Ini Dia Alasan Saya Senang Menulis di Blog

Ini dia alasan saya senang menulis di blog. Saat mulai mengenal dunia blogging, sekitar tahun 2007 rasanya saya menemukan sesuatu yang sangat menarik dan menyenangkan. Sejak saat itu pun, meski sering stuck saya tetap rutin mengisi blog.

Pada awalnya, tulisan di blog adalah catatan harian. Yang tadinya ada dalam diary, lalu pindah dituangkan jadi isi blog. Dan tulisannya juga asal tulis. Sangat berbeda sekali dengan perkembangan blogging saat ini.

Ada beberapa platform blog gratisan yang saya gunakan saat itu. Dari mulai multiply, wordpress, blogspot, tumblr sampai Kompasiana. Dan saya mulai menggunakan blog TLD baru dua tahun kebelakang karena ingin lebih serius ngeblog.

Alasan saya senang menulis di blog

Ada beberapa alasan yang membuat saya bahagia menulis di blog. Ada banyak sekali manfaat ngeblog, lho saudara-saudara.

1. Menyalurkan hobi dan mengasah kemampuan menulis

Sejak kecil saya suka sekali menulis buku harian. Mungkin karena saya tidak pandai menceritakan perasaan yang saya rasakan jadi lebih nyaman curhat dalam diary, ehehe. Tapi bukan itu juga sih, sepertinya anak angkatan 90-an memang suka menulis diary.

Jadi, saat mulai kenal dunia blogging saya menemukan tempat baru yang sangat menyenangkan. Lebih bahagia lagi karena catatan yang saya tulis kadang memberi manfaat untuk orang lain.

2. Menulis itu berbagi

Saat kita menulis hal-hal baik dan di baca banyak orang, bukan kah kita sedang melakukan pekerjaan baik?

Saya merasa bahagia jika banyak feed back dari tulisan saya. Hal ini yang membuat saya tetap semangat untuk berbagi informasi yang berguna.

3. Dari dunia blogging saya menemukan banyak teman dan menambah jaringan

Semua blogger pasti setuju dong, bahwa dunia blogging dipenuhi orang-orang yang positif. Hal ini yang kemudian membuat teman saya semakin banyak dan pergaulan semakin luas.

4. Hal ini juga yang membuat saya senang menulis blog karena bisa menambah penghasilan

Nah, ini yang bagi sebagian orang termasuk saya jadi betah ngeblog. Ternyata dunia blog memberikan banyak manfaat dan keuntungan kan?

Ada banyak cara agar blog bisa menghasilkan uang. Bisa dengan beriklan adsense, dari kerjasama dengan brand untuk review, kerjasama afiliasi, untuk bisnis dan jualan dan masih banyak cara lainnya.

Baca juga : Tips memilih nama blog yang keren untuk blog kita

Bagaimana cara agar konsisten menulis blog

Wah, sebenarnya saya juga masih berupaya sungguh-sungguh untuk menjadi Blogger yang konsisten. Saya paham teori tapi prakteknya sungguh berat.

Cara agar konsisten menulis di blog, antara lain:

  1. Niat yang kuat untuk terus menulis dan berbagi
  2. Rajin blogwalking atau ikuti grup blog walking agar semangat kita menulis blog terpacu.
  3. Belajar dan asah skill blog. Contohnya belajar optimasi SEO dan mengasah kemampuan menulis agar lebih baik lagi dan mudah di baca.

Baca juga : Skill yang bisa kamu asah saat di rumah saja

Sekian, semoga bermanfaat.

Tabik!

Mungkin Anda juga menyukai

14 Respon

  1. ainun berkata:

    menulis = berbagi. setuju banget mbak
    niat awal aku dulu ngeblog ya karena ingin sharing cerita aja waktu itu
    dan nggak nyangka sampe sejauh ini

  2. Raja Lubis berkata:

    Blogwalking memang jadi membuat kita terpacu untuk rajin menulis. Kerasa banget oleh saya sendiri.

  3. Anak Kereta berkata:

    Blogging emang banyak manfaatnya ya, Mbak. Saya juga ngerasain. Selain sebagai cara saya untuk meditasi dan latihan kemampuan komunikasi, juga dapet banyak teman dari blogwalking. Btw, salam kenal ya! 🙂

  4. Imawati Annisa berkata:

    Setuju banget mba. Saya mulai lagi menulis awalnya untuk diri sendiri, ternyata dari menulis saya bisa mendapatkan banyak hal salah satunya ya jadi punya banyak teman sesama suka nulis, teman-teman blogger yang saling support.

    Jadi makin semangat untuk nulis, selain buat diri sendiri juga untuk berbagi tentunya..

  5. Prima berkata:

    Sepertinya poin no 1 itu berlaku di hampir semua bloger (sejauh yang saya tau). Gimana nggak, kan basicnya ngeblog adalah menulis dan membaca.

    Bukan begitu?

  6. Firsty berkata:

    Betul banget. Alasan kita samaan loh mbak. Plus menurutku ngeblog itu juga self healing untuk luka batin. Jadi kalo ada perasaan yang mengganjal biasanya suka aku tulis di blog. Eh makin ke sini ngeblog malah jadi sarana nyari pendapatan juga.

  7. Andina berkata:

    Alasan-alasan yang valid sekali, mba, untuk ngeblog. Saya juga lebih nyaman berekspresi dengan tulisan daripada ngomong, hihi. Betul juga, agar konsisten ngeblog harus ada niat yang kuat

  8. Saya juga senang berbagi di blog mba, menuangkan ide-ide/ilmu/pengalaman…meskipun yang kita tulis kadang nampak sepele bisa jadi itu bermanfaat bagi orang lain.

  9. Juliastri Sn berkata:

    Menulis di blog bisa jadi stress release buatku mba. Rasanya lega dan plong jika bisa menuliskan sesuatu yang jadi beban, semacam curhat terselubung gitu hehe..Apalagi kalau bisa menghasilkan sesuatu dari tulisan di blog. Itu namanya bonus 🙂

  10. Rata-rata sama sih dengan alasan aku ngeblog. Karena ingin berbagi, nambah teman akhirnya, dan ujungnya ternyata bisa dapat penghasilan. Berkah semoga yaaa

  11. Cukup lama juga ya mb, aku ngeblog daric2009 dan adalah pralihan dari nulis di diari. Makanya awal ngeblog tulisannya curhat mulu deh hhh

  12. Marita Ningtyas berkata:

    Beda tipis lah mbak sama alasanku ngeblog. Tapi sih lebih banyak miripnya. Awalnya ngeblog juga sebagai pengganti buku diary. Lama-lama setelah tahu ternyata manfaat ngeblog ada banyak, jadi semakin semangat belajar skill yang dibutuhkan lainnya. Dari yang nulisnya acak adut, mulai belajar biar lebih tertata. Setuju juga bahwa menulis adalah salah satu cara berbagi 🙂 Keep blogging mbak 🙂

  13. Rinda Gusvita berkata:

    Mirip, Mbak alasannya. Dulu aku mulai ngeblog pas kayak masih asing banget. Taunya cuma Irvina Lioni dengan Kancut Keblengernya dan zaman Kaskus. Sayangnya aku kurang konsisten, sih.

  1. April 15, 2021

    […] Alasan menulis blog […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *