10 Tips Puasa Ramadhan Saat Pandemi Agar Tetap Sehat Dan Lancar

10 tips puasa ramadhan saat pandemi agar tetap sehat dan lancar. Bagaimana rasanya melaksanakan ibadah puasa ditengah Covid 19 ini? Harus tetap sehat dan lancar! Iya, Ramadhan kali ini adalah ramadhan ke dua kita ditengah pandemi.

Melaksanakan ibadah puasa saat pandemi Covid 19 memang nggak mudah karena ruang gerak kita yang terbatas. Terutama kita harus menjaga imun tubuh agar tetap fit dan sehat.

Namun bagi saya pribadi, Pandemi bukan jadi alasan ibadah puasa kita terganggu. Malah sebaliknya, bulan Ramadhan jadi momentum kita memperbaiki diri, dan saya percaya bahwa salah satu efek berpuasa membuat kita sehat jasmani dan rohani.

Berikut 10 tips puasa ramadhan saat pandemi agar tetap sehat dan lancar.

1. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang saat buka puasa dan sahur

Makan yang terasa paling nikmat adalah saat berbuka puasa. Ini fix no debat! Mau apapun menunya, makanan akan sangat terasa nikmat setelah kita puasa seharian.

Meskipun berbuka dengan apapun terasa nikmat, untuk menjaga imun dan kesehatan berbukalah dengan makanan yang mengandung gizi seimbang. Perbanyak sayur dan buah yang mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Konsumsi air putih yang cukup

Siapa disini penggemar aneka es yang manis-manis untuk berbuka puasa? Ingat jangan terlalu banyak, imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup untuk menjaga imun tubuh.

3. Istirahat yang cukup

Puasa memang bukan penghalang bagi kita untuk tidak beraktivitas. Kita tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi kewajiban seperti bekerja, belajar atau apapun. Namun, istirahat yang cukup juga harus diperhatikan.

4. Mengurangi konsumsi gula

Mengapa saat bulan ramadhan banyak orang yang berat badannya malah naik? Kalian harus tahu bahwa salah satu penyebabnya adalah konsumsi gula yang tinggi. Maka, saat Ramadhan sebaiknya kita mengurangi konsumsi gula.

5. Konsumsi suplemen kesehatan

Apabila kita merasa badan butuh suplemen kesehatan, tidak ada salahnya jika kita konsumsi. Misalnya bisa dengan minum vitamin atau suplemen penambah darah.

6. Melakukan olahraga ringan

Saat berpuasa sebaiknya kita juga tetap berolahraga. Namun kita juga harus memperhatikan kesehatan, lakukan olahraga ringan yang tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh seperti dehidrasi.

Waktu untuk berolahraga yang terbaik adalah menjelang buka puasa. Jadi, kalian bisa olahraga sekalian ngabuburit, kan?!

7. Tetap jaga jarak saat sholat berjamaah

Apakah kalian melaksanakan ibadah sholat wajib dan tarawih berjamaah di masjid/mushola? Jika iya, pastikan yang hadir di sana orang yang sehat dan patuh protokol kesehatan ya! Gunakan peralatan ibadah milik sendiri agar kita terhindar dari hal yang bisa membahayakan kesehatan.

8. Berpikir positif dan menghindari stress

Ketika hati kita merasa bahagia dan tidak mudah stress, secara otomatis imun tubuh menjadi lebih kuat. Maka, agar puasa kita tetap sehat dan lancar pastikan kita selalu berpikir positif dan tidak stress.

9. Menghindari aktivitas di luar rumah

Sebetulnya, bukan hanya saat berpuasa sebaiknya kita mengurangi aktivitas di luar, namun selama pandemi masih ada. Dengan mengurangi aktivitas di luar, besar kemungkinan untuk kita terkontaminasi virus dan bakteri.

10. Patuhi protokol kesehatan

Hal yang utama saat Ramadhan saat pandemi adalah dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Menjaga kebersihan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Baca artikel lain :

Demikian 10 tips puasa ramadhan saat pandemi agar tetap sehat dan lancar dari saya. Semoga ibadah kita semua lancar dan diterima oleh Allah Ta’ala, Aamiin.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Mei 4, 2021

    […] 10 tips puasa ramadhan saat pandemi agar tetap sehat dan lancar […]

  2. Mei 12, 2021

    […] 10 tips puasa ramadhan saat pandemi agar tetap sehat dan lancar […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *