Belajar Mengenal dan Menyayangi Binatang di Bhumi Merapi

Siapa yang berencana untuk liburan ke Jogja bareng keluarga? Terutama yang bawa anak balita nih, mesti banget memilah tempat yang asyik biar liburannya menyenangkan.

Memang sih banyak banget pilihan lokasi wisata kalau sudah ke Jogja. Komplit lah mau wisata alam, museum, candi, atau city tour, tempat belanja, banyak.

Baca Juga Wisata edukasi Hortipark Gunung Kemit

Etapi, ke Bhumi Merapi Kaliurang sudah belum?

Jadi, ini liburan family kami akhir tahun kemarin sebetulnya. Dan baru bisa menuliskannya. Tapi kalau review wisata tetep enggak basi dong ya?

Lihat postingan ini di Instagram

Yeaaay! Ayok bertualang.. ? #sulthonbertualang #sulthonmalfatih

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lina Sophy (@linatussophy) pada

Bhumi Merapi ini merupakan wisata yang berada di wilayah Jogja Utara (Sleman). Tepatnya di wilayah jalan Kaliurang KM 20.

Lokasinya nggak jauh dari tempat kita menginap waktu itu. Karena kalau musim liburan Jogja jadi begitu padat, malas bermacet-macetan jadi kita cari destinasi wisata yang gampang kita tuju. Arah ke Kaliurang meski padat tapi tidak macet. Dan karena kami semua bawa krucils dicarilah tempat yang bisa bikin kami, terutama anak-anak happy.

Bhumi Merapi sebagai Wisata Edukasi

Karena Bhumi Merapi berkonsep agrowisata dan edukasi, jadi ini cocok sekali untuk anak-anak. Disana anak-anak bisa belajar banyak hal. Mengenal aneka binatang peliharaan dan juga tanaman di kebun.

Oiya, di sana juga ada camping ground juga lho. Dari banyak foto yang seliweran, Bhumi Merapi ini kerap jadi tujuan outbound anak sekolah. Emang cocok banget siy, lokasi asri dengan koleksi lumayan lengkap enak buat belajar.

Bhumi Merapi sebagai tempat untuk belajar mengenal dan menyayangi binatang

“Sulthon takut digigit, nggak berani dekat ndaaa” ketika anak saya lihat ular dia heboh tapi penasaran. Lalu digendong omnya dan diajak ngelus-elus pyton akhirnya berani juga.

Nah, disini anak-anak bisa langsung interaksi dengan aneka hewan peliharaan. Selain ular dan kelinci, masih banyak kegiatan seru lainnya buat anak. Ada kandang kambing yang anak-anak bisa kasih foto susu ke anak kambingnya, bisa keliling lokasi naik kuda, bisa ngasih makan kura-kura, dan lain sebagainya.

Bhumi Merapi sebagai Wisata Selfie

Di Bhumi Merapi ini banyak banget spot foto yang menarik. Bagi yang hobi foto-foto keren ya udah kesini aja. Kalau wisata jaman sekarang nggak instagramable nggak banget kan ya?

Untuk tiket masuk kita kemarin 20ribu orang dewasa, kan krucil dibawah 5 tahun dibebasin karena kita rombongan. Itu tiket segitu include secangkir susu hangat lho. Pokoknya asyik lah liburan kita kemarin, anak saya saja udah sering nanyain, kapan kita ke kebun Merapi lagi nda? Baginya itu kebun, ya kebun tanaman ya kebun binatang.

So, buat yang liburan keluarga ke Jogja bingung mau kemana, bisa ke sini. Alamatnya di jl. Kaliurang km 20 Sawangan Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta.

49 pemikiran pada “Belajar Mengenal dan Menyayangi Binatang di Bhumi Merapi

  1. Yogyaaa.. selalu ada saja yang menarik untuk dikunjungi. Udah ke museum yang di atas itu, apa ya namanya?

    Gereja Blendhuk juga udah, itu auranya .. woow banget.

    oke dicatat untuk next destination!

  2. Awal bulan saya ke jogja, dan tetap kuraaaaang banyak tempat yg belum di kunjungi, boleh nih ke bhumi merapi.pas bareng anak saya.

  3. Belum pernah k bumi merapi ini mak. Lagi-lagi bahasan tentang jogja. Selalu ada tempat wisata dan edukasi baru yah lama-lama apa aku harus pindah ke jogja? Hehe

  4. noted mbak lina. Desember mudik Klaten, semoga bisa main ke sini sama krucil. Saya dan anak2 rada parno sama ular. semoga bisa ketemu sama si ular jinak buat mengurangi keparnoan ^_^

  5. Jogja bener-bener istimewa, banyak wisatanya ya mbak
    Padahal aku belum pernah main ke Jogja, tapi wishlist untuk tempat yang dikunjungin banyak juga ehehhee
    TFS loh mbak sharing artikelnya ^_^

  6. Jogja itu, seakan tak pernah habis tempat wisata untuk dikunjunginya.

    Bhumi Merapi ini deket sama lokasi Lava Tour, enggak, Mbak? Baru denger nih saya, ada wisata Bhumi Merapi. (Ke mana aja ya saya?)

    Tiketnya termasuk murah, Mba.. 20ribu udah termasuk secangkir susu hangat. Spot selfienya juga bagus , terus pengunjung bisa-lah, memegang atau mengelus-elus binatang yang ada.

    Tapi kalau saya gak berani juga nyentuh phyton. Hihihi..

  7. Waktu masih tinggal di Sleman, saya belum ke tempat ini. Hiks. Ehtapi..m pas tahun 2011-an Bhumi Merapi udah ada belum ya? Dulu cuma ke museum yg menampilkan sisa2 letusan Merapi. Lupa namanya. Gini nih kalah gak diabadikan di blog, kenangannya hilang… Huhu

  8. Itu si ular phyton malah jadi favoritnya anakku mbak. Pas kami ke sana, dia bolak balik minta ke kandang ular. Udah ke kandang kelinci, minta balik lagi ke kandang ular. Abis liat kambing, minta liat ular. Gitu aja terus. Wkwkwkwk

  9. Asik nih kalau ngajakin si kecil ke sini. Refreshing sambil belajar dan mengenal alam. Berinteraksi dengan hewan juga ada. Lengkap banget

  10. Yogyaaaa, aaah… Kota yang selalu berhasil mencuri hatiku. Sayang sekali bbrp kali ke sana aku ga sempat eksplor, padahal banyak banget tempat menarik untuk dikunjungi.

    1. Sleman emang mulai menggeliat dunia perwisataannya mbak, nggak mau kalah dong sama gunung kidul dengan keelokan goa dan pantainya, ehehe. Setuju emang Jogja keren

  11. Cakep nih wisatanya. Tapi aku geli nih kalau lihat ular. Suka lari. Makanya kalau ngajarin anak sama yang lucu-lucu dulu. Tapi sudah tahu ular dan semua binatang dari buku dan video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *