Lompat ke konten
Home » Bikin Rainbow Rice, yuuuk!

Bikin Rainbow Rice, yuuuk!


Punya balita dirumah dan suka bingung mau main apa? Enggak sendiri, pasti banyak juga yang mengalami. Termasuk saya, tentunya.

Sebagai orang tua, yang harus kita sadari dan sangat penting untuk kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Anak-anak tidak belajar dari membaca buku atau mendengarkan ceramah, tapi dengan bermain dan eksplorasi.

Baca juga Alam, tempat bermain paling menyenangkan

Eh, bukan berarti membaca buku dan mendengarkan ceramah itu tidak penting, ya? Buku salah satu sumber belajar terbaik dan mendengarkan cerita (story telling) juga bisa jadi pilihan metode belajar untuk anak.

Ada banyak ide main sensori yang bisa kita lakukan dirumah bersama si kecil. Misal main tepung, main rainbow rice, pasir, main playdough, main slime, finger painting, dll.

Baca juga Kegiatan Melatih Motorik Halus di Rumah

Membuat Rainbow Rice

Nah, kali ini saya share kegiatan main sensori yang disukai anak saya. Main beras warna-warni atau rainbow rice. Kita bisa bikin sendiri dirumah, bahannya sangat mudah dicari dan gampang banget bikinnya. Mau tahu? Siapin bahannya, ya?!

  • Beras secukupnya, saya 1 cup kecil per warna
  • Alkohol/cuka
  • Pewarna makanan
  • Peralatan; plastik dan koran bekas

Cara bikinnya asli mudah banget, yuk mari di coba!

  • Masukan 1 cup beras kedalam plastik
  • Masukan 1 sendok teh alkohol/cuka
  • Masukan 3 tetes pewarna makanan
  • Kocok sampai warna beras merata
  • Jemur sampai kering dialasi kertas koran
  • Rainbow rice siap digunakan.

Manfaat dan Contoh Ide Main Rainbow Rice

Manfaat main sensori seperti ini tentu saja banyak bangetlah, ya? Yang pasti untuk stimulasi motorik halus, mengenal warna dan tekstur, stimulasi Indra penciuman karena ini memakai pewarna makanan yang ada aromanya, mengasah kreativitas, dan masih banyak lagi.

Beberapa ide main dengan rainbow rice yang biasa saya lakukan dengan si kecil ini banyak lho, idenya juga lahir dari si anak. Kalau sudah jadi kasih saja, biarkan mau main apa saja. Ide kreatifnya pasti muncul.

Media Mengenal Huruf dan Angka

Nulis huruf

Cara mainnya cukup mudah, tinggal kita kasih kartu alfabet lalu ajak si anak menuliskannya. Atau bisa juga sambil cerita tebak huruf atau kita dikte, tentu saja suasana dibuat yang menyenangkan agar si anak betah dan antusias bermain.

Mencari Harta Karun

cari harta karun

Kita selipkan mainan yang ukurannya kecil-kecil, lalu biarkan anak menemukan dan menyebutkan harta Karun apa yang ia temukan. Asli menyenangkan.

Menyendok dan Menakar

menakar

Sepertinya mainan ini terlihat sepele, ya? Tapi sejatinya ia sedang belajar tentang konsep ukuran. Bukan kah itu juga sedang mengembangkan kecerdasan matematika?

Berjualan

jadi pedagang

“Ayo beli ndaaa, mau pakai wadah yang mana?” celoteh anak saya. Menggemaskan ya? Begitulah cara belajarnya memang, sambil bermain.

Itu sedikit contoh ide main dari saya. Kalau anak dibebaskan, sok silahkan main apa saja. Pasti ide kreatifnya bakal makin terasah. Yuuuks, fasilitasi anak dengan mainan yang bermanfaat.

Semoga bermanfaat ^^

55 tanggapan pada “Bikin Rainbow Rice, yuuuk!”

  1. Waaa..pas banget ini buat Arsya. Dia lagi suka ngintilin kalo saya lagi nakar beras buat dimasak ? makasih ide bermainnyaa, Mama Uthon.. ?

  2. Wah ada ide baru nich, selama ini anak saya mainan beras saja, diublek ublek terus sampai puas. Boleh juga nich, ditiru ya, saya masih ada pewarna makanan dan tinggal beli plastiknya saja. Makasih banyak ya, Mbak Sharingnya

  3. Saya sempet agak rancu bun tak kira buat dimakan hehe. Ternyata dijadikan untuk alat bermain yah. Kreatif sekali bun, aman pula yah kalo kemakan anak juga. Noted bun buat dicontoh

  4. mainan murah meriah dan udah jelas bahannya pa saja, ibu gak cemas deh sama kandungan mainan anak. palagi warna warninya gini menarik sekali. teksturnya juga bikin asyik dimainain anak2. kasar2 geli gimana gitu kan

  5. Saya pernah melihat beras warna-warni seperti ini di mall lalu heran dan bagaimana cara membuatnya. Ternyata mudah sekali ya mbak. Terimakasih telah menuliskan. Jadi nambah pengetahuan sayanya 🙂

  6. Padahal praktis banget ya cara bikinnya, dan bisa dijadikan berbagai macam permainan, tp zaman anak pertama dulu ga jadi aja mau bikin ini, mudah-mudahan sekarang anak kedua bisa terealisasi hehe

  7. Waah kreatif banget mba
    Pas liat gambar pertama ku pikir makanan
    Kayak tape ketan dg warna warni /rainbow gt…

    Anak kan ga warna warni aja seneng mainin beras
    Bagus juga buat motorik halus nya kan menggenggam atau meremas beras

  8. Aha, kreatif seklai. Mau bikin juga ah. Selama ini anakku tipe yang main apa aja. Trus aku juga yang nggak telaten. Jadi kalau dia mainan beras ya langsung ambil di wadahnya, wkwkwk. Nggak kepikiran bikin yang selucu ini.Mau kucoba ah

    1. Nggak apa-apa siy mbak, kalau soal milih main. Mungkin anak mbak Chichi seneng bikin bangunan 2 pakai stik es krim, kalau saya biasanya tanyain juga, mau nggak dibuatin ini atau itu? Kadang anak juga request sendiri mau main apa gitu

  9. Bagus juga nih, mba buat rainbow rice untuk bermain anak. Warna warna yang cerah biasanya membuat anak lebih mudah dalam proses belajar hal-hal baru.

  10. Kalau main rainbow rice, kayaknya saya juga suka, Mbak hahaha…
    Soalnya memang kegiatan yang seru banget. Kadang kalau lagi cuci beras, saya juga suka memainkannya dengan tangan.
    Apalagi untuk anak-anak, mereka pasti senang dengan buliran beras yang berwarna-warni. Motorik halus mereka akan terus terasah ya…

  11. Wah asiknya main beras warna warni gini ya, ga usan beli. Hemat. Kemarin aku malah beli pasir warna hiks. Telat baca ini.

  12. Ini kyknya sejak anak pertamaku dan teman2nya msh kecil suka mainin ini, Betul vbanget bisa dipakai buat banyak variasi permainan ya hehe. Cuma emang kudu sabar kalau ngotorin lantai abis main ini hehe 😀

  13. Oh…alkohol itu fungsinya agar pewarnanya cepat kering yaa…?
    Aku pernah bikin juga pas anak-anak masih imut-imut…hihii….rasanya seneng mainan beras warna-warni.

    Sekalian melatih motorik halus anak saat njumputi si beras kalau tercecer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.