Lompat ke konten
Home » Suka Cita Menyambut Hari Pertama Puasa Bagi Anak-anak

Suka Cita Menyambut Hari Pertama Puasa Bagi Anak-anak

Marhaban ya Ramadhan. Semoga ramadhan tahun ini kondisinya lebih baik dari pada dua tahun ramadhan kebelakang.

Alhamdulillah akhirnya kita bertemu kembali dengan ramadhan tahun 2022. Sebetulnya, bagi orang dewasa menyambut hari pertama puasa persiapannya tidak begitu repot. Tapi lebih mempersiapkan diri dan hadirnya rasa syukur untuk menjalani ibadah lebih baik.

Sangat berbeda dengan anak-anak, iya flashback saat kita masih kecil dulu. Betapa senang dan gembiranya jika ramadhan tiba. Meskipun kadang puasa belum sampai full, tapi rasanya belajar beribadah menjadi lebih semangat.

Anak-anak jaman aku dulu, bakal rajin ke masjid untuk sholat tarawih dan jamaah sholat wajib untuk berburu tanda tangan pak kyai. Nggak tahu ya, sekarang masih ada atau enggak, kayaknya nggak ada lagi deh.

Padahal buku cek list ibadah itu bikin anak-anak jadi merasa punya tanggung jawab untuk beribadah. Meski kadang terpaksa, namanya juga lagi belajar!

Aku sih berharap puasa tahun ini sudah berbeda dengan puasa dua tahun terakhir. Jadi kita bisa beribadah kembali di masjid dengan lebih tenang. Khususnya untuk anak-anak untuk bisa menikmati suka cita suasana Ramadhan yang meriah.

Menyambut Puasa Hari Pertama untuk anak-anak

Tahun ini menjadi tahun kedua anak aku belajar puasa. Jadi mulai tahun kemarin, Sulthon sudah belajar berpuasa meski banyak punya setengah harinya.

Nah agar puasa lancar sejak pertama ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Apa saja?

1. Kesehatan

Kesehatan faktor penting bagi umat muslim untuk puasa. Orang dewasa jika sakit aja boleh tidak berpuasa, apalagi kalau masih anak-anak yang belum diwajibkan berpuasa.

So, pastikan anak-anak dalam keadaan sehat ya!

Baca juga :

2. Makanan bergizi

Gizi merupakan satu hal yang wajib dipenuhi agar anak-anak kuat belajar berpuasa. Selain makanan yang bergizi perhatikan juga asupan cairan tubuh, ajak anak untuk banyak mengkonsumsi air putih. Dan jika dirasa perlu, bisa bantu anak dengan pemberian vitamin.

3. Pastikan istirahat yang cukup

Tidurnya orang berpuasa itu pun merupakan ibadah. Maka itu, ajak anak cukup istirahat saat siang hari. Jangan biarkan anak-anak bermain yang menguras fisik terlalu lelah.

4. Siapkan perlengkapan ibadah yang dibutuhkan

Untuk menunjang semangat belajar anak menyambut bulan Ramadhan dan beribadah lainnya siapkan kebutuhannya. Pastikan mukena atau sarung anak-anak dalam keadaan bersih.

Jika kalian butuh sarung instan untuk anak laki-laki belajar sholat. Nih aku rekomendasikan toko di shopee yang menyediakan sarung instan anak-anak. Motifnya lucu-lucu, loh!

Tertarik untuk meminangnya? Cus kunjungi toko Sarung instan anak Alfatih.

Penutup

Puasa hari pertama, biasanya anak-anak akan menyambutnya dengan penuh sukacita. Agar belajar mereka lancar beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain; kesehatan anak, makanan yang bergizi, waktu istirahat dan yang nggak kalah penting adalah perlengkapan ibadah anak.

Selamat menyambut ramadhan teman-teman, maaf lahir batin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.