Lompat ke konten
Home » 5 Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini, Simak Kiatnya!

5 Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini, Simak Kiatnya!

Cara mengajarkan anak sholat sejak dini, simak kiatnya!

Sulthon, bangun yuk dua raka’at Subuh dulu.

Saya selalu mengawali pagi dengan membangunkan anak saya dengan ajakan untuk sholat dua raka’at. Saya punya banyak harapan, dengan cara mengajarkan anak sholat sejak dini ini. Harapannya adalah agar Ia bisa selalu mengawali hari dengan sholat.

Sebagai umat muslim, kewajiban apa yang harus diajarkan pada anak-anak sejak dini? Kalau menurut saya, salah satu yang paling utama dan penting adalah belajar sholat. Karena sholat merupakan kewajiban dan merupakan syarat rukun Islam setelah Syahadat. Makanya kebiasaan sholat ini harus banget ditanamkan sejak dini.

Tapi, apakah gampang membangun sebuah kebiasaan pada anak? Tentu tidak pemirsa! Saya juga masih mengupayakan anak rajin belajar sholat. Dramanya banyak, ada saja yang jadi alasannya.

Sebentar Ndaaa, Sulthon masih ngantuk.

Nanti Nda, Sulthon makan dulu.

Nanti ya Ndaaa, nunggu iklan (ini kalau dia lagi nonton TV.

Kesabaran adalah kunci, wahai Parent! Anak-anak kan memang ladang belajar bagi para orang tua. Kadang mikir juga, coba anak saya penurut dan hebat macam Nussa di serial Nussa Rara. Lah kok bawa tokoh film kartun? Iya kalau lihat tokoh dalam serial ini emang bikin saya kadang insecure.

Baca juga : Review Film Nussa

Waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan anak sholat

مروا أولادكم بالصلاة و هم أبناء سبع سنين و اضربوهم عليها و هم أبناء عشر

Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim)

Hayo, kapan menurut kalian Waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan anak sholat? Kalau menurut saya, sesuai hadist diatas, namun persiapannya harus sedini mungkin. Caranya tidak langsung disuruh praktek, kok. Namun ada tahapan-tahapan yang perlu diterapkan.

Hal paling simpel adalah dengan membiasakan melihat orang disekitarnya melaksanakan kewajiban shalat. Mengajari bacaan-bacaan sholat, sounding tentang pentingnya melaksanakan kewajiban shalat dan lainnya.

Cara mengajarkan anak sholat sejak dini, ini tipsnya.

Berikut tips-tips agar anak mau belajar sholat sejak dini. Kita belajar dan terapin bareng, yuk!

1. Cara mengajarkan anak sholat dengan beri contoh konkrit

Contoh konkrit adalah cara paling ampuh mengajari anak sholat dari kecil. Kalau saya sejak anak dalam kandungan, seringkali ajak bicara kalau bunda mau sholat, adek bayi ikut sholat ya!

Saat anak sudah lahir pun demikian. Yang perlu kita sadari, anak adalah peniru yang sangat ulung. Saya yakin banget, saat orang tua sholat anak-anak pastilah mengikuti.

Kalau kita ingin anak Sholeh yang rajin sholat, orang tuanya dulu ngasih contoh. Iya nggak?

2. Ajarkan surat pendek dan bacaan sholat keseluruhan

Yang pertama diajarkan adalah hafalan niat sholat, niat wudhu, bacaan tiap gerakan sholat dan suratan pendek (juz amma). Hafalan niat, doa, dan suratan pendek merupakan tahapan atau langkah awal mengajari anak sholat.

3. Mengajak atau membiasakan anak ikut sholat berjamaah

Adek, yuk waktunya sholat. Kita sholat berjamaah.

Biasanya, anak-anak akan semangat kalau sudah diajakin sholat jamaah. Atau ajak anak jamaah di masjid atau musholla.

Kalau saya, tiap kali jalan dan bertepatan dengan waktu sholat pasti kita mampir ke masjid. Kegiatan ini juga sekaligus melatih anak untuk tetap melaksanakan kewajiban meskipun saat bepergian.

4. Sounding tentang pentingnya Sholat

Anak tidak akan benar-benar belajar sholat kalau kita tidak kasih tahu tujuan dan manfaatnya. Jadi sebisa mungkin kita kasih pengertian bahwa kewajiban seorang muslim adalah melaksanakan kewajiban shalat.

5. Menyiapkan peralatan sholat khusus anak

Anak-anak itu peniru yang handal. Pernahkah anak laki-laki dan perempuan parrent di rumah menggunakan sarung atau mukena orang dewasa saat ikut sholat? Tentu saja saya yakin pernah. Seperti anak saya yang pakai peci abahnya dan kain yang bisa dia temukan untuk dililit sebagai sarung.

Ngomongin soal sarung anak, saya lebih senang untuk membuat sendiri. Pola jahitannya mudah, tinggal cari kain yang cocok motifnya dan nyaman dipakai anak. Saya pernah tuliskan juga tutorial membuat sarung instan anak di blog ini.

Baca juga : Tutorial membuat sarung instan anak

Namun kalau kalian repot membuatnya, kalian bisa custom sarung instan anak sesuai ukuran anak. Atau mau kasih hadiah spesial untuk anak-anak yang mau belajar sholat. Bisa kepoin market place saya di Sarung Instan Alfatih.

Sekian, semoga bermanfaat!

25 tanggapan pada “5 Cara Mengajarkan Anak Sholat Sejak Dini, Simak Kiatnya!”

  1. mengajarkan ibadah ke anak memang harus dengan contoh ya mbak. rutinitas jg perlu banget.
    saya juga gini kalau sama anak2, tiap malam pasti ada doa dulu, trus selama pandemi misal ga bisa ke gereja ya kita via YT juga ajarin tata tertib dan gimana caranya ibadah yg baik 🙂

  2. MasyaAllah, ini PR banget juga buat aku, mbaak.
    Ngajarin anak sholat dan agar dia terbiasa mau sholat tanpa disuruh. Berat banget emang, huhu.
    Menguras kesabaran dan omelan setiap hari deh.
    Eh aku mau ah kepoin sarungnya. Ini kebeneran lagi cari sarung celana buat anakku. Dia gak mau pakai sarung biasa akhir-akhir ini.

  3. Memang harus sabar ya, menghadapi anak agar konsisten sholat ini. Kalau pengalaman yang paling susah tu subuh karena alasan ngantuk, dan isya karena sudah ketiduran. Dan menang cara terbaik tu dengan memberikan contoh yang baik.

  4. Makasih tipsnya mbak.. Anak anak itu hobinya mencontoh, jadi kita sebagai orang terdekat harus memberikan contoh yang baik. Salah satunya mengajak anak sholat berjamaah. Keren banget mbk jahit sarung sendiri

  5. Anak pertamaku sudah berumur 7 tahun, Alhamdulillah udah makin gak harus disuruh Sholatnya. Beberapa poin diatas menjadi kuncianku juga, yang sedang kuterapkan ke Anak keduaku yang umurnya 3 tahunan, dan udah mulai suka ngikutin sholat dengan segala tingkah lucunya. Semangaaat, Parents!

  6. Iya benar, Mbak, bukan hal yang mudah mengajari anak shalat, butuh kesabaran yang dimulai dari contoh kongkrit dengan melihat orang tuanya dan orang di sekelilingnya shalat.

  7. Keteladanan orangtua memang sangat penting dalam mengajarkan ibadah pada anak-anak. Kalaupun anak-anak dapat ajaran dari orang lain, kalau orangtua tidak melakukan pasti nanti mereka tanya/protes ya kan mbak..
    Semoga olshopnya makin sukses ya mbaak…

  8. Baca tulisan ini bikin aku teringat sewaktu mengajari anakku yang cowok agar terbiasa untuk shalat 5 waktu. Kerja keras memang dan di satu sisi juga ada Bapaknya yang rutin membawa anak untuk solat berjamaah ke masjid.

  9. Tipsnya oke banget ya mbak LIna

    anak-anakku juga waktu kecil kudu sabaaarrrrr telateeeeen buat diajarin sholat
    kadang aku harus berantem hebat sama papanya
    karena menurut aku mengajar sholat harus dengan lemah lembut, maklumlah .. aku berasal dari latar belakang keluarga yang bukan muslim sama sekali, jadi merasa sholat ga boleh jadi beban, tapi kewajiban dan kebutuhan

  10. Betul banget, Mak. Anakku yang laki-laki ini sudah SMP, dan PR banget setiap kali membangunkan untuk sholat subuh ini. Nggak jarang, saya suka cipratin air ke wajahnya, hihihi. Semaksimal mungkin menahan diri agar nggak sampai emosi. Semoga Sulthon semakin rajin ya, ibadahnya. Aamiin

  11. Mba… Makasih ya udah nulis konten ini. Soalnya aku masih berusaha ngajarin anakku ibadah. Pengennua anak melakukan dari hati gitu lho…

  12. Mengajarkan anak untuk sholat memang harus dimulai sejak dini ya mbak, dan orang tua adalah contoh terbaik bagi anak. Nggak ada gunanya cerewet sering menyuruh anak sholat kalau orang tuanya sendiri nggak melaksanakan sholat.

    Buat anak laki, mengenalkan pemakaian sarung sejak kecil juga perlu, salah satunya pakai sarung instan yang praktis dan nggak ribet cara pakainya

  13. Mengajarkan anak sholat sejak dini tuh harus banget menurutku, selain itu kalau anakku di sekolah juga masih ada sholat berjamaah walaupun masih virtual. Jadi selain anak menjalankan sholat 5 waktu, ada sholat dhuha yang sunnah juga bila dikerjakan.

  14. Alhamdulillaah…Sulthon soleh banget. Pinter sholatnya, ya. Suka gemas kalau menyiapkan atau mencarikan perlengkapan sholat buat anak2 ya, mbak. Koko, sarung instan, sajadah, peci, mukena. love banget!

  15. Iya memang harus dibiasakan sejak kecil ya ibadah termasuk salat, kita beri contoh dan ajak anak cintai masjid..mereka makin semangat kalau sarungnya juga ya pas di badan anak nggak kegedean jadi sering melorot..

  16. Aku jadi ingat waktu anak-anak masih kecil, diajarkan solat sejak dini juga. Pas masih 1 tahun suka ikut-ikutan sujud. Dan semenjak udah masuk PAUD langsung belajar. makasih tipsnya mba

  17. soleh ya nak. kalau di sini yang pertama memang melihat contoh. anak pertama lihat aku anak kedua lihat si kakak, begitu seterusnya. jadi mereka ngikut.
    semoga anak-anak jadi anak soleh/soleha semua ya mak

  18. MashaAllah~
    Senang sekali dengan tips yang diberikan. Sejatinya memang anak itu bisa karena terbiasa ya.. Mereka fitrahnya mencintai kebaikan dengan melihat sekitarnya.
    Semoga Allah menambahkan kemudahan dan keberkahan selalu untuk ananda.

    Kalau mukena gitu, ada jugakah, kak Lina?

  19. adik aku yang udah gede masih “suka rewel” dan banyak alasan kalau disuruh sholat mbak, padahal udah SMA
    setuju kalau mengajarkan agama dan pengetahuan seperti sholat harus diperkenalkan dari kecil, karena hal ini juga bisa jadi kebiasaan sampe si anak gede nanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.