2021

    […] Baca juga : 5 wisata pantai favorit di Cilacap […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *