Membuat Kue Kacang Gurih Renyah Favorit Keluarga Bareng si Kecil

kue kacang

Btw, weekend kita kemarin gerimis melulu nih. Bikin mager, acara bertualang sama anak gagal total. Nggak seru kan hujan-hujan pecicilan. Yang ada nanti masuk angin dan meriang. Pokoknya kurang seru kalau aktivitas outdoor ketika hujan, kecuali sengaja main hujan-hujanan, baru saat hujan. Ehehe.

Kalau lagi gerimis yang nggak henti-henti begini, biasanya main apa sama anak balita? Pilih keruntelan aja di kasur? Nonton tv? Nyiapin peralatan activity kayak menggambar, mewarnai atau lainnya? Tapi kalau itu-itu saja, saya jamin anak juga lama-lama bosen ya? Ujung-ujungnya minta hp. Eh ini kalau anak saya, sih. Hiks.

Nah, untuk mengatasi kebosanan dengan kegiatan yang itu-itu saja tadi, saya pilih ngajak si kecil berantakin dapur. Main tepung, bikin kue favorit.

Kali aja mau ada yang pengen, resepnya saya pakai punya teh Tiya Rahmatiya. Thanks ya teh, semoga Allah membalas dengan kebaikan melimpah. Ini bahan dan cara bikinnya mudah banget. Cari aja di toko kue, atau warung kelontong dekat rumah, insya Allah ada.

Bahan membuat kue kacang

  • Terigu 200g
  • Kacang tanah 125g disangrai dan dihaluskan
  • Gula halus 85g (saya cukup 75g)
  • Minyak sayur 100g
  • Garam 1/2 sdt
  • Kuning telur + mentega cair untuk olesan

Semua bahan dicampur jadi satu

Cara membuat kue kacang

  • Campur semua bahan kecuali bahan olesan
  • Setelah tercampur rata masukan dalam kulkas 1 jam
  • Keluarkan adonan dan biarkan sampai suhu ruang
  • Adonan siap dicetak, taruh loyang yang dialasi kertas roti / oles margarin tipis-tipis
  • Oles bagian atas dengan campuran kuning telur dan mentega cair
  • Panggang sampai matang
  • Kue kacang siap dinikmati

Mudah sekali bukan? Anak saya Sulthon demen sekali kalau diajak bikin ini. Ngerusuh memang, semua jadi tambah berantakan, tapi nggak masalah buat saya yang penting kita semua happy.

Manfaat membuat kue kacang bersama si kecil

Kalau sudah main adonan begini pasti dong anak-anak bakal senang bukan main. Iya nggak? Kalau anak saya pasti. Tentunya, ini akan banyak manfaat untuk proses tumbuh kembang anak, iya kan?

si kecil sibuk cetak kue kacang

1.Stimulasi motorik halus

Ini semacam main playdough warna-warni itu. Dia ulenin, giles-giles, cetakan pakai cetakan favorit. Otomatis motorik halus anak terstimulasi, tangan anak makin kuat. Makin kokoh dan mantap dong diajak megang pensil persiapan belajar nulis, iya kan?

Baca juga Kegiatan Melatih Motorik Halus di rumah

2. Mengasah Kemampuan Life Skill

Nah yang ini penting, saya membiasakan anak ikut aktif di dapur dari kecil. Meski ia anak laki-laki, nggak jamannya lagi ada pemisahan gender yang boleh masak-memasak hanya anak cewek. Tujuannya jauh sekali ke depan, mengasah kemampuan life skill-nya.

3. Mengasah daya kreatifitas anak

Jelas dong, dengan membuat roti kacang begini ada saja idenya. Mau bikin model kipas, heart, bulan sabit, tetes air dan dia bakal susun di loyang sesuai keinginan hatinya.

4. Perkembangan bahasa

Loh ini juga jelas, anak nambah kosa kata. Ada oven, cetakan kue, garam 1/2 sendok teh, margarin, kuning telur dan sebagainya. Kalau anak nggak pernah terlibat di dapur mana tahu kata-kata itu.

5. Mempererat bonding ibu anak

Setuju kan? Kalau memasak bersama pasti kedekatan sama anak makin erat. Yang pasti semua bahagiaaaaa.

Itu saja cerita kami, semoga bisa bermanfaat. Salaam.

Mungkin Anda juga menyukai

32 Respon

  1. Farida Pane berkata:

    Ini enak banget pasti ya. Cara membuatnya pun mudah. Bisa jadi sarana belajar anak 😍

  2. Adriana Dian berkata:

    waaah palings eru bagian cetak cetaknya yaaaa, anak anak pasti suka cetak cetak kue. Berasa main playdoh pastiiii. Hihihihii. Makasi resepnya ya mbak, nanti aku mau cobain bikin juga aaaaah <3

  3. Megha berkata:

    Aduh baca kue kacang jadi inget kue kacang buatan ibu saya mak. Sekarang kita tinggal beda kota jadi susah deh. Favorit aku banget kalo udah urusan perkacangan hehe catet ah cara buatnya.

  4. Diar Ronayu berkata:

    Kalo inget kue kacang jadi inget lebaran, kalo mudik ke tempat embah pasti ada kue kacang buatan budhe yang uenaaak banget.. sekali makan bakal ngambil2 lagi saking enaknya. Nyoba bikin sendiri di rumah kok gatot, hahaha

  5. Indah Nuria berkata:

    Masukkan ke kulkas dulu biar crunchy yaaa mba? Enak bisa bonding dengan anak sambil bikin makanan kesukaan mereka yaaa mba… seru pastinya

  6. Dedew berkata:

    Seru banget sih, sayang aku ngga ada oven huhu dari dulu pengen bikin-bikin gini belum kesampaian..enak banget ni kukis kacang..

  7. Ida Raihan berkata:

    Waaa… makasih Mak resep dan tipznya. Bisa diterapkan bareng anak anak.

  8. Sulis berkata:

    Mba lina rajin yaa… Aku dulu pernah rajin, tapi sekarang males..anakku tak ajak.ke dapur juga sih, klo pas dia mau…tp palingan bukain bungkus tempe..bagian balurin tepung….klo bikin kue, roti..banyakan gagal aku mba..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    • Lina Sophy berkata:

      Kalau resep roti kue kayaknya harus sesuai ukuran deh mbak, timbang menimbang perlu banget. Iya mbak, saya lumayan demen baking dulu pas tinggal di Jogja, sempet bikin aneka kue kutitipkan di kantin arsitek UII loh ehehe

  9. Mugniar berkata:

    Benar banget semua manfaatnya in syaa Allah akan didapatkan oleh anak bersama ibunya πŸ™‚
    Makasih sharing-nya, Mak. πŸ™‚

  10. diane berkata:

    Ankku kalo ikutan bikin kie demen banget.. ada yang ngumek adonan, ada yang nyetak..seru sih.

  11. Wahh asik.. kalau ada kue ingetnya lebaran.. hihi.. asik ngajak si kecil memasak itu ya mba.. melatih kemandirian juga..

  12. Jadi inget jaman kecil dulu hobi gangguin ibuku kalau pas diajak bikin kue. Emang beneran bikin happy anak kecil lho mba saat diajak bikin kue. Mereka pasti penasaran pengin ikut cetak bentuk kuenya, terus mau ulenin, mau ini itu, yang kadang malah bikin kue jadi bantat hahaha.. Tapi itulah asyiknya.

    • Lina Sophy berkata:

      Ahahaha untung ibunya sabar ya mbak, iya sih ya pas kecil kita sadar sering ngerusuh kegiatan orang tua apapun itu. Etapi sekarang ngerasain pas punya anak, betapa kadang merasa sebel apalagi kalau kita pas butuh kerjaan cepet πŸ˜‚

  13. Evi indrawanto berkata:

    Aku suka pada kue kacang. Digigit renyah dan rasanya gurih manis. Cuma belum pernah bikin sendiri. Lihat resepnya agak mudah ya. Tapi lihat doang sih nggak tahu kalau prakteknya. Seru pasti bikin kue bersama anak-anak sekalian mengajarkan mereka tentang banyak hal. Bonding dengan anak-anak juga akan semakin erat

  14. Wian berkata:

    Baking/ masak bareng anak itu emang seru ya mba. Rusuh dan berantakan sih udah pasti yes..

  15. Bookmark nih buat dibikin kue lebaran. Apalagi bikinnya pas ramadhan, jadi ga terasa saking serunya.

  16. Nova Violita berkata:

    Punya anak cewek pasti seneng banget diajak bikin kue ya.., mainan tepung hehehehe..

    Ternyata membuatnya nggak rumit banget.., buat puasa dan lebaran juga bisa nih..

    Makasih resepnya..

  1. April 11, 2019

    […] Baca Juga Resep Kue Kacang Favorit […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *