DIY Masker Kain Dua Lapis Mudah dan Praktis

DIY Masker Kain 2 Lapis

Siang semua. Well, semoga kita semua dalam keadaan baik, ya?

By the way, hari-hari belakangan ini semua orang di dunia heboh corona virus atau covid 19. Yang pasti kita semua, sangat berharap dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Yang terinfeksi segera pulih dan yang sehat tetap sehat. Aamiin.

Sebagai upaya untuk memutus perkembangan covid 19 ini, yang paling mudah adalah tetap di rumah. Dan yang nggak kalah penting adalah memakai masker. Masker kain saja, untuk yang tidak mau repot bisa beli. Dan yang ingin membuat masker sendiri juga gampang dan mudah membuatnya.

Masker Kain Saja, Masker Medis Biar Untuk Nakes!

Buat kita yang di rumah saja, jangan deh ikut borong masker medis. Pakailah masker kain. Masker kain cukup kok untuk menahan droplet tidak menyebar. Jadi jika kita terinfeksi kemudian batuk dan bersin, kemungkinan virus yang menyebar jadi makin sedikit. Iya toh?

Membuat Masker Kain 2 Lapis Mudah dan Praktis

Kemarin saya coba buat masker kain dua lapis yang bisa diselipkan tissue atau kain juga di dalamnya. Saya buat dari sisa kain dari produksi sarung dan potongan perca lain yang ada di rumah. Dan hasilnya lumayan kok, bisa buat gaya!

Bahan dan peralatan untuk membuat masker kain dua lapis

  • Kain 3 lembar. Saya ukuran 26 x 14 cm. Yang bagian dalam 24 x 14 cm dan ukuran kecil 6 x 14 cm.
  • Kain panjang 2 helai kurang lebih 2 x 50 cm untuk tali pengikat
  • Benang
  • Gunting
  • Mesin jahit

Cara Membuat Masker Kain Dua Lapis

Cara buatnya gampang kok. Saya buatkan foto per step ya!

1. Siapkan kain yang akan di gunakan

Tiga lembar kain

2. Potong pola sesuai keinginan

Potong sesuai pola yang di inginkan

Cara potongnya kain terlebih dahulu di tumpuk. Kemudian untuk bagian lubang tempat menyelipkan tissue juga di sesuaikan. Seperti di gambar.

3. Jahit bagian depan masker

Membuat bagian depan masker

Cara menjahit bagian depan dengan melipat kain. Lalu jahit untuk bagian hidung dan dagu. Bagian pelapis bagian dalam juga di jahit sama.

Hasil jahitan bagian hidung dan dagu

4. Satukan kain, di buat terbalik. Kemudian jahit bagian atas dan bawah masker

Hasil jahitan. Lubang untuk pelapis disesuaikan.

5. Balik kemudian jahit tindis bagian atas dan bawah masker

Balik masker setelah proses no 4
Setelah jahit tindis atas dan bawah masker

6. Pasang bagian tali. Di pinggir.

Pasang tali pengikat samping kanan dan kiri

Nah saat pemasangan tali ini, kalian bisa juga berbeda. Bisa di jahit gulung saja lalu di kasih karet untuk ke telinga, atau pasang karet untuk model head loop. Suka-suka kalian saja, ya!

Ini maskerku!

Hasilnya lumayan kan? Bisa gaya. Walaupun cuma untuk jemur cucian saja di luar. Ahaha!

Btw, tetanggaku juga pada jahit masker kain. Ditengah badai wabah, mereka tetap ikhtiyar mencari rejeki. Ada emak muda sampai eyang sepuh yang sudah 60+. Boleh banget dilarisi masker kainnya. Hanya selapis, tapi aneka motif yang lucu. Hasilnya bisa tengok ke instagram atau ke shopee.

Baca juga

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Lina Sophy

Mungkin Anda juga menyukai

32 Respon

  1. dadi sinau ndondomi kiye lhhhhhaaaa

  2. Lidya berkata:

    Aku pingin nyobain bikin sendiri ah maskernya, tapi gak punya mesin jahit, pakai jahit tangan juga bisa ya mbak. Memanfaatkan kain yang ada di rumah lumayan juga untuk penggunaan sendiri ya

  3. NurulRahma berkata:

    Wah, ternyata gampil bgt yha
    Nanti aku coba collabs dgn mba di rumah buat bikin masker kain ini ah
    makasii

  4. Yeni Sovia berkata:

    Wah ternyata gampang ya mba bikinnya. Apalagi kalau motifnya lucu-lucu pasti jadi semakin semangat ya kita bkinnya. Sayangnya aku ga punya mesin jahit nih. Hiks

  5. Wah senangnya ya kalau bisa bikin masker kain sendiri. Pengin sih, tapi nggak punya mesin jahit. Sementara ini untuk masker kain aku beli aja ke temen dekat rumah 🙂

  6. Mugniar berkata:

    Alhamdulillah banyak yang tergerak menjahit masker kain sehingga masyarakat umum bisa mendapatkannya dengan mudah.

  7. Keke Naima berkata:

    Saya pengen cobain bikin juga. Suami saya ding yang bikin. Soalnya yang bisa jahit dia hehhee

  8. Ternyata bisa bikin sendiri ya masker kain ini, aku juga sekarang lebih suka menggunakan masker kain. Apalagi kalau pakai masker saat keluar harus langsung dicuci. Jadi kudu punya banyak stok masker kain nih.

  9. Evi berkata:

    Masker kain, enaknya, bisa dibuat sendiri. jadi kita tak perlu masker-masker bikininan pabrik yang lebih dibutuhkan oleh para tenaga kesehatan ya. Disamping masker kain juga bisa dicuci, jadi gak boros

  10. andiyani achmad berkata:

    maasyaaallah mba, DIY nya ini bermanfaat sekali buat yang mau coba peruntungan usaha bisnis masker kain

  11. Lina W. Sasmita berkata:

    Lumayan mudah buatnya ya. Asal ada kemauan saja sebenarnya haha. Bahkan pakai jarum dan benang saja udah bisa jadi masker yang cakep.

  12. Ade UFi berkata:

    Gampang sebenarnya buat masker ya. Tapi emang dasarnya saya aja yang malas buatnya.. hahaha.. maunya tinggal terima jadi. Soalnya saya nggak bisa lurus jahit pakai mesin. apalagi tangan. hiks

  13. indah nuria berkata:

    sepertinya lumayan sederhana caranya yaa mba..semoga bisa coba langsung di rumaah buat sendiri

  14. Neti berkata:

    Masha Allah tak ada alasan tak punya masker utk melindungi diri dan orang lain ya mak. Bahkan dengan peralatan sederhana kita bisa bikin masker sendiri asal mau. Tak perlu beli. Thank you mak tutorialnya!

  15. Neti berkata:

    Tak ada alasan tak punya masker utk melindungi diri dan org lain ya mak. Bahkan kita bisa membuat masker kain sendiri dengan peralatan sederhana. Thank you mak tutorialnya

  16. Jiah Al Jafara berkata:

    Aku lihat teman-teman bikin masker sendiri kok jadi pengen coba. Cuma malas dan gak ada mesin jahit, hahaha. Coba nanti cek dagangan teman aja

  17. Rachmanita berkata:

    Bagus banget mbak ini maskernya aku suka banget warnanya dan. Bisa 2 lapis gini keren

  18. Echaimutenan berkata:

    Tak belajar jait jelujur duluuuu wkwkw. Iya mak aku juga pakai kain biar medis pakai masker medis.
    Kemaren ga bikin masker kainnya tapi dapet gratisan, lumayan buat pergi ke luar bentar

  19. Utie adnu berkata:

    Kakak ku Juga tukang jahit kak kemarin alhamdulillah ini dpet orderan buat masker sampai ribuan,,,

  20. Setuju masker medis buat nakes, kita masker kain saja….Ku juga beli dari tetangga Mbak, eh bikin ternyata bisa ya, tapi ga punya kain aku. Di lingkunganku sudah wajib masker, karena sekelurahan sudah meninggal 4 orang..hiks! Semoga segera berlalu wabah ini ya

  21. Damar Aisyah berkata:

    Aku juga bikin masker dan caranya sama juga kayak gini. Cuma jahitan tangan aja Mbak. Lumayanlah, memanfaatkan kain di rumah, puas juga makeknya. Coba kalau pakek mesin mesti tambah puas hehehe

  22. April Hamsa berkata:

    Masker ini emang benda wajib pakai tiap keluar rumah ya mbak…
    Keren banget bisa bikin sendiri hehe, aku kmrn beli dan kebetulan emang ada stock masker sejak sblm ada wabah (biasanya buat kalau aku kena flu).

  23. Naqiyyah Syam berkata:

    Masya Allah asyik ada cara membuatnya, aku belum mencoba karena lagi fokus menemani anak belajar, nanti aku cobain deh caranya bagaimana.

  24. Dzulkhulaifah berkata:

    Semoga dengan tulisan ini semua orang jadi mandiri bisa bikin masker sendiri yaa. Akupun kemarin dibuatin beberapa masker kain sama kakakku. Motifnya lucu-lucu. Hehe.

  25. Milda Ini berkata:

    Unik bentuknya ya Mbak Dan ini juga bisa jadi penanda atau karakter kita di saat yang lain pakai masker yang sama kita bisa tampil beda ya kan

  26. khairiah berkata:

    temanku juga jadi pengusaha, apa yaa sebutan yg cocok, jadi punya usaha bikin masker kain dadakan

  1. April 20, 2020

    […] Bacaan lain : DIY Masker Kain 2 Lapis […]

  2. April 22, 2020

    […] Baca Juga DIY Masker Kain 2 Lapis […]

  3. April 23, 2020

    […] Baca juga DIY Masker Kain 2 Lapis […]

  4. April 25, 2020

    […] Baca DIY Masker 2 Lapis […]

  5. Mei 1, 2020

    […] DIY masker kain dua lapis […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *