5 Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

5 tips olahraga saat puasa ramadhan. Berolahraga saat sedang berpuasa? Kenapa tidak! Puasa bukan jadi penghalang kita untuk aktif berolahraga, kok?!

Banyak orang berpikir bahwa saat sedang puasa lebih baik menyimpan energi dan tidak perlu olahraga. Padahal, olahraga bermanfaat bagi tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Memang benar, apabila kita melakukan olahraga tanpa memperhatikan banyak hal bisa jadi puasa kita terganggu atau malah jatuh sakit. Lalu bagaimana caranya berolahraga saat puasa agar khawatir terjadi sesuatu yang berbahaya? Nah, berikut 5 tips olahraga saat puasa ramadhan.

1. Memperhatikan waktu saat berolahraga

Kapan kira-kira waktu yang pas untuk olahraga saat puasa? Kalian bisa berolahraga sehabis waktu ashar atau sebelum berbuka puasa. Waktu tersebut tepat untuk berolahraga karena energi yang terpakai bisa langsung terganti saat berbuka.

Selain waktu sebelum berbuka, bisa juga berolahraga setelah berbuka puasa atau pada malam hari. Ketika olahraga dilakukan saat malam hari, kita tidak khawatir akan mengalami dehidrasi.

2. Memilih olahraga yang cocok untuk orang berpuasa

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan supaya memilih olahraga ringan saat berpuasa. Olahraga sendiri tujuannya untuk membuat badan tetap sehat dan bugar. Jangan sampai dengan berolahraga saat puasa malah membuat kita dehidrasi.

Olahraga ringan yang cocok untuk orang berpuasa antara lain jalan santai, bersepeda, yoga atau cukup meregangkan otot dengan stretching.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh menjadi kunci pokok puasa tetap sehat. Jadi, kalau kita juga tetap aktif berolahraga maka kita harus menjaga tubuh untuk tidak terkena dehidrasi.

Cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih saat berbuka dan sahur yang cukup. Dan saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

4. Memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuh

Saat tubuh aktif berolahraga saat puasa, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan zat besi terpenuhi.

So, saat buka puasa dan sahur makan dengan porsi yang cukup dan padat akan nutrisi ya gengs!

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia agar tetap fit dan sehat. Nah buat kalian yang tetap berolahraga saat puasa, sangat penting untuk memperhatikan soal ini.

Jangan sampai nih, karena kurang istirahat dan olahraga membuat badan sakit dan kehabisan energi.

Baca juga :

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Mei 5, 2021

    […] 5 tips olahraga saat puasa ramadhan […]

  2. Agustus 13, 2021

    […] Tips olahraga saat puasa […]

  3. Oktober 13, 2021

    […] Baca juga : Tips olahraga saat puasa […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *