5 Tips Tetap Produktif Saat Puasa Ramadhan

5 tips tetap produktif saat puasa ramadhan. Apa kabar puasa kalian semua? Aman dan lancar? Tetap aktif atau banyak tidurnya nih? Semoga lancar, sehat dan produktif dalam berkarya, ya?!

Ramadhan saya kali ini Alhamdulillah sejauh ini lancar. Nggak cuma lancar, tapi seperti puasa sebelumnya, lumayan produktif. Saya masih menerima pesanan sarung instan, kue kering dan bisa ikut challenge ngeblog setiap hari.

Berikut 5 tips tetap produktif saat puasa ramadhan yang bisa saya bagi :

1. Niat berbuat karena Allah Ta’ala

Segala sesuatu harus diniatkan untuk berbuat karena Allah Ta’ala. Saya berbisnis sarung dengan niat bismillah membantu anak-anak semangat belajar sholat. Saya bikin kue pesanan tetangga pun dengan niat membantu tetangga dan mendapat Rizki yang semoga berkah.

Jika semua diniatkan karena Allah, insya Allah jalan dimudahkan dan diringankan langkah kita. Dan semoga lagi dapat kebaikan di sisiNya.

2. Fokus pada tujuan

Ya kalau kita bergerak karena punya tujuan, pasti semangat melaksanakannya. Kalau tak punya tujuan pasti bawaannya malas kan? Coba saja tanya sama yang puasanya tidur seharian, pasti mereka menjalani hidup pun bagai berlayar tanpa arah, Halagh! Heuheu.

3. Mengatur waktu sebaik-baiknya

Agar kita bisa terus produktif saat puasa ramadhan, hal yang utama kita harus perhatikan adalah mengatur waktu. Kapan harus berkegiatan dan kapan waktu untuk istirahat.

Jika mengatur waktu kita sudah gagal, yang pasti badan tidak bisa diajak kompromi. Badan pasti tak bersemangat dan jadi malas.

4. Memiliki waktu tidur yang berkualitas

Selama Ramadhan, waktu tidur malam saya tidak pernah lebih dari 5 jam. Kadang hanya 3 atau 4 jam saja. Namun, saya berusaha untuk tidur yang berkualitas jadi walaupun tidur sebentar badan tetap merasa sehat.

Di siang hari juga sempatkan waktu untuk beristirahat. Tidur siang meski sebentar akan membuat energi kita kembali.

5. Berpikir positif

Bulan puasa tidak menghalangi kita untuk tetap aktif dan produktif. Semakin kita banyak berbuat sesuatu yang bermanfaat insya Allah mendapat kebaikan pula yang lebih berlimpah. Selalu berpikir positif dan semangat mencari ridho Allah.

Baca juga :

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *