Membuat Sarung Instan Anak itu Gampang

Salam semua ^^

Selamat pagi, sehat selalu ya? Ada yang hobi ber-diy? Ah pasti banyak. Yang hobi jahit menjahit? Pasti banyak juga lah ya.

Em, kali ini saya mau berbagi tutorial bikin sarung instan anak. Mudah-mudahan bermanfaat, soalnya pas saya pertama kali mau bikin untuk anak saya, cari-cari tutorialnya nggak nemu yang detail.

Lalu dari usaha nyari referensi dan lihat di toko berhasil juga bikin. Dan Alhamdulillah bisa jadi usaha sampingan melayani pesanan yang mau dibuatin sarung instan juga, lumayan banget kan?

Baca juga Alfatih Gallery : Sarung Instan Anak

Kenapa harus sarung instan? Biar praktis nggak ribet soal menggulung di perut. Anak bebas bergerak tanpa khawatir sarung bakal melorot. Kali aja ada teman pembaca yang punya anak laki mau diajarin ngaji dan sholat pakai sarung.

Sebelum bahas cara bikin sarung, ngomongin dulu soal pentingnya anak belajar sholat ya? Kan, ngajarin anak belajar sholat juga harus dilakukan sejak dini yak? Solat itu kewajiban utama kita sebagai muslim terhadap-Nya.

Cara paling ampuh ngajarin anak solat ya dengan memberi contoh langsung. Dengan melihat kita setiap hari, anak bakal ngikut. Iya kan?

Oke ya, sekian basa basinya. Sebelum bikin sarung instan bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Kain, menyesuaikan dengan kebutuhan ukuran anak ya. Saya pakai contoh untuk anak usia kurang lebih 4 th. Kain yang disiapkan ukuran panjang 115cm, lebar 63cm.
  • Karet elastis 45cm
  • Benang
  • Dan tentu mesin jahit (kalau dijahit tangan juga bisa kalau mau telaten)
Alat dan bahan

Setelah semua bahan siap. Kita mulai jahit dengan menyatukan ujung kain. Hasilnya seperti model sarung biasa.

Lipat dan jahit

Setelah selesai jahit samping, lalu jahit bagian bawahnya.

jahitan bagian bawah

Setelah bagian bawah selesai, kemudian bikin lipatan di bagian atas. Saya sih pilih lipatan di depan 1 kali aja. Kalau dibuat 2 lipatan hasilnya malah kurang memuaskan, terlihat ngembangin di bagian depan.

lipatan di bagian atas

Jahit di kedua ujung lipatan ke bawah kurang lebih 8 cm. Dan yang terakhir pasang karet elastis.

karet di pinggang

Nah, jadi deh sekarang. Gampang banget kan? Kalau pakai sarung begitu mudah-mudahan anak makin semangat ngaji dan solatnya.

ini hasil jahitan saya

Sekian ya tutorial diy sarung instannya. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

28 Respon

  1. Ima satrianto berkata:

    Maaak, ya ampunnn, kreatif banget yaaaa. Keliatannya gampang ya, tapi begitu praktek butuh pendampingan ni. Terima kasih ya ilmunya.

  2. Nia K. Haryanto berkata:

    Wuih, kreatif. Kudu niru nih. Dua bocahku masih belom pake sarung karena suka melorot kegedean. Padahal mereka kepengen banget kayak bapaknya. Bikin ah, kayaknya gampang nih. Hihihihi… kayak yang iya aja. :)))

  3. Tian lustiana berkata:

    Wah kreatif banget, hehe saya kok ngerasa susah ya itu bikin sarungnya wkwkkwkw. Harus langsung praktek kali yah biar bisa

  4. Hikmah Khaerunnisa berkata:

    Wow.. simpel mba.. tapi kalau saya pramtek pasti susah juga.. haba ga ngerti mesin jait.. wkwk.

    Btw anak2 jd gak ribet pakai sarung dan ternyata fashionable loh ๐Ÿ˜

  5. HM Zwan berkata:

    Mbakkk, kreatif banget. Bisa bikin sarung instan buat anak anak. Langsung inget sama anakku, lucu kali ya anakku pake sarung instan buat ngaji..

  6. Yati Rachmat berkata:

    Hihihi ..bunda juga sama sm Im nih psrlu turor konkrit buat bikinnya. Corak kainnya bagus.

  7. Ihh mba, kreatif banget!
    Kebetulan anakku cewek jadi asli gak pernah kepikiran, hahaha

    Apalagi mba doyan DIY, tambah mudah eksekusinya ya.
    Aku jadi penikmat artikel saja sementara ini, hihihi

  8. Eri Udiyawati berkata:

    Terus Mba Lina kapan nih ngajarin saya menjahit..? Kalau bisa jahit, buat sarung instan untuk anak gitu simple dan praktis sebenarnya, ya? *mendadak saya pengen bisa jahit, terus bikin baju-baju sesuai selera sendiri.. walah ngimpi terlalu tinggi nih saya.

    • Lina Sophy berkata:

      Nggak mimpi siy mbak kalau mau mencoba, nggak rumit juga menjahit itu. Kalau mau cepet bisa, belajar motong kain sama penjahit aja langsung nanti dikasih tau trik yg simpel nggak pakai ngitung segala kayak ditutorial yg banyak di Google ituh ๐Ÿ˜‚

  9. Ophi Ziadah berkata:

    Klo ada mesin jahit gampang bgt ya bikinnyaa…
    Tp sekarang jg banyak dijual saring instan macam ini sih

  10. Ophi Ziadah berkata:

    waaah kalau punya mesin jahit gak terlalu sulit ya bikinnya,
    eh tp sekarang dah banyak juga sih dijual sarung instan…

  11. Ophi Ziadah berkata:

    waaah klo punya mesin jahit sendiri enak yaa, gampang sebenernya
    e tp sekarang dah banyak juga yg jual sarung instan ini sih

  12. Lina W. Sasmita berkata:

    Waaah cocok ya buat anak-anak, nggak harus melilit-lilit terus kedodoran. Kadang dijailin temannya juga jadi lepas dari badan. Pulang nangis-nangis.

  13. Asyiknya bisa bikin sendiri, aku ggbisa jahit… Huhuhuhu

    Dulu, beliin sarung buat anak, meski instan tapi kegedean. Tetep deh digulung

  14. Barokallah mba, kreatif dan keren. Sama kamu kayak suamiku kratif dan pintar menjahit hehehe … sukses terus ya Mba. AKu pengen menjahit tapi males belajar, dulu pernah tapi sekarang nggak mahir. Hiks

  15. Dedew berkata:

    Keren dan kreatif say, aku angkat tangan deh kalau soal jahit dan craft huhuhu

  16. Tuty Queen berkata:

    Waaah aku mau buat juga ah buat ponakan mumpung ada mesin jahit nganggur dan bakal kain sarung, jadi nggak repot diikat ya mbak kalau dikaretin gitu.

  17. Nina Wavhyoe berkata:

    Mba bikin video nya juga doang, kliatan nya sih simpel. Tapi pada prakteknya pasti ngga sesederhana itu, mau tanya dari tingkat pinggang anak dilebihin brapa cm mba..??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *