Cara Membuat Masker Anak & Tips Agar Anak Betah Memakainya

cara membuat masker anak

Beberapa waktu lalu saya sudah tuliskan cara membuat masker dewasa. Kali ini saya akan berbagi cara membuat masker anak, simak ya?!

Baca DIY Masker 2 Lapis

Masker. Masker merupakan benda wajib dan penting di kala pandemi COVID-19 dan era new normal seperti ini. Bahkan pemerintah sudah mewajibkan, mengkampanyekan tiada henti, semua orang hendaknya memakai masker.

Tapi, entah kenapa, masih banyak yang abai. Padahal kewajiban ini tidak memberatkan, dan mutlak untuk kepentingan dan bermanfaat bagi kita sendiri.

Yang paling bikin saya miris, di jalanan masih banyak pemandangan menyedihkan. Alih-alih ngajak anak berdiam diri di rumah, ini malah ngajak jalan naik motor. Masalahnya dimana? Ayah/Ibunya pakai masker, anaknya enggak, bahkan tanpa perlindungan apapun.

Alasannya sepele, katanya si anak nggak betah pakai masker. Memang benar, anak saya juga suka risih kalau kelamaan pakai masker. Untuk itulah, mending minimalisir bepergian, kan?

Membuat Masker Kain Anak Dua Lapis

Langkah-langkahnya sama persis dengan membuat masker untuk dewasa. Cuma kali ini saya pakai karet dan model ear loop, biar lebih praktis anak makainya.

Alat dan Bahan

  • Kain 2 lembar jika hanya membuat 2 lapis. Jika ada lubang filter, nambah kain lagi sedikit di bagian dalam. Ukurannya sesuaikan dengan anak-anak.
  • Karet sesuai kebutuhan
  • Alat jahit, benang dan gunting

Cara Membuat Masker Anak

  1. Potong pola kain. Disesuaikan dengan besar kecil anak.
  2. Mulai jahit bagian hidung dan dagu, ini untuk bagian luar dan dalam sama.
  3. Jahit terbalik dengan memasang karet di bagian dalam. Beri lubang untuk membalik masker.
  4. Balik masker dan rapikan ujungnya dengan gunting.
  5. Jahit tepian masker agar terlihat rapi.
  6. Lubang filter optional.
  7. Foto lengkap langkah-langkah ada di DIY masker kain dewasa.
pola masker kain anak
jahit bagian hidung dan dagu
jahit tepi masker
hasil akhir masker

Tips Agar Anak Mau Memakai Masker

Segala sesuatu yang berhubungan dengan anak itu memang ada ilmunya. Semua serba harus dipelajari dan butuh “sabar“.

Buat orang tua yang barangkali kesusahan ngajarin anak pakai masker. Bisa di coba tips berikut, ya?!

  1. Pengertian. Kita jelaskan bahwa memakai masker kain itu sekarang wajib. Untuk kesehatan pribadi kita. Jangan lupa, jelaskan juga tentang bahayanya corona virus.
  2. Pilihkan kain yang nyaman. Pilih katun yang dingin sehingga anak terhindar dari panas.
  3. Pilihkan yang sesuai ukurannya. Agar masker ini dipakai dengan nyaman.
  4. Pilih motif masker yang lucu dan anak sukai. Niscaya anak akan senang memakainya.

Sekian, tulisan yang saya bagi, semoga bermanfaat.

Males bikin tapi kepengen? Boleh pesan ke saya, bisa lihat di postingan ig Alfatih Gallery.

Tabik,

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

27 Respon

  1. Gita FU berkata:

    Terima kasih ilmunya, mbak.

  2. NurulRahma berkata:

    Iiihh, motifnya lucuuuuk dan gumusshh bgt
    Anak2 dan emak2 pasti demen nih qiqiqiqi
    Semoga pandemi ini cepat berlalu yaaa

  3. Nchie Hanie berkata:

    Aduduuu itu minioon lucu bangeet.
    Menarik perhatian anak2 untuk memakai masker sesuai dengan karakter kesukannya yaa.

  4. iya nih nak-anak suka lepas2 masker soalnya gerah ya mbak hwhee.. jadi ortunya mesti pinter2 cari cara biar anaknya mau pake. apalagi masih bayi kan susah .

  5. Armita berkata:

    Rajin banget Mba bikin masker anaknya, lucu pula… emang sekarang wajib ya pakai masker ke mana-mana. Biar lebih aman.

  6. Ophi Ziadah berkata:

    waah kreatif mba lina emang harus dibuat custom nih buat anak biar pas, selain ukuran juga modelnya

  7. Damar Aisyah berkata:

    Lucu motifnya. Awal pandemi kemarin saya sempat jahit juga tapi jahit tangan aja. Modelnya sama ear loop dan dua lapis juga. Khusus untuk suami saya tambahkan kain spundbound untuk bagian tengahnya. Kalau sekarang karena udah banyak yg jual jadi macet gak bikin lagi. hehe

  8. Keke Naima berkata:

    Motif maskernya lucu-lucu banget, Mbak. Saya aja masih suka pakai masker kalau motifnya begini. Buat anak-anak bisa lebih suka lagi

  9. Rina Susanti berkata:

    Lucu motifnya. Iya anak2 ga betahan pake masker alesannya ga bisa nafas dll. Mau nyoba akh bikin masker sendiri

  10. aku nih yang termasuk memberli beberapa masker untuk anak dari teman-teman yang membuat masker atau dari olshop gitu. Ada beberapa bahan yang emang bikin anakku nyaman dan kadang ada juga yang bikin dia gak betah.

  11. Dedew berkata:

    Wah ternyata tidak susah ya bikin masker lain untuk anak kita bisa pilih kain yang motifnya disukai anak kayak gambar kartun ya

  12. Ima satrianto berkata:

    Aku yang dewasa aja engap pakai masker, hihihihi, kebayang anak2 ya.. Alhamdulillah udah nemu masker yang enak dan warna warni skrg.

  13. Ida Raihan berkata:

    Motifnya cakep cakep itu Mbak. Anakku kapan hari dikasih banyak sama budhenya, jasi belum bikin lagi nih

  14. Milda Ini berkata:

    wuiih cute masker, sure Athifah happye use it. I want it Mba, how to get it, hahaha. send it to Bengkulu yeaaah, next 1 over the cost.

  15. Puspita berkata:

    SImple dan gemes banget maskernya. Ibuku juga bikin sendiri masker biar lebih hemat. Membantu banget ini

  16. lendyagasshi berkata:

    Jenis kainnya apa, kak?
    Diberi pilihan motif dan warna jugakah?
    Sekarang yang namanya masker udah barang wajib kudu harus selalu dipakai yaah…jangan lengah hanya karena PSBB sudah dicabut.

  17. Idah Ceris berkata:

    Setujuu. Anak-anak bermain dengan kenyamanan dan motif yang lucu2. Di tempat tinggalku juga udah pada jarang yg pakai masker, nih.

  18. Siti Hairul berkata:

    Wah maskernya lucuk2. Mau dong mak aku pesen. Ta mampir ke ignya ya. Yang masker ukuran dewasa ada juga kan ya

  19. Indah Juli berkata:

    Kemarin lihat di Instagrammu, tentang masker anak ini, pengen pesan dong, karena anak-anak suka maskernya. Nanti kujaprilah.

  20. Ririe berkata:

    Motif maskernya lucu-lucu, sepertinya gak hanya anak-anak kecil yang jatuh cinta dengan masker cute ini, yang sudah jadi anak dewasa pun kepincut kok, lucu kayaknya kalau saya pakai masker motif yang didesain utk anak-anak ini

  21. Efi Fitriyyah berkata:

    Coraknya lucu Maaak. Dipake yang dewasa dengan ukuran customize juga tetep kece hehehe. Iya nih aku masih banyak lihat orangtua yang bawa anaknya di tempat umum. Anaknya dibiarin ga pake masker. Entah anaknya ga mau apa ortunya yang males. Suka gemes liatnya

  22. Herva yulyanti berkata:

    Lucu banget mba maskernya apalagi bisa kreasi nih di rumah jadi bisa bikin masker yang lucu2 buat anak

  23. Indah Nuria berkata:

    Aku juga selalu pastikan kain yang menjadi bahan masker kain yang dipakai nyamaaan ya mba

  24. Noorma berkata:

    Wah anakku banget ini yang ga betahan pake masker dan mendingan gausaj perhi kalo pake masker wkwkwkwk

  25. Liza berkata:

    Kalau bisa menjahit semua jadi gampang ya mbak. Apalagi bikin masker. Bisa dimodifikasi sesuka hati. Aku nih, ga bisa jahit. Hiks

  1. Mei 18, 2020

    […] Membuat Masker Kain Anak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *