Lompat ke konten
Home » 4 Kue Khas Lebaran Yang Wajib Ada di Rumah Dan Mudah Cara Buatnya

4 Kue Khas Lebaran Yang Wajib Ada di Rumah Dan Mudah Cara Buatnya

4 kue khas lebaran yang wajib ada di rumah dan mudah cara buatnya. 4 hari lagi sudah lebaran, kalian sudah ada kue apa saja nih di rumah? Oiya, kalian tim yang suka sibuk di dapur atau memilih untuk beli kue yang sudah jadi?

Ada banyak jenis kue atau makanan khas yang di sajikan saat lebaran dan berbeda-beda di tiap kota. Seperti rendang, semur, soto, opor dan lain sebagainya. Namun, ada juga beberapa jenis kue yang khas dan disajikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

4 kue khas lebaran yang wajib ada di rumah

1. Kue Satu

Kenapa dinamakan kue satu? Ini karena bahan untuk membuat kue ini hanya dari dua bahan yang perbandingannya 1:1.

Ada dua jenis kue satu yang saya tahu, yaitu satu dari beras dan kacang hijau. Cara membuatnya termasuk mudah, beras/kacang hijau di sangrai kemudian dijadikan tepung dan dicampur dengan gula, lalu dikeringkan.

Semudah itu kan? Kalian pernah buat?

Baca juga : Resep Kue Satu kacang hijau

2. Nastar

Nastar menjadi salah satu sajian yang wajib ada saat hari raya. Dan di jaman sekarang bentuk nastar makin beragam dan lucu-lucu. Sewaktu kecil, tahu nastar klasik yang bentuknya hanya bulat dan ada cengkeh diatasnya.

Cara membuat nastar ini pun cukup mudah. Resepnya banyak tersedia di internet. Bahan-bahan yang diperlukan mudah dijumpai di swalayan atau toko bahan kue.

3. Kastengel (kue keju)

Kastengel atau kaasstengel adalah kue kering rasa keju dan berbentuk stik atau batang. Rasa kue kastengel ini asin dan gurih dengan aroma keju.

Sebagai pecinta keju dan sedang dalam proses mengurangi gula, saya lebih suka kastengel daripada nastar. Dan sama juga seperti nastar, kastengel ini merupakan sajian kue lebaran yang wajib ada di rumah.

4. Peanut Cookies atau kue kacang

Kue kacang adalah favorit saya banget! Setiap lebaran pasti bikin sendiri kue ini. Bahan yang dibutuhkan juga mudah dicari. Yang paling menyenangkan, kue ini paling gampang dibuat, lho?!

Baca juga : Resep Peanuts Cookies Praktis

Demikian 4 kue khas lebaran yang wajib ada di rumah versi saya. Mungkin di tempat kalian beda, ya?!

5 tanggapan pada “4 Kue Khas Lebaran Yang Wajib Ada di Rumah Dan Mudah Cara Buatnya”

  1. Aku sih Nastar dan Kue Kering memang wajib. Tapi aku paling suka kue bulan salju. Dan untungnya, setiap Ramadan alhamdulillah nggak pernah beli, karena si mamah suka buat sendiri, jadi jenisnya banyak banget. ALhamdulillah.

  2. Satu-satunya tantangan terbesar memasak sendiri kue-kue favorit lebaran di atas, betah duduk dan nungguin ngoven. Tapi, kalo inget bisa dapet hasil banyak dengan buat sendiri, masih agak tergoda juga sik 😀

  3. Suamiku suka banget mencoba berbagai merk kue yang menyajikan kue keju, Kastengel ini.
    Favorit…
    Meski begitu, gak boleh melupakan kue yang lainnya yaa.. Kan kudu adil sama si nastar, hihii~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *