5 Tips Istiqomah Membaca Alquran, Semangat Ngaji Yuk!

Tips Istiqomah Membaca Alquran

Tips Istiqomah Membaca Alquran – linatussophy.com

Assalamu’alaikum, happy Friday! Semoga sehat selalu ya teman-teman. By the way, sudah masuk tahun baru di bulan Muharram nih, apakah membaca Alquran masih lancar seperti ibadah saat bulan Ramadhan kemarin? Kalau semangatnya masih sama, Anda super keren! Tapi kalau menurun, ya kita samaan. Heuheu.

Semangat dalam beribadah memang suka pasang surut, manusiawi katanya. Karena kesadaran akan pasang surutnya semangat beribadah, kita wajib berusaha untuk tetap menjaga semangat dan mengupayakan kualitas ibadah meningkat, bukan?

Salah satu ibadah yang wajib kita upayakan untuk dilaksanakan adalah membaca Alquran. Ya karena membaca Alquran itu keutamaannya banyak, insya Allah akan memberikan syafaat bagi pembacanya di hari kiamat.

Gimana kalau ada yang lebih suka mendengarkan murottal daripada mengaji sendiri? Ya monggo saja, tapi yang jelas berbeda ya antara membaca Alquran dan mendengarkan murottal.

Lalu bagaimana jika kita belum terbiasa mengaji atau membaca Alquran setiap hari? Ini dia 5 tips istiqomah membaca Alquran dari saya. Simak ya?!

1. Tips Istiqomah Membaca Alquran yang Pertama adalah Niat

Segala sesuatu harus diawali dengan niat yang baik. Tanpa niat, saya yakin sesuatu yang awalnya kita inginkan bisa istiqomah, lama-lama bakal malas juga. Jadi, sangat perlu niat yang kuat dan serius yang datang dari hati bahwa saya akan istiqomah membaca Alquran karena Allah Ta’ala.

Jangan diniati macam-macam yak, tulus saja karena Allah Ta’ala. Emang ada niat yang nggak baik? Ya kali aja rajin baca Alquran karena alasan biar terlihat soleh/solehah di depan orang. Ya kan?

Jadi, komitmen sama diri sendiri, membaca Alquran wajib setiap hari meskipun tidak banyak. Novel atau komik aja sehari katam, masa sentuh Alquran nggak pernah.

2. Mempelajari keutamaan dan manfaat membaca Alquran

Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan membaca Alquran. Tapi kembali lagi, buat saya sih mending kembali ke niat yang tulus membaca Alquran karena Allah Ta’ala. Jika ibadah kita diterima, insya Allah manfaatnya banyak sekali.

Tapi sebagai penyemangat nggak ada salahnya kita cari referensi atau tanya pak Kyai apa saja manfaat dari membaca Alquran.

3. Buat target bacaan per-juz

Sejak saya bikin target membaca Alquran one week one juz, saya merasa punya tanggung jawab atas komitmen yang sudah saya buat. Awalnya melihat jumlah halaman tiap 1 juz Alquran hanya sekitar 10/11, maka saya membagi dua lembar perhari. Slowly tapi pasti dan tidak memberatkan di awal. Lama-lama bisa nambah 2 juz tiap minggu dan seterusnya.

4. Menentukan waktu yang tepat untuk membaca Alquran

Waktu yang tepat untuk membaca Alquran tiap orang pasti beda. Kebanyakan orang, membaca Alquran dilakukan setelah sholat fardhu. Kalau saya biasanya ambil waktu setelah Ashar menunggu waktu Maghrib. Alasannya waktu habis Maghrib itu jam sibuk emak-emak buat nyiapin makan malam.

Kalau untuk yang sibuk bekerja, waktu yang tepat untuk membaca Alquran bisa sehabis Isya atau sebelum Subuh. Sebetulnya sepintar-pintarnya kita aja ngatur waktu.

5. Gabung komunitas pembaca Alquran

Saya juga gabung dengan grup ibu-ibu di sekitar rumah. Satu grup ada 30 orang yang kebagian satu juz perminggu. Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan, dan merasa ada tanggung jawab untuk menyelesaikan. Kecuali sedang halangan karena tamu bulanan, akan digantikan teman lain.

Dari grup semacam ini, bisa banget membuat kita memulai rutin membaca Alquran, loh! Kalian bisa kan join sama teman nongkrong, teman kantor, teman arisan atau yang lainnya. Dan karena situasi lagi pandemi seperti, ngajinya sendiri-sendiri di rumah.

Baca juga :

Sekian tips istiqomah membaca Alquran dari saya, semoga bermanfaat. Jika teman-teman punya tips tambahan boleh dong, share di kolom komentar. Terimakasih.

Mungkin Anda juga menyukai

17 Respon

  1. Selvijua berkata:

    Kayak aku nih suka ada rasa males baca Alquran, tips yang kelima nih yang susah mau gabung kemana, apalagi pandemi gini, semuanya non aktif.

  2. Adindarara Rachmanita berkata:

    Bener banget nih sangat banyak manfaatnya dengan membaca Alquran selain manfaat yang kita dapatkan di dunia dan juga manfaat yang kita dapatkan di akhirat nanti kelak

  3. Ahalona berkata:

    Masyaallah pas iman lagi turun baca ginian langsung ngeboost iman lagi. Makasih ya mbak berkah buat tulisannya. Mbak tau ga komunitas baca alquran dimasa pandemi gini?
    Biar tambah semangat tadarus

    • Lina Sophy berkata:

      Saya nggak paham siy mbak sama komunitas tadarus ada dimana aja, sebetulnya ngajak circle kita aja siy entah keluarga teman-teman atau tetangga gitu… Saya sudah setahun ini ikut grup sama tetangga gitu, awalnya japri²an trs bikin grup tadarus gitu 😁

      Manfaatnya bagus banget untuk memulai niat belajar Istiqomah 🙏🏻

  4. Masya Allah.. terimakasih banyak kak tipsnya.. reminder banget buat aku nih.. yang nomor 5 nih gabung komunitas. Ya itu kadang niatnya buat Istiqomah eh tapi takut mandek ditengah jalan. Tapi bismillah yakin bisa aamiin

  5. Masya Allah.. Terima kasih tips-tipsnya mbak.. Semangatku buat ngaji masih naik turun nih.. Selama ini baru merutinkan tiap habis sholat Maghtib2 aja..

  6. paling enak Habis Shubuh, pintu dibuka, semilir dingin odoj pasti lancar.
    atau bisa cicil

  7. ainun berkata:

    ini yang sering meleset di aku mbak
    cuman ada niat tapi pas dijalani juga ga bisa konsisten rutin gitu
    kudu dibenahi

    • Lina Sophy berkata:

      Emang harus banget diupayakan mbak. Dulu, saya malah ngaji sesempetnya aja cuma 1 ‘ain. Walhasil hampir tak pernah katam tiap putaran. Jadi ngaji udah sampai juz berapa, kena jadwal tamu bulanan + ketabrak malas, akhirnya niat dari awal lagi tapi ujungnya gitu aja terus ehehehe.

      Pas ikutan setoran tadarus sama teman² jadi mulai tertata, seminggu wajib 1 juz tapi lama² bisa kok odoj adal pinter ngatur waktunya aja

  8. qeysha berkata:

    Kereen tips nya, tapi biasanya kalo sudah rutin tiba tiba terhalang acara besar, jadi lupa lagi.

  9. Fanny_dcatqueen berkata:

    Aku sendiri catet di agenda mba, hari ini ada membaca Alquran atau tidak. Jadi rasanya kayak malu aja kalo pas dicatet tiap hari tp jawabannya tidak. Padahal aku selaku rutin baca buku juga 3 jam sehari. Masa buku bisa kuat, Alquran ga.. malu jadinya kalo sampe skip.

    Yg bikin aku semangat juga, ya gara2 pandemi ini. Rasanya kayak udh pasrah, dan cuma bisa mohon perlindungan dari Allah aja. Jadi buatku ya sekalian mendekatkan diri sambil baca ayat2 nya.. bisa membuat tenang juga dr pikiran stress pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *