Bagaimana Menggosok Gigi Saat Puasa

gambar pixabay.com

Assalamu’alaikum…

Alhamdulillah sudah masuk hari ke-9 puasa Ramadhan. Puasanya lancar kan? Semoga ya?!

Btw, ngomongin soal sikat gigi saat puasa nih? Gimana menurut kalian? Boleh atau tidak boleh? Dan bagaimana kalian menyikat gigi saat berpuasa? Sharing yuk!

Sebelum bahas soal menyikat gigi saat puasa boleh atau tidak, kita harus paham perihal yang dapat membatalkan puasa dahulu. Salah satunya yaitu memasukan sesuatu kedalam tubuh melalui 7 lubang yang ada pada setiap manusia.

Baca juga Tips menghilangkan jerawat dengan sabun mandi

Menyikat gigi merupakan kegiatan berkumur dan menggosok gigi dengan pasta kedalam mulut. Apakah menyikat gigi ini perbiatan makruh, mubah atau membatalkan puasa.

Menurut Imam Nawawi, dalam al-Majmu’, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan: 


لو استاك بسواك رطب فانفصل من رطوبته أو خشبه المتشعب شئ وابتلعه افطر بلا خلاف صرح به الفورانى وغيره


Artinya: Jika ada orang yang memakai siwak basah. Kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)

Sumber nuonline

Pendapat lain datang dari Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani yang menyampaikan bahwa menyikat gigi hukumnya makruh, dalam Nihayatuz Zain menyampaikan bahwa:

“Hal yang makruh dalam puasa ada tiga belas. Salah satunya bersiwak setelah zhuhur,” (Nihayatuz Zein fi Irsyadil Mubtadi’in, cetakan Al-Maarif, halaman 195).

Sumber dalamislam.com

Jadi apabila berpuasa dan menyikat gigi air dan pasta gigi tidak masuk ke tenggorokan, puasanya tidak apa-apa. Namun apabila ada sedikit air atau pasta yang tanpa sengaja masuk ke tenggorokan, puasanya batal. Untuk itu demi keamanan, lebih baik menyikat gigi dengan pasta gigi sebelum imsak tiba.

Baca juga Tips mengatasi ketombe untuk perempuan berhijab

Dan apabila terpaksa harus menyikat gigi saat siang hari dalam keadaan puasa, harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Tatacaranya, sebagai berikut:

  1. Dilakulan dengan sangat hati-hati
  2. Tidak menggunakan pasta gigi, dan apabila harus dengan pasta harus dipasrikan tidak ada yang tertelan
  3. Berkumur dengan sangat hati-hati dan pelan.
  4. Dilakukan sebelum dzuhur

Demikian bahasan tentang menyikat gigi saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

25 pemikiran pada “Bagaimana Menggosok Gigi Saat Puasa

  1. aku termasuk yang kadang2 sikat gigi nih kalo sebelum mandi, karena memang ritualnya seperti itu. Oohyaa pantes aja ada iklan pasta gigi yg bilang tanpa menggunakan air ya. khawatirnya kalo tertelan bisa batal ya 🙂

  2. Di bulan puasa ini, biasanya saya menyikat gigi kalau sudah denger aba-aba imsak dari masjid. Kalau habis subuh tidur lagi, bisanya pas bangun mulu/gigi terasa tidak enak. Saya gosok gigi pakai jari-jari aja

  3. aku nyari amannya mbak, setelah sahur dan setelah berbuka puasa, dengan catatan enggak tidur lagi setelah sholat subuh. Biasanya bau mulut itu setelah bangun tidur, em…

  4. Jadi emang lebih baik gosok gigi setelah sahur ya. Takutnya kalau siang tanpa sengaja ada air yang masuk ke tenggorokan. Kan sayang puasanya.

    Makasih udah share ya, Mba Lina..

  5. Seringnya sikat gigi pas pagi hari saat mandi seh mbak. Harusnya pas selesai sahur ya. Dulu banget sering diingetin sama orang tua, tapi sekarang malah jadi bablas aja >.,

    Thanks udah ingatin mbak

  6. Iya, polemik juga ya kalau mau sikat gigi. Terutama kalau pas harus meeting dan ketemu orang, tentunya ga mau kan ya jadi ga pede karena teringat2 gimana bau mulut sendiri. 😉
    Untunglah aturannya sudah jelas ya. Niatnya sih jelas tidak untuk menelan sesuatu 😀

  7. Kalau pakai pasta gigi agak riskan ya sikat gigi waktu puasa, makanya kadang aku memilih pas setelah selesai sahur aja daripada tertelan lagi pula rasa manisnya terasa banget. Kalau mau siat gigi gak usah pakai pasta gigi mungkin aku milihnya

  8. Kalo aku, lebih milih gosok gigi itu saat abis sahur dan menjelang tidur malam. Dan siang hari cukup kumur-kumur aja. Soalnya kalo siang, gampang banget deh gusiku berdarah kalo gosok gigi.

  9. Wkkwkw…jadi ingat waktu kecil saat berpuasa.
    Pas mandi sore selalu di lama-lamain di dalam kamar mandi. Bukan…bukan minum air mandi…tau kalo itu bukan air mateng.
    Tapi…
    Sikat gigi yang aga lama…kan pasta giginya rasa buah tuuh…enak banget…

    Hhahaa…
    Abis mandi, yang tadinya lemes, langsung happy dan semangat lagiii…

  10. Kalau pas puasa gini sikat gigi sebelum imsak mba. Biar gak bau mulut sih sebaiknya gak tidur. Entah ya kalau aku bangun tidur pas puasa tuh mulut kerasa kering. Bawaannya pengin sikat gigi tapi takut batal.

  11. Terima kasih reminder dan informasinya Mba. Aku sikat gigi justru biasanya sebelum wudhu untuk solat subuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *