Aplikasi di Smartphone Yang Bermanfaat Saat Bulan Ramadhan

Sumber gambar blogs.opera.com

Assalamu’alaikum,

Ngomongin soal aplikasi di smartphone, kira-kira aplikasi apa saja yang bermanfaat buat kita di bulan ramadhan. Saya tuliskan yang sepertinya banyak orang pakai versi saya, ya?

Baca juga 10 Amalan di Bulan Ramadhan Untuk Memperbanyak Tabungan Akhirat

1. Alarm

Sepakat semua kan? Alarm ini jadi penolong banget nih untuk bangunin sahur. Terutama di hp ibu-ibu sudah barang tentu set alarm buat persiapan masak sahur. Bagi yang setelah subuh tidur lagi, alarm juga wajib banget biar bangun nggak kesiangan.

2. Aplikasi Adzan dan Waktu Shalat

Ini bermanfaat banget buat ngingetin waktu sholat. Jadi bisa segera sholat yang membiasakan diri sholat diawal waktu. Dengan aplikasi ini juga kita bisa ngerti waktu imsak, subuh dan waktu berbuka puasa lebih akurat.

3. Al-Quran Digital

Sejak sebelum puasa sudah banyak sekali campaign dari aplikasi yang menyediakan Al-Quran digital. Dan mungkin memang banyak yang instal aplikasi ini, katanya agar lebih mudah membaca Al-Quran.

Kalau saya pribadi, jujur tidak install aplikasi ini. Alasannya karena takut tidak bisa mengelola dengan seharusnya kitab suci diperlakukan. Kalau Al-Quran cetak kan jelas, diletakkan di tempat yang bersih, suci dan tidak sembarangan. Bukan saya menolak perkembangan teknologi, hanya berjaga-jaga saja.

Oiya, selain Al-Quran harus diperlakukan istimewa, dalam mempraktekkan membaca juga ada adabnya. Bukan karena ada di HP lalu dengan mudah bisa dibaca dimana saja selayaknya baca berita online dong ya?

Adab dalam membaca Alquran, meski dalam bentuk digital

  • Berwudhu, dalam keadaan suci dari hadast
  • Membaca ditempat yang bersih dan suci
  • Niatkan membaca Al-Quran ikhlas karena Allah

4. Jadwal Imsakiyah

Aplikasi ini bermanfaat buat yang nggak mau was-was tentang waktu imsak, subuh dan waktu buka puasa.

5. Youtube

Kalau saya buat searching masakan. Cari-cari resep dan tutorial cara bikinnya. Juga cari video pengajian (hati-hati sama pengajian ustadz radikal). Kalau saya carinya yang senafas di organisasi NU.

6. Cookpad/Instagram

Untuk cari referensi masakan dan kue-kue lebaran. Selain posting foto juga sih. Ehehe. Selain cookpad dan instagram buka juga medsos lain sih, seperti facebook, whatsapp, dan twitter. Dan karena saya blogger, pastinya install aplikasi wordpress juga.

Nah itu cerita aplikasi di handphone versi saya. Yang pasti teman-teman banyak yang berbeda dan lebih banyak. Monggo saja sih ya, yang penting bikin puasa makin semangat.

Sekian ceritaku, salam 😘

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *