Lompat ke konten
Home » Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Mengatasi bau mulut saat puasa.

Assalamu’alaikum pembaca linatussophy.com, semoga dalam keadaan sehat yak! Alhamdulillah beberapa hari lagi masuk bulan Ramadhan, ya tinggal menghitung hari kita puasa.

Permasalahan yang paling sering kita alami saat puasa adalah bau mulut. Iya kan? Duh, sampai kadang kita merasa nggak PD kalau mau ngobrol sama orang. Takut mereka pingsan lihat kita bagai naga. Eh yang terakhir bohongan, maksudnya banyak yang bilang bau mulut seperti bau naga.

By the way, memang kenapa sih mulut jadi bau saat puasa. Cari tahu alasannya yuk!

Penyebab bau mulut saat berpuasa

Bau mulut saat sedang berpuasa disebabkan beberapa hal, antara lain:

  1. Masalah Pencernaan
  2. Kekurangan saliva (cairan ludah yang secara alami sebagai pembersih mulut kita)
  3. Sisa makanan yang membusuk dimulut
  4. Gigi berlubang
  5. Karang gigi

Baca juga Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Sabun Mandi

Permasalahan bau mulut memang tidak bisa dihindari saat puasa. Bahkan sejak jaman dahulu sudah ada kok. Sampai nabi Muhammad secara khusus pernah bersabda kepada para sahabatnya dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Sahih-nya:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

Artinya, “Demi Zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.” sumber nu.or.id

Jadi nggak ada alasan buat kita untuk malu karena bau mulut efek puasa ini. Namun jangan disalah artikan juga dengan semakin bau makin semakin bau misik ya? Barangkali ada yang sengaja tidak membersihkan mulut dengan alasan seperti itu. Kan bahaya, bakal mengganggu lawan bicara beneran kalau sampai seperti ini. Heuheu.

Baca juga Tips Mengatasi Ketombe untuk Perempuan Berhijab

Solusi Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Untuk meminimalisir atau untuk mengatasi bau mulut saat sedang berpuasa, bisa kita lakukan dengan tips berikut:

1. Sikat Gigi

Lakukan sikat gigi saat setelah sahur sebelum imsak dan setelah buka puasa. Dan jangan lupa sebelum tidur juga. Ini menjaga agar gigi bersih dari sisa makanan yang menyebabkan bau.

2. Banyak Minum Air Putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih saat malam hari akan membuat tubuh terhindar dari kekurangan cairan. Ketika tubuh tetap terhidrasi dengan baik, cairan saliva tetap berproduksi. Ini akan mengurangi efek bau mulut saat puasa.

3. Menghindari Makanan Yang Baunya Menyengat

Saat berpuasa, sebaiknya menghindari makanan yang punya bau khas dan mencolok. Misal jengkol, pete, dan durian. Lah tapi ini kalau semur jengkol kok termasuk paling laris di tukang jualan sayur saat ngabuburit. Ahaha, nggak apa-apalah kalau tahan baunya.

4. Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi sehabis sahur boleh banget di coba. Ini selain memberi efek mulut segar, juga mengurangi bau mulut.

Untuk mengatasi bau mulut saat puasa, saya menggunakan obat kumur dari Betadine. Cairan ini ampuh buat bantu permasalah kita lho.

Selain berguna untuk mengatasi bau mulut, Betadine Mouthwash and Gargle ini punya banyak manfaat. Cairan kumur antiseptik ini bisa meringankan sakit gigi, gusi bengkak, sariawan dan juga mengatasi mulut tak segar.

Betadine memang andalan untuk produk-produk kesehatan keluarga. Dan ternyata selain obat merah, obat kumur, plester luka, Betadine juga punya banyak sekali produk lain. Temukan semua yang kalian butuhkan. Cari saja pada laman websitenya https://betadine.co.id/ ya?!

Penutup

Nah, sekarang kita sudah mengerti tentang permasalahan bau mulut orang berpuasa, kan? Lalu sikap kita jika ketemu seseorang sedang berpuasa dan mulutnya agak bau, nggak apa-apa dong! Kita harus pengertian okay.

Dan buat kalian yang berpuasa, jangan lupa dengan kebersihan mulut kita biar bau mulut teratasi. Selain rajin gosok gigi, tahan diri dari godaan makanan yang baunya menyengat, banyak minum air putih, gunakan juga obat kumur Betadine.

Baca juga Bagaimana Menggosok Gigi Saat Puasa

Sekian tips mengurangi bau mulut dari saya, semoga bermanfaat. Dan selamat menyambut puasa.

25 tanggapan pada “Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa”

  1. Saat sakit kemarin aku juga beli Betadine moutwash ini. Pertama nyobain agak kagok, serasa kumur pake obat merah ahahaha. Dan sampai sekarang masih belum terbiasa, rasanya masih aneh. Tapi abis pake ini jadi enak sih area mulut dan tenggorokannya.

  2. Persiapan puasa harus matang nih termasuk mengatasi bau mulut supaya puasa nyaman. Walaupun ga ada gangguan mulut aku juga selalu jaga-jaga obat kumur supaya lebih percaya diri aja. Obat kumur Betadine dari dulu nih suka aku beli

  3. Infonya bermanfaat banget nih, bisa banget pake Betadine Mouthwash and Gargle buat mengatasi bau mulut hehe. Betadine ini bisa buat kumur anak-anak yang sedang sariawan ya mba?

  4. Iya nih kalo lagi puasa perasaan mulut suka berasa kurang nyaman yah, jadi emang menghindari beberapa makanan yang punya bau menyengat sih.

    Kayaknya puasa ini juga harus nyetok Betadine Mouthwash deh, supaya lebih pede lagi di bulan puasa

  5. Produk betadine ini makin banyak aja ya variannya. Betadine Mouthwash and Gargle ini juga selalu ada di rumahku. Setelah kumur2, jadi lebih enakan mulutnya. Cuma aku masih belum bisa kumur tenggorokan, biasa cuma di mulut doang haha.

  6. Wah betadine ada obat kumurnya ya. Biasanya tahunya cuma buat obat luka. Aku termasuk yang ga PD kalau bau mulut mba. Soalnya mulutku gampang bau karena kayaknya karang gigi. Perlu ke dokter gigi bersihin karang gigi yang numpuk.

  7. Betadine bukan hanya obat antiseptic yaa sekarang, sudah ada varian lainnya sesuai kebutuhan konsumen apalagi di masa pandemi dalam hal menjaga kebersihan diri.

    Selamat menjalankan Ibadah puasa kak semoga ibadah kita di terima Allah swt.

  8. Betadine Gargle ini andalan keluargaku di rumah nih, semenjak pandemi sih baru mulai nyobain. Apalagi waktu kami sekeluarga terpapar covid di gelombang kedua. Nah, cocok deh ini jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut saat puasa.

  9. Dengan Betadine Kumur masalah bau mulut, apalagi pas puasa, dapat teratasi ya. Aku tadi ke minimarket, obat kumur lagi pada diskon. Tau aja mau puasa banyak yang cari, jadi promo gede-gedean 😀

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak, semoga sehat selalu, lancar puasanya. Aamiin.

  10. Betul banget mbak, selalu hindari makan makanan yang menyebabkan bau mulut. Seperti pete, jengkol..
    Enak, tapi ya gitu bikin bau mulut haha. Untung ada solusi ya, pakai Betadine

  11. Ternyata banyak banget ya penyebab bau mulut menjadi tidak sedap saat berpuasa. Orang-orang sering bilangnya, emang gitu..bau mulut yang sedang berpuasa. Tanpa tahu bahwa penyebabnya ya banyak, seperti: gigi berlubang, sisa makanan yang membusuk, dan yang lainnya. Kalau sudah tahu solusinya kan jadinya bau mulut yang tak sedap tersebut bisa dicegah.

  12. Aku uda mulai punya anak yang beranjak dewasa nih, kak..
    Suka insecure dia kalau ada bagian tubuhnya yang mengeluarkan bau tak sedap, seperti bau mulut. Sedia Betadine Mouthwash and Gargle selalu di rumah dan gunakan ketika sebelum sikat gigi setiap hari.

  13. Nahini pnting bangettt meskipun BM nya orang berpuasa kan emang dapat pahala ya… Tai kalo udah pake obat kumur ya Alhamdulillah mulut emang lebih seger sih..

  14. Pasti gak nyaman banget ya mbak kalau mulut kita bau saat puasa. Obat kumur paling efektif nih buat ngatasi bau mulut yang gak sedap.

  15. Obat kumur Betadine ini andalan banget biar napas kita segar ya dan bikin lebih percaya diri karena mulut dan napas segar dan wangi mentol yang tahan lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.