Lompat ke konten
Home » 5 Cara Meringankan Gejala PMS

5 Cara Meringankan Gejala PMS

Cara meringankan gejala PMS – linatussophy.com.

Nggak ada yang ngertiin aku! Apa-apa ketemu sendiri! Capek sendiri!

Kerjaan saya kalau lagi uring-uringan mendekati hari deras. Selain lebih judes dan cerewet ngomongnya juga jadi lebih ngegas dari biasanya. Apakah kaum perempuan juga ada yang sama kayak saya? Lah ya so pasti, wong ini alamiah kok.

Meskipun rasa dan gejalanya berbeda-beda, kebanyakan perempuan akan mengalami masa-masa ini. Bukan cuma perasaan yang mendadak jadi aneh tapi keluhan secara fisik juga banyak dialami dari yang ringan sampai yang parah.

Berkenalan dengan Premenstrual Syndrome (PMS), apaan sih?

Premenstrual Syndrome adalah sekumpulan gejala yang dirasakan oleh perempuan baik itu gejala fisik, perilaku maupun mental (mood swing) sebelum masa menstruasi. Biasanya, gejala ini muncul dua atau satu minggu sebelum tanggal datang bulan atau menstruasi.

Penyebab PMS sendiri karena kadar hormon estrogen yang berubah-ubah. Hormon estrogen sendiri berkaitan erat dengan suasana hati. Maka dari itu, hal yang sangat lumrah ketika pada masa PMS ini mood kita ambyar dan kacau balau.

Gejala tiap perempuan juga tidak sama satu sama lain. Contohnya antara lain:

  1. Kram perut
  2. Sakit kepala
  3. Badan pegal-pegal
  4. Payudara terasa sakit
  5. Lekas marah
  6. Mudah tersinggung
  7. Muncul perasaan sedih

Selain contoh di atas, masih banyak gejala lain yang belum saya sebut. Banyak banget ya? Kalau pas gejala datang rombongan, bisa dibayangkan betapa reportnya kami. Maka, banyak yang bilang juga masa PMS adalah masa dimana “senggol bacok”. Heuheu.

Cara meringankan gejala PMS, simak langkah-langkahnya, ya?

Suatu hari, saat saya merasa sangat tak nyaman dengan kondisi PMS berkonsultasilah saya dengan apoteker di apotek dekat rumah. Adakah obat yang bisa menyembuhkan gejalanya? Jawabnya tidak! Karena ini pengaruh hormon dalam diri kita.

Apoteker tersebut hanya bilang sabar dan memberi solusi kasih obat untuk meringankan gejala sakit kepala yang saya rasakan. PMS ini siklus alamiah bulanan yang tidak bisa dihilangkan. Namun, pemberian obat untuk meringankan dan mengubah pola hidup juga dapat meringankan gejala PMS.

So, apa saja langkah yang bisa kita lakukan untuk meringankan gejala PMS? Ini dia, simak ya?!

1. Olahraga teratur untuk mengurangi gejala PMS

Kenapa olahraga? Ya kalau rajin olahraga badan kan jauh lebih sehat terhindar dari otot kaku, lemah, letih dan lesu. Selain itu emosi jadi lebih stabil dan positif, sehat jiwa dan raga.

Dan tahukan kalian, bahwa saat berolahraga tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin ini memberikan efek mengatasi rasa nyeri di tubuh. Artinya kalau kita merasakan nyeri saat PMS, kita bisa kurangi dengan olahraga ringan.

Olahraga yang bisa kita lakukan saat PMS antara lain yoga, jogging, jalan santai, bersepeda dan berenang. Pengalaman saya setelah rutin bergerak, badan terasa lebih sehat, tanggal haid lebih teratur dan gejala pms tidak terlalu parah.

2. Istirahat yang cukup

Pada saat gejala PMS datang menerpa, hal paling sering dialami perempuan yaitu badan terasa mudah lelah, letih dan lesu. Jika mereka tidak punya waktu untuk istirahat yang cukup, resiko gejala PMS yang ditimbulkan bisa menjadi lebih parah.

Pada saat tubuh kurang tidur, kita menjadi lebih emosional dan gampang marah. Untuk itu, pastikan tidur 7-8 jam perhari.

3. Minum air putih yang cukup

pada saat tubuh terhidrasi dengan baik maka tubuh menjadi lebih sehat. Metabolisme menjadi lancar, mencegah kembung dan air putih juga dipercaya dapat merilekskan otot-otot yang kaku dan kram.

4. Makan sehat dan gizi seimbang

Makanan yang sehat bagi perempuan yang mengalami gejala PMS sangatlah penting. Makanan yang dibutuhkan sebaiknya yang mengandung karbohidrat kompleks dan kalsium.

Karbohidrat kompleks dapat mengendalikan kadar gula darah agar lebih stabil. Sedangkan kalsium bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh saat PMS.

5. Konsumsi obat dan suplemen vitamin

Apabila gejala PMS yang dirasakan cukup berat, otomatis kita perlu bantuan obat-obatan. Misalnya untuk meredakan sakit kepala dan kram perut. Untuk gejala berat yang berkaitan dengan kesehatan mental seperti depresi berat, bisa menggunakan obat anti depresan dengan bantuan konsultasi ke dokter.

Pada saat PMS dan menstruasi tubuh memerlukan nutrisi yang cukup. Contohnya zat besi, karbohidrat, kalsium, vitamin D, vitamin b complex dan nutrisi lainnya.

Vitamin b complex menjadi sangat penting karena manfaatnya dapat meringankan berbagai gejala PMS. Salah satu manfaat vitamin b complex ini bisa digunakan sebagai obat anti stress untuk mengatasi gangguan kecemasan, depresi dan kelelahan.

Penutup

Gejala PMS memang tidak bisa kita hindari karena memang datangnya alamiah. Terjadi akibat kinerja hormon yang berubah pada saat menjelangnya datangnya menstruasi.

Walaupun alamiah, gejala PMS bisa kita usahakan agar efeknya lebih ringan. Bagaimana caranya? Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berolahraga, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, pilih makanan sehat dan konsumsi suplemen vitamin.

Baca juga :

24 tanggapan pada “5 Cara Meringankan Gejala PMS”

  1. Saat masih gadis dulu aku hampir ngak pernah ngalami PMS lho. Mau mens ya biasa aja, paling pegel-pegel standar. Namun, sejak lahiran dan pasang IUD nggak tau kenapa kalau pas PMS rasanya nggak karuan, mental dan fisik. Makanya aku sekarang jadi rajin minum vitamin, mbak. Lumayan berpengaruh. Dan satu yang nggak pernah ketinggalan, penambah darah. Kalau enggak minum itu bisa ambruk beneran pas PMS n mens.

    1. Aku dari gadis kalau pms cuman pusing sama masuk angin jeng. Lah makin kesini makin parah banget gejalanya fisik dan psikis juga. Kerokan udah nggak mempan ahaha, harus minum pereda sakit kepala juga, butuh pijet iya, dan gampang banget emosi.

      Tapi sejak rutin gerak emang banyak perubahan siy, haid lancar dan gejala lebih ringan

  2. Saya termasuk orang yang gak mengalami gejala PMS, tapi..sebagai seorang adik dengan tiga kakak perempuan. Beuh.. saya merasakan betul gimana mereka kalau lagi PMS. Gejalanya ya beda-beda. Ternyata gejala tersebut bisa ya diringankan, malah sebagian besar gak butuh biaya. Tinggal kitanya aja, mau apa gak?

  3. hehehe…. PMS ini emang kadang bikin bingung ya. Membingungkan para lelaki karena disalah-salahin terus tanpa tahu apa salahnya.

    Emang gejala PMS ini beda-beda bagi setiap perempuan. Bener nggak bisa dihilangkan karena kan hormonal, yang bisa dilakukan adalah meringankan gejalanya

  4. Ternyata gejaa PMS orang itu berbeda-beda ya. Temenku juga suka ngerasa sakit banget kalau lagi PMS.
    Bener banget olahraga bantu ngurangin sakit saat PMS, aku ngerasa banget kalau lagi nyeri pas mens trus olahraga ringan jad berkurang sakitnya.

  5. PMS saya sukaa makan puedesss, berasa badan lebih berat bb naik. Nanti setelah haid selesai biasanya normal kembali bb.

    Nah PmS saya biasanya tubuh gampang ngedrop sakit.

  6. Samaa..akupun jadi bertanduk kalau lagi PMS haha, maka 3 laki-laki di rumah maklum aja jadinya. Memang bisa lebih ringan tips rutin olga , istirahat cukup, makan/minum seimbang juga suplemen. Feel better dah 🙂

  7. Pas banget, kak..
    Aku lagi waktunya. Dan perasaan gak nyaman tuh uda kualami seminggu sebelum. Moodie-an banget dan bikin gak nyaman orang-orang di sekitarku, meski seringnya gak perlu di dramatisir juga yaa…
    Ternyata solusinya harus konsumsi vitamin b complex.

  8. Dulu sebelum menikah kalau PMS tuh aku lebih ke fisik pengaruhnya. Rasanya pusing, lemes, perut kram-kram gitu. Tapi sejak menikah alhamdulillah jauh berkurang keluhan-keluhan seperti itu. Cuma emosinya aja yg masih naik turun 😀
    Iya komsumsi suplemen vitamin perlu juga saat PMS 🙂

  9. Ah iya, KLO sedang PMS emang nggak enak banget ya mbak
    G hanya emosi yang naik turun, tapi fisik juga
    Banyak cara ya mengatasi pms Ini
    KLO aku biasanya rebahan sambil kompres perut pakai botol yg di isi air hangat dan makan cokelat

  10. PMS kadang efeknya bikin bingung. aku suka nggak habis pikir kenapa aku suka banget emosian kalo menjelang menstruasi. dan emosiannya itu nggak jelas loh.
    jadi perlu jaga pola hidup sehat ya dan minum vitamin biar gejalanya berkurang

  11. Iya ya, kalau pas PMS kok otomatis jadi mudah jengkel. Kadang aku tuh lupa tanggal berapa jatah bulanannya, tiba-tiba udah keluar aja dan baru menyadari, ooo pantes hari-hari jelang period itu jadi lekas marah. Sampai suami pun suka godain, kok marah-marah terus sih buuu… PMS ya. Ternyata bener. :))

  12. Alhamdulilah gak pernah sakit kalau mau PMS. Cuma dulu derès banget aja pas masih muda. Sekarang sudah berkurang.

    Tapi kalau minum vitamin sekarang jadi rutin. Apalagi sejak pandemi

  13. ini yang tips makan bergizi dan cukup nutrisi bener banget huehehe
    kalau hormon PMS ku lg bergejolak aku keluar ke mall makan something tasty tanpa ribet …hueeheheh initnya cari me time juga sih yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.