Tidak Panik di Hari Raya Meski Tanpa Tambahan THR

Uang THR
Sumber gambar hipwee

Assalamu’alaikum…

Tak terasa hampir setengah purnama di bulan ramadhan. Sebentar lagi lebaran, ya? Geliat orang mempersiapkan segala kebutuhan lebaran sudah terlihat.

Memang kebutuhan lebaran itu lumayan banyak. Karena sudah jadi sebuah tradisi seperti mudik, baju baru, sampai persiapan kue-kue lebaran, bagi angpao dan sebagainya itu seperti menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk itu butuh dana lebih banyak saat lebaran.

Bagi para pekerja, sudah barang tentu ada dana THR dong ya? Sudah pada terima belum? Bagi yang sudah, alhamdulillah. Bagi yang belum, tunggu saja dengan sabar.

By the way, kalau yang bukan orang kantoran kayak saya, nggak terima THR dong? Ya nggak lah, THR dari hongkong! Tapi meski tanpa tambahan THR tetap bisa berlebaran dong! Dan tanpa panik. Insya Allah kebutuhan lebaran bisa terpenuhi.

Tips buat yang nggak nerima THR, tapi keuangan saat lebaran tetap aman.

1. Tabungan Khusus

Nah bagi orang yang tidak terikat kontrak kerja, harus punya tabungan khusus. Termasuk persiapan dana lebaran. Jadi saat lebaran datang tidak panik, kebutuhan ini itu bisa diantisipasi.

2. Belanja Ramadhan Sesuai Kebutuhan

Nah, buat kita yang dana lebaran terbatas jangan boros juga saat lebaran tiba. Kadang kala, mau lebaran segala perabot rumah, renovasi ini itu, yang seperti ini di eliminasi dulu dari daftar keperluan hari raya.

3. Belanja Kebutuhan Ramadhan Sesuai Kemampuan

Ya kalau dana lebaran terbatas, nggak perlu beli baju lebaran banyak-banyak. Bahkan tidak beli baju baru kalau masih ada baju yang lama juga tak apa-apa. Sajian kue saat lebaran juga seperlunya saja. Jangan diada-adakan sampai cari dana pinjaman kemana-mana. Pakai prinsip hidup sederhana.

4. Bisnis Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran.

Nah bagi kalian yang mau cari tambahan dana saat lebaran, bisa banget bisnis kebutuhan ramadhan dan lebaran. Banyak banget lho ide bisnis yang bisa kita mulai saat bulan ramadhan.

Ide bisnis saat ramadhan buat nambah pendapatan

  • Jualan aneka menu takjil.
Gambar tribunnews

Bisa jualan aneka minuman, kolak, jajanan pasar. Meski bisnis kecil-kecilan lumayan nih nambah penghasilan.

  • Bisnis Catering
Gambar akikahkita

Saat ramadhan, bisnis catering juga lumayan rame nih. Bisa kan bikin nasi kotak, nasi besek, nasi kebuli dan sebagainya. Biasanya kalau ramadhan banyak agenda buka bersama yang makanannya pesan di katering lho, jadi bisa jadi bisnis tambahan, kan?

  • Bisnis kue kering
Koleksi Pribadi

Kue kering ini paling dicari orang. Makin kesini orang cari praktisnya, jadi lebih banyak yang beli jadi daripada repot bikin. Ini peluang banget buat nambah penghasilan, lho?

  • Bisnis Baju Lebaran
Bisnis sarung instanku di market place

Nggak hanya yang bisa menjahit bisa bisnis baju lebaran. Dengan memanfaatkan smartphone semua jadi gampang. Kalian bisa jadi reseller, tinggal upload foto di media sosial, bisa jualan. Bukan hanya baju saja sih? Bisa sepatu, mukena, atau seperti saya jualan sarung instan anak. Hasilnya lumayan lho, buat nambah-nambah rejeki.

Baca Juga Ide Gaya Rambut Anak Laki-Laki di Hari Lebaran

Nah itu ceritaku yang nggak panik meski tidak menerima THR di hari raya. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Mei 22, 2019

    […] Baca juga Tidak Panik di hari raya meski tanpa THR […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *