10 Cara Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

Daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh
10 cara mengembalikan daya tahan tubuh

cara mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit – linatussophy.com

Ketika kita membicarakan soal daya tahan tubuh sekarang ini, otomatis kita akan hubungkan dengan situasi pandemi. Tuntutannya kita harus sehat, imunitas atau daya tahan tubuh harus kuat agar kita bisa menang melawan virus. Betul kan?

Banyak cara dilakukan orang-orang agar badan tetap fit dan bugar. Contohnya menjaga pola makan, menjaga kebersihan dan rajin olahraga. Inilah hikmah yang bisa diambil dari situasi pandemi, yaitu semakin banyak orang yang sadar akan pola hidup yang lebih sehat.

Hubungan antara daya tahan tubuh dengan kesehatan

Daya tahan tubuh atau imunitas merupakan sistem pertahanan yang menjaga tubuh dari berbagai serangan virus penyebab infeksi. Jadi jika imun kuat maka kemungkinan terinfeksi suatu penyakit akan kecil dan sebaliknya jika imun lemah maka badan gampang terserang penyakit.

Apabila badan sudah terinfeksi suatu kuman atau virus banyak jaringan tubuh yang rusak sehingga setelah sakit badan perlu recovery. Proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak ini pun perlu waktu tergantung kondisi tubuh seseorang.

Cara mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit

Boost immunity
Jaga daya tahan tubuh

Pada masa pemulihan banyak orang yang masih merasa lemah, letih, lesu, tidak selera makan dan sebagainya. Padahal dalam situasi ini tubuh sedang berjuang untuk mengembalikan dan memperbaiki kerusakan-kerusakan jaringan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit, apa saja? Simak ya?!

1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Sesaat setelah sakit banyak orang yang masih mengeluh, merasa nafsu makan belum kembali. Atau keluhan kadang lidah masih terasa pahit. Hal tersebut memang wajar karena kondisi badan belum sehat seutuhnya.

Makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan tubuh sebagai sumber energi dan proses pemulihan. Nutrisi yang terkandung dalam makanan bermanfaat untuk membantu perbaikan sistem jaringan tubuh yang rusak.

2. Memperbanyak asupan protein

Protein adalah sumber nutrisi yang berfungsi sebagai zat pembangun, memperbaiki sel yang rusak, membentuk antibodi, hormon dan enzim. Jadi, kita sepakat bahwa protein sangat penting untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

Makanan yang kaya protein banyak terdapat pada kacang-kacangan, daging, susu, telur dan lainnya. Pastikan jika kalian sedang recovery setelah sakit, kebutuhan akan protein terpenuhi, ya?!

3. Perbanyak makan buah

Tidak diragukan lagi bahwa buah itu kaya akan vitamin. Jadi perbanyak makan buah merupakan salah satu cara untuk mempercepat proses penyembuhan dari sakit.

Jika makan buah juga masih tidak berselera, kita bisa mencari cara mengonsumsi agar lebih mudah. Misalnya dengan membuat jus atau infused water sehingga mudah kita minum.

4. Istirahat yang cukup

Menurut saya, sakit adalah sinyal dimana kita harus memperbaiki kualitas dan kuantitas istirahat. Kenapa bisa sakit? Karena mungkin saja badan terlalu dipacu sampai lupa istirahat.

Tidur yang cukup akan membuat badan lebih sehat dan bugar. Jadi setelah sakit, perhatikan waktu untuk istirahat, tidak begadang dan upayakan agar kita bisa tidur yang berkualitas.

5. Menghindari stress

Salah satu upaya untuk mengembalikan daya tahan tubuh adalah dengan cara menghindari stress. Terlalu banyak pikiran akan membuat imun semakin turun. Maka dari itu, sangat disarankan saat recovery dari sakit sebisa mungkin untuk menghindari stress.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress, kok. Misalnya dengan melakukan aktifitas yang kita sukai seperi mendengarkan musik atau merawat tanaman.

Baca juga :

6. Melakukan olahraga ringan

Olahraga berat tidak disarankan bagi orang yang sedang dalam proses penyembuhan dari sakit. Karena efeknya akan membuat badan semakin letih dan kembali drop. Maka, untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit lakukan olahraga ringan agar otot lemas dan tidak kaku.

Baca juga : Tips olahraga saat puasa

7. Berjemur saat pagi hari

Berjemur matahari sebentar saat pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama bagi yang sedang sakit dan proses pemulihan. Pastikan saat berjemur tidak saat panas terik dan jangan terlalu lama terpapar sinar matahari.

8. Menjaga kebersihan diri

Rajin membersihkan badan setelah sakit akan membuat badan terasa enteng dan segar. Selain itu, apabila kita rajin mandi, keramas, rajin cuci tangan maka potensi terserang virus dan kuman kembali menjadi lebih sedikit.

9. Menjaga kebersihan lingkungan

Untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit, sangat perlu untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Fungsinya agar tidak ada bakteri ataupun virus yang bisa menularkan penyakit.

Lingkungan yang bersih dan sirkulasi udara yang baik akan membuat suasana menjadi nyaman. Hal ini cocok untuk tempat recovery setelah sakit.

10. Konsumsi Multivitamin untuk menguatkan daya tahan tubuh

Multivitamin sangat berguna untuk menguatkan dan mengembalikan daya tahan tubuh. Penambahan multivitamin sangat diperlukan apabila kebutuhan akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi.

Komposisi yang ada pada multivitamin antara lain vitamin C, vitamin B kompleks, calsium dan juga zinc. Dengan dibantu konsumsi vitamin ini maka proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Untuk memperoleh multivitamin ini juga caranya mudah kok. Tinggal beli ke apotik atau beli saja via toko online vitamin. Kalian bisa kunjungi di website toko obat atau di market place dan cari yang terpercaya.

Multivitamin untuk daya tahan tubuh
Multivitamin untuk daya tahan tubuh

Itulah 10 cara untuk memulihkan daya tahan tubuh setelah sakit menurut versi saya. Kalian punya tips yang lain? Boleh dong share di kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

44 pemikiran pada “10 Cara Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

  1. Paling susah itu kalau udah begadang keasyikan laptopan heheehe… akhirnya jadi kurang jak tidur deh. Sebaiknya kita konsumsi juga suplemen multivitamin ditambah berolahraga rutin tentunya 😊😊

  2. Dulu pas abis melahirkan, disuruh ibu makan telor rebus banyak banget katanya biar cepeeet fit. Boost pake protein ya beneer banget mba. Terus masa pandemik bikin kita hidup lebih sehat ya. Banyak sekali hikmahnyaaa. .makasih tipsnya mba, minum vitamin juga penting

  3. Pola hidup sehat dibarengi asupan yang tepat Insyaallah bikin kita terhindar dari sakit yang tidak kita inginkan ya. Saya pun selalu mementingkan membeli asupan suplemen kesehatan untuk saya dan keluarga nih sekarang

  4. Setelah sembuh dari sakit memang biasanya selera makan belum langsung pulih ya, karena lidah masih terasa pahit saat mencecap makanan. Namun nutrisi tetap harus masuk ke dalam tubuh, salah satu cara cepatnya bisa dengan mengkonsumsi multivitamin

  5. Sakit memang sebaik-baik pengingat yaa, kak..
    Pengingat kalau selama ini lalai akan menjaga kesehatan termasuk asupan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh.

    Hidup sehat dan seimbang perlu sekali untuk dilakukan terutama di masa pandemi.

  6. Iya mbak masa pandemi begini harus pintar pintar menjaga kesehatan tubuh ya mbak. Terutama bagi yang baru sakit perlu mengembalikan imunitas tubuh agar segera pulih. Sama seperti suami saya mbak, sekarang pak suami rajin menyediakan multivitamin buat keluarga. Penting buat booster imun karena pak suami masih sering keluar, bekerja.

  7. Bener nih tips-tipsnya, entah kenapa aku selama WFH jadi gampang banget capek dan sering izin sakit. Apa karena kurang gerak alias olahraga ya haha. Tips dari aku mungkin nonton drakor mbak, lihat yang ganteng-ganteng bikin seger mata hahaha.

  8. Istirahat yang cukup ini yang sering kelewat saat badan terasa enakan sedikit selepas sakit. Padahal, harus tetap banyak istirahat meskipun badan udah enakan. Biar ga balik sakit lagi.

  9. Sepakat banget nih dengan resep menjaga daya tahan tubuhnya. Untuk suplemen Pyfaton ini dibanderol dengan harga berapa sih mba?

  10. Mantul mbak tipsnya

    Setelah sembuh dari covid saya pun melakukan tips seperti yg mbak Lina sebutkan dan alhamdulillah memang bisa mengembalikan daya tahan tubuh lebih cepat. Ditambah hati yang bahagia insyaallah makin sehat dan bugar, hehe

  11. saya baru saja sembuh dari sakit, jadi baru bisa blog walking. Hanya dengan tidak telat tidur dan tidak memegang gawai sebelum mau istirahat cukup membantu untuk segera tidur. Tidur yang nyenyak menormalkan kembali aliran pikiran n_n.
    Minum multi vitamin juga seperti melakukan percepatan kondisi prima, menggenggam angan tidak lemas kembali.
    Terimakasih tips nya kak

  12. Kalau belum sakit, kita bisa menjaga stamina tubuh dengan makanan bernutrisi dan berolahraga teratur. Kalau sudah telanjur sakit, ya betobat hingga sbuh. Kalau sudah sembuh, jelas butuh asupan makanan bernutrisi tinggi plus multivitamin bilamana diperlukan.

  13. Kesehatan menjadi hal yang utama. Aku angkat jempol atas uraiannya kak. Dan rasanya sangat lengkap tipsnya mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

  14. Saat positif covid aku tersadar daya tahn tubuh saat lemah memungkinkan bisa terpapar. Memang multivitamin sangat berguna untuk menguatkan dan mengembalikan daya tahan tubuh. Dan senangnya kini sudah bisa dibeli secara online sehingga memudahkan kita

  15. Yang paling saya rasakan berhasil dari 10 poin diatasadalah berjemur dipagi hari. Itu sangat ampuh untuk diri saya pribadi. Begitu berjemur dipagi hari, siangnya sudah segar kembali. Nice blog mba

  16. Nah menjaga stress ini mbak yang susah-suasah gampang apalagi situasi pandemi begini ya..tapi biar gimanapun kita tetap berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik spya terhindar dari penyakit apapun ya

  17. Masa pemulihan itu harus diperhatikan bgt deh karena aku pernah sakit 2 minggu trus butuh masa utk bener2 sembuh 2 minggu jg. Total sebulan baru bisa kembali spt sedia kala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *