Review Ekspedisi Tiki, Jasa Pengiriman Yang Tidak Pernah Membuat Saya Kecewa

Review Ekspedisi TIKI

Review Ekspedisi TIKI – linatussophy.com

Pakeeeetttt!

Suara nyaring kurir seperti ini tuh asli bikin happy!

Saya dan mungkin kalian juga, termasuk orang yang butuh banget dengan jasa para kurir. Keadaan yang tak kunjung normal akibat pandemi, mendorong siapapun untuk beralih ke semua hal yang serba online termasuk soal belanja. Sebagian besar dari kita sudah sangat terbiasa untuk membeli barang apapun, mulai dari kebutuhan sandang, hobi sampai keperluan bahan pokok seperti makanan jadi.

Ketika belanja apapun serba online, apakah tidak terjadi masalah? Tentu saja ada dan macam-macam cerita. Jika kita tidak jeli dalam proses jual beli online, ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang untuk melakukan kejahatan dan penipuan. Lalu apa kabar dengan pengiriman barang? Nah ini juga kadang bikin sebel karena soal pengiriman juga nggak akan cepat sampai tepat waktu semuanya.

Masalah yang sering terjadi saat jual beli online

Masalah belanja online

Berdasarkan pengalaman sebagai konsumen dan dari cerita kawan-kawan saat belanja online, banyak permasalahan umum yang kerap timbul dari proses jual beli ini. Diantaranya :

1. Kualitas barang yang tidak sesuai ekspektasi

Masalah kualitas barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi adalah masalah yang paling kerap dialami konsumen saat belanja online. Saya paling sering ketipu kalau belanja pakaian. Seringkali foto produk dengan barang yang kita terima sangat jauh berbeda.

2. Ketemu seller penipu

Kasus penipuan seperti ini sering banget terjadi karena konsumen yang kurang jeli. Untuk menghindari kasus penipuan seperti ini, sebaiknya kita bertransaksi via market place yang lebih aman, atau cek rekening seller sebelum bertransaksi.

3. Masalah pengiriman barang

Siapa disini yang sering belanja online dan belum pernah mengalami masalah terkait pengiriman barang? Saya kira tidak ada! Masalah pengiriman menjadi masalah paling klasik, entah itu pengiriman yang lama sampai, barang hilang, barang rusak.

Review Ekspedisi TIKI, Jasa pengiriman yang tidak pernah membuat saya kecewa

Saya memulai bisnis online sekitar tahun 2012 bersama kawan baik saya di Jogja dengan berjualan buku via Facebook. Kemudian setelah memutuskan menjadi ibu rumah tangga dan meninggalkan Jogja, saya pun memilih kegiatan produktif seperti menjahit, crafting, sampai bisnis sovenir haji dan umroh yang saya jual dengan cara online.

Untuk bisnis sovenir haji dan umroh, saya memulai di tahun 2017. Saya menyediakan berbagai macam sovenir seperti tasbih dan gelang dari kayu kokka yang saya beli dari pengrajin di Kalimantan. Seller disana sudah mengarahkan saya untuk memakai jasa Tiki, namun saya memilih ekspedisi lain yang saya kira akan lebih cepat sampai. Tapi apa yang terjadi? Paket saya tak kunjung sampai, setelah lelah komplain akhirnya paket sampai setelah dua minggu.

Sejak kejadian itu, setiap kali belanja akhirnya saya pakai ekspedisi TIKI. Dan Alhamdulillah paket tiba dengan selamat, aman dan tepat waktu. Kadang kala saya ambil sendiri ke gudang tiki jika paket saya sampai ke Cilacap sore hari dan kemungkinan pengantaran hari berikutnya. Saya juga rekomendasikan jasa kirim tiki pada konsumen yang tidak bertransaksi via shopee. Dan Alhamdulillah, sampai hari ini saya belum pernah kecewa dan mengalami kendala pengiriman dengan ekspedisi TIKI.

Ini merupakan review ekspedisi TIKI yang jujur dari saya lho!

Mengapa harus pilih Ekspedisi TIKI?

Jasa Pengiriman Barang Yang Recommended

Atas beberapa pertimbangan, saya merekomendasikan ekspedisi TIKI bagi para seller dan konsumen yang ingin melakukan transaksi jual beli online. Alasannya antara lain :

1. Terpercaya dan memiliki budaya perusahaan yang baik

PT Citra Van Titipan Kilat atau TIKI telah beroperasi lebih dari 50 tahun, yaitu pertama didirikan pada tahun 1970 di Jakarta. Hingga kini, berbagai penghargaan bergengsi telah diraih sebagai perusahaan ekspedisi yang terpercaya.

Selain itu, budaya perusahaan yang TIKI terapkan dalam kegiatan usaha yang dilakukan juga sangat baik.

  • Amanah. Salah satu komitmen yang TIKI jaga adalah dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab.
  • Komunikasi. TIKI mau menyampaikan dan mau menerima segala informasi untuk menyatukan persepsi.
  • Komitmen. Tiki berupaya untuk selalu melaksanakan apa yang sudah menjadi kesepakatan.
  • Kerjasama. Yaitu saling berinteraksi dan bekerjasama dalam mencapai tujuan
  • Pikiran Terbuka. TIKI mau menerima segala masukan dan menerima perbedaan untuk perbaikan.

2. Jangkauan Luas

Jangkauan dari ekspedisi TIKI ini sangat luas, melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan bisa kirim mancanegara pula. Saat ini, perusahaan ini telah memiliki jaringan di 65 kota besar, memiliki 500 lebih kantor cabang dan 3.700 lebih gerai dan karyawan yang sangat banyak juga sekitar 6.000 lebih.

3. Harga terjangkau dan banyak pilihan produk

Produk TIKI

Kelebihan dari ekspedisi TIKI, salah satunya adalah soal harga yang terjangkau dengan banyak pilihan produk sesuai kebutuhan. Kalian bisa pilih, misalnya ingin mengirimkan di hari yang sama pilihlah SDS, atau ingin besok sampai di penerima maka pilihlah ONS, dan sebagainya. Beberapa produk TIKI antara lain :

  • SDS (Same Day Service)
  • ONS (Over Night Service)
  • TDS (Two Day Service)
  • Reg (Reguler Service)
  • Eco (Economy Service)
  • Trc (Trucking Service)
  • Int (Internasional Service)

4. Cara tracking resi mudah

Tracking tiki

Untuk urusan cek posisi paket, caranya mudah tinggal tracking nomor resi pengiriman di website tiki atau di aplikasi yang bisa kalian download di play store.

5. Berbagai kemudahan lain

Ekspedisi TIKI

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh TIKI bagi para pelanggan. Seperti cek ongkir sebelum bertransaksi, bisa booking online, adanya servis jemput online, antar jemput paket dan lainnya.

6. Jika terjadi masalah dengan pengiriman, kamu bisa cari solusinya disini

Customer service tiki

Jika kalian mengalami masalah dalam proses pengiriman barang via TIKI, kalian bisa melaporkan masalah tersebut dengan cara telpon ke CS 1500125 atau dengan mengirim Email dan menghubungi media sosial resmi TIKI.

Aman dan nyaman berbelanja online saat pandemi dengan TIKI

Aman dan nyaman berbelanja online

Seperti yang sudah saya sebut diawal, bahwa pandemi ini berpengaruh besar terhadap kebiasaan masyarakat dalam hal berbelanja. Hal tersebut tentu saja erat kaitannya dengan kebutuhan jasa ekspedisi yang semakin meningkat. Nah, kesempatan ini pun tidak disia-siakan oleh TIKI sebagai perusahaan ekspedisi barang.

Belum lama ini, saya mengikuti kegiatan webinar yang diadakan oleh KEB (Kumpulan Emak Blogger) bareng TIKI dengan tema “Aman dan Nyaman Berbelanja Online”. Banyak banget ilmu dan informasi yang bisa saya dapatkan dalam kesempatan itu. Hadir Bapak Rudi Cahyadi sebagai perwakilan dari TIKI yang menjelaskan berbagai komitmen dan langkah TIKI sebagai perusahaan ekspedisi di masa PPKM ini ekspedisi dan pengiriman adalah salah satu usaha yang tetap boleh beroperasi pada masa pandemi, termasuk TIKI.

Beberapa langkah preventif yang dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid 19 antara lain :

  1. Penyemprotan rutin desinfektan pada gerai, gudang dan paket agar aman dari tercemarnya virus
  2. Tersedia hand sanitizer di setiap counter tiki
  3. Kurir wajib menjaga prokes dan menggunakan sarung tangan
  4. Penerapan jaga jarak yang ketat antar sesama staf, kurir dan juga dengan pelanggan
  5. Adanya program baru yang memudahkan transaksi penggunaan jasa kirim dari TIKI (Jempol, Putar dan Serlok)

Apa itu Jempol, Putar dan Serlok dari TIKI?

Jempol, PUTAR, dan Serlok

JEMPOL (Jemput Online)

Layanan jemput online ini merupakan fitur unggulan dari TIKI untuk memudahkan pelanggan yang ingin mengirimkan barang. Pelanggan cukup memesan layanan jempol via aplikasi atau website dan barang atau dokumen kamu siap untuk dijemput oleh kurir.

PUTAR (Jemput Antar)

Layanan jemput antar ini adalah layanan yang bisa di pesan oleh pelanggan untuk penjemputan dan pengantaran di hari yang sama. Cara pesan layanan ini juga mudah tinggal buka aplikasi TIKI yang bisa kalian download di play store.

SERLOK (Seller Online Booking)

Layanan Serlok ini merupakan kolaborasi antara TIKI dengan para pelaku UMKM. Pastinya sebagai wujud kepedulian terhadap para pelaku ukm untuk terus bisa maju pada situasi pandemi ini.

Lalu apakah fitur Serlok ini?

Serlok merupakan wujud kerjasama antara TIKI dengan pelaku UMKM/UKM maupun pebisnis yang Belum memiliki ijin operasional dan bisa mengirimkan paket 1-200/hari serta mendapat benefit yang menguntungkan bagi para mitra. Dan benefit yang bisa diperoleh oleh mitra yaitu sebesar 18% dari nilai transaksi yang diberikan oleh TIKI.

Bagaimana cara mendaftar Serlok? Cukup mudah, pelaku usaha diwajibkan memiliki toko online minimal di Facebook ataupun Instagram dengan satu akun satu pendaftar.

Benar-benar aman dan nyaman berbelanja online saat PPKM seperti ini kan? Jadi, soal kiriman barang ya TIKI aja!

Tabik.

  • Gambar dari aplikasi & website tiki dan dokumen pribadi, di edit dengan canva
  • Review Ekspedisi TIKI ini diikutsertakan dalam lomba blog TIKI X KEB 2021

Mungkin Anda juga menyukai

26 Respon

  1. Era Sapamama berkata:

    TIKI ini merupakan pelopor jasa ekspedisi swasta ya mam. Selama ini menggunakan jasa TIKI belum pernah telat, selalu tepat waktu

  2. Jiah Al Jafara berkata:

    TIKI ini legendaris sih dalam dunia peronlenan. Kalau belum pernah pakai atau terima barang dari Tiki, kayanya sungguh terlalu. Sekarang ada jemput online juga ya

  3. Ade UFi berkata:

    Ya Allah.. istilahnya kreatif banget.. hahaha… sempet bingung pas baca awal2 jempol. ternyata jemput online ya.. xixixi.. kreatif. Saya pun waktu di rumah papa seringnya pakai TIKI daripada ekspedisi lainnya.

  4. Helena berkata:

    aku suka pakai TIKI karena dekat banget dari tempatku, mbak. Trus dari segi biaya cuma 8000 se-jabodetabek. Hari ini kirim, besok sampai. Murah dan cepat, kan.

  5. Nurul Sufitri berkata:

    Zaman aku pernah jualan online pakaian tidur, aku juga suka pakai jasa ekspedisi TIKI loh. Memang sudah sejak lama TIKI menjadi pionir urusan kirim barang. Senangnya lagi kini ada Jempol, Serlok dll semakin memudahkan kira mengirim paket ya. Tunggu Mas Tiki datang, urusan beres deh.

  6. Tanti Amelia berkata:

    Keren sih ini ada JEMPOL dan SERLOk,
    dulu kan kudu capek ke TIKi dan kalo sampe sana ngantri karena petugasnya nimbangin barang barang OL shop huhuhuhuuuuuu

  7. Nchie Hanie berkata:

    Pakeeet, Ahsiyaaap!!
    Langsung deh lari2 menyambut pesanan datang dengan aman.
    Wah kalo TIKI mah udah ga diragukan lagi kiprahnya ini, makin berinovasi pula dengan layanan2nya seiring dengan teknologi digital , ada JEMPOL, SERLOK, PUTAR dll makin yahuud.

  8. Andiyani Achmad berkata:

    awal-awal aku berhijab di tahun 2011 sempat buka usaha online shop via BBM, FB Page, dan Blog, hahaha seniat itu sampai ada sesi photoshoot pulak buat koleksi-koleksi baru setiap bulannya. Semua pesanan aku kirim menggunakan jasa TIKI, jadi tiap malam pulang kantor pasti aku ke TIKI Raden Saleh-Cikini karena buka 24 jam, buat kirim orderan customer kesayangan

  9. Membantu banget ya bagi para umkm untuk tetap survive jualan jika didukung dengan jasa pengiriman yang mengerti kebutuhan selama pandemi ini. Jempol, Putar dan Serlok ini bikin kita bisa berkirim barang tanpa harus keluar rumah. Semua sudah diatur oleh TIKI, kita tinggal kontek2 aja ketika hendak mengirim barang.

  10. Dwi Puspita berkata:

    Alhamdulillah, selama pakai ekspedisi tiki memang belum pernah kecewa saya, pun trekkingnya jelas banget

  11. Aku dari dulu pakai Tiki karena emang gerainya banyak di mana2 sih mudah ditemukan.
    Sekarang makin enak juga karena dia punya aplikasi yang bikin kita tinggal mintol kurir buat pick up ya mbak.
    Memudahkan juga nih buat para online seller yang saat ini makin banyak, terlebih makin banyak yg milih belanja online saat pandemi gini

  12. Aku kalau belanja online kadang juga menggunakan TIKI Mak, Alhamdulillah selama ini aman2 saja.. penah menggunakan jasa pengiriman lain dan ada barang yang berkurang… kapok… tapi kalau TIKI mah aman…

  13. @hm_zwan berkata:

    Wah, keren banget Tiki, ada jemput antar. Jadi kita , khususnya yang punya bisnis online di rumah nggak perlu keluar rumah. Karena ada fitur Jemput Antar

  14. Rach Alida berkata:

    Ngak perlu kuatir kalau kirim barang pakai TIkI. Ngebantu banget karna bikin hati tenang ga kuatir ama barang yang dikirim

  15. Dian berkata:

    Sama mbak, aku juga selalu pilih tiki buat jasa pengiriman saat belanja online
    karena selalu memuaskan pelayanannya
    barang bisa sampai dengan selamat
    puas belanja online deh

  16. Larasati Neisia berkata:

    Tiki ini kayaknya jasa pengiriman pertama banget. Setelah itu baru banyak bermunculan yang lain. Waktu aku punya online shop dulu sering pakai Tiki. Emang kalau denger suara abang paket tuh mood booster banget pas lagi di rumah aja gini ahaha.

  17. Rahmah berkata:

    Ini andalannya Mamaku banget kalau ngomongin soal TiKi
    Sejak dahulu kala, TiKi memang selalu jadi nomer satu buat pengiriman

  18. Nia Haryanto berkata:

    Wah TIKI, udah lama saya gak pake jasa ini. Iya sih, dulu pun gak pernah mengecewakan deh TIKI ini. Jadi kangen pake TIKI lagi. Nanti nyoba lagi ahh…

  19. Alfa Kurnia berkata:

    Wah TIKI ada layanan jemput paket ya. Bermanfaat banget nih buat seller jadi nggak ada lagi alasan terlambat kirim paket karena nggak ada kendaraan untuk ke agen pengiriman paket.

  20. lendyagassi berkata:

    MashaAllah~
    Senang sekali melihat bisnisnya, kak.
    Dan emmang bisnis ini gak dibangun dalam semalam yaa…ada prosesnya di sana dan kerjasama dengan ekspedisi terbaik agar pelanggan tetap balik lagi untuk belanja di lapak kita.

  21. Rani R Tyas berkata:

    Buat ngirim dokumen ke adik ipar yang di Riau, kami lebih percaya TIKI sih. Pasti sampainya meski ke pelosok-pelosok negeri.

  22. cindyvania berkata:

    wah TIKI makin update ya untuk pengirimannya. Jd pelanggan di Tiki jg makin happy karena customer olsnya terjamin kiriman2 barangnya ya

  23. ainun berkata:

    pertama kali muncul expedisi dan aku tau ya TIKI ini, jangkauannya luas dan harga juga bersahabat

  24. Adriana Dian berkata:

    Deket rumah aku tuh kebuetulan deket kantor tiki yang bisa drive thru. JAdi kalo ngirim barang emang better ke tiki aja, enak cepet dan praktis. Kalo soal layanan mah emang ngga perlu diraguin lagi yaaaa

  25. Tiki legend nih mbak di daerahku masih ada
    Beberapa konsumen souvenir ku mintanya juga tiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *