Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Sumber gambar zonasultra.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Permasalahan yang paling sering kita alami saat puasa adalah bau mulut. Iiya kan? Duh, sampai kadang kita merasa nggak PD mau ngobrol sama orang. Ya takut mereka pingsan lihat kita bagai naga. Eh yang terakhir bohongan, maksudnya banyak yang bilang bau mulut seperti bau naga.

By the way, memang kenapa sih mulut jadi bau saat puasa. Cari tahu alasannya yuk!

Penyebab bau mulut saat berpuasa

Bau mulut saat sedang berpuasa disebabkan beberapa hal, antara lain:

  1. Masalah Pencernaan
  2. Kekurangan saliva (cairan ludah yang secara alami sebagai pembersih mulut kita)
  3. Sisa makanan yang membusuk dimulut
  4. Gigi berlubang
  5. Karang gigi

Baca juga Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Sabun Mandi

Permasalahn bau mulut memang tidak bisa dihindari. Bahkan sejak jaman dahulu. Sampai nabi Muhammad secara khusus pernah bersabda kepada para sahabatnya dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Sahih-nya:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

Artinya, “Demi Zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.” sumber nu.or.id

Jadi nggak ada alasan buat kita untuk malu karena bau mulut efek puasa ini. Namun jangan disalah artikan juga dengan semakin bau makin semakin bau misik ya? Barangkali ada yang sengaja tidak membersihkan mulut dengan alasan seperti itu. Kan bahaya, bakal mengganggu lawan bicara beneran kalai ini. Heuheu.

Baca juga Tips Mengatasi Ketombe untuk Perempuan Berhijab

Solusi Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Untuk meminimalisir bau mulut saat sedang berpuasa, bisa kita lakukan dengan tips berikut:

1. Sikat Gigi

Lakukan sikat gigi saat setelah sahur sebelum imsak dan setelah buka puasa. Dan jangan lupa sebelum tidur juga. Ini menjaga agar gigi bersih dari sisa makanan yang menyebabkan bau.

2. Banyak Minum Air Putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih saat malam hari akan membuat tubuh terhindar dari kekurangan cairan. Ketika tubuh tetap terhidrasi dengan baik, cairan saliva tetap berproduksi. Ini akan mengurangi efek bau mulut saat puasa.

3. Menghindari Makanan Yang Baunya Menyengat

Saat berpuasa, sebaiknya menghindari makanan yang punya bau khas dan mencolok. Misal jengkol, pete, dan durian. Lah tapi ini kalau semur jengkol kok termasuk paling laris di tukang jualan sayur saat ngabuburit. Ahaha, nggak apa-apalah kalau tahan baunya.

4. Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi sehabis sahur boleh banget di coba. Ini selain memberi efek mulut segar, juga mengurangi bau mulut.

Nah, sekarang kita sudah mengerti tentang permasalahan bau mulut orang berpuasa, kan? Lalu sikap kita jika ketemu seseorang sedang berpuasa dan mulutnya agak bau, nggak apa-apa dong! Kita harus pengertian okay.

Baca juga Bagaimana Menggosok Gigi Saat Puasa

Sekian tips mengurangi bau mulut dari saya, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *